4 Fungsi Asam Laktat yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

1872

Asam laktat merupakan hasil dari produk dalam proses metabolism karbohidrat. Asam laktat tersebut dibentuk dengan tidak menggunakan bantuan oksigen atau biasa juga disebut dengan anaerob. Asam laktat itu sendiri adalah zat yang dihasilkan dalam sel otot tepatnya ketika suplai oksigen di dapam proses pembuatan energi tidak terpenuhi. Secara alami sebenarnya tubuh manusia sudah memiliki asam laktat normal. Sementara memang ketika seseorang mengalami kondisi kesehatan tertentu hal itu dapat memicu asam laktat meningkat. Selain itu juga dengan bahaya dehidrasi. Dalam istilah medis, kelebihan asam laktat biasa disebut dengan asdosis laktat.

Artikel berikut akan membahas tentang 4 fungsi asam laktat yang tidak boleh anda lewatkan. Asam laktat akan berperan dalam tubuh anda dan menjaga sel-sel bekerja dengan normal. Sehingga kondisi ini akan menghindarkan anda dari gangguan segala penyakit yang akan mengganggu kesehatan anda. Asam laktat harus dijaga kadarnya karena ketika kekurangan tentu akan ada efek langsung pada kesehatan anda. sebaliknya, jika kelebihan asam laktat tentu tidak baik untuk kesehatan anda. berikut adalah ulasannya.

  1. Melancarkan Pernafasan

Fungsi asam laktat yang tidak boleh anda lewatkan yang pertama adalah untuk melancarkan pernafasan. Namun demikian anda juga perlu hati-hati karena sebaliknya ketika asam laktat terlalu tinggi malah akan membuat anda kesulitan untuk bernafas. Hal ini terjadi ketika apabila pH rendah maka asam laktat meningkatkat dan mengakibatkan karbondioksida di dalam darah tertimbun. Sehingga anda akan kesulitan untuk bernafas. Kondisi ini akan anda alami juga ketika gejala gagal jantung. Namun demikian fungsi asam laktat ini sebenarnya justru akan melancarkan pernafasan karena menyeimbangkan asupan karbondioksida dan oksigen di dalam darah. Hal itu dapat berjalan dengan baik ketika kadar asam laktat dalam tubuh anda masih dalam taraf normal.

  1. Mengatasi Segala Keluhan Kesehatan

Fungsi asam laktat yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah untuk mengatasi segala keluhan kesehatan. Hal ini dikarenakan asam laktat akan memainkan perannya dalam hal meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. sehingga anda akan kebal dari berbagai penyakit seperti serangan sinus, pilek, flu, alergi, sakit kepala, nyeri, kelelahan, kulit melepuh dan lain sebagainya. Kondisi sistem kekebalan tubuh yang meningkat akan memungkinkan seluruh organ di dalam tubuh anda tidak akan mengalami gangguan. Anda juga tidak akan mengalami gejala seperti cepat lelah dan jantung berdebar. Selain itu, asam laktat ini akan bekerja dengan baik dan akan membantu kondisi anda tetap prima untuk menjalani berbagai aktivitas.

 

  1. Menjaga Diri dari Serangan Virus dan Bakteri

Fungsi asam laktat yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah untuk menjaga diri dari segala serangan virus dan bakteri. Seperti kita ketahui bersama bahwa segala virus dan bakteri akan masuk ke tubuh manusia ketika sistem kekebalan tubuh anda menurun. Virus dan bakteri itulah yang akan membawa segala penyakit ketika sudah masuk dan berkembang di dalam tubuh. Orang yang terkena virus HIV itu akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Karena memang virus tersebut akan menggerogoti sistem imuns, sehingga segala bentuk bakteri dan virus akan mudah masuk dan menyebabkan berbagai penyakit.

Asam laktat sendiri berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga kondisi itu akan memungkinkan tubuh terjaga dari segala serangan bakteri dan virus yang akan mencoba menembus masuk ke dalam tubuh manusia. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengetahui tentang cara menjaga kesehatan peredaran darah.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Fungsi asam laktat yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Seperti anda ketahui bahwa radikal bebas akan sangat berbahaya bagi tubuh anda ketika tidak segera dinetralisir. Berbagai penyakit akan segera berkembang dan memungkinkan gangguan kesehatan lainnya. Asam laktat dalam hal ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas dengan cara menjadi antioksidan yang baik untuk tubuh anda. Sehingga radikal bebas tidak akan menumpuk di tubuh anda, dan itu membuat tubuh anda menjadi sehat dan terhindar dari segala serangan penyakit. Anda perlu mengetahui ketika radikal bebas menumpuk dalam tubuh anda itu akan berakibat sangat fatal untuk kesehatan anda. bisa jadi racun akan berkembang dan menggerogoti seluruh organ yang ada di dalam tubuh anda. Tugas dari asam laktat ini begitu penting dan tidak boleh dilewatkan. Jadi anda juga harus menjaga kandungan makanan yang mengandung asam laktat yang cukup agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya dalam hal melindungi tubuh anda khususnya memerangi radikal bebas dalam tubuh anda. Anda juga disarankan untuk mengetahui cara mencegah anemia.