Sponsors Link

29 Tips Awet Muda Paling Alami dan Sehat

ads

Penuaan dini dan berbagai tanda penuaan pasti akan datang sesuai dengan bertambahnya umur. Namun mungkin Anda merasa heran karena ada banyak orang yang masih terlihat awet muda dan segar meski usia sudah tidak muda lagi. Ketika melihat hal ini maka Anda pasti memiliki keinginan yang sama. Namun keinginan terlihat awet muda sering menyebabkan beberapa orang mengambil jalan pintas dengan operasi dan berbagai perawatan kecantikan. Cara tersebut kurang aman karena selalu ada bahaya operasi plastik bagi kesehatan. Namun cara ini biasanya tidak bertahan lama karena membutuhkan perawatan lanjutan. Selain itu cara ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar terlihat awet muda dan tampak cerah serta segar, maka Anda bisa melakukan berbagai cara alami. Berikut ini adalah tips sederhana yang bisa Anda lakukan dengan cara yang sederhana pula.

  1. Sering Mencuci atau Membasuh Wajah

Cara ini mungkin terdengar ringan dan sangat sering diremehkan. Namun kebiasaan mencuci atau membasuh wajah bisa membuat penampilan wajah Anda menjadi lebih awet muda. Mencuci wajah akan membantu membersihkan kotoran di wajah secara alami. Cara ini juga bisa membantu kulit wajah terlihat sangat segar sehingga tidak kusam. Jika Anda merasa kurang segar maka langsung bisa mencuci wajah dengan cara yang benar. Waktu terbaik untuk mencuci wajah adalah pada pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum bangun tidur. Selebihnya Anda bisa mencuci wajah pada siang atau sore hari. Pijat lembut dan usap wajah ketika membasuh dengan air segar.

  1. Gunakan Pelembab Kulit dan Wajah

Menggunakan produk pelembab kulit dan wajah juga harus dilakukan untuk menjaga kulit agar awet muda. Produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah bisa membantu menjaga kulit Anda tetap sehat. Cara ini juga akan membantu menghilangkan sel kulit mati dari kulit. Anda bisa menggunakan jenis pelembab yang benar-benar aman dan tidak menyebabkan kulit kering. Terlebih jika Anda tinggal di ruangan bersuhu rendah.

  1. Jangan Stres

Banyak orang yang mengatakan jika salah satu rahasia terbaik awet muda adalah tidak stres. Ini memang sangat benar karena stres bisa membuat kondisi tubuh Anda melemah dan bahkan kulit menjadi lebih kusam. Penampilan wajah Anda juga mengikuti suasana hati. Untuk menjaga proses ini maka hindari terlihat stres. Anda bisa mengelola stres dengan berbagai cara seperti mendengarkan musik kesukaan, pergi jalan-jalan, pergi bersama teman atau keluarga, meluangkan waktu untuk rekreasi dan bersantai lebih sering. Anda bisa melakukan cara ini sesuai dengan keinginan Anda. (baca juga: penyebab stres berkepanjangancara mengatasi stres super ampuhcara menghindari stres dan penyebabnya)

  1. Hindari Alkohol

Alkohol telah menjadi gaya hidup bagi beberapa orang. Namun untuk mengatasi berbagai penuaan dini dan masalah kulit lain maka Anda harus mencegah untuk tidak minum alkohol. Alkohol akan menyebabkan reaksi untuk kulit termasuk kulit kusam, kulit kering dan lebih mudah keriput. Bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial bisa menyebabkan masalah yang sangat berat. Alkohol akan membuat hidup Anda kurang sehat dan tidak normal. (baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia – bahaya minuman keras bagi kesehatan)

  1. Membuang Sel Kulit Mati

Agar kulit dan penampilan menjadi lebih awet muda maka lakukan cara untuk membuang sel kulit mati. Anda bisa mencoba cara alami seperti menggunakan masker dari tepung beras dan mentimun. Cara-cara alami ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati. Sel kulit mati bisa menyebabkan masalah kulit wajah seperti kulit kusam dan bintik hitam. Sel kulit matin juga akan menyebabkan jerawat. Jika kulit Anda sehat maka penampilan juga akan terlihat sangat cerah.

  1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit yang sangat mengganggu. Sinar matahari mengandung panas dan radiasi yang bisa menyebabkan kulit kusam, kulit kering dan bahkan bintik hitam. Jika Anda keluar dan bagian kulit terkena sinar matahari langsung maka gunakan jenis pelindung kulit yang mengandung bahan SPF 15. Bahan ini sangat baik untuk mencegah radiasi langsung pada kulit. Cara ini juga akan membantu Anda agar warna kulit tidak rusak akibat sinar matahari. Jangan lupa untuk menggunakan pelindung lain seperti topi, jaket atau kain. (baca juga: bahaya sinar matahari di siang hari bagi kesehatan dan kulit – bahaya sinar matahari langsung bagi kulit – bahaya melihat matahari secara langsung – bahaya sinar ultraviolet bagi kesehatan dan manusia)

  1. Jangan Merokok

Penting bagi setiap orang untuk tidak merokok. Merokok juga bisa membuat penampilan Anda menjadi lebih tua. Jika Anda perhatikan maka orang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki kulit yang keriput, banyak bintik hitam dan tidak cerah. Hal ini disebabka karena paparan asap rokok yang menyebabkan kulit kering dan kurang lembab. Paparan nikotin yang masuk ke darah juga mempengaruhi organ tubuh. Sehingga jika Anda ingin terlihat awet muda maka jangan merokok. (baca juga: bahaya merokok bagi remajamacam macam penyakit akibat merokok – bahaya asap rokok hingga menyebabkan kematian)

  1. Melakukan Hal yang Membuat Bahagia

Bagi Anda yang ingin terlihat muda dan sangat cerah, maka Anda juga bisa melakukan hal yang sangat sederhana. Melakukan berbagai hal yang bisa membuat Anda bahagia akan merubah penampilan wajah dari dalam hati. Banyak orang menyebut hal ini sebagai kecantikan yang keluar dari dalam tubuh atau inner beauty. Anda bisa mencoba melakukan hal yang membuat bahagia seperti memasak, berkebun, bepergian atau bertemu banyak teman. Lakukan apa saja selama hal itu positif dan tidak merugikan orang lain. Jika Anda merasa bahagia maka Anda bisa merasa tersenyum, tidak sedih dan sangat nyaman. (baca juga: tertawa itu sehat: 20 khasiat bagi kesehatan)

  1. Gunakan Produk Kecantikan sesuai Kulit

Banyak orang yang memilih produk kecantikan hanya karena melihat iklan. Hal ini menyebabkan wajah atau kulit menjadi tidak seindah yang diinginkan. Untuk mencegah masalah ini maka usahakan menggunakan berbagai produk perawatan dan kecantikan kulit sesuai dengan jenis kulit. Produsen berbagai produk kecantikan sudah membuat produk khusus sesuai kulit. Sebelum memilih produk kecantikan maka usahakan untuk melakukan pengetesan untuk mengetahui reaksi alergi.

  1. Olahraga

Olahraga adalah cara yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Anda tidak hanya bisa mendapatkan tubuh yang bugar tapi juga penampilan yang lebih segar. Olahraga akan mendorong proses peredaran darah yang lebih lancar, metabolisme tubuh yang baik dan menurunkan lemak dalam tubuh.

sponsored links

Cara ini akan membuat bentuk tubuh Anda menjadi lebih indah, kulit yang sangat segar dan sehat. Bahkan olahraga juga bisa membantu pikiran Anda menjadi lebih  baik. Energi dari olahraga bisa membantu memulihkan kondisi tubuh. Ada berbagai manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh termasuk untuk kecantikan.

  1. Cukup Tidur

Salah satu rahasia sehat dan tetap bugar lain adalah memiliki waktu yang cukup untuk istirahat. Tubuh kita memerlukan setidaknya sekitar tujuh hingga delapan jam untuk tidur. Waktu terbaik untuk tidur adalah pada malam hari. Tidur akan membantu proses regenerasi dan pemeliharaan sel-sel tubuh, membuat peredaran darah lebih lancar,membantu memelihara memori dan menjaga kesehatan semua organ tubuh. Bahkan tidur yang cukup akan membuat penampilan kulit menjadi lebih sehat dan awet muda. Jangan lupa untuk mematikan lampu saat tidur untuk menghindari bahaya lampu menyala saat tidur malam. (baca juga: bahaya tidak tidur di malam hariciri ciri kurang tidur yang cukup)

  1. Konsumsi Makanan Sehat untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Tubuh kita mendapatkan sumber nutrisi dari makanan yang masuk lewat pencernaan. Karena itu Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat akan membantu Anda mendapatkan nutrisi yang sehat dan juga memelihara sel dari dalam tubuh. Salah satu kebiasaan yang sangat baik berkaitan dengan makanan adalah mengkonsumsi makanan organik. Anda bisa memulainya dengan sayuran yang sehat, makanan tanpa pengawet dan produk daging organik. Selain itu ada berbagai makanan untuk awet muda dan terlihat cantik yang bisa dikonsumsi secara rutin. Makanan sehat juga termasuk semua jenis makanan yang mengandung vitamin E.

  1. Lebih Sering Tersenyum

Ada banyak orang yang sangat sulit tersenyum dan menciptakan kesan yang kurang menarik untuk wajahnya. Untuk mengatasi hal ini maka cobalah untuk lebih sering tersenyum. Tersenyum akan membantu melepaskan perasaan berat, tertekan dan juga stres. Namun Anda juga harus membuat senyuman itu menjadi karakter wajah yang tidak dipaksakan. Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat gigi Anda menarik saat tersenyum. Anda bisa mencoba untuk merawat kesehatan gigi secara rutin sehingga saat tersenyum maka wajah Anda akan lebih bersinar.

  1. Lakukan Perawatan Rambut

Membuat penampilan agar terlihat lebih awet muda tidak hanya dengan merawat kulit dan wajah saja. Hal yang bisa Anda lakukan adalah merawat rambut. Perawatan rambut harus dilakukan secara rutin baik harian, mingguan atau bulanan. Anda bisa menggunakan bahan-bahan tradisional untuk merawat rambut seperti lidah buaya, jeruk nipis, sari apel, sari wortel, madu dan jenis bahan-bahan lain. Semua bahan ini mengandung antioksidan yang bisa mengatasi rambut rusak seperti pecah, bercabang dan kusam. Selain itu hindari terlalu sering mengikat rambut yang bisa menyebabkan rambut rusak dan membuat Anda menjadi lebih tua dari usia yang sebenarnya. (baca juga: penyebab rambut rontok berlebihanbahaya rambut rontok berlebihan)

  1. Lakukan Perawatan Kulit Tradisional

Melakukan perawatan kulit secara tradisional juga sangat penting untuk membuat penampilan Anda menjadi awet muda. Anda bisa melakukan berbagai perawatan ringan yang tidak membutuhkan banyak biaya. Beberapa bahan yang paling sering digunakan misalnya susu, minyak esensial, minyak biji anggur, bunga mawar. Perawatan bisa dilakukan dengan cara spa atau masker. Berbagai perawatan tradisional ini akan membantu melembabkan kulit dan menjaga agar kulit tubuh terlihat sangat bersih dan segar. Aroma wangi juga memberikan sensasi yang santai untuk hati Anda.

  1. Lakukan Detoksifikasi Alami

Proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh juga akan membantu Anda agar terlihat awet muda. Cara ini banyak dilakukan oleh semua orang karena juga bisa membantu menjaga kesehatan organ tubuh. Cara detoksifikasi akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bersih dari pengaruh radikal bebas. Ketika Anda mengkonsumsi  berbagai jenis makanan maka bisa saja tubuh Anda menerima bahan tambahan makanan atau  bahan pengawet. Bahan ini bisa menumpuk pada organ tubuh terutama ginjal dan hati. Untuk itu Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan seperti minum air perasan jeruk lemon dan madu setiap pagi. Jeruk lemon juga mengandung bahan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh Anda. Kebiasaan baik untuk kecantikan dan kesehatan bisa menjadi cara yang sangat alami.

  1. Mengkonsumsi  Buah Anggur Saat Pagi Hari

Makan buah anggur pada pagi hari juga sangat baik untuk membantu tubuh Anda terlihat awet muda. Anggur mengandung vitamin E, vitamin C dan beberapa sumber mineral seperti magnesium dan mangan. Bahan ini menjadi antioksidan yang bisa membantu merawat kulit. Vitamin E sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan tidak kusam. Sementara vitamin C bisa membantu meningkatkan aktifitas kolagen yang bisa membuat kulit elastis dan tidak mudah terkena efek penuaan dini. Cara ini sangat baik untuk membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat.

  1. Minum Jus Blueberry

Kebiasaan minum jus blueberry ternyata memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Anda bisa mencoba untuk minum jus blueberry murni tanpa tambahan gula ataupun air. Blueberry mengandung vitamin C yang sangat baik untuk membantu meningkatkan aktifitas kolagen. Sementara tubuh kita butuh mempertahankan kolagen untuk mencegah kulit keriput dan membuat kulit sangat halus. Bahkan para peneliti dalam bidang medis kulit di Amerika mengatakan jika minum jus blueberry akan membuat kulit lebih elastis dan bersinar.

