Sponsors Link

25 Obat Alami Sakit Gigi Paling Mujarab

Sponsors Link

Saat sakit gigi menyerang, banyak orang akan merasa tak nyaman sama sekali. Bahkan kemungkinan gigi yang terasa sakit itu perlu ditambal atau dicabut. Benarkah tidak ada obat alami sakit gigi yang bisa diandalkan? Tak perlu khawatir, bagi Anda atau keluarga atau teman Anda yang merasakan sakit gigi tak tertahankan, kiranya beberapa rekomendasi obat alami di bawah ini dapat membantu.

ads

(Baca juga: cara mengobati sakit gigi)

1. Bawang Putih

Mungkin setelah mendengar bawang putih mampu mengobati sakit gigi, akan terbayang bagaimana panas dan pedasnya efek dari bawang putih ini. Namun ada kelegaan dan sifat penenang alami yang ditawarkan oleh bawang putih bagi gejala sakit gigi. Ini karena adanya sifat antibiotik juga di dalamnya.

  • Caranya: Siapkan sesiung bawang putih yang sudah dihancurkan (boleh juga memakai bubuk bawang putih), lalu campur dengan garam secukupnya. Aplikasikan langsung ke area gigi yang sakit dan linu. Atau secara alternatifnya, Anda bisa mengunyah 1-2 siung bawang putih untuk meringankan rasa sakit gigi. Ulangi metode pengobatan sederhana ini selama beberapa hari.

2. Air Garam Hangat

Kalau biasanya air garam hangat sangat identik sebagai obat batuk, kali ini air garam dapat juga diandalkan sebagai obat sakit gigi. Sederhana, alami dan efektif merupakan kelebihan dari air garam hangat ini dalam mengobati sakit gigi yang begitu membuat Anda menderita.

  • Caranya: Campurkanlah sekitar setengah sendok makan garam ke dalam segelas air panas. Tunggu hangat lebih dulu sebelum kemudian Anda gunakan untuk berkumur di mana kumuran ditekankan pada area gigi yang sakit. Cara ini bakal secara ampuh mengurangi inflamasi dan pembengkakan, serta melawan bakteri penyebab infeksi pada gigi Anda.

(Baca juga: efek samping bawang merah)

3. Bawang Merah

Selain bawang putih, ternyata untuk sakit gigi masih ada bawang merah yang dapat turut membantu meringankan rasa sakitnya. Karena adanya sifat antiseptik serta antimikroba, sakit gigi akan terkontrol dengan baik dan ini bakal melawan pula bakteri-bakteri yang memicu infeksi di dalam mulut.

  • Caranya: Bila ingin cara yang super sederhana, silakan langsung mengambil bawang merah mentah yang kemudian dikunyah-kunyah selama beberapa menit hingga rasa sakitnya terasa mereda. Bila tak sanggup mengunyahnya, gunakan cara lain, yaitu dengan menempatkan potongan bawang merah langsung ke area gusi atau gigi yang terserang rasa sakit tersebut. Lakukan selama beberapa hari untuk benar-benar menyembuhkan gigi Anda.

4. Daun Jambu

Tak banyak yang tahu bahwa daun jambu juga bisa menyembuhkan sakit gigi. Bila Anda termasuk yang cukup mudah mendapatkan daun ini, maka silakan untuk mengambilnya dan menggunakannya sampai gigi benar-benar sembuh. Sifat analgesik, anti-inflamasi serta antimikrobanya cukup tinggi sehingga bagus dijadikan sebagai obat.

  • Caranya: Anda bisa langsung mengunyah 1-2 lembar daun jambu sampai jus atau sarinya keluar dan bekerja untuk memulihkan dan meredakan rasa sakit di area gigi Anda. Atau, cara lainnya bisa juga dengan mengambil 4-5 lembar daun jambu yang kemudian direbus di dalam air dan direbus. Solusi bisa dibiarkan lebih hangat dan tambahkan garam sedikit sebelum dijadikan obat kumur.

(Baca juga: bahaya mematikan saraf gigi)

5. Ekstrak Vanila

Masih cukup asing mungkin bagi beberapa orang akan ekstrak vanila yang dijadikan sebagai obat sakit gigi. Padahal obat alami ini cukup ampuh dan sangat berguna untuk membuat rasa sakitnya hilang. Karena adanya efek penenang alami yang diberikan oleh ekstrak ini, maka gigi akan menjadi jauh lebih baik.

