15 Obat Flu Tradisional ( No. 5 Paling Manjur )

Flu merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tidak peduli usia baik muda maupun tua memiliki resiko untuk terkena flu. Saat musim pancaroba, virus banyak beterbaran dimana mana. Yang namanya virus bsa hidup dimana saja dan virus tidak bisa dimatikan atau dihilangkan, hanya saja virus bisa dilemahkan oleh sistem imun. Memang virus bertebaran di udara, namun yang bisa terkena virus itu hanyalah orang dengan sistem imun yang jelek. Flu tidak bisa diobati selama sistem imun penderita flu masih jelek, saat orang kelelahan dan tidak cukup nutrisi dia akan mudah sekali terkena flu. Obat yang digunakan untuk mengatasi flu tersebut tidak benar benar untuk mengatasi flu, namun obat tersebut akan membuat sistem imun meningkat dan stabil sehingga virus flu itu bisa dihilangkan. Berikut ini adalah obat flu tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi flu :

  1. Sup Hangat

Meski ada yang bilang saat flu tubuh akan menolak makanan karena hidung sedang tersumbat, namun mengkonsumsi sup hangat dipercaya bisa digunakan untuk meringankan flu yang sedang dialami. Sup hangat yang dikonsumsi bisa mengencerkan lendir yang ada di hidung dan juga di tenggoorkan. Lendir atau ingus yang kental justru membuat flu semakin parah sebab saluran pernafasan menjadi semakin tersumbat. Saat mengkonsumsi sup hangat lendir akan mencair dan dikeluarkan bersamaan dengan feses saat buang air besar. Semakin banyak ingus yang mencair semakin sedikit ingus yang ada di saluran pernafasan sehingga pernafasan pun menjadi semakin lega. Tips mengkonsumsi sup hangat yang dijadikan sebagai obat flu tradisional adalah mencium aroma supnya terlebih dahulu selama 2 menit, barulah setelah itu sup baru bisa dikonsumsi.

Baca : Khasiat minum air hangat sehabis makanBahaya sayur bayam yang dihangatkan

  1. Terapi Air Panas

Sama halnya dengan bayi, terapi air panas ini bisa digunakan sebagai obat flu tradisional yang bisa dilakukan. Hal itu dikarenakan air panas yang masuk ke dalam tubuh bisa digunakan untuk mengencerkan ingus sehingga ingus akan mudah sekali keluar dari saluran pernafasan. Cara mengobati flu menggunakan terapi air panas ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan baskom berisi air panas.
  • Taruh di dalam ruangan yang tertutup. Usahakan di dalam kamr itu tidak ada ventilasi udaranya.
  • Jika memang tidak ada ruangan yang seperti itu anda bisa memanfaatkan sarung.
  • Tutupi tubuh anda menggunakan sarung, ikat bagian atasnya.
  • Setelah itu anda letakkan baskom itu dihadapan anda dan masukkan beberapa teas minyak kayu putih.
  • Tundukkan kepala anda sampai kira kira jaraknya 8 cm dari baskom itu.
  • Hirup aroma dari baskom itu, kemudian aturlah pernafasan anda.
  • Uap panas itu bisa andaa gunakan untuk mengatasi flu sebab uap panas itu bisa mengecerkan ingus yang ada di saluran pernafasan anda. ( Baca : Gejala flu babiVaksinasi influensa )
  1. Garam

Garam tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja, namun garam juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selain bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi, garam bisa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Larutan garam ini juga bisa digunakan untuk mengatasi flu pada bayi. Bedanya adalah jika untuk mengatasi flu pada bayi larutan garam yang digunakan adalah garam yang dibeli apotek yaitu garam murni steril sedangkan jika untuk mengatasi flu pada orang dewasa bisa menggunakan garam halus biasa. Cara mengobati flu menggunakan larutan garam ini adalah sebagai berikut ini :

  • Campurkan seperempat sendok teh garam bersamaan dengan seperempat teh baking soda.
  • Gunakanlah air hangat untuk melarutkan kedua bahan bahan tersebut, aduk agar tercampur dengan merata.
  • Masukkan pipet ke dalam air laurutan tersebut, setelah itu semprotkan pipet itu ke bagian hidung yang tersumbat bergantian.
  • Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar ingus yang ada di sauran pernafasan segera menghilang. ( Baca : Akibat kelebihan garamBahaya konsumsi garam )
  1. Air Jahe Hangat

