11 Ciri Ciri Tubuh Kekurangan Elektrolit Yang Harus Di Ketahui

Elektrolit merupakan salah satu hal yang penting bagi tubuh kita. Elektrolit merupakan sebuah komponen yang memiliki muatan positif dan muatan negatif pada saat larut dengan cairan di dalam tubuh manusia. Hal ini yang membuat elektrolit tersebut bergerak menurut muatan dan signal dari dalam tubuh. Elektrolit ini sangat penting bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas seperti aktivitas pada otot, aktivitas pada saraf, aktivitas pada otak, ataupun pembuatan jaringan baru di dalam tubuh. Elektrolit ini terdiri dari berbagai jenis dan memiliki fungsi masing – masing. Beberapa contoh dari elektrolit yang dibutuhkan oleh kita antara lain seperti sodium, klorida, kalsium, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan elektrolit di dalam tubuh pun bisa mengakibatkan banyak hal tidak baik. Untuk menghindari bahaya kekurangan elektrolit maka kita pun harus tahu dan mengenali dari ciri ciri tubuh kekurangan elektrolit. Ada banyak ciri ciri tubuh kekurangan elektrolit yang bisa menjadi indikasi awal bagi kita. Beberapa ciri ciri tubuh kekurangan elektrolit antara lain adalah :

  1. Detak jantung menjadi tidak stabil cenderung melambat
  2. Kondisi tubuh menjadi lemah
  3. Tubuh menjadi mudah lelah
  4. Hilangnya nafsu makan
  5. Menjadi mudah haus
  6. Sering mengalami kram otot dan kejang
  7. Merasakan mual, pusing, bahkan ingin pingsan
  8. Mudah merasakan sakit perut
  9. Merasakan jantung berdebar – debar
  10. Tekanan darah menjadi tinggi
  11. Tubuh mengalami dehidrasi

Meningkatkan elektrolit di dalam tubuh

Setelah mengetahui ciri ciri tubuh kekurangan elektrolit, kita juga harus mengetahui juga cara meningkatkan elektrolit tubuh secara efektif. Untuk meningkatkan elektrolit di dalam tubuh beberapa cara yang bisa kita lakukan antara lain adalah :

  • Minum air putih secukupnya
    Salah satu akibat kelebihan air putih di dalam tubuh adalah cairan elektrolit yang akan berkurang. Semakin sering kita minum air putih maka semakin sering juga kita buang air kecil. Cairan elektrolit akan ikut terbuang bersama urine.
  • Banyak makan buah dan sayur
    Buah – buahan dan sayuran ini banyak mengandung sodium yang bisa meningkatkan elektrolit di dalam tubuh. Salah satu buah yang dianjurkan dan sangat disarankan adalah buah pisang dan buah zaitun.
  • Mengkonsumsi daging
    Salah satu alternatif untuk meningkatkan elektrolit di dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi daging, terutama daging sapi.
  • Mengkonsumsi minuman isotonik
    Hal lain yang bisa dicoba untuk meningkatkan elektrolit di dalam tubuh adalah dengan banyak mengkonsumsi minuman isotonik.
  • Mengkonsumsi air kelapa
    Salah satu minuman alami yang bisa menggantikan dan meningkatkan elektrolit di dalam tubuh adalah air kelapa.
  • Mengkonsumsi keju
    Keju diketahui mengandung banyak sodium. Dalam 100 gram keju saja terdapat 215 mili gram sodium.  Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan elektrolit di dalam tubuh.

Akibat kekurangan elektrolit

Ada banyak akibat yang bisa terjadi apabila kita kekurangan elektrolit di dalam tubuh. Beberapa akibat yang bisa saja muncul antara lain adalah :

  • Hipokalemia
    Hipokalemia ini merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan elektrolit dalam hal ini adalah kekurangan kalium.
  • Hipomagnesium
    Dalam kondisi ini tubuh kekurangan elektrolit yaitu berupa magnesium.
  • Hipokalsemia
    Dalam kondisi hipokalsemia ini tubuh kekurangan elektrolit dalam hal ini adalah tubuh kekurangan kalsium.
  • Hiponatremia
    Dalam kondisi hiponatremia ini tubuh kekurangan elektrolit yaitu berupa natrium. Kebutuhan natrium di dalam tubuh ini dianjurkan sekitar 1,2 sampai 1,5 gram natrium setiap harinya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh