Home MakananBuah Sehat 12 Buah yang Meningkatkan Daya Ingat dan Menjaga Kesehatan Otak

12 Buah yang Meningkatkan Daya Ingat dan Menjaga Kesehatan Otak

by Erlita

Kesehatan otak itu penting, namun sebagian dari kita kurang memerhatikannya sehingga terkadang terjadi penurunan fungsi yang tanpa kita sadari dan telanjur memengaruhi aktivitas kita. Supaya daya ingat tetap baik, perhatikan asupan makanan sehari-hari ya, dan ini dia beberapa jenis buah yang meningkatkan daya ingat untuk dikonsumsi harian.

  1. Blueberry

Kaya sifat antioksidan, blueberry adalah jenis buah berry yang kalau dikonsumsi dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menurunkan risiko peradangan. Blueberry pun ketika dikonsumsi rutin dapat membuat penurunan kemampuan motorik dan kognitif melambat, apalagi jika hal ini terjadi karena faktor usia yang bertambah tua.

  1. Raspberry

Buah berry lainnya yang baik dikonsumsi sebagai peningkat daya ingat sekaligus penjaga kesehatan fungsi otak adalah raspberry. Raspberry bisa dikonsumsi bersama dengan blueberry sebagai cemilan sehat yang tak hanya membantu diet, tapi juga mendukung jalannya fungsi otak dengan baik sekaligus melawan peradangan neuron.

  1. Blackcurrant

Anggur hitam atau blackcurrant juga dapat dikonsumsi untuk menjaga daya ingat atau meningkatkannya. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini mampu menurunkan potensi terkena alzheimer hingga demensia lho karena memang manfaatnya sangat besar dalam menjadi peningkat ketangkasan mental pengonsumsinya.

  1. Pisang

Buah pisang selain membantu menurunkan berat badan, rupanya juga bermanfaat dalam menjadi peningkat daya ingat otak. Buah yang mengandung mineral magnesium dan kalium tinggi ini pun akan menjadi penambah energi pada otak, membuat kita lebih fokus saat sedang beraktivitas sekaligus mempertajam ingatan.

  1. Jeruk

Tak hanya menjauhkan diri kita dari berbagai penyakit, makan jeruk juga menjadi salah satu cara menambah daya ingat secara alami. Sebagai makanan yang mengandung vitamin C tinggi, kesehatan sel-sel otak dijamin terpelihara dengan baik. Ada pula kandungan flavonoid di dalamnya yang meningkatkan kemampuan kognitif lho.

  1. Delima

Buah delima yang dijadikan jus bisa diminum setiap pagi untuk memberi energi bagi tubuh sekaligus otak sehingga daya ingat makin meningkat berkat glukosanya. Ketimbang mengonsumsi makanan manis ataupun karbohidrat, glukosa dari buah delima lebih baik.

  1. Tomat

Tomat berkandungan likopen yakni sebuah jenis antioksidan yang mampu menjadi penangkal radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebaslah yang mampu meningkatkan risiko alzheimer, demensia, hingga kanker. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat, mengonsumsi tomat yang tinggi likopen sangat bermanfaat.

  1. Buah Bit

Satu lagi buah yang mengandung antioksidan tinggi sehingga bukan hanya mampu menjadi pencegah kanker melainkan juga dapat diandalkan sebagai pemelihara kesehatan otak, yaitu buah bit. Kandungan nitrat dari buah bit dapat menjadi cara melancarkan peredaran darah menuju otak sehingga fungsinya makin baik.

  1. Apel

Bagi yang ingin meningkatkan daya ingat secara alami, apel pun menjadi buah yang bisa dikonsumsi rutin. Dampak dari kebiasaan makan apel sendiri mampu menurunkan risiko alzheimer berkat antioksidan, quercetin, serta antosianinnya yang tinggi. Antosianin sendiri adalah jenis antioksidan yang sangat baik dalam menjadikan memori otak jadi lebih kuat.

  1. Stroberi

Buah berry lainnya yang jangan sampai terlewat untuk dikonsumsi sebagai peningkat daya ingat adalah stroberi. Ini karena sifat antioksidan di dalam buah stroberi tak kalah tinggi dari buah berry lainnya, belum lagi adanya antosianin yang memelihara fungsi kesehatan otak dengan baik.

  1. Blackberry

Masih ada lagi jenis buah berry yang dapat diandalkan ketika daya ingat mulai turun, yakni blackberry yang juga berkandungan antosianin, quercetion, katekin, serta asam caffeic yang masih tergolong antioksidan. Mengonsumsi rutin buah berry ini pun bisa mencegah gangguan kognitif serta penyakit neurodegeneratif.

  1. Alpukat

Untuk daya ingat lebih baik dan kemampuan kognitif yang makin meningkat, konsumsilah buah alpukat. Buah yang kaya antioksidan, vitamin K, lemak sehat, dan juga asam folat ini siap melawan berbagai faktor yang menjadi pemicu penurunan daya ingat.

Demikianlah deretan buah yang meningkatkan daya ingat untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dari buah-buahan tersebut, ada pula makanan lain seperti ikan kod, salmon, kopi, coklat hitam, hingga jamur yang bisa dinikmati untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan otak.

You may also like