Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 5 Bahaya Kelebihan Oksigen dalam Tubuh

5 Bahaya Kelebihan Oksigen dalam Tubuh

by Roro Dyiah

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernafas. Bernafas merupakan salah satu kegiatan memasukan suplai oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar dapat mengoptimalkan kinerja-kinerja yang ada dalam tubuh kita. Oksigen merupakan salah satu unsur yang terpenting dalam tubuh kita mengingat begitu banyak fungsi oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sebelumya berikut ini adalah fungsi oksigen bagi tubuh kita:

1. Untuk bernafas

Sebagai ciri-ciri makhluk hidup, bernafas sangat lah penting untuk menjaga kelangsungan hidup ini. Juga merupakan salah satu cara manusia untuk bertahan hidup.

2. Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak

Salah satu yang beperan penting dalam mengendalikan kegiatan manusia adalah otak. Dan salah satu nutrisi yang dibutuhkan otak agar dapat meningkatkan kinerjanya adalah dengan adanya asupan oksigen bagi otak. (baca juga: cara meningkatkan daya ingat)

3. Mencegah kanker, asthma dan berbagai penyakit

Salah satu fungsi penting bagi oksigen adalah mencegah berbagai penyakit yang ada. Dengan adanya oksigen yang masuk dalam tubuh kita dapat mencegah berbagai penyakit yang ada. (baca juga: kekurangan oksigen pada jantung)

4. Meningkatkan metabolisme

Oksigen merupakan unsur yang mendukung dalam menjalankan tingkat kinerja metabolisme dalam tubuh. Semakin banyak asupan oksigen yang masuk semakin meningkat pula metabolisme dalam tubuh kita. (baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh)

5. Mengurangi racun dalam darah

Melalui proses keluar masuknya oksigen ternyata dapat mengurangi toksin atau racun dalam tubuh kita melalui proses bernafas dalam kegiatan sehari-hari. (baca juga: bahaya racun aflatoksin pada makanan bagi manusia)

6. Menstabilkan tekanan darah

Darah dalam tubuh kita membutuhkan oksigen untuk memperlancar aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita. (baca juga: makanan untuk penderita darah tinggi dan asam urat)

7. Memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh

Jantung merupakan organ yang menyuplai oksigen yang ada dalam tubuh kita. Dan dengan adanya jantung yang menyuplai oksigen dalam darah jug dapat meningkatkan sisitem imun atau sistem kekebalan tubuh kita. (baca juga: 30 makanan sehat untuk jantung)

8. Mencegah stress dan gugup

Ketika stress cobalah untuk bernafas secara teratur dalam beberapa menit dengan menarik nafas secara perlahan kemudian menahannya dan mengelurkannya. itu akan meringkan beban dan rasa gugup yang ada dalam diri kita karena proses keluar masuknya oksigen lebih teratur daripada saat stress dan saat gugup. (baca juga: cara menghilangkan stres)

Selain mempunyai manfaat dan fungsi oksigen yang berguna bagi tubuh kita, ternyata oksigen juga berbahaya bagi tubuh kita apabila suplainya melebihi kapasitas yang ada. Tekanan oksigen yang baik adalah 1 bar (tekanan normal) dan kadar oksigen yang normal adalah 21% bagi tubuh kita. Apabila sudah melebihi itu maka bisa dianggap kelebihan oksigen atau disebut juga dengan keracunan oksigen. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kelebihan atau keracunan oksigen ;

Faktor yang menyebabkan kelebihan atau keracunan oksigen

1. Tekanan oksigen yang tidak sesuai

Dengan adanya tekanan oksigen yang tidak sesuai dengan tubuh kita, tentunya akan berakibat fatal pada tubuh kita. Mulai dari terjadinya ketidaksesuaian yang ada dalam tubh kita hingga berakibat pada timbulnya berbagaio gejala yang ada.

2. Lamanya paparan terhadap oksigen

Oksigen memang sangat berguna bagi tubuh kita namun kita juga mesti memperhatikan juga berapa suplai yang masuk dalam tubuh kita. Segala sesuatu yang terlalu berlebihan yang masuk dalam tubuh kita tentunya mempunyai dampak yang buruk pula bagi kesehatan. (baca juga: cara mencegah gagal jantung)

3. Daya serap oksigen tiap orang

tiap orang mempunyai daya serap yang berbeda-beda tergantung seberapa berat kegiatan yang ia lakukan semakin berat kegiatan yang ia lakukan maka semakin banyak pula oksigen yang ia butuhkan.

Bahaya Kelebihan Oksigen

Dengan berbagai faktor yang mempengaruhi adanya kelebihan atau keracunan oksigen yang berbahaya bagi tubuh kita. Kita harus mengtahui pula apa sajakah gejala-gejala yang terjadi apabila kita mengalami kelebihan atau keracunan oksigen. Diantara bahaya yang dialami ketika kelebihan atau keracunan oksigen adalah :

  1. Terjadinya kejang-kejang

Gejala kejang-kejang sering terjadi akibat kelebihan oksigen bagi tubuh kita. Adanya asupan oksigen yang berlebihan akan mengganggu kinerja sistem saraf yang berakibat fatal pada organ tubuh kita. Dari mulai kerusakan yang terjadi pada sistem saraf hingga terjadi penuran fungsi pada sistem saraf. (baca juga: kejang-kejang saat tidur)

  1. Tidak sadarkan diri

Bukan hanya terjadi kejang-kejang ketika terjadi gangguan sistem saraf akibat kelebihan oksigen, namun juga biasanya mengakibatkan tidak sadarkan diri seketika. Keadaan ini kadang tidak bisa diprediksi dengan seksama dan bisa terjadi kapan saja. Maka ketika sudah mulai timbul gejala ini segera lah mulai untuk diantisipasi dengan baik.

  1. Sesak nafas

Awal mula gejala yang terjadi akibat kelebihan oksigen adalah timbulnya sesak nafas pada organ paru-paru yang merupakan organ yang menyuplai asupan oksigen dan disebarkan ke seluruh tubuh. Sesak nafas juga merupakan gangguan yang menyerang paru-paru terlebih dahulu.

  1. Sakit dada

Setelah terjadi gangguan sesak nafas kemudian gangguan yang terjadi pada paru-paru adalah sakit pada dada. Paru-paru memang dilindungi oleh tulang dan berbagi lapisan dalam yang ada di tubuh kita, namun tidak memungkiri jika gangguan itu mulai terjadi dari dalam tentunya akan sangat berpengaruh pada bagian tubuh luar seperti bagian dada yang melindungi paru-paru. (baca juga: dada sesak sebelah kiri)

  1. Mengakibatkan rabun jauh

Miopi alias rabun jauh adalah keadaan dimana mata tidak  mampu melihat benda yang jarak nya jauh karna bayangan berada di belakang retina. Gelaja juga ternyata dapat terjadi ketika adanya kelebihan oksigen yang ada pada tubuh kita. Pada bayi prematur gejala ini sangat rawan terjadi bahkan bisa sampai menyebabkan kebutaan. Karena organ-organ pada bayi masih terbilang rawan dan bisa terjadi kerusakan-kerusakan organ kapan saja. (baca juga: bahaya mata minus tanpa kacamata)

sehingga perlu sekali kita merawat diri kita agar tidak terlalu kelebihan dalam menghirup oksigen, agar diri kita juga akan mendapat kan oksigen sesuai dengan porsinya sehingga tidak akan menyebabkan bahaaya yang sudah di ulas di atas.

You may also like