Penuaan Dini Umur 19 Tahun – Penyebab dan Cara Mengatasi secara Alami

Semakin bertambahnya usia, tingkat elastis dan produksi kolagen juga akan semakin menurun sehingga terjadi masalah penuaan dini seperti keriput, noda hitam, kusam dan sebagainya. Namun, penuaan dini tidak hanya bisa terjadi pada seseorang yang sudah berusia diatas 30 tahun keatas, namun juga dapat terjadi pada usia remaja. Sebagai lapisan paling luar tubuh, kulit merupakan pelindung utama sehingga tidak heran jika timbul berbagai masalah kulit yang merupakan proses pelepasan sel kulit mati. Lalu apa saja penyebab dari penuaan dini umur 19 tahun dan juga cara mengatasinya?

Penyebab Penuaan Dini Sejak dari Umur 19 Tahun

Ada beberapa hal yang menyebabkan penuaan dini lebih cepat terjadi dari waktu yang seharusnya seperti kebiasaan buruk dan juga pola makan tidak baik yang semakin memperburuk kesehatan kulit.

  1. Stress Berlebihan

Ciri ciri stres yang dialami remaja dalam kadar berlebihan menjadi salah satu faktor utama penyebab penuaan dini. Semua masalah dan juga perasaan yang kurang menyenangkan semakin menumpuk sehingga membuat tampilan wajah terlihat lebih kusam, lelah dan juga lebih tua dari umur sebenarnya.

Tekanan emosional yang berkepanjangan akan meningkatkan sekresi hormon stress yakni kortisol dan adrenalin sehingga proses penuaan lebih cepat terjadi seperti tekanan sintesis normal jaringan ikat, osteoporosis atau osteoarthritis yang merusak kesehatan tulang, penuaan berlebihan pada wajah dan sebagainya.

  1. Genetika

Setiap tubuh manusia mempunyai kemampuan dalam menghasilkan enzim yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga kemampuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada DNA. Enzim antioksidan ini di produksi dalam tubuh dan bertugas untuk memperbaiki segala macam kerusakan yang terjadi karena penuaan dini. Akan tetapi seberapa kuat tubuh dalam memperbaiki genetik serta jumlah antioksidan ini dipengaruhi dengan genom dan orang tua bisa berpengaruh terhadap kerusakan pada kulit remaja yakni penuaan khususnya apabila memiliki keturunan kelainan genetika.

  1. Salah Diet

Terkadang, para remaja yang berusia belasan tahun sangat menginginkan tampilan tubuh yang terlihat langsing dan rela melakukan segala cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Salah diet seperti diet rendah sayuran serta buah akan menurunkan sumber antioksidan harian ditambah lagi dengan paparan sinar matahri, polusi udara dan penyakit kronis yang semakin merusak oksidasi dalam tubuh.

Beberapa antioksidan yang larut dalam makanan seperti lutein, likopen, beta karoten dan jenis antioksidan lain banyak ditemukan pada buah serta sayuran sehingga bisa sampai pada lapisan kulit terdalam. Apabila diet rendah buah dan sayuran dilakukan, maka menyebabkan penuaan lebih cepat terjadi meski masih berusia remaja sekalipun.

  1. Diet Rendah Protein dan Tinggi Karbohidrat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan gula membuat jaringan ikat kulit menjadi terlalu kaku dan hilang tingkat elastisitasnya. Sementara, protein sangat dibutuhkan kulit dalam memberikan tampilan kulit segar seperti kolagen, elastin dan juga asam hyaluronic. Apabila diet rendah protein dilakukan dan lebih meningkatkan asupan karbohidrat, hasilnya tampilan kulit terlihat jauh lebih tua dan kusam.

  1. Merokok

Bahaya tembakau rokok bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan mulai dari kesehatan jantung, rambut, kulit, otak dan hampir semua bagian dalam tubuh. Salah satu kebiasaan buruk yakni merokok bisa menyebabkan timbulnya garis halus prematur di sekitar atas bibir dan juga sekitar mata sehingga penuaan bisa terlihat lebih cepat 15 tahun dibandingkan dengan non perokok. Alasan terkuat mengapa keriput lebih cepat muncul pada perokok adalah karena berkurangnya kadar vitamin C dalam tubuh hingga mencapai 60 persen lebih rendah dibandingkan non perokok.


  1. Paparan Sinar Matahari

Paparan bahaya sinar matahari langsung terlalu berlebihan juga menjadi penyebab munculnya penuaan pada usia 19 tahun. Berbagai tanda penuaan seperti keriput, bintik hitam, kulit kendur dan sebagainya akan lebih cepat terjadi apabila terlalu sering beraktivitas di bawah terik matahari langsung.

Proses oksidasi yang meningkat ini akan merusak materi genetik pada sel kulit sehingga pembagian sel tidak berjalan dengan normal. Dengan ini, bahaya radiasi matahari akan meningkatkan risiko lesi kulit dan akhirnya timbul masalah kulit seperti kasar, kusam dan keriput. Selain itu, paparan sinar matahari juga merusak kelenjar sebaceous yang menyebabkan kulit sensitif dan kering.

Cara Mengatasi

Untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini saat usia masih 19 tahun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan bahan alami sebagai masker sekaligus mengkonsumsinya agar penuaan bisa dicegah dari luar serta dalam tubuh.

  1. Minyak Zaitun

Selain sangat baik dikonsumsi untuk mengobati lipoma, minyak zaitun menjadi salah satu jenis minyak alami yang sangat baik dalam mengurangi keriput serta garis halus dan mengencangkan kulit yang mulai mengendur dan menjadi salah satu tips awet muda terbaik. Minyak zaitun menjadi sumber vitamin, mineral dan asam lemak alami yang memberikan nutrisi pada kulit sehingga lebih mudah diserap sampai ke pori pori kulit. Sementara vitamin A dan E dalam minyak zaitun berguna untuk menghidrasi kulit, menjaga kelenturan kulit dan juga menjaga tampilan awet muda lebih lama.

  • Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada telapak tangan dan oleskan pada wajah serta leher yang sudah dibersihkan.
  • Lakukan pijatan ringan memakai gerakan melingkar selama 10 menit dan bilas esok paginya.
  • Konsumsi juga minyak zaitun ini setidaknya 1 sendok teh setiap hari atau bisa di campur dalam makanan seperti salad.
  1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit memang sudah sangat terkenal seperti menghilangkan jerawat dan iritasi kulit terlalu berlebihan. Asam malat yang ada dalam lidah buaya berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit sekaligus mengurangi keriput dan garis halus. Sementara kandungan seng berguna untuk meremajakan kulit dan mengecilkan pori. Mucopolysaccharides merupakan molekul gula rantai panjang yang ada dalam gel lidah buaya dan bermanfaat untuk membentuk kolagen yakni protein pembentuk dasar struktur sel  untuk mempertahankan elastisitas kulit.

  • Kupas kulit lidah buaya dan haluskan bagian daging lidah buaya yang berlendir memakai blender.
  • Oleskan gel itu secara merata ke kulit wajah dan tubuh lal pijat ringan selama 5 sampai 10 menit.
  • Diamkan selama lebih kurang 20 menit baru bilas bersih dengan air hangat dan keringkan.
  1. Pisang

Pisang menjadi buah anti penuaan alami yang sangat mudah didapatkan dan memiliki rasa nikmat. Dalam pisang mengandung potassium, vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E yang sangat baik digunakan sebagai obat alami semua masalah kulit. Kandungan ini akan menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering, meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit dan melawan berbagai kerusakan radikal bebas dan stres oksidatif sehingga tampilan kulit terlihat lebih muda dan bercahaya.

  • Haluskan 2 buah pisang matang sampai membentuk pasta yang halus lalu oleskan secara merata ke bagian wajah dan leher.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air dan tambahkan pelembab.
  • Selain itu, konsumsi juga buah pisang setidaknya 1 kali sehari supaya penuaan juga bisa dicegah dari dalam.
  1. Madu

Madu merupakan produk yang dihasilkan oleh alam dan memiliki banyak kegunaan khususnya untuk masalah kulit. Madu menjadi makanan terbaik untuk kulit kering sehingga kulit bisa tetap terhidrasi dengan baik, mengangkat sel kulit mati dan juga meningkatkan refenerasi sel baru. Dengan banyak kemampuan ini, madu sangat baik digunakan sebagai masker dan juga dikonsumsi agar berbagai masalah penuaan seperti hiper pigmentasi, bekas luka, bintik hitam, garis halus, keriput dan berbagai masalah kulit lainnya. Untuk ciri ciri madu asli bisa dilakukan dengan cara membakarnya, sebab madu asli akan terbakar dan tidak untuk yang palsu.

  • Tuang 1 sendok teh madu murni pada telapak tangan dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Gunakan gerakan melingkar dengan lembut dan diamkan selama 20 menit lalu bilas bersih dengan air hangat.

  1. Alpukat

Alpukat tidak hanya baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh, akan tetapi juga sangat baik dalam mencegah penuaan dini di usia remaja. Dalam daging alpukat mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, selenium, folat, seng dan beta karoten yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah penuaan dini. Buah ini akan bertindak sebagai pelembab alami sekaligus memperbaiki sel rusak dan meningkatkan regenerasi sel baru. Sementara antioksidan didalamnya serta asam amino akan berguna untuk mengeluarkan toksin dari kulit. Sedangkan khasiat biji alpukat juga sangat berlimpah sehingga tidak ada bagian dari buah ini yang terbuang sia sia.

  • Belah buah alpukat menjadi dua lalu keluarkan bijinya dan haluskan buah alpukat hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta alpukat ini pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit lalu bilas bersih dengan air.
  • Konsumsi juga buah alpukat dengan cara dibuat menjadi jus atau campuran makanan seperti salad untuk pencegahan penuaan yang lebih baik.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai penyebab penuaan dini di usia 19 tahun dan juga cara mengatasinya memakai bahan alami yang digunakan sebagai masker dan juga dikonsumsi. Lakukan cara ini setiap hari agar hasil kulit memukau bisa tampak lebih cepat dan maksimal.

, ,
Post Date: Saturday 04th, November 2017 / 01:52 Oleh :
Kategori : Penuaan