Obat flu lainnya yang alami adalah air jahe hangat. Air jahe hangat ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan misalnya saja adalah mual, perut kembung dan juga flu. Cara membuat air jahe hangat yang enak namun bermanfaat bagi kesehatan sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan dua rimpang jahe yang berukuran sedang.
  • Cuci bersih jahe tersebut kemudian kupas.
  • Bakar jahe tersebut hingga ada permukaan yang sedikit gosong.
  • Geprek jahe tersebut agar sarinya keluar.
  • Rebus menggunakan dua gelas air.
  • Agar aromanya lebih enak bisa dtambahkan sereh.
  • Tunggu sampai mendidih kemudian sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja.
  • Saat sudah menjadi satu gelas, tambahkan madu. Jika flu yang anda alami disertai dengan batuk sebaiknya jangan menambahkan gula pasir atau gula batu ke dalam air rebusan itu. Sebab gula batu atau gula pasir justru membuat batuk akan semakin menjadi jadi.
  • Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat air jahe tersebut anda bisa mengkonsumsi minuman hangat lainnya namun tanpa gula. Hindari makanan atau minuman yang dingin sebab bisa membuat ingus semakin mengental. ( Baca : Obat batuk berdahak tradisionalGejala batu kering dan gatal )
  1. Buah Mengandung Vitamin C

Obat flu tradisional lainnya yang bisa digunakan untuk melawan virus influensa adalah buah yang kaya akan vitamin C. Selama ini mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C dipercaya bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun seseorang. Saat sistem imun seseorang meningkat, berbagai macam virus yang masuk ke dalam tubuhnya bisa dilemahkan. Berikut ini adalah berbagai macam buah kaya akan vitamin C yang bisa digunakan untuk melawa virus influensa yang ada di dalam tubuh :

  • Jambu biji. Jambu biji merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi. Buah ini juga bisa digunakan untuk menaikkan trombosit pada orang yang mengalami penyakit demam berdarah. Meski rasanya tidak terlalu asam, buah jambu biji merah ini memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat dibandingkan dengan jeruk. Kandungan vitamin C yang ada pada jambu biji merah sebanyak 108 mg dalam setiap 100 gramnya.
  • Jeruk. Buah kedua yang memiliki kandungan vitamin C yang juga cukup tinggi adalah dengan jeruk. Jumlah kandungan vitamin C yang ada pada jeruk adalah 50 sampai dengan 70 mg per 100 gramnya.
  • Apel. Selain memiliki kandungan antioksidan yag tinggi, apel juga kata akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada ape; adalah 5 mg per 100 gramnya.
  • Delima. Delima merupakan buah yang juga kaya akan antioksidan. Karena kandungan antioksidannya yang banyak, buah ini banyak digunakan sebagai minuman kesehatan. Kandungan vitamin C dalam delima sebanyak 10,2 mg dalam 100 gramnya. Tidak hanya itu saja, buah delima kaya akan folat, serat, kalium, niasin, vitamin A dan juga vitamin E. Semua kandungan yang ada dalam buah delima itu bisa digunakan untu mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, penurun kolesterol jahat dan masih banyak lagi lainnya. ( Baca : Obat herbal untuk kolesterol tinggiMakanan yang berbahaya untuk kolesterol tinggi )
  • Ceri. Kandungan vitamin C pada 100 gram Ceri sebesar 71,5 mg
  • Cabai rawit. Memasukkan cabai rawit dan menelan bijinya bisa digunakan untuk mengatasi flu yang sedang anda alami. Hal itu dikarenakan selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, kandungan capsicum pada caai rawit bisa membuat suhu tubuh meningkat dan juga keringatan. Saat berkerngat, ingus atau lendir pada hidung akan mencair. Saat banyak ingus yang mencair maka flu pun bisa segera menghilang.
  1. Merica Bubuk

Untuk mengatasi flu lainnya anda bisa memanfaatkan merica bubuk. Sayangnya anda harus berhati hati dalam mengobati flu menggunakan cara ini. Jika sampai merica bubuk yang anda gunakan nanti kebanyakan dan mengenai organ tubuh lainnya misal mata, mata anda akan terasa pedas. Merica bubuk bisa digunakan untuk mengatasi flu asalkan dicampurkan dengan berbagai macam obat herbal lainnya. Obat herbal lainnya yang harus disiapkan adalah  tiga rimpang jahe dan madu. Cara membuat obat herbal ini adalah sebagai berikut ini :

  • Cuci bersih jahe, kemudia potong potong menjadi beberapa bagian.
  • Tumbuk jahe agar benar benar halus.
  • Seduh jahe yang sudah ditumbuk menggunakan air panas.
  • Tambahkan madu dan juga sedikit merica bubuk ke dalam air seduhan itu.
  • Lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Rasa pedas pada jahe dan merica bisa membuat suhu tubuh menjadi meningkat, saat suhu tubuh meningkat ingus akan mencair sehingga bisa semakin mudah untuk dikeluarkan. ( Baca : Obat herbal pegal linuEfek samping jahe )
  1. Makanan Mengandung Zinc

Makanan yang mengandung zinc tidak hanya bagus untuk kesehatan tulang dan gigi saja, namun makanan yang menandung zinc itu dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi flu akibat virus. Zinc sendiri adalah senyawa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zinc seperti seafood, daging, telur dan kedelai dipercaya bisa menghilangkan flu dengan cepat sebab semua makanan itu bisa membuat sistem imun menjadi kuat.

  1. Bawang Putih

Jangan pernah menyepelekan bumbu dapur yang satu ini. Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya berguna untuk menambah masakan menjadi lebih gurih namun juga bisa digunaka untuk mengatasi berbagai macam penyakit akibat bakteri dan juga virus. Bawang putih bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi selain itu bawnag putih juga sangat manjur untuk mengobati infeksi telinga. Untuk bisa mengobati flu menggunakan abwang putih ini anda bisa menambahkannya pada masakan yang sedang anda buat. Menambah jumlah bumbu bawang putih dalam masakan akan membuat sistem imun anda menjadi stabil sehingga virus yang ada di dalam tubuh bisa dilemahkan.

Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

  1. Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan kunyit, obat herbal yang berwarna oranye ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Selama ini kunyit banyak digunakan untuk mengatasi nyeri haid pada wanita dan juga untuk mengatasi diare. Kini kunyit bisa digunakan untuk mengatasi flu yang disebabkan oleh virus. Cara mengobat flu menggunakan kunyit ini pun caranya sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil 4 buah rimpang kunyit, cuci bersih kemudian kupas kulitnya.
  • Parut kunyit tersebut, setelah diparut peras kunyit tersbeut agar sarinya keluar.
  • Saat sari kunyit keluar, campurkanlah dengan madu dan secangkir susu yang hangat.
  • Minumlah sebanyak tiga kali dalam sehari. Ingat meminumnya dalam kondisi hangat jangan meminumnya dalam kondisi yang dingin sebab jika dalam kondisi dingin, efeknya akan hilang. ( Baca : Cara menghilangkan nyeri saat haidBahaya beenang saat haid )
  1. Minyak Kayu Putih

Obat tradisional flu lainnya adalah minyak kayu putih. Selama ini minyak kayu putih banyak digunakan untuk mengatasi mabuk kendaraan, mual dan juga masuk angin. Namun kini minyak kayu ptih itu bisa digunakan untuk mengatasi flu. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda tinggal mengoleskan minyak kayu putih itu di bagian batang hidung anda agar batang hidung anda tersa hangat. Anda juga bisa menghirup aroma dari minyak kayu putih itu. Aroma minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk mengencerkn ingus yang ada di saluran pernafasan anda.

Baca : Ciri ciri masuk anginCara mengobati masuk angin tanpa obat


  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak, selain itu buah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi flu akibat virus. Untuk mengatasi flu yang sedang diderita, jeruk nipis ini harus dicampurkan dengan minyak kayu putih. Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Siapkan dulu bahan bahannya yaitu satu buah jeruk niis yang masih segar, jangan gunakan jeruk nipis yang kulitnya sudah kelihatan layu. Setelah itu siapkan dua sendok teh minyak kayu putih.
  • Iris jeruk nipis itu dan belah menjadi dua bagian, peras jeruk nipis itu agra airnya keluar.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dengan minyak kayu putih.
  • Aduk aduklah agar kedua bahan bahan itu tercampur secara merara.
  • Jika sudah merata, gunakanlah obat herbal itu sebagai obat gosok.
  • Anda bisa menggosok bagian bagian yang berhubungan dengan saluran pernafasan misalnya saja adalah bagian dada, bagian punggung dan juga bagian leher.
  • Agar cepat sembuh anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali daa sehari.
  1. Biji Pepaya

Tidak hanya buah pepaya saja yang berguna untuk kesehatan, namun biji pepaya pun kini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dikarenakan di dalam biji pepaya itu mengandung banyak sekali senyawa dan kandungan antioksidanya yang tinggi. Untuk bisa mengobati flu tersebut, biji pepaya harus dicampurkan dengan berbagai macam bahan lainnya. Berikut ini adalah cara mengatasi flu menggunakan biji pepaya :

  • Bahan. Siapkan terlebih dahulu bahan bahannya. Bahan bahannya adalah tiga puluh butir biji pepaya, satu jari lempuyang wangi, dua jari kulit kina dan aiar yang sudah matang sebanyak satu gelas.
  • Cara. Membuatnya pun sangat mudah sekali. Cuci bersih semua bahan bahan tersebut. Tumbuk semua bahan agar menjadi lebih halus. Masukkan ke dalam gelas, kemudian seduh menggunakan air panas. Saat air seduhan berubah menjadi hangat, saring kemudian tambahkan tiga sendok makan madu dan dua sendok makan air jeruk nipis. Minumlah secara teratur dua kali dala sehari agar flu yang anda derita segera menghilang. ( Baca : Penyebab ingus berdarah kentalBahaya flu singapura )
  1. Kencur

Selama ini kencur banyak digunakan untuk membuat rujak dan bumbu masakan, kencur pun dipercaya bisa digunakn untuk mengatasi sakit tenggorokan atau menghilangkan tenggorokan yang serak. Kini pengobatan herbal banyak melirik kencur untuk dijadikan sebagai obat flu tradisional yang tanpa efek samping. Berikut ini adalah cara mengobati flu menggunakan kencur yang bisa anda coba di rumah:

  • Siapkan dulu bahan bahannya yaitu satu rimpang kencur, buah kelapa sebanyak seperempat butir dan air matang sebanyak satu gelas.
  • Cuci bersih kencur setelah dicuci bersih kupas kencur sampai benar benar bersih.
  • Parutlah kencur tersebut dan juga kelapa.
  • Campurkan kedua bahan yang diparut tersebut menggunakan air matang.
  • Peras agar sari dari kelapa dan juga kencur itu keluar.
  • Minum air perasannya sebanyak satu kali dalam sehari. ( Baca : Gejala fluPencegahan penyakit flu tulang )
  1. Daun Kaki Kuda

Ramuan herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi flu adalah menggunakan daun kaki kuda. Daun kaki kuda ini memang jarang ditemui namun daun kaki kuda ini efektif untuk mengatasi flu yang anda derita. Cara mengatasi flu menggunakan daun kaki kuda adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan bahan bahannya yaitu daun kaki kuda.
  • Cuci bersih dauan kaki kuda itu.
  • Tumbuk sampai benar benar halus.
  • Setelah ditumbuk, peraslah daun kaki kuda itu agar keluar sarinya.
  • Campurkan garam ke dalam sari daun kaki kuda itu. Minum secra teratur. ( Baca : Ciri ciri flu dan batukCiri ciri influenza )
  1. Duo Bawang

Untuk mengobati flu bisa menggunakan duo bawang. Duo bawang yang selama ini hanya bisa digunakan untuk memasak ternyata bisa digunakan untuk mengobati flu. Berikut ini adalah cara mengobati flu menggunakan duo bawang :

  • Siapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Baha yang disiapkan adalah bawang merah sepuluh gram dan bawang putih 10 gram. Selain itu siapkan jahe sebanyak 10 gram.
  • Cara pembuatannya pun mudah yaitu dengan meotong motong ketiga bahan tersebut.
  • Seduh menggunakan air panas dan tutup selama 15 menit.
  • Saring, kemudian minum air seduhan itu sebanyak dua kali dalam sehari secara teratur.

Itulah obat flu tradisional yang bisa anda buat sendiri di rumah. Selain bisa meningkatkan sistem imun, obat flu itu bisa digunakan untuk mengurangi jumlah lendir yang ada di dalam saluran pernafasan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 13th, September 2016 / 14:53 Oleh :
Kategori : Penyakit Flu