14 Cara Mengatasi Kekurangan Magnesium Paling Efektif

Magnesium menjadi salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar reaksi biokimia dalam tubuh bisa bekerja dengan baik seperti menjaga kestabilan detak jantung dan juga kadar gula dalam darah. Sebanyak 50 persen magnesium akan disimpan dalam tulang dan 50 persen lainnya akan tersebar di berbagai organ serta jaringan dalam tubuh serta sedikit di dalam darah.

Akibat kekurangan magnesium atau defisiensi magnesium bisa terjadi karena sumber magnesium yang tidak mencukupi di dalam tubuh, malasorbsi atau menjalani pengobatan tertentu. Cara mengatasi kekurangan magnesium sendiri bisa dilakukan dengan memperbaiki asupan makanan dengan makanan yang mengandung magnesium tinggi, memperbaiki kebiasaan dan juga mengkonsumsi beberapa produk tinggi magnesium seperti yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Perbanyak Minum Air Mineral

Dalam air mineral mengandung beberapa zat penting yang tidak ditemukan dalam air biasa. Mengkonsumsi setidaknya 2 liter air mineral per hari akan mencukupi cairan di dalam tubuh sekaligus menambah sekitar 25 persen asupan magnesium ke dalam tubuh anda. Dalam air mineral sendiri setidaknya mengandung 20 sampai 100 mg magnesium di setiap 1 liter air sehingga sangat penting untuk dikonsumsi sehari-hari.

  1. Membatasi Asupan Alkohol

Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi alkohol bisa meningkatkan kadar magnesium di dalam urin sehingga akan sangat banyak magnesium yang berkurang dari tubuh anda. Oleh karena itu, asupan alkohol harus dikurangi atau dibatasi agar magnesium di dalam tubuh tidak terbuang percuma.

  1. Perbanyak Konsumsi Coklat Hitam

Mengatasi kekurangan magnesium bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan yakni dengan memperbanyak asupan coklat hitam ke dalam tubuh anda. Dalam setiap 28 gram coklat hitam setidaknya bisa mencukupi hingga 16 persen kebutuhan magnesium di dalam tubuh anda.

Selain itu, dalam coklat hitam juga mengandung zat besi, mangan dan tembaga tinggi serta mengandung serat prebiotik yang akan meningkatkan bakteri baik di dalam usus. Kandungan antioksidan tinggi yang ada dalam coklat hitam juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas serta molekul berbahaya yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

  1. Sering Mengkonsumsi Alpukat

Alpukat menjadi buah nikmat yang juga tinggi akan kandungan magnesium. Dalam 1 buah alpukat mengandung 58 mg magnesium yang bisa mencukupi 15 persen kebutuhan magnesium harian di dalam tubuh.

Dalam alpukat juga mengandung potassium, vitamin K dan vitamin B serta memiliki lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama.

  1. Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang seperti kacang mete, almond dan kacang brazil juga menjadi sumber magnesium tinggi yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi defisiensi magnesium di dalam tubuh. Beberapa jenis kacang ini juga menjadi sumber serat dan lemak tak jenuh yang bisa memperbaiki kadar gula dalam darah sehingga baik juga dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, sifat anti inflamasi juga dimiliki oleh beberapa jenis kacang sehingga bisa mengurangi nafsu makan dan juga menjaga kesehatan jantung anda.

  1. Mengkonsumsi Kacang Polong

Beberapa jenis kacang polong seperti kedelai, buncis, kacang hitam dan juga kacang polong juga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Jenis polong polongan juga menjadi sumber serat tinggi dan indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk menurunkan kolesterol, menjaga kestabilan gula darah sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.


  1. Perbanyak Konsumsi Tahu

Tahu yang menjadi salah satu makanan cukup murah di Indonesia ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan dalam setiap 100 gram tahu mengandung 53 mg magnesium yang bisa mencukupi 13 persen kebutuhan magnesium harian dalam tubuh anda.

Dari beberapa penelitian juga ditemukan jika mengkonsumsi tahu secara rutin akan melindungi sel yang melapisi arteri sehingga risiko kanker perut bisa diturunkan.

  1. Mengkonsumsi Biji-bijian

Anda juga dapat mengatasi kekurangan kadar magnesium dalam tubuh dengan cara mengganti camilan anda dengan camilan sehat seperti biji labu, biji rami dan juga biji chia. Kandungan magnesium tinggi dalam biji labu bahkan bisa memenuhi 37 persen kebutuhan magnesium harian dalam tubuh anda.

Selain itu, aneka jenis biji bijian juga tinggi akan kandungan zat besi, lemak tak jenuh dan juga asam lemak omega 3 serta serat dan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang diproduksi selama proses metabolisme dalam tubuh.

  1. Konsumsi Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan juga halibut merupakan jenis ikan yang tinggi akan kandungan magnesium dan bagus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian dalam tubuh anda. Mengkonsumsi jenis ikan berlemak juga sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit kronis khususnya jenis-jenis penyakit jantung.

  1. Perbanyak Konsumsi Pisang

Pisang menjadi buah yang sangat populer di seluruh dunia karena kelengkapan kandungan gizi didalamnya. Selain terkenal karena buah dengan kandungan potassium/kalium tinggi, pisang ternyata juga menjadi sumber magnesium sekitar 37 mg dalam setiap buah pisang.

  1. Sayuran hijau

Kangkung, bayam, sawi hijau, brokoli dan berbagai sayuran hijau lain juga harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan magnesium di dalam tubuh anda. Dalam setiap 1 cangkir sayuran hijau mengandung kadar magnesium sangat tinggi yakni 157 mg sehingga bisa mencukupi 39 persen kebutuhan magnesium harian tubuh anda.

Sayuran berwarna hijau juga mengandung banyak mineral dan vitamin penting yang sangat baik untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan sekaligus menurunkan risiko kanker.

  1. Magnesium Chloride Oil

Ini merupakan jenis magnesium yang bisa digunakan dengan cara dioles pada permukaan kulit anda dan sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan magnesium serta seseorang dengan gangguan pencernaan. Minyak magnesium ini juga sering digunakan para olahragawan untuk meningkatkan daya tahan serta energi di dalam tubuh dan juga meringankan nyeri pada otot serta menyembuhkan luka dan mengatasi masalah iritasi kulit.

  1. Magnesium Sitrat

Magnesium sitrat adalah kombinasi dari magnesium dan juga asam sitrat yang baik untuk mencukupi kebutuhan magnesium harian anda. Mengkonsumsi magnesium sitrat dalam dosis yang tinggi bisa memberikan efek pencahar sehingga juga sering dikonsumsi untuk mencegah sembelit dan memperbaiki sistem pencernaan.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Asupan Peluruh Magnesium

Kurangi juga beberapa asupan yang bisa membuang kadar magnesium terlalu banyak dari tubuh anda seperti makanan yang dimasak yang bisa mengurangi jumlah mineral didalamnya. Selain itu, gula halus seperti sirup jagung atau pemanis buatan juga harus dikurangi karena akan membuang magnesium lebih cepat dari dalam tubuh dan juga berbagai makanan olahan lain termasuk produk kedelai yang tidak difermentasi, kopi dan juga teh.

Beberapa cara mengatasi kekurangan magnesium diatas bisa dilakukan supaya tidak terlalu banyak kadar magnesium yang terbuang bersama urin sekaligus menyuplai banyak asupan mengandung magnesium tinggi supaya tubuh bisa terus sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

, ,
Post Date: Thursday 05th, October 2017 / 03:37 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi