35 Khasiat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Daun CiplukanDaun ciplukan adalah dari tanaman ciplukan yang berukuran kecil dengan buah yang juga kecil, hanya saja jangan pernah meremehkan khasiatnya. Meski dalam ukuran kecil, khasiat daun ciplukan sangatlah besar bagi kesehatan manusia. Tanaman dengan nama latin Physallisa angulata L ini masih termasuk dalam tanaman liar dan biasanya bisa ditemukan di semak-semak.

Di dalam daun satu ini, ada segudang kandungan baik seperti polifenol, flavonoid, tanin, saponin, alkaloid, serta  C27H44O-H2O. Ketika melihat apa saja yang terkandung di dalam daun ini, maka Anda akan mempertimbangkan untuk menggunakannya bila dilanda beberapa kondisi kesehatan. Berikut di bawah ini adalah khasiat-khasiat dari daun ciplukan yang bisa Anda peroleh.

Baca juga:

  1. Mengobati Sariawan

Sariawan memang adalah kondisi paling menyebalkan karena bagian mulut dalam akan terasa begitu tak nyaman. Diyakini bahwa ketika sariawan menyerang, ini adalah suatu tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan vitamin C, benarkah itu? Untuk mengatasinya, salah satu cara ampuh adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun ciplukan atau mengonsumsi buah ciplukan.

  1. Mengobati Nyeri Sendi

Nyeri sendi biasanya paling sering dialami oleh para lansia, namun tak selalu demikian. Bagi Anda yang mengalami nyeri di bagian sendi, berapapun usia Anda, cobalah untuk menumbuk daun ciplukan secukupnya ditambah kapur sirih yang kemudian dijadikan obat kompres alami. Melakukan rutin lebih dianjurkan supaya cepat sembuh.

  1. Mengobati Rematik

Rematik juga merupakan salah satu kondisi tubuh yang tak mengenakkan. Rasa pegal akan dirasakan pada anggota gerak meski memang gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari penyakit rematik mana yang menyerang. Sama seperti sebelumnya, tinggal tumbuk saja daun ciplukan ditambah kapur sirih lalu dikompreskan ke bagian yang sakit dan pegal.

  1. Mengatasi Gangguan Kelenjar Getah Bening

Pernahkah Anda mengalami yang namanya bengkak pada kelenjar getah bening? Daun ciplukan bisa diandalkan sebagai obat alami yang ampuh. Tinggal rebus beberapa lembar daun ciplukan dan air rebusannya dapat Anda minum secara rutin. Hanya saja, selama mengonsumsi air rebusan daun ciplukan, pastikan untuk banyak-banyak minum air putih.

(Baca juga: khasiat daun afrikakhasiat keji belingkhasiat daun insulin)

  1. Mencegah Epilepsi

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang memiliki risiko penyakit epilepsi, Anda sebetulnya bisa mengurangi risiko tersebut alias mencegah supaya epilepsi tak menyerang. Air rebusan daun ciplukan adalah yang lagi-lagi menjadi solusi bagi penderita epilepsi yang seringkali khawatir akan kekambuhan dari penyakit ini.

  1. Mencegah Penyakit Paru-paru Basah

Daun ciplukan menawarkan khasiat yang luar biasa juga bagi kesehatan paru-paru di mana Anda bisa menggunakan daun ciplukan sebagai obat untuk mencegah timbulnya atau kambuhnya paru-paru basah. Air rebusannya bisa Anda minum secara rutin setiap hari agar penderita dapat menurunkan risiko kekambuhan.

  1. Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis bila dibiarkan dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Bukan hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, melainkan bagian daun, akar dan batang juga bisa diramu dengan merebusnya. Air rebusan itulah yang diminum secara rutin sehari 3 kali hingga kadar gula darah normal dan stabil.

  1. Mengobati Kanker Payudara

Kanker yang biasanya hanya bisa diatasi dengan langkah operasi atau pengangkatan saja bisa disembuhkan dengan daun ajaib ini. Kanker payudara bisa disembuhkan dan itulah mengapa para wanita jangan lagi menjadi terlalu khawatir. Cukup sediakan beberapa bahan selain dari daun ciplukan.

Sediakan daun ciplukan sebanyak 4 helai pucuknya dan juga bersama dengan tunas kunyit serta 4 biji beras. Setelah itu, tumbuklah ketiga bahan tersebut secara bersama-sama dan balurkan langsung ke bagian payudara Anda menggunakan ramuan tersebut. Lakukan rutin sambil juga rajin mengecek perkembangan kanker ke dokter supaya benar-benar bisa tahu hasilnya.

(Baca juga: khasiat daun tempuyung khasiat belimbing wuluh khasiat daun turi)


  1. Mengobati Penyakit Jantung

Satu lagi kondisi penyakit kronis yang bisa disembuhkan dengan daun ciplukan. Tak banyak yang tahu memang karena popularitas dari khasiat daun ciplukan yang kurang, namun Anda bisa menggunakannya, sediakan daun ciplukan 40 lembar dan tumbuklah hingga halus. Konsumsilah tanpa harus dicampur bahan lainnya lagi serutin mungkin.

  1. Mengobati dan Mencegah Asma

Selain paru-paru basah, masalah atau gangguan pernapasan lainnya yang juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun ciplukan adalah penyakit asma. Daun dan batangnya bisa dikombinasikan dengan merebusnya dan air rebusan itulah yang bisa dikonsumsi secara rutin hingga asma bisa cepat hilang dan tak gampang kembali.

