9 Obat Jantung Berdebar Secara Tradisional

Anda pasti pernah mengalami suatu kondisi ketika jantung Anda berdetak dengan cepat atau terasa berdebar-debar, misalnya karena gugup atau karena demam panggung. Pada beberapa kasus, jantung berdebar bisa terjadi dalam waktu yang cukup singkat dan biasanya bukan menandakan kondisi medis yang serius. Namun pada beberapa kasus, jantung berdebar bisa berlangsung lama dan jika hal tersebut terjadi maka bisa jadi hal tersebut menandakan adanya gangguan medis yang cukup serius.

(Baca juga: penyebab jantung berdebar-debar)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan jantung berdebar:

  • Gaya hidup, meliputi lonjakan adrenalin yang disebabkan oleh kondisi psikis seperti rasa cemas, gugup, terlalu gembira, dan sebagainya, serta pola asupan makanan (terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, minuman beralkohol, minuman berkafein, dan juga merokok). (Baca juga: bahaya makanan pedasbahaya minuman beralkoholbahaya merokokbahaya kafein bagi tubuh)
  • Penggunaan obat, misalnya obat inhaler pada penderita asma, obat batuk dan flu, obat untuk mengobati masalah kelenjar tiroid, dan juga beberapa jenis obat sejenisnya.
  • Menstruasi, kehamilan, dan menopause, merupakan beberapa kondisi yang menyebabkan jantung berdebar karena adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.
  • Kondisi medis, seperti kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia), anemia, tekanan darah rendah, demam, dan juga dehidrasi.

Itulah beberapa kondisi tubuh yang menyebabkan jantung berdebar. Pada beberapa kasus yang tingkatnya tidak begitu serius, Anda bisa mengatasi masalah jantung berdebar tersebut tanpa bantuan dari dokter. Adapun beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi jantung berdebar adalah:

1. Batuk

Cara ini memang tergolong cukup aneh namun nyatanya batuk sebenarnya adalah salah satu ara mekanisme tubuh untuk mengeluarkan berbagai macam benda asing di dalam tubuh. Jantung berdebar bisa jadi disebabkan oleh masuknya benda asing di dalam tubuh. Jika hal tersebut terjadi maka batuk bisa jadi menjadi salah satu solusi untuk obat jantung berdebar. Jika Anda merasa jantung anda berdebar maka cobalah untuk batuk. Cara ini mungkin saja akan membuat detak jantung Anda kembali menjadi normal seperti biasanya.

2. Duduk Kemudian Mengangkat Kaki Lebih Tinggi dari Jantung

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan jantung berdebar adalah tidak lancarnya peredaran darah di dalam tubuh. Jika sesaat Anda menyadari bahwa detak jantung anda terasa tidak normal maka saat itu juga Anda bisa mencoba metode untuk duduk kemudian mengangkat kaki lebih tinggi dari posisi jantung. Setelah itu, tariklah nafas secara dalam dan perlahan. Biarkan rongga perut Anda membesar seiring dengan helaan nafas yang Anda ambil. Meskipun Anda tidak menyadarinya, namun metode seperti ini sebenarnya bisa membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar dan mampu membantu jantung untuk mengatur iramanya menjadi normal seperti semula.

3. Melakukan Manuver Valsalva

Apabila kedua metode seperti yang telah disebutkan di atas tidak mampu mengembalikan irama detak jantung menjadi normal maka Anda bisa segera melakukan manuver valsalva. Manuver valsalva dilakukan dengan memencet kedua lubang hidung Anda kemudian menutup mulut dan mencoba untuk mengeluarkan nafas. Cara ini di dalam dunia medis dipercaya mampu meningkatkan tekanan darah secara sesaat dan membantu untuk mereset jantung sehingga bisa berdetak secara normal seperti biasanya.

4. Mengkonsumsi Banyak air Putih

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu faktor yang menyebabkan jantung berdebar bisa jadi karena tubuh anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk itu, mengatasi jantung berdebar salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi banyak air putih. Bahkan meskipun tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi sekalipun, mengkonsumsi banyak air putih ternyata bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembalikan irama detak jantung. Cara ini memang belum bisa dijelaskan secara medis, Namun sudah banyak testimoni yang membuktikan bahwa metode ini cukup efektif untuk mengembalikan irama detak jantung dalam waktu cepat. Secara teori, sebenarnya dapat dijelaskan bahwa mengkonsumsi banyak air putih dipercaya bisa memicu kerongkongan “menekan” jantung sehingga membantu mengembalikan irama jantung seperti sedia kala.

(baca juga: terapi air putih)

5. Mengendalikan Stres

Stres bisa jadi menjadi penyebab mengapa detak jantung Anda terasa berdebar-debar. Dengan kata lain, jantung berdebar yang Anda rasakan sebenarnya adalah suatu pertanda bahwa level stres yang Anda rasakan sudah berada di atas level rata-rata. Beban pekerjaan biasanya menjadi penyebab utama mengapa stres muncul. Saat stres, aliran darah menjadi tidak lancar bahkan bisa memicu tekanan darah tinggi. Kondisi itulah yang sekaligus akan memicu jantung menjadi berdebar. Untuk mengatasi hal tersebut usahakan untuk melakukan relaksasi setidaknya selama 30 menit setiap harinya di tengah-tengah kesibukan Anda. Cara tersebut bertujuan untuk mengembalikan kelancaran aliran darah Anda dan tentu saja untuk mengatasi stres sehingga irama detak jantung juga bisa kembali normal.

(Baca juga: cara mengatasi stres)

6. Mencukupi Kebutuhan Istirahat

Salah satu kondisi mengapa jantung Anda berdebar ialah karena tubuh Anda merasa lelah atau karena tubuh Anda kurang istirahat. Kurang istirahat nyatanya bisa memicu berbagai macam penyakit dan juga bisa memicu peningkatan hormon stres. Kondisi itulah yang sekaligus akan meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi atau bahkan insomnia. Karena itulah ckupi kebutuhan istirahat anda dengan tidur setidaknya 6 jam per hari. Saat tidur, tubuh kita sebenarnya sedang melakukan proses metabolisme dan juga melakukan regenerasi sel sehingga saat kita bangun tubuh akan menjadi lebih bugar dari sebelumnya. Dengan kata lain, tidur merupakan salah satu kebutuhan dan jika tidak dilakukan justru bisa memicu berbagai macam penyakit.

(Baca juga: akibat kurang tidur malam)

7. Perhatikan Asupan Obat-obatan

Salah satu pemicu jantung berdebar bisa jadi karena Anda mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan yang bisa memicu peningkatan detak jantung. Adapun jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan jantung berdebar adalah jenis obat-obatan asma, obat-obatan alergi, obat-obatan diet, dan beberapa obat sejenisnya. Untuk mengurangi resiko jantung berdebar maka Anda bisa mulai mencermati beberapa jenis asupan obat-obatan tersebut. Anda tidak harus langsung menghentikan proses pengobatan. Namun alangkah lebih baik jika Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter terkait gejala-gejala yang Anda alami setelah mengkonsumsi obat-obatan tersebut.


8. Olah Raga

Olah raga bisa jadi menjadi salah satu metode efektif untuk mengatasi jantung berdebar. Tidak hanya itu saja, olah raga terbukti sebagai langkah paling efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat olah raga yang paling nyata ialah untuk mengatasi masalah psikis seperti stres dan rasa cemas yang berlebihan. Apabila Anda mengalami jantung berdebar maka Anda bisa segera melakukan olah raga ringan untuk mengatasinya misalnya dengan jogging.

(baca juga: manfaat olah raga bagi kesehatan tubuh)

9. Magnesium

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi jantung berdebar. Magnesium merupakan salah satu asupan yang terbukti mampu meningkatkan produksi hormon serotonin di dalam otak sehingga membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Cara tersebut secara otomatis juga akan mengembalikan irama detak jantung, melancarkan peredaran darah, dan juga meningkatkan kualitas istirahat/tidur Anda. Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium, Anda juga bisa memperoleh magnesium dari beberapa jenis suplemen yang dijual di apotek.

(Baca juga: makanan yang mengandung magnesium tinggi)

Itulah beberapa metode obat jantung berdebar. Jika setelah melakukan beberapa metode di atas jantung Anda masih terasa berdebar maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis karena bisa jadi kondisi tersebut menandakan adanya gangguan medis yang cukup serius.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung