Home Tips KesehatanKesehatan Otot Begini 10 Cara Mengatasi Kejang Otot Yang Benar Jika Terjadi Pada Anda !

Begini 10 Cara Mengatasi Kejang Otot Yang Benar Jika Terjadi Pada Anda !

by Erlita

Apabila Anda adalah salah satu orang yang sudah terlalu sering mengalami kejang otot secara terus-menerus, pastikan untuk tahu bagaimana penyebabnya untuk bisa mengatasinya secara tepat. Kondisi otot kejang pada dasarnya berasal dari kontraksi mendadak atau kram otot yang terjadi secara tanpa sengaja. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi kejang otot yang bisa ditempuh.

  1. Meregangkan Otot

Bagian manapun otot tubuh Anda yang mengalami kejang, salah satu cara yang bisa dilakukan dalam mengatasinya adalah dengan melakukan peregangan. Dengan melakukan peregangan, jaringan otot dipanjangkan dengan tujuan supaya bisa lebih kencang tapi secara benar. Ketika meregangkan otot kejang, seharusnya rasa nyeri tidak muncul.

Jika bagian kakilah yang mengalami kejang otot, Anda sebaiknya bisa berselonjor ke depan namun secara pelan-pelan supaya tidak terlalu mengagetkan otot. Posisi selonjor tersebut bisa Anda tahan dalam waktu 30 detik. Namun peregangan bisa Anda hentikan apabila rasa sakit timbul seperti menusuk karena bila dipaksakan Andalah yang akan menderita.

  1. Menggerakkan Otot

Jika Anda mengira bahwa meregangkan otot bisa berdampak buruk bagi otot yang sedang kejang, maka Anda bisa coba untuk menggerakkannya perlahan lebih dulu. Jika bagian lengan atau kaki yang kejang, Anda bisa gerakkan perlahan supaya rasa nyerinya bisa mereda dan aliran darah bisa kembali normal.

  1. Mengendalikan Aktivitas Fisik

Apa aktivitas fisik yang dapat menyebabkan Anda mengalami otot kejang? Jika sekiranya berdiri lama dalam waktu terlalu panjang bisa menjadi penyebab utama kejang otot, maka aturlah supaya Anda jangan berdiri terlalu lama. Apabila memang harus berdiri cukup lama, cobalah untuk menggerakkan kaki Anda agar tidak tegang dan kaku hingga menyebabkan kejang.

  1. Mengubah Pola Makan

Otot sering kejang bisa jadi itu karena tubuh sebenarnya sedang mengalami kekurangan asupan nutrisi tertentu, seperti sodium misalnya, atau kekurangan magnesium, kalium dan kalsium. Jadi bila inilah yang menjadi penyebabnya, Anda bisa mulai mengonsumsu suplemen nutrisi atau suplemen mineral tertentu.

Pola makan Anda bisa mulai coba diseimbangkan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalium tinggi, makanan bersumber magnesium dan kalsium tinggi juga. Pisang adalah salah satu jenis buah berkandungan kalium yang siap menyehatkan kembali otot Anda yang sering kejang, tegang dan mudah mengalami kedutan sekalipun.

  1. Memperbanyak Asupan Air Putih

Salah satu upaya dalam mengatasi kejang otot adalah menambah asupan air putih bagi tubuh. Jadi kalau kejang otot terjadi karena Anda dehidrasi atau terbiasa hanya minum tak sampai 5 gelas atau kurang dari 8 gelas air putih per hari, mulailah membiasakan diri untuk setidaknya minum 8 gelas setiap hari atau hingga 10 dan 12 gelas.

  1. Merendam Bagian Otot Tubuh Kejang di Air Garam

Untuk kasus kejang otot, jangan lupa bahwa garam kasar bisa membantu Anda untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah, yakni Anda tinggal menuangkan garam kasar secukupnya pada sebuah ember atau bahkan bathtub yang Anda gunakan untuk mandi dan berendam, campurkan dengan air hangat.

Jika air atau larutan ini sudah jadi, Anda bisa gunakan untuk merendam tubuh atau bagian otot tubuh tertentu yang mengalami kejang. Air garam tersebut sangatlah berguna dalam membuat otot kaku, tegang dan kejang menjadi tenang kembali. Dengan berendam air garam ini, kadar mineral dalam tubuh pun bisa bertambah.

  1. Mengompres Dingin atau Hangat

Bila kejang otot terjadi karena cedera, maka Anda bisa coba untuk menggunakan kompres es sebagai solusinya. Apabila Anda mengalami cedera, alangkah baiknya kalau Anda coba bungkus beberapa kotak es dengan handuk bersih lalu kompreskan ke area otot yang mengejang.

  1. Memijat Area Otot Kejang

Apabila kejang otot tiba-tiba menyerang, Anda bisa memilih untuk memberikan pijatan secara perlahan di area otot tersebut. Dengan kedua tangan, Anda bisa pegang otot kaki yang sakit, tegang dan kejang tersebut secara lebih erat dan pijatlah sampai otot lebih tenang, mengendur dan mengalami tanda-tanda lebih rileks.

  1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila langkah pertolongan seperti memijat dan meregangkan otot kurang bisa membantu, otomatis Anda perlu coba mengonsumsi obat khusus pereda rasa nyeri seperti ibuprofen. Meski memang bisa meredakan kejang dan rasa nyerinya, biasanya cara ini hanya memberikan efek sementara sehingga Anda perlu tetap meminta bantuan ahli medis jika memang perlu.

  1. Minum Suplemen Vitamin E

Pengobatan rumahan lainnya yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi suplemen vitamin E sebab sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa kejang otot yang khususnya terjadi di malam hari bisa diatasi oleh suplemen vitamin E. Hanya saja, alangkah baiknya kalau sebelum mengonsumsi Anda lebih dulu menemui dokter untuk berkonsultasi.

Jika langkah atau cara mengatasi kejang otot secara mandiri kurang begitu ampuh dan Anda masih juga merasakan kejang otot berkelanjutan, segera ke dokter. Tenaga medis profesional akan dapat mendeteksi lebih dulu apa saja masalah yang terdapat di dalam tubuh Anda sehingga bisa membantu menangani secara lebih tepat.

You may also like