  1. Menyembuhkan Luka

Jika terjadi luka, terutama luka terbuka, tak perlu panik karena daun ciplukan dengan kandungan tinggi klorofilnya mampu membantu. Bahkan akan lebih cepat proses pengeringan luka jika Anda menggunakan daun ini. Cukup mudah dalam menggunakannya, Anda bisa menumbuk daun ciplukan secukupnya setelah mencucinya lalu balurkan pada luka Anda; lakukans secara rutin agar luka cepat sembuh.

  1. Mengobati Radang Tenggorokan

Bukan hanya buahnya saja yang bisa menjadi penyembuh radang tenggorokan, melainkan bagian daunnya juga dapat Anda manfaatkan. Daunnya bisa Anda rebus dan diminum air rebusannya sampai tenggorokan terasa lebih baik dan radang sama sekali hilang. Sambil memakan buahnya secara rutin juga kiranya akan membuat penyembuhan lebih cepat.

(Baca juga: khasiat daun mimbaefek samping daun kersen khasiat daun singkong)

  1. Mengobati Flu

Flu atau pilek pastinya akan sangat mengganggu aktivitas atau bahkan saat kita hendak beristirahat. Vitamin C bukan hanya bisa dijumpai pada buah jeruk, melainkan juga di dalam daun ciplukan. Jadi, merebusnya dan kemudian diminum airnya rutin akan mempercepat pemulihan Anda dari flu.

  1. Menyembuhkan Borok

Masalah kulit seperti borok pun, daun ciplukan bisa diandalkan. Cukup dengan menyediakan beberapa lembar daun ciplukan, bersihkan lebih dulu lalu bisa Anda tumbuk sampai halus. Setelah jadi, balurkan ke bagian borok yang kiranya tengah meradang setiap hari secara rutin, maka dijamin borok akan cepat kering dan sembuh total.

  1. Menyembuhkan Bisul

Karena di dalam daun ciplukan terdapat kandungan antiradang atau anti-inflamasi, maka tak heran bahwa daun ini bisa dipakai sebagai obat bisul alami. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daunnya, dan air rebusan itu yang Anda oles ke bagian bisul. Namun sebelum penerapan, pastikan tangan Anda sudah dalam kondisi bersih.

  1. Mengatasi Gondongan

Masih ada kaitannya dengan masalah radang, gondongan juga bisa disembuhkan dengan daun ciplukan. Gondongan akan menyebabkan pula rasa nyeri mengganggu karena pembengkakannya, maka minumlah air rebusan daun ciplukan secara teratur agar bengkaknya mereda dan nyerinya segera hilang.

(Baca juga: khasiat daun beluntas khasiat petai cina khasiat cocor bebekkhasiat rumput mutiara)

  1. Mengatasi Pertusis/Batuk Rejan

Kalau radang tenggorokan bisa ditangani oleh daun ciplukan, bagaimana bila mengalami batuk rejan? Kabar baiknya, daun ciplukan terbukti ampuh juga dalam menyembuhkan pertusis atau batuk rejan. Bahkan air rebusan daun ini akan membantu mencegah supaya batuk rejan tak gampang datang kembali alias kambuh sewaktu-waktu.

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Apakah Anda khawatir terhadap kondisi tubuh Anda karena merasa di dalamnya ada banyak zat-zat beracun yang bisa sewaktu-waktu membahayakan kesehatan? Anda bisa mendetoksifikasinya dengan menggunakan daun serbaguna ini. Keracunan dalam level tertentu sangat berpotensi terjadi, terutama ketika mengonsumsi makanan yang seharusnya tak dimakan seperti makanan yang tanggal kadaluarsanya sudah lewat. Memakan buahnya atau meminum air rebusan daun ciplukan sangat dianjurkan.

  1. Mengobati Vertigo

Mengalami vertigo akan sangat menderita, maka untuk mengatasinya, cobalah gunakan daun ciplukan beserta juga batang serta akarnya. Seluruhnya bisa Anda kombinasikan dengan merebusnya bersama-sama hingga mendidih. Setelah diangkat, saringlah supaya ampasnya bisa dipisahkan. Ramuan yang masih hangat bisa Anda konsumsi sehari 3 kali serutin mungkin.

  1. Menurunkan Darah Tinggi

Kebanyakan orang dewasa memiliki masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi di mana bila dibiarkan bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius. Jadi, gunakan daunnya untuk direbus atau juga buahnya sebanyak 5 buah. Konsumsilah sehari 2 kali selama beberapa hari sebelum Anda mengecek tekanan darah kembali.

(Baca juga: efek samping daun sirih efek samping minyak pohon tehkhasiat akar alang-alang)

Khasiat Lainnya dari Daun Ciplukan

Ada sejumlah khasiat lainnya yang perlu Anda ketahui dari daun ciplukan yang ajaib ini. Berikut adalah khasiat-khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari daun sekaligus buahnya.

  • Mengobati bronkitis
  • Melancarkan buang air kecil
  • Mencegah infeksi saluran kemih
  • Mencegah batu kandung kemih
  • Menetralkan racun
  • Menyembuhkan asam urat
  • Mencegah kanker
  • Mengobati kurap
  • Menghilangkan kuning pada bayi
  • Membantu menyadarkan orang yang kehilangan kesadaran/pingsan
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Menambah darah
  • Membantu agar air seni lebih jernih
  • Meningkatkan kecerdasan

Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang khasiat daun ciplukan bagi kesehatan berikut juga bagian-bagian lain dari tanaman herbal tersebut. Terkadang penggunaan kombinasi akan memaksimalkan khasiat yang bisa diperoleh, jadi selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal