Sponsors Link

20 Obat Sesak Nafas Alami Yang Alami Terbaik

Sponsors Link

Sesak nafas atau kesulitan bernafas memang merupakan sebuah tanda ada yang tak beres pada kesehatan saluran pernapasan dan juga organ paru-paru. Asma adalah contoh dari penyakit sesak nafas yang sangat mengganggu dan begitu membuat tidak nyaman. Penyakit sesak nafas pun juga diketahui berjangka panjang dan dapat menyerang siapa saja.

ads

Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat terserang penyakit pernapasan seperti ini. Maka akan lebih baik kalau mengetahui setiap obat sesak nafas alami yang paling ampuh agar tak perlu mengandalkan obat kimia. Di bawah ini beberapa obat alami yang dapat Anda jadikan referensi agar saat sesak nafas menyerang tak perlu panik lagi.

(Baca juga: gejala sesak nafas)

1. Kopi Hitam

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kopi hitam tak hanya lezat dinikmati ketika bersantai, tapi kopi hitampun bisa juga diandalkan sebagai obat sesak nafas. Ini karena kandungan kafein di dalamnya dapat membantu agar kelelahan otot pernapasan berkurang. Secara sederhana, kafein pada kopi hitam pun akan meningkatkan fungsi saluran pernapasan sehingga bagus untuk penderita asma.

  • Caranya: Buatlah kopi hitam sebanyak 1-2 cangkir saja dan kemudian bisa Anda minum demi membuat sesak nafas menjadi lebih ringan. Nafas yang tadinya sulit akhirnya dapat kembali normal setelah beberapa kali mengonsumsi kopi hitam ini. Namun ketahui batasannya dan jangan sampai berlebihan karena mampu memicu darah tinggi dan menyebabkan jantung berdebar.

2. Pernafasan Diafragma

Pernafasan diafragma juga disebut dengan istilah pernapasan perut atau dalam di mana latihan pernafasan ini bisa menjadi obat sesak nafas. Ingat bahwa sesak nafas dapat dikelola dengan baik oleh pernafasan diafragma. Obat dengan metode satu ini akan sangat terasa khasiatnya bagi para penderita PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik.

  • Caranya: Awali dengan membaringkan tubuh secara telentang, lalu tangan bisa diletakkan di atas perut dan rilekskanlah otot-otot Anda. Ambil nafas dalam-dalam melalui hidung dan perluas bagian perut untuk kemudian mengisi bagian paru-paru dengan udara. Selama beberapa detik tahanlah nafas yang telah diambil tadi dan hembuskan perlahan lewat mulut sehingga udara pada paru-paru dapat dikosongkan. Pengulangan sangat diperlukan dan lakukanlah 5-10 menit sehari 2-3 kali.

(Baca juga: gejala asma ringan dan akut)

3. Inhalasi Uap

Metode pengobatan sesak nafas satu ini adalah dengan menghirup uap dan akan menjaga saluran pernafasan tetap senantiasa lancar. Uap yang lembab dan panas juga bakal menolong melunturkan dan mencairkan lendir kental yang membuat sesak nafas.

  • Caranya: Sediakan mangkuk dan isilah dengan air panas, baru setelah itu tambahkan juga minyak esensial beberapa tetes saja. Baik itu minyak peppermint atau minyak kayu putih, terserah Anda karena disesuaikan dengan selera. Setelah mencampurkannya, wajah dapat diposisikan tepat di atas mangkuk dengan handuk ditaruh pada atas kepala. Mulailah dengan menarik nafas dalam-dalam dan lakukan ini selama beberapa menit. Ketika sesak nafas terjadi, langsung sediakan air panas dalam mangkuk ini karena obat ini sederhana namun dikenal ampuh dalam melegakan pernafasan secara seketika.

4. Akar Bit

Sponsors Link

Untuk mengobati sesak nafas, akar bit sangat bagus, apalagi dijadikan obat sesak nafas karena anemia efek dari kekurangan zat besi. Mengonsumsi akar bit adalah yang paling baik karena kondisi tersebut bakal secara langsung diatasi dan Anda akan merasa cepat membaik. Karena kandungan vitamin, kalium, zat besi, dan kalsiumnya tinggi, akar bit dapat Anda andalkan dalam mengobati sesak nafas.

