Bahaya Kantong Plastik Hitam Bagi Kesehatan

5335

Siapa yang tidak tahu kresek hitam? Tas plastik yang sangat fenomenal ini memang sudah menjadi primadona terutama bagi orang Indonesia untuk membungkus seuatu yang multfungsi. Apapun bisa diletakan di dalam kantong plastik hitam ini seperti tas, sepatu, sayuran segar, buah, gorengan dan lainnya. namun ternyata usut punya usut kantong plastic hitam ini berbahaya lho. Mengapa? Apakah kalian juga pernah membuang kotoran, pembalut, pampers dan lainnya menggunakan kantong plastic hitam? Jika iya seharusnya anda sudah tahu kalau kantong plastic hitam itu berbahaya.

Namun bagaimana dengan kantong plastik lainnya yang warnanya bukan hitam? Karena memang saat ini yang beredar di pasaran pun bukan hanya kantong plastik hitam namun juga ada yan bewarna putih, merah, hijau, biru dan lainnya. semua jenis kantong plastik tersebut memang merupakan produk daur ulang. Namun menurut para ahli kantong plastik hitam ini lebih bebahaya dibandingkan dengan kantong plastik warna lainnya.

Bahaya dalam Pembuatan Kantong Plastik

Kantong plastik hitam merupakan produk daur ulang dimana bahan aslinya adalah kantong plastik yang sudah tak terpakai dan dipungut serta dikumpulkan oleh para pemulung. Dalam proses pembuatannya, kantong plastik daur ulang ini dipanaskan pada suhu tertentu hingga meleleh dan ditambahi zat kimia lainnya. mungkin anda pernah bertanya-tanya mengapa abu dari tas kantong plastik hitam ini memiliki bau yang tajam, hal ini tidaklah mengherankan karena faktanya kantong plastik yang dibuat sebagai bahan baku pastinya memiliki riwayat penggunaan yang tidak diketahui oleh para penggunannya misalnya saja sebagai tempat sampah berbagai limbah, baik limbah rumah tangga, limbah rumah sakit, limbah kimia dan pestisida, pembalut, pampers dan pembungkus lainnya.

Ternyata bukan hanya untuk membuat kantong plastik yang baru saja, namun bahan baku yang tidak diketahui kehigenisannya ini juga dibuat untuk beberapa produk plastik lainnya seperti sendok, mangkok, piring dan gelas. Padahal adanya zat kimia yang bahaya sangat tidak baik jika dibuat sebagai wadah makanan. Kantong plastik hitam dan alat turunan lainnya juga tidak diperkenankan untuk wadah makanan apalagi makanan yang hangat atau makanan yang siap santap.

Bahan pembuatan kantong plastik hitam ini diantaranya adalah polivinil klorida (PVC) yang telah ditambahkan penstabil timbah dan timah putih, residu, cadmium serta bahan kimia lainnya yang tidak lumrah jika masuk ke dalam tubuh. pihak pemerintah yaitu BPOM sendiri sudah sejak tahun 2009 menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam sebagai media pembungkus makanan. Jika kantong plastic hitam digunakan untuk membungkus makanan terutama yang masih hangat, makanan yang mengandung vitamin C, cuka, berminyak dan berlemak akan membuat zat kimia di dalam plastic tersebut terurai dan masuk ke dalam makanan yang ada di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang harus diwaspadai di dalam kantong plastik hitam:

  1. Kemungkinan terdapat kontaminasi zat kimia yang berbahaya
  2. Zat yang membuat kantong plastik menjadi bewarna hitam apabila terkena suhu panas akan terurai sehingga bisa menempel pada benda atau makanan yang berada di dalamnya. zat ini telah terbukti bisa menjadi salah satu pemicu penyakit kanker.
  3. Jika membakar kantong plastik hitam sebaiknya pastikan apakah pembakaran sudah sempurna atau belum karena zat yang berada di dalam kantong plastik bisa menjadi dioksin di udara yang sangat berbahaya jika dihirup oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.
  4. Bahan kimi dioksin ini jika terhirup kemudian bisa menjadi berbagai pemicu jenis penyakit diantaranya adalah kanker, pembengkakan hati, hepatitis dan gangguan pada sistem saraf.

Sebenarnya bukan hanya kantong plastik hitam yang perlu diperhatikan saat digunakan untuk membungkus makanan namun ada beberapa benda lain yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan yang perlu diperhatikan diantaranya adalah Koran, kertas bekas dan lainnya. tinta dalam Koran atau majalah bekas mengandung zat kimia yang juga berbahaya jika dikonsumsi dan akan mudah terurai jika terkena makanan yang panas dan berminyak.

Wajib anda waspadai lainnya

Kantong Plastik Hitam Sebaiknya untuk Apa?

Meskipun berbahaya namun tidak semua penggunaan kantong plastik hitam ini juga berbahaya. Anda tetap bisa menggunakan kantong plastik hitam sebagai pembungkus bahan-bahan kimia seperti pupuk, peptisida, sebagai pembuang kotoran dan lainnya. jika anda sudah menggunakannya pun sebaiknya dibakar dengan cara yang sempurna supaya tidak menimbulkan berbagai permasalahan lainnya.

Demikian informasi mengenai bahaya kantong plastik hitam sebagai pembungkus makanan yang saat ini masih saja kerap digunakan oleh orang di Indonesia. sebagai konsumen memang merasa tidak memiliki kekuatan menuntut penjual untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam dan telah menjadi hal yang lumrah. Namun anda sebagai konsumen bijak yang peduli terhadap kesehatan sebaiknya untuk membawa tempat sendiri yang aman untuk makanan saat membeli berbagai jenis makanan karena akan lebih aman selain itu juga tidak akan menimbulkan sampah.