Inilah 5 Makanan yang Berbahaya Bagi Penderita Asam Lambung

2133

Asam lambung adalah salah satu penyakit yang populer di Indonesia dan ada berbagai gejala penyakit asam lambung yang sering terjadi seperti perut kembung, mual dan muntah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor dan faktor yang banyak terjadi, karena salah mengkonsumsi makanan.

Ada banyak makanan yang sebaiknya dihindari dan dikuranggi oleh para penderita asam lambung. Berikut ini adalah makanan yang berbahaya bagi penderita asam lambung:

1. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang sangat populer di Indonesia dan banyak masyarakat yang menyukai makanan manis ini, karena coklat memiliki rasa yang menempel di lidah. Cokelat juga banyak tersedia di berbagai tempat seperti di supermarket, minimarket dan berbagai toko lainnya. Cokelat mengandung banyak kafein serta stimulan yang berbahaya bagi kesehatan lambung dan cokelat juga memiliki kandungan lemak yang banyak.

2. Saus tomat

Saus tomat adalah salah satu saus yang banyak disukai banyak orang dan saus ini sangat mudah diperoleh di berbagai tempat. Saus ini seringkali digunakan sebagai pelengkap makanan lain dan saus tomat biasanya tak memiliki rasa pedas yang tinggi, namun hanya rasa tomatnya saja yang mendominasi. Tomat memiliki kandungan asam malat yang lumayan berbahaya bagi kesehatan lambung dan sebaiknya para penderita asam lambung jangan mengkonsumsi makanan yang dicampur tomat.

3. Bawang bombay

Bawang bombay adalah salah satu bahan dapur yang banyak digunakan untuk penyedap makanan dan banyak penelitian yang menyebutkan bahwa bawang bombay memiliki kandungan yang bisa berdampak pada kesehatan lambung. Bagi para penderita asam lambung sebaiknya hindari makanan yang mengandung campuran bawang bombay.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng memang memiliki cita rasa yang lezat dan seringkali membuat seseorang ketagihan. Salah satu makanan yang digoreng adalah tempe dan makanan ini memiliki banyak penggemar di Indonesia. Jika dikonsumsi dengan berlebihan, makanan yang digoreng akan sangat berbahaya bagi kesehatan lambung dan bisa membuat asam lambung jadi naik. Makanan yang digoreng memang memiliki tingkat gurih yang baik, jika dibanding makanan yang direbus dan teksturnya lebih menggoda selera.

5. Citrus

Ada banyak makanan yang termasuk dalam citrus seperti jeruk nipis dan jeruk bali. Makanan ini memang sangat baik untuk kesehatan pencernaan, karena bisa mencegah terjadinya panas dalam dan bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Namun jika dikonsumsi terlalu berlebihan, makanan ini bisa membuat kondisi lambung menjadi tidak sehat dan dapat memicu naiknya kadar asam lambung.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.