7 Kombinasi Makanan ini Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

241

Sebagai bagian dari kreativitas dan cita rasa, kita seringkali mengkombinasikan beberapa jenis makanan menjadi sebuah menu baru yang terlihat menggugah selera. Namun, sebelum memutuskan untuk membuat makanan, ada baiknya kenali jenis makanan apa saja yang tidak boleh dimakan bersamaan. Ternyata, kebiasaan menggabungkan makanan dua jenis atau lebih bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan. Mau tahu apa saja makanan yang termasuk kategori tersebut? Berikut uraiannya.

1. Makanan dengan Jus atau Air Putih

Mulai sekarang, hindarilah minum air putih ataupun jus saat Anda akan menyantap makanan. Air yang masuk ke dalam lambung akan menyebabkan asam lambung menjadi encer sehingga mengurangi keefektifannya dalam menerna makanan yang masuk. Jadi, selain makanan yang berbahaya bagi penderita asam lambung, minum air atau jus sebelum makan juga tidak baik untuk dilakukan.

2. Kacang dan Keju

Kombinasi antara kacang dan keju dapat menyebabkan perut memiliki kandungan gas berlebih, selain itu fungsi organ pencernaan juga ikut terganggu. Berilah jeda waktu antara kedua makanan tersebut jika Anda ingin mengkonsumsi keduanya. Dengan begitu, kacang dan keju tetap aman untuk dimakan.

3. Dua Makanan yang Tinggi Protein

Tubuh memang sangat membutuhkan protein untuk berbagai aktivitas dan pembentukan otot. Namun sebaiknya hindari mengkonsumsi dua jenis makanan yang sama-sama mengandung protein yang tinggi. Jika tubuh terlalu banyak asupan protein, justru ini akan memberatkan sistem pencernaan, dan metabolisme menjadi sangat lambat.

4. Sereal dengan Jus Jeruk atau Susu

Kandungan kasein dalam susu dan juga sifat asam dari jus jeruk tidak boleh bercampur menjadi satu. Karena jika tetap memaksa untuk mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, susu akan menjadi kental sementara enzim dalam sereal bertepung akan hancur.

5. Protein Hewani dengan Karbohidrat

Makanan sumber protein hewani memang kerap dijadikan pendamping idaman saat menyantap nasi yang mengandung karbohidrat. Padahal, kebiasaan tersebut justru tidak baik bagi kesehatan karena akan memberatkan fungsi organ pencernaan jika dimakan bersamaan dalam satu waktu. Umumnya, mereka yang tidak tahan akan langsung mengalami kembung karena gas dalam lambung berlebih.

6. Makanan Berat dan Buah

Makan buah dianjurkan agar dilakukan sebelum makan utama berlangsung. Jika Anda suka mengkonsumsi karbohidrat atau makanan berat lalu ditutup dengan buah, tentu ada dampak yang akan ditimbulkan. Buah yang terlambat dicerna akan mengalami fermentasi di lambung dan menjadi busuk.

7. Yoghurt dengan Buah

Buah dan yoghurt memang sangat bagus dikonsumsi, namun pastikan Anda mengkonsumsi dengan jarak waktu yang jauh berbeda. Jika dikonsumsi bersamaan, bakteri dalam yoghurt akan semakin bertambah karena sumber gula dari buah. Jadi tubuh lebih rentan terkena pilek atau alergi.

Itulah kombinasi makanan yang sebaiknya tidak dimakan bersamaan, dan pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat. Membiasakan diri untuk memantau makanan yang dimakan akan membantu Anda untuk lebih berhati-hati dengan efek samping yang ditimbulkan.