Amankah Minum Daun Insulin Yang Diseduh Atau Direbus? Ini Penjelasannya

286

Daun insulin pasti sudah cukup umum bagi sebagian besar kita di mana sebutan alternatif bagi herbal ini adalah daun yakon. Bernama latin Smallanthus sonchifolius, daun tanaman ini rupanya masih tergolong tanaman hias yang banyak dijumpai di Amerika Selatan dan Tengah walaupun asalnya adalah dari Brasil. Meski begitu, bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah Wonosobo dan Bandung akan mudah menemukannya.

Daun insulin tentunya sudah dikenal terlalu baik dapat mengatasi masalah penyakit diabetes; tentu Anda pernah mendengarnya bukan? Daun insulin menawarkan berbagai kandungan baik karena senyawa-senyawa yang ada di dalamnya berfungsi sebagai antidiabetik, antimikroba, dan juga antioksidan bagi tubuh.

Amankah minum daun insulin yang direbus?

Perlu diingat bahwa seberapa pun besarnya khasiat dari daun insulin menurut kebanyakan orang, masih memerlukan penelitian lebih banyak lagi dalam memberikan pembuktian akan manfaat jelas serta keamanan mengonsumsi daun ini. Sebelum Anda mencoba mengonsumsinya, ketahui lebih dulu bahwa pengobatan medis tak serta-merta bisa digantikan oleh daun insulin.

Apakah penyakit gula bisa disembuhkan dengan mengonsumsi air daun insulin? Herbal selalu dianggap jauh lebih aman meski tak semuanya juga terjamin keampuhan dan keamanannya. Pada umumnya, daun insulin bisa dikeringkan lebih dulu, barulah hasil daun keringnya diseduh untuk dijadikan teh di mana air rebusannya inilah yang diminum sebagai pengontrol gula darah.

Selain dapat banyak orang bisa mengandalkan daun insulin sebagai perawatan penyakit gula, sebenarnya meminum daun insulin yang direbus bisa juga memberikan berbagai manfaat lain, seperti halnya:

  • Mengatasi gangguan saluran kemih. Daun insulin yang direbus lalu airnya diminum atau bahkan dikonsumsi langsung juga diketahui mampu membantu menjaga kesehatan saluran kemih. Gejala-gejala infeksi saluran kencing seperti misalnya keluhan nyeri ketika buang air kecil dan juga anyang-anyangan hingga susah buang air kecil akan bisa teratasi secara alami.
  • Meredakan rasa nyeri. Karena bersifat analgesik, maka daun insulin pun diyakini efektif dalam meredakan rasa sakt seperti obat-obat kimia pada umumnya yang memiliki efek pereda nyeri. Ketika sistem saraf mengirimkan sinyal rasa sakit, maka senyawa-senyawa baik dari daun insulin mampu menjadi penenang dan penurun risiko rasa sakit untuk berkelanjutan.
  • Mengatasi masalah BAB. Bersifat sebagai pencahar juga, daun insulin dengan kandungan saponinnya bisa memperlancar BAB yang tadinya macet. Daun insulin diyakini juga sebagai solusi sembelit yang efektif.
  • Menurunkan kolesterol. Selain dapat menurunkan dan menormalkan kembali kadar gula darah tinggi, meminum daun insulin yang direbus dipercaya pula sanggup menstabilkan kolesterol dalam darah. Jadi bagi Anda pemilik kolesterol tinggi, mengonsumsi daun insulin sangat bisa menolong.
  • Mencegah kanker. Daun insulin rupanya juga diketahui memiliki kandungan senyawa yang diketahui dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker. Karena sifat antioksidannya pun termasuk tinggi, maka banyak orang pun meyakini kalau daun ini bisa memberikan perlindungan maksimal bagi tubuh dari berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

Biasanya, membutuhkan beberapa lembar daun insulin untuk direbus menjadi 3 gelas air rebusan, hanya saja masih belum dapat memperkirakan berapa mg untuk zat aktifnya. Itulah mengapa, disebutkan sebelumnya bahwa masih perlu adanya penelitian lanjutan dan lebih dalam mengenai khasiat dari daun insulin sehingga benar-benar dapat terjamin aman. Untuk sekarang, pengobatan medis tetap harus diandalkan ketika mengobati penyakit diabetes dan tak bisa semata-mata meminum air rebusan daun insulin.

Adakah efek samping daun insulin?

Masih dibutuhkan penelitian-penelitian selanjutnya untuk sedetil mungkin memahami apa sisi bahaya dari daun insulin ini. Sejauh ini, beberapa orang cocok menggunakan dan mengonsumsi daun insulin sebagai obat berbagai macam penyakit, hanya saja seperti pada pemakaian herbal lainnya, penggunaan jangka panjang tidaklah dianjurkan.

Amankah minum daun insulin yang sudah dikeringkan lalu diseduh ataupun direbus? Pemakaian daun insulin, dalam bentuk olahan apapun secara jangka panjang sangat dilarang sebab mampu meningkatkan risiko gangguan ataupun penyakit ginjal. Ketika Anda merasa bahwa tubuh mengalami gejala penyakit tertentu, jangan terburu menggunakan herbal satu ini, tapi periksakan secara jelas dengan menemui dokter lebih dulu barulah Anda tahu apakah Anda benar-benar memerlukan pengobatan menggunakan daun insulin.