  1. Lakukan Perawatan Masker Wajah

Masker wajah sangat penting untuk memelihara kesehatan kulit wajah secara langsung. Banyak orang yang malas menggunakan masker wajah karena membutuhkan waktu khusus. Masker bisa membantu melepaskan sel kulit mati pada wajah, menghilangkan keriput, membuat kulit wajah lebih kencang dan membantu menyembuhkan jerawat. Anda bisa menggunakan jenis masker alami sesuai dengan tipe kulit seperti masker bengkuang, tepung beras, teh, mentimun, stroberi dan yogurt. Cukup memberikan masker selama 15 menit saja dan wajah Anda akan lebih cantik.

  1. Minum Madu

Madu merupakan salah satu bahan rahasia untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan sangat bersinar. Minum madu setiap hari akan membantu membuang racun dalam tubuh dan membuat organ tubuh menjadi lebih sehat. Madu mengandung bahan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin D dan berbagai jenis asam amino. Madu juga penuh dengan mineral yang bisa menjadi sumber antioksidan alami. Cara ini akan membantu tubuh Anda merawat kulit dari bagian dalam. (baca juga: cara membedakan madu asli dan palsu paling akurat)

  1. Makan Alpukat

Alpukat adalah buah terbaik untuk membantu mengatasi berbagai efek penuaan dini dan menjaga kecantikan kulit. Anda bisa mencoba untuk makan alpukat menjadi salad, sup buah atau jus. Hindari menambahkan susu dan gula pada alpukat. Alpukat mengandung bahan seperti asam lemak omega 3 yang bisa membantu memberikan nutrisi untuk kulit dan mencegah efek penuaan dini. Kandungan vitamin E dalam alpukat sangat baik untuk melawan penuaan dini seperti flek hitam. Dan alpukat penuh dengan nutrisi penting untuk mencegah penyakit seperti karotenoid, flavonoid, folat dan juga seng.

  1. Minum Coklat Hangat

Secangkir coklat hangat tidak hanya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih santai, tapi juga membuat kulit menjadi lebih sehat. Coklat mengandung beberapa bahan seperti procyanidin. Senyawa ini bisa memelihara kulit dengan secara alami bahkan bisa memberikan kesehatan untuk sel kulit. Coklat bisa membantu beberapa proses regenerasi kulit seperti membantu kelembapan alami kulit, menjaga kulit agar lebih awet muda, dan menjaga agar kulit Anda bersinar. Anda juga bisa mengkonsumsi coklat untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Mengkonsumsi Sayuran Hijau Penuh Serat

Kebiasaan mengkonsumsi berbagai jenis sayuran hijau yang mengandung serat sangat baik untuk membantu kesehatan kulit. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi sayuran seperti bayam, kale, kangkung, brokoli dan lobak. Bahkan konsumsi sayuran persilangan juga bisa membantu agar kulit Anda menjadi lebih mulus. Sayuran ini mengandung jumlah kalori yang rendah. Selain itu sayuran hijau juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang bisa menjaga kesehatan kulit dengan cara yang sangat alami. Efeknya memang tidak hanya untuk kulit saja karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (baca juga: makanan kaya serat alami dan produk olahan)

Sponsors Link
  1. Minum Teh Hijau

Teh hijau menjadi minuman khas untuk masyarakat Jepang. Khasiat minuman teh hijau salah satunya adalah mampu mencegah penuaan dini dan menjaga agar kulit tetap sehat. Teh hijau mengandung bahan antioksidan yang bisa mengatasi berbagai efek penuaan dini termasuk bintik hitam, kulit keriput dan kulit kusam. Bahkan ramuan teh hijau sering digunakan untuk campuran spa kulit demi meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan bahan katekin dalam teh hijau sangat tinggi dan bermanfaat untuk menghambat masalah kulit. Tapi jangan berlebihan minum teh hijau agar tidak terkena bahaya minum teh bagi kesehatan.

  1. Makan Rumput Laut

Mengkonsumsi rumput laut juga sangat baik untuk menjaga agar penampilan kulit menjadi lebih awet muda. Anda bisa melihat masyarakat Korea dan Jepang yang paling sering mengkonsumsi rumput laut dalam semua jenis hidangan. Kulit mereka bersih dan bebas dari berbagai efek penuaan meskipun sudah tidak muda lagi. Rumput laut mengandung sumber nutrisi yang sangat penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan juga ergostrol. Semua sumber nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan kandungan vitamin B yang ditemukan dalam rumput laut juga bisa membantu sistem regenerasi kulit dan metabolisme yang sel yang baik.

  1. Gunakan Minyak Zaitun

Konsumsi berbagai jenis makanan yang digoreng memang bisa menyebabkan efek samping. Salah satunya adalah tumpukan lemak dan kolesterol yang bisa mempengaruhi kesehatan. Efeknya juga sangat buruk untuk kulit karena tubuh mendapatkan banyak radikal  bebas. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mentah sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan minyak zaitun mentah untuk memasak, merawat kulit serta perawatan rambut. Selain itu hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng. Ada beberapa bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan. (baca juga: bahaya makanan yang digoreng bagi tubuh)

  1. Suplemen Mengandung Alga Biru

Mengkonsumsi suplemen juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Namun Anda bisa mencoba memilih jenis suplemen yang mengandung ganggang biru atau hijau. Jenis spirulina bis amembuat kolagen dalam kulit bertahan lebih lama. Cara ini juga bisa membantu mengatasi efek penuaan dini akibat kerusakan sel kulit dan juga kekurangan nutrisi.

  1. Gunakan Produk Pembersih Kulit

Kebiasaan menggunakan riasan sepanjang hari untuk kepentingan pekerjaan memang dibutuhkan. Namun setelah Anda menggunakan riasan maka jangan lupa untuk membersihkan sisa riasan dengan produk pembersih. Caranya adalah dengan menggunakan produk pembersih kulit yang sesuai dengan jenis tipe kulit. Hindari menggunakan produk pembersih kulit yang mengandung bahan kimia kuat dan alkohol. Atau lebih baik jika Anda memilih bahan alami seperti jeruk nipis. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian gunakan untuk membersihkan kulit wajah.

  1. Minum Cukup Air Mineral

Minum cukup air mineral sangat penting untuk tubuh Anda. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan kulit tapi juga menjaga agar tubuh Anda menjadi lebih sehat. Air akan membantu memberikan kelembapan alami pada bagian kulit. Selain itu air akan membantu membuang racun yang menumpuk dalam tubuh Anda. Konsumsi air mineral setidaknya sekitar 3 liter setiap hari. Anda juga harus minum air mineral yang sehat dan hindari air yang sudah terkena kontaminasi. Air akan membuat wajah menjadi lebih cerah dan tidak kusam. (baca juga: bahaya akibat kurang minum air putihefek kekurangan air putih bagi tubuh) Tips Memilih Produk Kecantikan

  1. Usahakan untuk membeli berbagai produk kecantikan di toko khusus yang memang mengeluarkan produk tertentu. Cara ini bisa menghindarkan Anda dari beberapa produk palsu yang bisa menyebabkan masalah kulit.
  2. Usahakan untuk selalu memilih jenis produk kecantikan yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan Anda. Beberapa produk kecantikan yang harus dipilih sesuai dengan jenis kulit adalah seperti sabun wajah, pembersih wajah, pelembab, alas bedak dan bedak.
  3. Usahakan untuk selalu membaca berbagai peringatan dan bahan-bahan yang tercantum dalam kemasan. Cara ini akan membantu Anda untuk mengenali jenis bahan berbahaya yang bisa menyebabkan masalah kulit.
  4. Pilih produk kosmetik yang ramah lingkungan dengan jarak waktu kadaluarsa yang tidak terlalu lama. Bahan alami tetap yang terbaik untuk merawat kulit wajah. Hal ini juga berlaku untuk berbagai produk untuk merawat kulit tubuh.
  5. Lakukan pengetesan atau pemeriksaan alergi untuk setiap produk yang akan digunakan untuk kulit. Cara ini akan membantu Anda mengetahui jenis bahan yang bisa menyebabkan alergi. Jika menyebabkan alergi maka hindari memilih produk tersebut.
  6. Jika ingin terlihat putih dan bersih maka lakukan cara alami dan hindari cara insntan dengan suntik putih karena ada bahaya efek samping suntik putih permanen.
  7. Pilih jenis perawatan bibir alami yang sehat dan jangan menanamkan bahan berbahaya seperti dengan melakukan sulam bibir. Ada beberapa efek samping sulam bibit yang mematikan dan bisa terjadi kapan saja.

Melakukan perawatan untuk menjaga kulit agar segar dan tetap awet muda memang sangat penting. Namun menggunakan perawatan dari dalam dan luar tubuh terbukti bisa membantu menjaga penampilan. Semua cara perawatan ini bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Baca juga informasi tentang kecantikan:

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 30th, January 2016 / 02:15 Oleh :
Kategori : Penuaan