  • Cara 1: Ambul ekstrak jus dari 1 bit yang ukurannya sedang, plus juga ditambah dengan ubi jalar ½ buah, bayam segenggaman tangan dan juga wortel 3 buah. Semua bahan setelah dipotong-potong dapat dikombinasikan dengan dibuat jus. Lalu jus bisa diminum setiap hari demi kepulihan sesak nafas yang alami.
  • Cara 2: Cara alternatif untuk mengonsumsinya adalah dengan memanggang sebanyak 1-2 umbi bit sekulit-kulitnya. Setelah itu biarkan sampai kondisinya sudah lebih dingin barulah Anda bisa mengupasnya dan memakannya. Nikmatilah bersama merica dan garam agar lebih lezat rasanya. Mengonsumsi setiap hari adalah cara terbaik agar sesak nafas cepat menjadi lebih baik.

(Baca juga: penyebab dada sesak)

5. Jahe

Meski ada efek samping jahe yang memang tak cukup baik bila sampai mengonsumsinya berlebihan, pada dasarnya jahe adalah bahan alami serbaguna dan penu manfaat. Untuk penderita asma, jahe sangat berfungsi dalam melegakan pernafasan. Bahkan kontraksi saluran pernafasan pun mampu dihambat oleh bahan satu ini. Sebuah studi juga sudah membuktikan bahwa terdapat senyawa peningkat efek relaksan otot dari obat asma tertentu pada jahe ini.

  • Cara 1: Ambil jus atau sari jahe yang kemudian bisa dicampurkan dengan madu serta jus delima masing-masing dengan takaran yang sama. Campuran ini perlu dikonsumsi sehari 2-3 kali sebanyak 1 sendok makan saja setiap kali minum.
  • Cara 2: Sediakan jahe 1 inci yang kemudian bisa dipotong kecil-kecil. Masukkan ke dalam air mendidih yang ada dalam sebuah wadah berupa panci. Seduh selama kurang lebih 5 menit saja, lalu tinggalkan sejenak hingga lebih dingin. Baru setelah itu Anda bisa mengonsumsinya.
  • Cara 3: Sediakan bubuk jahe 1 sendok teh bersama dengan air sebanyak 1 setengah cangkir air. Selanjutnya, Anda bisa ambil satu sendok makan saja untuk diminum sebelum tidur. Meminumnya setiap hari sampai sesak nafas hilang sangat dianjurkan.
  • Cara 4: Siapkan jahe secukupnya yang masih mentah dan bila Anda berani, makanlah jahe tersebut mentah-mentah setelah dikupas. Seperti ketika orang terserang penyakit batuk, makanlah jahe tersebut dengan dicampur garam. Mengonsumsinya sehari 1-2 kali setiap hari bisa meringankan sesak nafas tanpa efek samping.
  • Cara 5: Ada lagi 1 cara ampuh yang mampu membersihkan paru-paru serta mendetoksifikasinya secara alami. Sediakan jus jahe sebanyak 1 sendok teh bersama dengan madu dengan takaran yang sama. Kemudian siapkanlah ramuan fenugreek 1 sendok makan yang diambil dari bijinya saja dan dimasukkan ke dalam secangkir air. Madu dan jahe tadi dapat dicampurkan ke dalam fenugreek tersebut dan larutan pun dapat diminum. Untuk hasil maksimal, konsumsi pagi dan sore setiap hari tanpa bolong akan jauh lebih baik.

6. Bawang Putih

Mungkin sebagian orang cukup takut dan khawatir akan bahaya bawang putih mentah, belum lagi adanya efek samping bawang putih. Namun terlepas dari itu semua, bila dikonsumsi secara benar dan pada takaran yang tepat, maka sebenarnya bawang putih memberikan hasil maksimal, termasuk dalam pengobatan sesak nafas.

  • Caranya: Ambil 2-3 siung bawang putih yang kemudian bisa Anda rebus bersama susu sebanyak seperempat cangkir. Setelah diangkat, tunggu ampai dingin dan barulah Anda boleh meminumnya. Obat alami satu ini sangat efektif dalam membantu melancarkan saluran pernafasan yang macet. Pada penderita asma tahap awal, bawang putih ini adalah ramuan yang jelas baik untuk kesehatan paru-paru.

(Baca juga: cara mengatasi sesak nafas)

7. Minyak Mustard

Sesak nafas karena asma bisa diobati dengan minyak mustar. Minyak ini adalah jenis minyak yang mampu membersihkan saluran pernafasan secara total dan membuat pernafasan normal kembali seperti sediakala. Serangan asma yang datang secara mendadak tak lagi perlu membuat Anda panik.

  • Caranya: Sediakan minyak mustard yang lalu bisa Anda panaskan bersama dengan sedikit kapur barus. Setelah dipanaskan, tuangkanlah hasilnya ke dalam sebuah mangkuk kecil. Pada kondisi hangat, minyak ini dapat diambil secukupnya untuk digosokkan ke bagian dada serta punggung bagian atas sambil memberikan pijatan. Cara ini secara efektif akan meredakan sesak nafas asalkan penggunaannya dilakukan sehari beberapa kali.

8. Minyak Kayu Putih

Jenis minyak ini dikenal sebagai minyak yang mampu menjadi penghangat di kala tubuh merasa dingin. Minyak kayu putih, khususnya yang murni, dapat dijadikan sebagai obat pelega sesak nafas yang merupakan gejala asma. Bersifat dekongestan, minyak kayu putih ini sudah diteliti bahwa di dalamnya ada kandungan eucalyptol yang bisa memecah lendir.

  • Cara 1: Ambil saja beberapa tetes dari minyak kayu putih ini di mana dapat diteteskan terutama di bagian handuk kertas. Kompreskan ke atas kepala seperti ketika handuk dikompreskan saat demam. Lakukanlah tepat sebelum pergi tidur sehingga Anda dapat menghirup aromanya saat sebelum tidur.
  • Cara 2: Atau, cara lainnya adalah meneteskan 2-3 tetes minyak kayu putih ke air mendidih dalam panci. Uap tersebut bisa dihirup seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Hanya dengan mengambil nafas dalam-dalam, hasil yang bisa diperoleh bakal sangat cepat dalam meredakan penyakit sesak nafas gejala penyakit apapun.

(Baca juga: cara mencegah sesak nafas)

9. Bawang Merah

Walau ada efek samping bawang merah, bumbu dapur satu ini memiliki manfaat sama banyaknya dengan bawang putih. Karena di dalamnya ada kandungan anti inflamasi, maka penyempitan saluran pernafasan yang menyebabkan sesak nafas dapat dikurangi. Penderita asma dapat mengandalkan bahan satu ini, apalagi tak ketinggalan adanya kandungan sulfur di dalamnya sehingga peradangan pada paru-paru pun bisa berkurang.

  • Caranya: Tak usah sulit-sulit meramu bawang merah ini menjadi sebuah larutan seperti yang sudah-sudah. Anda hanya cukup mengambil 1-2 siung bawang merah mentah dan makanlah begitu saja. Cara pengobatan ini sangat manjur dalam melegakan segala hambatan pada saluran pernafasan. Bila rasa bawang merah mentah cukup menyiksa, masak saja lebih dulu.

10. Madu

Untuk sesak nafas gejala asma yang begitu mengganggu, madu adalah bahan yang dapat diandalkan asalkan madu murni. Carilah cara membedakan madu asli dan palsu agar bisa membeli yang benar-benar bermanfaat. Di dalam madu, ada kandungan yang mampu mengurangi gejala-gejala penyakit asma, seperti minyak ethereal dan juga alkohol.

  • Cara 1: Cobalah untuk menelan madu sebanyak 1 sendok teh yang sudah dicampur dengan bubuk kayu manis sebanyak 1 setengah sendok teh. Adanya lendir atau dahak penyebab sesak nafas bakal dapat dikeluarkan dari tenggorokan. Sebelum tidur, lakukan pengobatan sederhana ini supaya dapat tidur nyenyak tanpa gangguan pernafasan.
  • Cara 2: Untuk cara yang lebih sederhana lagi, madu ini aromanya dapat dihirup. Hasilnya tak hanya bakal menenangkan tapi juga dapat melegakan pernafasan yang sesak.
  • Cara 3: Cara lain yang sama ampuhnya adalah hanya dengan mencampurkan madu sesendok teh ke air panas sebanyak 1 gelas. Setelah dicampur rata, minumlah air madu yang panas ini perlahan-lahan, sehari 3 kali adalah konsumsi yang dianjurkan.

(Baca juga: penyebab dada sakit)

ads

11. Lemon

Demi mengobati sesak nafas yang muncul karena asma, lemon adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi untuk melegakan pernafasan. Kayanya kandungan antioksidan dan vitamin di dalam buah ini bakal dapat membuat gejala asma berkurang. Ingat bahwa penyakit sesak nafas karena asma juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C di dalam tubuh.