  • Caranya: Ambil kapas atau cottonbud untuk kemudian dicelup ke dalam ekstrak vanila. Setelah itu, Anda bisa oleskan ke area yang sakit dan nyeri. Melakukan metode pengobatan ini sehari beberapa kali setiap hari akan mempercepat proses penyembuhan apabila benar-benar rutin.

6. Es Batu

Lebih sederhana lagi, ada es batu yang juga siap untuk bisa dipakai demi menyembuhkan sakit gigi Anda yang begitu menyakitkan. Ingat bahwa es merupakan bahan alami yang mampu membuat rasa sakit berkurang. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan es batu yang tentunya selalu ada di dalam setiap lemari es Anda.

  • Caranya: Tidak sulit, cukup Anda bungkus sebuah balok es kecil dengan kain katun bersih tipis, lalu tempelkan handuk berisi es itu pada pipi dekat area gigi yang sakit. Lakukan selama beberapa menit; asalkan tak langsung terkena sarafnya maka tak menjadi masalah. Untuk teknik akupresur, silakan Anda menggosokkan balok es di antara jari telunjuk dan jempol selama beberapa menit.

(Baca juga: penyebab sakit gigi)

7. Wheatgrass

Sifat antibakteri di dalam wheatgrass ini termasuk tinggi sehingga cukup banyak dan sering digunakan sebagai pelawan dan pembasmi bakteri perusak gigi. Untuk mencegah kerusakan gigi serta mengurangi rasa sakit, ekstrak bahan ini sangat baik dan dapat Anda jadikan sebagai obat kumur.

Fungsi utama dari wheatgrass ketika Anda memanfaatkan ekstraknya adalah untuk membuat pertumbuhan bakteri berkurang dan membuat infeksi terkendali. Jika ingin, Anda bisa langsung mengunyahnya pelan-pelan supaya jus atau sarinya bisa langsung mengenai bagian gigi yang sakit. Dengan obat ini yang juga digunakan secara rutin, gigi dijamin akan pulih dan cepat sembuh.

8. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga ternyata menyimpan banyak manfaat, tak terkecuali untuk gigi yang sakit. Jenis buah ini memang menawarkan rasa asam dan tak banyak yang menyukainya. Namun, kandungan antibakteri di dalamnya sanggup mengusir bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan belimbing wuluh sebanyak 1-2 buah dan harus yang belum matang. Tumbuklah sampai halus, lalu hasil tumbukan itulah yang bisa ditempelkan secara langsung pada area gigi yang sakit. Diamkan selama 10 menit dan bilaslah dengan berkumur menggunakan air hangat. Alternatifnya, Anda bisa memilih untuk mengunyahnya secara langsung, terutama kalau gigi tak begitu terasa sakit.

(Baca juga: bahaya gigi berlubang)

9. Bunga Matahari dan Jahe

Terlepas dari efek samping jahe, rempah satu ini memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, termasuk kesehatan gigi. Kombinasi antara bunga matahari dan jahe cukup populer sebagai obat sakit gigi yang ampuh. Karena jahe bisa memperlancar sistem aliran darah dan juga mampu menghangatkan tubuh, Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal.

ads
  • Caranya: Sediakan 50 gram banyaknya untuk bunga matahari, beserta juga air panas 600 ml dan tak lupa juga jahe 5 gram. Bunga matahari harus direbus lebih dulu bersama dengan jahe di dalam 600 ml air tadi dan tunggu mendidih hingga sisanya 300 ml. Saringlah sebelum dikonsumsi selagi masih dalam keadaan hangat.

10. Getah Jarak

Untuk obat sakit gigi berlubang, getah jarak rupanya sudah sangat sering digunakan, terutama oleh masyarakat pada zaman dulu. Kandungan antibiotiknya begitu tinggi, ditambah pula sifat antibakteri dan antiseptiknya. Itulah mengapa getah jarak mampu membasmi bakteri yang menyebabkan sakit gigi secara luar biasa efektif.

  • Caranya: Sediakan tanaman jarak yang baru saja Anda petik alias masih dalam kondisi segar dan tidak layu. Getah jarak kemudian bisa diambil dengan meneteskannya pada bagian gigi yang berlubang dan terasa sakit. Lakukan hingga merata pada area gigi yang sakit, lalu tunggu setengah jam sebelum Anda berkumur menggunakan air hangat hingga gigi dan mulut bersih dari sisa getahnya.

(Baca juga: bahaya membiarkan gigi berlubang)

11. Cabe Rawit

Percaya atau tidak, cabe rawit tak hanya bisa menjadi pelengkap santapan Anda untuk memberikan rasa pedas sesuai selera. Senyawa capcaisin di dalamnya adalah yang berfungsi sebagai pereda peradangan pada gigi. Rasanya yang cukup pedas justru merupakan senjata untuk menyembuhkan sakit gigi yang dikarenakan berlubang.

  • Caranya: Sediakan cabe rawit yang warnanya masih hijau, lalu lanjutkan dengan mencucinya lebih dulu, barulah ditumbuk hingga teksturnya halus. Tambahkan air panas sedikit dan pakailah untuk berkumur selama kira-kira 10-15 menit bila sudah cukup hangat. Lakukan rutin, tapi tidak boleh terlalu banyak atau berlebihan karena mampu memicu diare dan sakit perut.

12. Biji Alpukat

Bila Anda gemar mengonsumsi alpukat, buah ini tak hanya lezat dijadikan minuman jus karena biji alpukat pun memiliki khasiat besar dalam mengobati sakit gigi. Penderita sakit gigi jelas akan merasakan ngilu yang berkepanjangan, dan biji alpukat ini dapat menjadi penyelamat bagi Anda.

  • Caranya: Biji alpukat bisa diambil secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Keringkan di bawah cahaya matahari sebelum kemudian Anda bisa sangrai yang telah mengering. Haluskan dengan cara menumbuknya, lalu tambahkan air hangat berikut garam sedikit. Oles merata pada seluruh bagian gigi yang sakit. Sesudah 30 menit, kumurlah dengan air hangat untuk membilasnya.

(Baca juga: penyebab sakit gigi kambuh)

13. Biji Asam Jawa

Hampir sama dengan biji alpukat, manfaat dari biji asam jawa ini sangat besar, khususnya sebagai obat sakit gigi. Ini karena kemampuan dari biji untuk menyerap sekaligus melawan bakteri yang bersarang pada gigi Anda. Biji asam jawa jugalah yang mempunyai manfaat untuk mengurangi rasa ngilu yang membuat Anda tak bisa beraktivitas maupun tidur.

  • Caranya: Biji asam jawa bisa disiapkan lebih dulu yang banyaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Sangrai lebih dulu dan haluskan dengan cara menumbuknya. Hasil tumbukan yang telah halus bisa ditambahkan dengan air hangat sedikit untuk membentuk adonan pasta. Barulah sesudahnya Anda oles merata pada seluruh bagian gigi yang terasa sakit. Berkumurlah menggunakan air hangat sesudah mendiamkannya selama 15 menit.

14. Lada/Merica

Fungsi lada atau merica biasanya memang adalah sebagai penyedap masakan untuk menambahkan sedikit rasa pedas. Tapi rupanya, lada ini juga bisa Anda jadikan sebagai penenang gigi yang ngilu atau sensitif. Anti-inflamasinya sangat tinggi sehingga sangat cocok dijadikan obat pereda nyeri gigi yang berlubang.

  • Caranya: Anda bisa menyediakan lada berbentuk bubuk dengan garam serta air hangat hingga akhirnya terbentuk adonan pasta. Pasta inilah yang kemudian ditempel atau dibalurkan di area gigi yang sakit dan ngilu. Biarkan selama ½ jam dan sesudahnya Anda bisa bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit gigi dan mulut)

15. Cengkih

Seperti kita tahu, ekstrak cengkih banyak dijumpai dalam bentuk minyak dan minyak inilah yang sangat bisa Anda andalkan untuk mengobati gigi yang sakit serta ngilu akibat berlubang. Sifat anti-inflamasi dari cengkih ini bisa membuat peradangan di gigi terminimalisir.

  • Caranya: Sediakan minyak cengkih sesuai dengan kebutuhan Anda saja, tapi biasanya adalah 2-3 sendok makan. Ambil kapas dan teteskan minyak tersebut ke kapas sebelum kemudian ditempelkan langsung pada bagian gigi berlubang. Tunggu 30 menit sebelum akhirnya Anda bisa membilasnya dan berkumur menggunakan air hangat. Atau, bisa juga Anda tambahkan minyak cengkih ke dalam 1 gelas air sebelum berkumur dengan itu.

16. Jeruk Nipis

Rasa jeruk nipis memang tergolong masam dan memang tak banyak orang yang mengonsumsi jeruk nipis secara langsung. Bahkan untuk obat batuk pun, orang-orang lebih senang mencampurkannya dengan kecap manis. Senyawa antibiotik di dalamnya cukup besar, jadi pasti bisa diandalkan sebagai obat pereda ngilu di gigi.

  • Caranya: Siapkan 1 buah jeruk nipis yang tentunya masih dalam kondisi segar, lalu potonglah menjadi 2 bagian. Potongannya bisa Anda peras dalam sebuah wadah berupa mangkuk atau gelas. Tambahkan pula sesendok makan garam, campur dengan mengaduknya rata, lalu balurkan pada area gigi yang ngilu selama 10-15 menit. Apabila sudah, berkumurlah memakai air hangat untuk membersihkan.

(Baca juga: penyebab gigi berlubang)

17. Serai

Para ibu rumah tangga jelas sudah sangat familiar dengan serai karena bahan ini adalah salah satu yang digunakan untuk memasak sup atau soto. Serai yang beraroma khas ini tak hanya mengatasi masalah tekanan darah tinggi saja, tapi juga bisa mengobati sakit gigi dan gusi bengkak.

  • Caranya: 40 gram serai dapat Anda siapkan bersama dengan air panas sebanyak 2 gelas. Serai tersebut harus direbus dulu dengan air yang sudah siap tersebut. Sesudah mendidih, angkatlah dan tunggu lebih dingin alias dalam kondisi hangat. Pakailah air tersebut untuk berkumur selama sekitar 15 menit. Air rebusan serai ini juga mampu membuat gigi lebih putih.

18. Daun Inggu Kering

Beberapa dari kita pastilah kurang begitu mengetahui apa itu daun inggu dan seperti apa bentuknya. Namun tanaman obat ini sebetulnya sudah cukup sering digunakan dengan fungsi sebagai obat sakit kepala yang airnya direbus lebih dulu baru dikonsumsi. Rupanya, daun inggu kering juga bermanfaat untuk penderita sakit gigi.

  • Caranya: Sediakan daun inggu kering sebanyak 2-4 gram beserta air 2 cangkir lalu Anda bisa rebus daun inggu kering ini di dalam air tersebut hingga mendidih. Air bisa Anda saring lebih dulu dari daunnya dan tunggulah lebih hangat, setelahnya bisa digunakan untuk berkumur sehari beberapa kali.

(Baca juga: obat gusi bengkak)

19. Akar Kangkung

Apabila biasanya kangkung adalah yang digunakan sebagai bahan memasak dan dijadikan menu sayur lezat, kali ini yang Anda perlu manfaatkan dari kangkung sebagai obat sakit gigi adalah akarnya. Bahkan cara pembuatannya tak begitu sulit; jangan lupa juga sediakan cuka sebagai kombinasi.

  • Caranya: Yang penting untuk disiapkan adalah akar kangkung sebanyak 1 genggam saja berikut cuka ½ sendok teh. Akar kangkung Anda bersihkan dulu dengan air mengalir yang kemudian bisa direbus bersama 1 gelas air. Lanjutkan dengan menambahkan cuka tadi dan air rebusan yang telah diangkat serta lebih dingin bisa Anda pakai untuk berkumur.
Sponsors Link

20. Akar Meniran

Pada umumnya, daun meniran adalah yang paling sering kita jumpai sebagai obat berbagai macam penyakit. Tapi kali ini tanaman meniran yang Anda manfaatkan demi mengobati sakit gigi adalah akar meniran. Tanaman herbal dengan tinggi 0,5-1 meter ini mengandung banyak senyawa baik, seperti hipofilatntin, damar, tanin, dan kalium.

  • Caranya: Siapkan akar meniran sebanyak 5 gram dan akarnya ini harus Anda cuci bersih dulu sebelum kemudian Anda bisa menggunakan gigi yang tengah sakit untuk mengunyah akar meniran secara langsung. Cukup dengan mengunyahnya tanpa menelan dan sesudah itu bisa Anda kumur menggunakan air biasa dan lanjutkan dengan beristirahat.

(Baca juga: cara mengatasi abrasi gigi)

21. Teh Hangat

Ketika seseorang sedang ingin bersantai dan menenangkan pikiran, biasanya teh hangat adalah yang dipilih untuk dibuat. Namun Anda perlu tahu juga bahwa segelas teh hangat bisa menjadi obat ampuh bagi yang sedang sakit gigi. Hanya saja, untuk memperoleh manfaatnya, Anda tak perlu menggunakan gula sebagai tambahan pemanis.

  • Caranya: Seduhlah teh hangat biasa tanpa diberi gula atau pemanis lainnya. Air teh inilah yang digunakan untuk berkumur beberapa kali; lakukan metode pengobatan ini sehari beberapa kali. Biarkan selama 15 menit sebelum kantong teh celup bekas seduhan teh tadi Anda kompreskan ke area gusi supaya bisa mengurangi risiko peradangan.

22. Biji Jarak Cina

Bila tadi kita sudah membahas tentang bagaimana efektifnya getah jarak untuk menyembuhkan sakit gigi dan mengurangi rasa ngilunya, kali ini biji jarak cina-lah yang direkomendasikan. Anda bisa menggunakan bahan ini setiap hari untuk mengobati sakit gigi agar pemulihannya jauh lebih cepat.

  • Caranya: Biji jarak cina bisa Anda siapkan secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan pengobatan. Tumbuk atau gilinglah biji tersebut hingga halus dan hasil tumbukan ini masih perlu untuk diseduh bersama segelas air panas. Aduk-aduklah beberapa saat dan airnya bisa Anda saring lebih dulu sebelum ditunggu lebih dingin. Air inilah yang bisa Anda pakai untuk berkumur secara rutin sampai sakit gigi hilang.

(Baca juga: penyebab gigi ngilu)

23. Minyak Tempurung Kelapa

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang khasiat dari minyak tempurung kelapa sebagai penyembuh sakit gigi. Jenis minyak ini sudah cukup kerap digunakan untuk kepentingan kesehatan lainnya. Diketahui pula bahwa asap cair dari tempurung kelapa sangat bagus digunakan sebagai obat luka luar.

  • Caranya: Anda bisa menyediakan tempurung kelapa yang sudah dibagi menjadi dua berikut juga menyiapkan kapas seperlunya. Satu bagian tempurung kelapa dapat Anda ambil dan dibakar hingga minyaknya keluar. Pakailah kapas untuk mengambil minyak tersebut, lalu tempelkan atau kompreskan di gigi yang sakit. Dalam beberapa menit saja, rasa sakit yang menghantui pun akan hilang dengan cepat.

24. Hidrogen Peroksida

Solusi alami lainnya yang bisa coba Anda gunakan ketika sakit gigi melanda adalah hidrogen peroksida yang memang terkenal ampuh membunuh bakteri. Bahkan ketidaknyamanan akibat rasa sakitnya bisa dihilangkan dengan cepat hanya dengan 3 persen dari solusi ini yang dijadikan obat kumur.

  • Caranya: Siapkan 3 persen hidrogen peroksida di mana larutannya bisa Anda jadikan obat untuk berkumur sampai mengenai bagian gigi. Jika ada tanda-tanda infeksi sekalipun, bahan ini sanggup membantu Anda meredakan dan mengurangi risikonya. Ingat bahwa larutan hidrogen peroksida tak boleh ditelan karena manfaatnya hanya untuk membilas bagian dalam mulut, terutama di area gigi yang sakit.

25. Minyak Mur

Bagi yang masih kurang tahu akan apa itu mur, ini adalah sebuah resin aromatik yang diambil dari beberapa pohon kecil yang ada durinya (genus Commiphora). Oleorosin adalah golongan dari minyak mur ini dan sepanjang sejarah sudah sering dan banyak digunakan sebagai obat, kemenyan maupun parfum.

  • Caranya: Sesendok teh minyak mur bisa Anda siapkan dan campurkan ke dalam air sebanyak 2 gelas. Didihkan selama ½ jam dan saringlah, lalu tunggu sampai lebih dingin. Bilaslah area gigi yang sakit alias jadikan obat kumur dengan mengambil 1 sendok teh saja dari solusi yang sudah jadi. Lakukan pengobatan ini sehari 5-6 kali. Efek astringent-nya cukup tinggi sehingga bakal membunuh bakteri dan mengurangi potensi peradangan.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan gigi secara alami)

Sakit gigi tak lagi menjadi masalah karena Anda bisa mengobatinya dengan bahan-bahan tradisional. Kiranya rekomendasi obat alami sakit gigi tersebut dapat menjadi referensi dan Anda bisa mencoba menggunakannya hingga sakit gigi sembuh total.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 30th, November 2016 / 02:20 Oleh :
Kategori : Sakit Gigi