15 Ciri Ciri Stres Yang Mengancam Kesehatan Tubuh

Ciri ciri stres merupakan kondisi dimana tampilan perilaku seseorang akibat adanya tekanan pada psikologisnya terlihat dengan jelas dari luar tubuhnya. Munculnya stres ringan atau berat dapat menyerang pada setiap manusia didunia terlepas seberapa cerdasnya seseorang mampu atau tidak mengendalikan stres itu sendiri. (Baca Juga: Makanan untuk Menghilangkan Stres , Cara Menghilangkan Stres)

Penyebab stres

  • Masalah cinta, Perpisahan dan ekonomi keluarga
  • Kegagalan, Kebangkrutan, Kematian dan keterpurukan
  • Adanya penghinaan dari orang lain atau lingkungan
  • Persaingan bisnis, Fitnah dan menjadi korban penipuan
  • Tidak adanya dukungan dari keluarga atau orang lain

(Baca Juga: Cara Menghindari Stres , Penyebab Stress)

Ciri Ciri Stres

1. Kesulitan tidur

Perasaaan yang tidak menentu yang masih saja berlangsung hingga malam hari maka akan terbawa hingga menjelang tidur, Pikiran pikiran gelisah akan terus muncul ketika anda akan memejamkan mata. Akibatnya saraf saraf otak tidak bisa tenang dan akan terus bekerja keras untuk menyaring dan mengolah informasi dari masalah masalah yang anda ciptakan sendiri yang akhirnya menyebabkan anda selalu dalam keadaan terjaga (tidak mengantuk).

Baca Juga:

2. Pola makan berubah

Stres yang berkepanjangan mampu mengubah pola makan seseorang menjadi 2 bagian yang sama sama menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih buruk yaitu menjadi tidak nafsu makan lalu badan berangsur angsur kurus atau bahkan menderita kegemukan akibat stres karena makan yang terlalu sering, Porsi diluar kebiasaan dan dengan asupan gizi yang sembarangan.

3. Sakit kepala

Stres sangat berhubungan dengan pembuluh darah, Saraf saraf serta otot otot yanag ada diarea kepala. Ketika seseorang mengalami stres maka pembuluh darah, saraf dan otot menjadi menderita ketegangan, Akibatnya aliran darah akan mengalir dengan tidak lancar. jika kondisi ini terus menerus berlangsung selama lebih dari 3 jam maka akan menyebabkan munculnya sakit kepala yang datang timbul tenggelam bahkan bisa menjadi penyebab sering sakit kepala berkepanjangan.

Baca Juga:

4. Tak mampu mengendalikan emosi

Seseorang yang sedang mengalami kelabilan dalam berfikir maka akan dapat terlihat ketika dia tidak mampu mengendalikan emosinya, Mudah tersinggung, Panik dan bahkan keatkutan yang berlebihan. Ketika tidak mampu mengendalika emosi maka seseorang akan kesulitan untuk dapat berfikir secara logis.

5. Mudah terserang masuk angin

Ketika stres berkepanjangan menyerang tubuh maka hormon stres akan meningkat dan dapat memblokir sel sel darah putih dan menyebabkan turunnya kekebalan tubuh, Kondisi inilah yang berpotensi besar menyebabkan seseorang mudah terserang masuk angin, Flu atau penyakit menular yang dibawa oleh orang lain dan melalui udara kotor.

Baca Juga:

6. Nyeri otot dan pegal pegal

Ciri ciri stres salah satunya bisa dilihat ketika seseorang sedang mengeluh karena mengalami nyeri dan pegal pegal yang berulang ulang pada otot tubuhny, Kondisi ini menyebabkan seseoraang jadi terlihat mudah kelelahan, Tidak semangat, Lemas dan tampilan wajah yang selalu lesu.

7. Mudah lupa

Seseorang yang mengalami stres akan terlihat sering lupa dan sulit untuk berkonsentrasi dalam berfikir atau menentukan pilihan yang menurutnya lebih baik. Mudah lupa merupakan ciri ciri stres yang sering menimpa para orangtua lanjut usia dimana perilaku sering lupanya tersebut karena didukung oleh adanya kemunduran daya ingat.

Baca Juga:

8. Melamun dan menarik diri

Melamun dan tidak mau berkumpul dengan masyarakat atau teman temannya adalah ciri ciri stres yang paling sering menimpa remaja dan Dewasa. Melamun dan menarik diri dari pergaulan cenderung disebabkan karean dirinya merasa tidak mendapat dukungan dari siappun atas apa yang sedang dialaminya, Karena takut dan malu untuk bicara atau karena merasa tidak percaya diri. Perasaan perasaan itu selalu mengiringi pikiran menjadi tidak menentu yang akhirnya mengakibatkan stres.

9. Kram perut pada wanita yang haid

Ciri ciri stres pada wanita yang sedang haid dapat terlihat dari perubahan prilaku yang tidak biasanya terjadi. Ketika sedang haid maka didalam tubuh wanita akan mengalami perubahan hormon yang biasanya memicu saraf saraf kepala menjadi lebih tegang dan memicu seseorang mudah emosi lalu terserang stres. Ketika perasaan perasaan labil itu hadir maka akan muncul kram pada otot perut yang menyebabkan rasa nyeri yang menjalar kearah rahim, Kondisi itu biasa muncul akibat tekanan emosi yang meluap luap secara psikologis yang nantinya akan normal kembali setelahg siklus haidnya telah selesai.

Baca Juga:

10. Nyeri rahang

Stres yang terus menerus dapat menyebabkan rahang menderita sakit yang bisa muncul setelah seseorang bangun tidur. Keadaan terjadi akibat ketidakseimbangan aliran darah akibat stres yang masih tersisa didalam pikiran ketika seseorang ternyata berhasil juga tidur walaupun tidak bisa lama. Nyeri rahang merupakan salaha satu ciri ciri stres yang biasa dialami oleh orang dewasa dan lansia.

11. Sering mimpi buruk

Seseorang yang condong lebih mudah tersinggung dan Selalu marah marah maka kondisi tersebut akan melahirkan perasaan perasaan baru yang lebih buruk yaitu berupa ketakutan, Kebingungan, Kepanikan dan kegelishann yang berlebihan dimana kondisi tersebut mempengaruhi kualitas tidur seseorang menjadi buruk pula. Perasaan perasaan tersebut dapat terekam dalam jaringan otak dan diolah pada alam bawah sadar yang akhirnya terbawa melalui mimpi mimpi yang muncul dengan gambar gambar yang tidak baik (buruk). Sering mengalami mimpi buruk adalah salah satyu ciri ciri stres yang biasa dialami segala umur.

Baca Juga:

12. Muncul jerawat

Ciri ciri stres yang sering menimpa remaja adalah munculnya bintil bintil kemerahan atau jerawat. Stres dapat menyebabkan meningkatnya sebum atau minyak alami yang berada dibawah kulit, Jika minyak tersebut keluar secara berlebihan kepermukaan kulit maka akan mempermudah masuknya bakteri yang dibawa oleh udara atau radikal bebas penyebab tumbuhnya jerawat.

13. Timbul alergi

Ketika seseorang diliputi rasa kegelisahan, Ketakutan, Kecemasan, Kepanikan atau kemarahan yang melonjak lonjak maka didalam tubuhnya akan terjadi peningkatan hormon stres dan merangsang produksi Ig.E yaitu protein darah yang memicu munculnya alergi misalnya munculnya ruam ruam kemerahan dan Gatal gatal kulit . Munculnya reaksi alergi pada permukaan kulit merupakan ciri ciri stres yang biasa dialami para kawula muda.

Baca Juga:

14. Gangguan pencernaan

Perasaan perasaan yang negatif dan selalu labil dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada jaringan perut. Dimana stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan seseorang menjadi malas makan, Makan sembarangan, Lebih condong makan makanan yang manis, Menjadi ketergantungan dengan makanan jenis junkfood dan lain lain dimana kondisi tersebut berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan pada lambung manusia diantaranya sakit perut, Diare, Disentri, Muncul penyakit maag dan peningkatan asam lambung. Gangguan pencernaan merupakan ciri ciri stres yang dapat muncul pada seseorang yang telah menderita stres dan dsepresi secara bersamaan dan telah berlangsung lama. Gangguan pencernaan pada lambung manusia

15.Rambut rontok

Stres dapat menyebabkan aliran darah dikepala menjadi tidak lancar dan menyebabkan kekuatan akar rambut menjadi berkurang. Ciri ciri stres yang biasa dialami oleh wanita adalah ketika rambutnya sering mengalami kerontokan yang bisa ditemukan pada bantal tidurnya, Lntai, Tempat duduk dan sebagainya, Yang awalnya masih ringan hingga akhirnya berubah menjadi kerontokan berat.

Baca Juga:

Solusi Terbaik Mengatasi Stres

Tips cara mengatasi stres yang mudah dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari hari

1. Teh

Minum secangkir teh hitam, Merah, Kuning atau hijau dapat bermanfaat bagi kondisi psikologis yang sedang dalam keadaan tertekan akibat masalah sehari hari. Mengkonsumsi teh dua kali sehari dapat menurunkan kadar stres karena zat asam amino thenine yang ada pada teh terbukti dapat menenangkan saraf saraf otak dan merilekskan ketegangan otot diarea kepala sehingga pikiran menjadi lebih tennag. Bahkan menghirup aroma teh saja mampu memicu stimulasi pasa saraf saraf otak menjadi lebih stabil karena aroma teh sebenarnya mengandung gelombang alfa yang dapat melindungi jaringan otak.

Baca Juga:


2. Melakukan minat dan bakat

Tinggalkan hal hal yang telah membuat anda merasa bingung, Cemas, Gelisah, Bosan, Takut dan sebagainya. Beralihlah pada hal hal yang anda sukai kurang lebih 30 menit saja dan biasakan hal ini dilakukan ketika diri telah merasakan kegelisahan. Lakukan kegiatan yang berkaitan dengan minta dan bakat. Melakukan sesuatu yang disukai secara lahir dan batin mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang dan dapat melancarkan aliran darah yang sempat tersendat akibat stres yang baru saja dihadapi. Bisa juga ketika sedang melakukan bakat dan minta anda ditemani secangkir kopi. Karena kafein yang tidak berlebihan justru mampu menenangkan kondisi psikologis yang sedang tidak menentu.

3. Beinteraksi dengan hal hal yang lucu

Hal hal yang lucu seperti menonton film lucu, Membaca buku dengan cerita cerita konyol dan sebagainya mampu melemaskan otot otot dibelakang kepala yang sedang mengalami ketegangan akibat aktivitas kerja atau stres dan dapat pula menghilangkan kekakuan dan Penyempitan saraf saraf pada area kepala penyebab aliran darah tidak lancar.

Baca Juga:

4. Mendengarkan musik

Musik adalah energi tanpa batas. Musik yang lembut dan tidak terlalu keras atau mendengarkan musik favorite anda justru terbukti lebih cepat menyembuhkan stres daripada mengkonsumsi obat obatan anti depresi, Mampu melemaskan saraf saraf kepala yang sedang kaku, Menghilangkan ketegangan pada leher bagian belakang, Melancarkan aliran darah menuju otak dan dapat membuat seseorang menjadi lebih semangat dan berfikir lebih tenang.

5. Bersosialisasi

Berkumpul, Bersosialisasi atau beriteraksi dengan orang orang baru atau orang orang yang memiliki bakat dan minat yang sama dengan anda adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi perkembangan psikologis anda, Selain anda dapat bertukar pikiran menjadi lebih luas lagi, Andapun dapat memiliki rasa empati yang lebih besar lagi terhadap lingkungan sekitar dan mendapatkan pula kemandirian serta rasa percaya diri yang lebih tajam dari sebelumnya sehingga mampu mengendalikan stres yang kemungkinan akan terus ada dimasa depan, karena memang secara logika tak ada satu manusiapun yang luput daru stres.

Baca Juga:

6. Melakukan Yoga

Yoga merupakan olahraga dengan latihan latihan khusus yang menggunakan teknik fokus pada perasaan tenang dan menguasai teknik pernafasan yang baik dan memanfaatkan ketajaman pikiran serta kesabaran dalam mengelola gerakan gerakan yang sedang dilakukan. Yoga yang teratur mampu menghilangkan stres dan membuat kondisi pikiran menjadi lebih stabil.

7. Pemijatan kepala atau Creambath

Creambath yang dilakukan dengan pemijatan pada simpul simpul atau titik tertentu pada kepala selain dapat menyehatkan akar rambut dapat pula melancarkan aliran darah disekitar kepala sehingga ketegangan pada saraf saraf kepala atau kekakuan otot otot pada leher bagian belakang dapat cepat distabilkan kembali sehingga mampu mengusir stres relatif lebih cepat.

Baca Juga:

7. Minum air putih

Cairan tubuh yang memadai dapat menstabilkan aliran darah yang menderita ketegangan, Penyempitan dan tersumbat karena stres. Tubuh yang kekurangan cairan dapat menurunkan kekebalan tubuh yang akhirnya menyebabkan mudahnya seseorang terserang rasa takut, Panik, Gelisah, Mudah marah dan lain lain. KEtika kondisi itu terbentuk maka akan mempermudah masuknya penyakit yang disebabkan oleh jamur, Bakteri, Kuman atau virius yang dibawa oleh orang lain atau bahkan dari udara yang masuk melalui rongga hidung dan mulut.

, , , , , ,
Post Date: Monday 30th, January 2017 / 11:27 Oleh :
Kategori : Stres