  • Caranya: Ambil lemon setengahnya saja yang jusnya dapat diperas ke dalam segelas air. Tambahkan gula yang dapat disesuaikan dengan selera Anda, baru setelah tercampur betul, Anda bisa meminumnya secara rutin supaya serangan asma dapat berkurang. Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa jus lemon botol adalah yang perlu dihindari. Juga hendaknya tidak mengambil buah jeruk ketika serangan asma kambuh karena justru gejala dapat diperparah dengan tindakan tersebut.

12. Stroberi

Sama seperti lemon, buah stroberi juga kaya akan vitamin C dan sebagai makanan yang mengandung vitamin C tinggi, stroberi pun dapat diandalkan sebagai obat alami bagi sesak nafas. Nutrisi di dalam buah segar berwarna merah ini juga sangat kaya sehingga dapat meminimalisir gejala asma, termasuk sesak nafas secara efektif.

  • Caranya: Karena berubah buah, Anda bisa memilih untuk mengonsumsinya secara langsung dengan memakannya seperti biasa setelah mencucinya atau membuat jus stroberi. Biasanya, orang akan lebih tertarik dengan stroberi yang dibuat menjadi jus, jadi tak ada salahnya untuk mencoba agar sesak nafas cepat sembuh.

(Baca juga: dada sesak sebelah kiri)

13. Daun Kenanga

Jenis daun ini dapat Anda manfaatkan juga sebagai obat sesak nafas alami. Bila pada umumnya, bagian bungalah yang diambil sebagai obat, kali ini Anda memerlukan daunnya untuk diramu.

  • Caranya: Sediakan daun kenanga sebanyak ½ genggam yang kemudian dapat Anda rebus dalam segelas air. Anda juga dapat menambahkan gula sesuai selera atau paling tidak 1 ½ sendok makan. Air ramuan daun kenanga ini dianjurkan untuk diminum 2 kali dalam sehari, yakni pagi serta sore hari untuk kesembuhan sesak nafas.

14. Cengkih

Cengkih adalah salah satu bahan alami yang dapat Anda andalkan dalam mengobati sesak nafas. Selain menjadi obat untuk meredakan sakit perut dikarenakan senyawa atsiri di dalamnya, cengkih pun bagus untuk dijadikan obat cacing maupun obat sakit gigi. Namun dengan campuran madu, cengkih bakal menjadi obat efektif bagi pernafasan.

  • Caranya: Sediakan air secukupnya yang kemudian dapat dicampur dengan cengkih yang sudah disiapkan, begitu juga dengan penambahan madu. Ramuan ini bisa diminum sampai sesak nafas benar-benar sembuh. Karena cengkih ini adalah bahan tradisional lama dan terpercaya untuk mengobati sesak nafas, maka jelas pasti efektif asal rutin mengonsumsinya.

(Baca juga: bahaya kelebihan oksigen dalam tubuh)

15. Apel

Jenis buah yang mampu mengusir penyakit ini tentu sudah tak asing bagi Anda dan alasan mengapa apel baik untuk sesak nafas adalah karena kandungan quersetinnya. Penderita sesak nafas dapat bergantung pada kandungan quersetin pada buah apel.

  • Caranya: Konsumsi atau makan saja buah apel secara langsung, atau bisa juga dibuat jus bila menyukainya. Telah diteliti dan dibuktikan bahwa para wanita hamil yang makan apel sebanyak 4 buah dalam seminggu dapat menurunkan potensi kelahiran anak dengan gangguan pernafasan dan asma sebanyak 53 persen. Jadi, tak salah kalau Anda mulai dari sekarang mengonsumsinya untuk pencegahan sesak nafas juga.

16. Kayu Manis Cina

Obat alami lainnya adalah kayu manis Cina yang memang merupakan metode pengobatan secara herbal dan sudah sangat populer. Sifat antivirus, anti jamur, antibakteri, serta antiseptik di dalam kayu manis Cina ini dapat mencegah beragam penyakit serius selain dari sesak nafas.

  • Caranya: Dalam mengobati sesak nafas, kayu manis Cina bisa dikonsumsi langsung, tapi pada umumnya ini bisa dicampur ke masakan apapun. Kemungkinan mungkin Anda kurang begitu suka mengonsumsinya secara langsung, maka silakan tambahkan kayu manis Cina ini ke dalam masakan sebelum menikmatinya. Sesak nafas pun dapat diatasi secara ampuh, apalagi kalau dikonsumsi secara rutin.

(Baca juga: bahaya angin malam)

17. Serai

Bumbu dapur ini bukan hanya bagus sebagai cara mengobati tangan keseleo dan bengkak atau cara mengobati kurap secara alami. Ramuan serai dengan aroma harum ini terbilang ampuh juga dalam mengobati sesak nafas.

  • Caranya: Untuk memanfaatkannya, ambil beberapa batang serai segar yang kemudian dapat Anda rebus sampai mendidih. Kemudian saringlah serta minumlah ramuan tersebut satu kali per harinya tepat sebelum makan pagi. Artinya, biarkan perut kosong ketika meminum ramuan ini. Untuk pernafasan yang kembali ringan dan normal, air rebusan serai ini sangat terpercaya dan hasil maksimalnya dapat dirasakan ketika mengonsumsinya secara rutin sampai membaik.

18. Kunyit

Kunyit merupakan bahan lainnya yang bisa Anda andalkan untuk mengobati sesak nafas tanpa efek samping. Selain ampuh sebagai cara mengatasi jantung lemah secara alami, kunyit adalah obat gangguan pernafasan, mulai dari yang ringan hingga pada tahap serius.

  • Caranya: Sediakan beberapa rimpang kunyit yang dapat direbus. Air rebusan kunyit inilah yang menjadi ramuan obat sesak nafas. Anda dapat meminumnya setiap hari sampai sesak nafas tak lagi terasa dan benar-benar sembuh. Air kunyit ini per harinya bisa diminum 2 kali hingga pernafasan kembali stabil seperti biasa.

(Baca juga: faktor penyebab asma)

19. Daun Ki Tolod

Nama jenis daun ini memang kurang begitu familiar mungkin, tapi untuk keampuhannya dalam menangani penyakit sesak nafas sebagai gejala asma tak usah diragukan lagi.

  • Caranya: Sediakan daun ki tolod sebanyak 2 lembar bersama air 2 gelas. Cucilah daun sampai bersih, barulah Anda rebus dengan air yang juga sudah siap. Tunggu sampai mendidih dan tinggal setengah. Ramuan dapat ditinggal dulu sampai kondisinya lebih dingin untuk kemudian disaring dan diminum. Konsumsi yang paling baik dan disarankan adalah pagi dan sore, artinya sehari 2 kali secara rutin. Pastikan sesak nafas sudah tidak kambuh dan terasa lagi barulah lepas dari obat ini.

20. Buah Cermai

Obat sesak nafas yang disebabkan oleh penyakit asma selanjutnya adalah buah cermai. Buah yang terbilang unik pada rasanya ini ternyata bisa ampuh juga dalam mengatasi masalah pernafasan secara alami.

  • Caranya: Anda cukup menyediakan 6 buah cermai beserta air matang 2 gelas, kelengkeng 8 buah, akar kara ¼ genggang dan tak ketinggalan juga bawang merah sebanyak 2 siung. Ramuan ini begitu mudah dibuat karena Anda hanya perlu mencuci buahnya hingga bersih dan kemudian Anda bisa menumbuk semua bahan secara bersama-sama. Rebuslah hasil tumbukan bersama air 2 gelas tadi, jadikan ½ gelas dan saringlah saat sudah dingin. Barulah Anda bisa meminumnya; pastikan mengonsumsi secara rutin agar sesak nafas benar-benar sembuh dan tercegah untuk kambuh kembali.

(Baca juga: cara mengobati asma kambuh)

Demikianlah obat sesak nafas alami terbaik yang dapat menjadi referensi Anda yang sedang mengalami kondisi tersebut. Daripada mengandalkan obat-obatan kimia yang biasanya diberikan oleh dokter, obat tradisional yang alami seperti yang bisa dilihat pada daftar tersebut bakal jauh lebih aman. Asalkan dalam pembuatan ramuan, takarannya dibuat setepat mungkin dan tak berlebihan, khasiatnya yang segudang pasti bisa dirasakan secara langsung. Selamat mencoba dan kiranya apa yang direkomendasikan ini benar-benar manjur setelah Anda memraktikannya di rumah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 06th, August 2016 / 16:01 Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru Paru