Sponsors Link

Asam Lemak Trans Monoenoic : Manfaat – Sumber Makanan – Efek Kelebihan dan Kekurangan

Sponsors Link

Asam lemak trans monoenoic merupakan jenis asam lemak trans tak jenuh tunggal yang memiliki ikatan rangkap 1. Lemak trans merupakan jenis lemak yang ditemukan secara alami pada berbagai jenis makanan dalam jumlah yang kecil. Namun perkembangan teknologi membuat manusia bisa membuat jenis lemak trans yang berasal dari minyak. Minyak dibuat dengan sistem produksi yang disebut parsial hidrogenasi. Lemak trans yang sudah melewati masa proses ini bisa meningkatkan kolesterol LDL. Jenis lemak seperti ini jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak maka bisa membuat kondisi kesehatan menjadi buruk. Jenis lemak seperti inilah yang sering menyebabkan resiko penyakit jantung.

ads

Informasi tentang lemak lainnya:

Contoh Asam Lemak Trans Monoenoic

  1. Asam oleat : asam oleat sering juga disebut sebagai omega 9. Ciri khas jenis asam oleat memiliki warna kuning yang pucat serta berbau seperti jenis minyak babi. Asam oleat memiliki sifat kurang rentan terhadap pembusukan dibandingkan dengan jenis lemak lainnya. Hal ini yang membuat asam oleat bisa menjadi bahan alami untuk mengawetkan makanan.
  2. Asam erusat : asam erusat merupakan jenis omega 9 bagian dari asam lemak tak jenuh tunggal yang memiliki satu atom karbon ganda berikat dalam rantai asam lemak. Asam erusat banyak ditemukan dalam beberapa minyak nabati seperti minyak wijen, minyak biji bunga matahari dan minyak canola.

Manfaat Asam Lemak Trans Monoenoic

  1. Mencegah Kanker Payudara

Mengkonsumsi jenis asam lemak trans monoenoic dengan cara yang benar bisa menurunkan resiko terkena kanker payudara. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menunjukkan hasil bahwa orang yang sering mengkonsumsi asam lemak trans monoenoic memiliki resiko kecil terkena kanker payudara. Hal ini karena asam lemak trans monoenoic bekerja untuk melawan asam lemak tak jenuh ganda yang bisa menjadi radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga: cara menjaga kesehatan payudara bagi wanita – efek samping bustilicious bagi payudara wanita – abses payudara pada ibu menyusui

  1. Menurunkan Jumlah Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi asam lemak trans monoenoic dengan cara yang benar juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Hal terjadi ketika lemak ini melawan efek dari kolesterol buruk yang beredar dalam darah. Asam lemak trans monoenoic akan melawan efek dari kolesterol sehingga mengikat kolesterol buruk dalam tubuh. Kandungan lipid dalam tubuh akan meningkat sehingga kolesterol buruk menurun secara alami.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Orang yang mengalami kenaikan berat badan dan ingin melakukan diet, sebaiknya mencoba diet dengan makanan yang mengandung asam lemak trans monoenoic.  Diet yang benar akan membantu menurunkan berat badan secara alami. Cara ini dilakukan dalam tubuh dengan mengikat lemak yang buruk kemudian menjadi sumber tenaga. Selain itu jenis asam lemak ini juga bisa menjadi menu utama untuk diet. Namun pastikan Anda tidak mengkonsumsi bersama dengan asam lemak trans.

Baca juga: cara menurunkan berat badan – cara menurunkan berat badan dengan olahraga – cara menguruskan berat badan dengan cepat dan alami

Sponsors Link

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Stroke dan Jantung

Orang yang terbiasa mengkonsumsi sumber makanan mengandung asam lemak trans monoenoic memiliki resiko yang kecil terkena stroke dan penyakit jantung. Diet yang banyak melibatkan asam lemak trans monoenoic bisa menurunkan kolesterol, menyehatkan arteri dan menghilangkan plak dalam pembuluih darah. Hal ini yang membuat jantung bekerja dengan baik dan tubuh Anda tidak memiliki banyak kolesterol.

Baca juga: penyebab stroke ringan – berat pada usia muda dan tua – cara mencegah stroke sejak dini secara alami – bahaya stroke ringan dan berat

  1. Mengurangi Penumpukan Lemak Perut

Konsumsi asam lemak trans monoenoic dengan cara yang benar juga bisa menyingkirkan semua lemak di bagian perut. Hal ini berarti juga bisa membantu tubuh Anda menurunkan resiko terkena penyakit diabetes. Diet dengan asam lemak trans monoenoic bisa membantu lemak dalam perut larut kemudian menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Hal ini sangat membantu tubuh Anda mengurangi karbohidrat berlebihan.

Baca juga: bahaya lemak di perut bagi tubuh – jenis makanan penghancur lemak perut (no. 10 paling enak) – akibat kelebihan lemak dalam tubuh

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker dan Obesitas

Asam lemak trans monoenoic akan membantu tubuh Anda menurunkan berbagai potensi penyakit kanker. Hal ini terjadi ketika asam lemak trans monoenoic bisa memerangi sumber radikal bebas termasuk beberapa jenis lemak padat yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan asam lemak ini akan membantu menurunkan berat badan dan resiko ancaman obesitas.

Baca juga : penyebab obesitas tubuh – cara mencegah obesitas secara alami dan ampuh – bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker

  1. Mengurangi Rasa Nyeri Kronis

Asam lemak trans monoenoic bisa membantu menurunkan rasa nyeri  berlebihan terutama  untuk penderita nyeri kronis seperti arthritis. Asam lemak trans monoenoic akan membantu tubuh dalam melawan rasa sakit dan menghilangkan rasa kaku yang terjadi pada bagian tulang lunak. Asam lemak trans monoenoic juga bisa membantu gerakan tulang dan koordinasi yang lebih baik.

Sumber Makanan Asam Lemak Trans Monoenoic

1.Minyak Zaitun

  • Meskipun minyak zaitun sangat menyehatkan namun konsumsi harus dalam jumlah terbatas karena minyak zaitun mengandung kalori.
  • Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi kolesterol, mengatur kadar gula darah dan membuat insulin menjadi lebih stabil sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes.
  • Minyak zaitun menyumbung vitamin E dan zat besi yang bisa melindungi sel tubuh dan menurunkan resiko kanker.
  • Gunakan minyak zaitun dengan bijak seperti untuk menumis dan batasi asupan minyak zaitun jika ingin minum minyak zaitun.

2. Minyak Kacang

  • Minyak kacang sangat menyehatkan karena tidak mengandung lemak trans, bisa menurunkan kolesterol dan memiliki lemak jenuh yang sangat rendah.
  • Minyak kacang mengandung antioksidan tinggi, vitamin E dan senyawa pitosterol yang tinggi sehingga bisa melindungi jantung.
  • Meskipun minyak kacang bisa digunakan untuk menggoreng dalam suhu tinggi namun asupan harus tetap dibatasi.

3. Minyak Canola

  • Minyak canola adalah minyak sehat yang terbuat dari tanaman rapeseed. Minyak ini bisa digunakan untuk menggoreng makanan dalam suhu yang tinggi dan tidak menghasilkan rasa tengik bahkan hingga masa penyimpanan lama.
  • Minyak canola sangat baik untuk membuat roti atau kue yang dimasak hingga matang.
  • Namun minyak canola mengandung asam alpha linolenic yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda bisa mencampur minyak canola dan minyak zaitun bersamaan ketika memasak.
ads

4. Minyak Biji Bunga Matahari

  • Minyak biji bunga matahari sangat sehat karena memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan asam lemak tak jenuh ganda. Jenis asam lemak ini sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan baik untuk penderita diabetes.
  • Minyak biji bunga matahari sangat baik untuk menumis atau menggoreng makanan. Ketika sudah panas maka maka asam lemak omega 3 bisa berubah menjadi asam lemak trans yang kurang sehat. Hindari penggunaan dalam suhu yang tinggi. (baca juga: efek samping makanan yang digoreng bagi kesehatan – bahaya makanan yang digoreng bagi tubuh)
  • Jangan menggunakan minyak biji bunga matahari untuk menggoreng karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

5. Minyak Wijen

  • Minyak wijen terbuat dari biji wijen yang sudah mengalami pemanggangan sehingga memiliki rasa wijen yang sangat kuat.
  • Minyak wijen mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan resiko penyakit diabetes.
  • Minyak wijen mengandung vitamin E yang sangat baik sebagai sumber antioksidan sehingga bisa menurunkan beberapa resiko penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Sumber lain dari asam lemak trans monoenoic :

  1. Kacang Macadamia
  2. Kacang Mete
  3. Almond
  4. Alpukat
  5. Biji Labu
  6. Ikan Salmon
  7. Kacang brazil
  8. Ikan Herring
  9. Ikan halibut
  10. Keju parmesan
  11. Granola
  12. Coklat hitam

Efek Kelebihan Asam Lemak Trans Monoenoic

  1. Mengkonsumsi terlalu banyak asam lemak trans monoenoic bisa menyebabkan peningkatkan berat badan yang berlebihan. Hal ini terjadi karena asam lemak trans monoenoic mengandung kalori yang tinggi sehingga bersifat seperti karbohidrat.
  2. Kelebihan asam lemak trans monoenoic bisa menyebabkan resiko penyakit yang berkaitan dengan obesitas seperti penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes dan penyakit peradangan lainnya.

Efek Kekurangan Asam Lemak Trans Monoenoic

  1. Asam lemak trans monoenoic membantu tubuh dalam menyerap vitamin dan kalsium, kekurangan jenis nutrisi ini bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi atau gizi tertentu. (baca juga: gizi buruk pada anak dan orang dewasa – ciri, penyebab dan pencegahan)
  2. Kekurangan asam lemak trans monoenoic bisa menyebabkan tubuh selalu merasa lapar namun tidak diiringi dengan kenaikan berat badan.
  3. Kulit menjadi lebih kering dan kusam sehingga Anda membutuhkan pelembab yang berlebihan. Kerusakan kulit disebabkan karena sel kulit kurang sehat dan kulit kehilangan kolagen yang membuat kulis bisa elastis.
  4. Orang yang kekurangan asam lemak trans monoenoic bisa mengalami perubahan suhu yang drastis. (baca juga: suhu tubuh normal manusia)
  5. Kekurangan asam lemak trans monoenoic juga bisa menyebabkan tubuh menjadi sangat lelah, kurang konsentrasi dan daya ingatan yang sangat lemah. (baca juga: cepat lelah – penyakit dan makanan penyebabnya – cara meningkatkan daya ingat otak manusia)
  6. Bagi wanita yang kekurangan asam lemak trans monoenoic bisa mengalami siklus menstruasi yang buruk. Hal ini terjadi karena masalah hormon dan pengaruh gizi yang kurang dalam tubuh. (baca juga: penyebab telat datang bulan)

Menggunakan asam lemak trans monoenoic dengan cara yang benar akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat. Pilih sumber makanan yang kaya dengan asam lemak trans monoenoic dan gunakan dengan cara yang benar. Gaya hidup seperti ini yang akan membantu tubuh tetap sehat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 01st, June 2016 / 06:56 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi