Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Keseleo Pergelangan Kaki Paling Ampuh

Sponsors Link

Apapun penyebabnya, entah Anda keseleo saat tengah berjalan atau berolahraga, pergelangan kaki akan terasa tak nyaman sama sekali. Hampir semua orang pasti sudah pernah mengalami yang namanya kaki keseleo dan bagian pergelangan begitu menyiksa untuk dipakai berjalan maupun saat diputar. Bagi yang mencari cara mengatasi keseleo pergelangan kaki, di bawah ini ada sejumlah rekomendasi cara yang Anda pasti mau coba lakukan.

ads

(Baca juga: cara mengobati tangan keseleo dan bengkak)

1. Menggunakan Metode RICE

  • Rest atau Istirahat. Selama masa cedera, biarkan pergelangan kaki diberi waktu untuk istirahat dengan tidak melakukan kegiatan yang melibatkan keaktifan kaki Anda supaya tak bertambah serius. Latihan rutin pun bisa coba divariasikan, jadi tidak harus melulu berlari atau berjalan; menggantinya dengan olahraga berenang bisa menjadi solusi yang baik. Tidak usah menghindari 100 persen segala aktivitas fisik karena kelelahan otot Anda lainnya juga perlu dijaga kesehatannya, maka jangan lalu beristirahat total. Istirahat di sini artinya mengurangi kegiatan fisik yang berfokus pada kaki, khususnya bagian pergelangan.
  • Ice atau Es. Bagian pergelangan kaki yang nyeri bisa dikompres menggunakan es supaya rasa sakit dan bengkak bisa berkurang atau bahkan bisa dicegah sebelum muncul. Es bisa ditempel di bagian pergelangan supaya ligamen tak mengalami peradangan; tempelkanlah sekitar 20 menit yang bisa dilakukan 3 kali dalam sehari secara 3 hari berturut-turut untuk melihat perkembangannya. Namun, hentikan saat itu juga ketika pergelangan kaki saat dikompres maupun direndam air es terlihat putih karena dinginnya es juga bisa membuat cedera makin parah.
  • Compress atau Kompres. Kompres yang ini berbeda dari yang sebelumnya menggunakan es karena Anda membutuhkan perban elastis untuk melakukan hal ini. Lilitkan perban dari ujung kaki Anda hingga betis di bagian tengah dengan memberikan tekanan tapi jangan juga terlalu banyak. Perban wajib dikendurkan apabila Anda melihat bahwa jari-jari kaki warnanya berubah menjadi biru atau mendingin atau justru malah mati rasa. Perban yang dibalutkan tidak boleh terlalu ketat maupun longgar, jadi tetap ada tekanan namun kencang dan nyaman.
  • Elevate atau Angkat. Cara ini bisa dilakukan dengan mengangkat pergelangan kaki Anda hingga sampai tepat di atas posisi jantung di mana cara ini diyakini ampuh untuk yang cairannya keluar diakibatkan oleh keseleo. Posisi pergelangan kaki yang ditinggikan bisa membuat cairan yang dipicu cedera bisa kering dengan baik.

(Baca juga: pundak kaku dan pegal)

2. Melakukan Latihan

Sepintas mungkin Anda merasa cara ini terlihat kebalikan dari serangkaian metode RICE di mana pergelangan kaki disarankan untuk diistirahatkan. Latihan di sini bukan berarti harus membuat pergelangan kaki aktif seperti biasanya, ini hanya untuk membuat mobilitas Anda lebih meningkat dan baik. Latihan yang dimaksud di sini memiliki tujuan untuk membuat ligamen pergelangan kaki yang keseleo bisa pulih dengan cepat dan contoh latihannya adalah sebagai berikut:

  • Silakan ambil posisi duduk di kursi dengan kaki keseleo Anda ditempel rata dan sejajar di atas lantai, lalu lanjutkan dengan menggerakkan lutut ke kanan dan ke kiri paling tidak 3 menit saja, tapi pastikan bahwa kaki tetap ada di lantai sewaktu proses latihan.
  • Pergelangan kaki bisa diputar secara perlahan-lahan dan cara ini bisa dilakukan dengan menuliskan huruf-huruf abjad memanfaatkan jari kaki. Mobilitas pergelangan kaki akan otomatis terlatih dengan baik dengan melakukan latihan ini. Tapi kaki harus ditinggikan selama melakukan latihan ini jika memang pergelangan kaki mengalami pembengkakan.
Sponsors Link

(Baca juga: leher terasa kaku dan pegal)

3. Melakukan Peregangan

Ligamen Anda bisa coba diregangkan sehabis cedera karena meski bagian pergelangan kaki yang keseleo, bagian otot betis akan mengeras dan berubah menjadi kaku. Peregangan sangat diperlukan supaya jangkauan gerakan bisa dinormalkan kembali, malah jika Anda mencoba menghindari peregangan, cedera keseleo Anda bisa semakin serius. Cobalah untuk berdiri dengan menempelkan tangan ke dinding di mana kaki yang keseleo perlu ditaruh satu langkah di belakang kaki yang lain.

Tumit harus dijaga supaya tetap menempel di bagian lantai lalu lutut bisa ditekuk secara perlahanhingga peregangan di bagian betis betul-betul dirasakan. Peregangan seperti ini kemudian bisa ditahan selama beberapa saat, yaitu 15 hingga 30 detik yang bisa diulangi 2 hingga 4 kali untuk membuat ligamen menjadi lebih baik nantinya.

(Baca juga: makanan pembentuk otot tubuh pria paling cepat)

4. Menggunakan Aloe Vera

Khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut bukanlah satu-satunya karena aloe vera adalah salah satu obat keseleo yang dipercaya ampuh. Bahkan kenyataannya, aloe vera adalah salah satu obat penyembuh yang kerap dipakai dalam beberapa jenis cedera saat olahraga. Ambil ekstrak dari gel lidah buaya dan basahi cotton bud dengan gel lidah buaya ini sebelum mengoleskannya ke bagian yang cedera. Mengoleskan dengan jari tangan juga tak masalah, lalu biarkan gel tersebut kering; bisa juga tambahkan gliserin supaya lebih kental.

(Baca juga: nyeri sendi lutut)

5. Menggunakan Minyak Esensial Serai

Karena di dalam minyak esensial serai terdapat banyak kandungan baik, seperti halnya zat anti-bakteri, analgesik dan antiseptik berikut juga sifat fungisida, maka minyak ini merupakan bahan alami yang bisa menyembuhkan keseleo pada pergelangan kaki. Otot dan sendi yang cedera bisa diringankan ketika diolesi minyak ini dengan sambil memberikan pijatan lembut pada area yang keseleo. Pergelangan kaki yang terkilir bisa coba diobati menggunakan bahan aman ini sehari 3 kali untuk hasil kesembuhan yang lebih cepat.

6. Memanfaatkan Jahe

Mungkin banyak dari kita tahu bahwa jahe sangat bermanfaat sebagai cara menghilangkan amandel secara alami. Manfaatnya dalam memberikan kehangatan bagi tubuh juga tak diragukan lagi melalui hidangan yang dinamakan wedang jahe, tapi tak sebatas itu saja khasiatnya. Jahe juga dipercaya ampuh dalam mengatasi bagian pergelangan kaki yang mengalami keseleo yang bahkan cara membuatnya pun sangat mudah.

Untuk mengobati bagian yang sakit, Anda bisa coba dengan menyiapkan air 8 gelas saja untuk dituang ke sebuah wadah dan menambahkan irisan jahe 2 sampai 3 inci. Selama 5 menit saja, Anda bisa didihkan air ramuan ini lalu mendiamkannya sejenak hingga agak dingin atau paling tidak masih hangat. Sediakan kain bersih yang kemudian bisa direndam ke ramuan air jahe tersebut dan pergelangan kaki yang cedera bisa dibalut dengan kain tersebut.

Obat satu ini dianjurkan untuk digunakan sesudah lewat dari 2 sampai 3 hari dari waktu Anda mengalami cedera atau keseleo tersebut. Larutan tidak boleh terlalu panas saat digunakan, maka pastikan keadaannya sudah hangat baru dipakai; jika masih panas, jaringan kulit bisa rusak.

(Baca juga: cara meningkatkan massa otot)

7. Memakai Kubis

Kubis selain menjadi makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan karena kandungan-kandungan nutrisinya, kubis pun dapat dipakai untuk menyelamatkan pergelangan kaki Anda yang cedera. Secara sederhana, Anda bisa memanfaatkan kubis yang kaya vitamin dan fitonutrien ini untuk membuat proses penyembuhan pergelangan kaki lebih cepat. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuang daun kubis bagian paling luar, kemudian daun bisa dihancurkan dengan rolling pun demi memperoleh jusnya.

Daun kubis kemudian bisa dihangatkan di dalam oven sehingga kubis bisa ditutupi dengan foil, tapi jangan menggunakan api yang terlalu panas. Kubis tersebut kemudian bisa ditunggu sampai suhunya hangat dan bukan panas untuk ditempelkan ke bagian pergelangan kaki Anda. Jika malas untuk memegaginya terus, Anda bisa coba untuk menggunakan perban untuk membuatnya lebih aman. Obat semacam ini akan mampu menyembuhkan pergelangan kaki Anda secara lebih cepat apabila Anda memakainya sehari paling tidak 2 kali selama 2 hari minimal.

ads

8. Menggunakan Minyak Jarak

Kandungan asam risinoleat di dalam minyak jarak sangat baik untuk pergelangan kaki Anda karena zat ini berperan penting sebagai anti inflamasi. Bahan satu ini sebetulnya sudah tak asing lagi karena sudah sejak lama banyak orang memanfaatkannya sebagai obat keseleo, jadi untuk pergelangan kaki Anda yang cedera dipastikan bisa lebih cepat sembuh. Minyak jarak yang sudah Anda beli bisa dituangkan ke sebuah wadah lalu kain katun bisa dicelup ke dalam minyak tersebut.

Kain itulah yang bisa Anda gunakan untuk mengompres bagian kaki yang keseleo, lalu supaya tidak mudah lepas, cobalah untuk menggunakan isolasi plastik untuk menjaganya di tempat. Belum selesai sampai di situ, isilah sebuah botol dengan air panas yang kemudian bisa coba diletakkan ke kain yang sudah dicelup ke minyak jarak pada kaki Anda kurang lebih 30 menit. Melakukannya paling tidak 2 hari berturut-turut sehari 3 kali akan membuat pemulihan kaki keseleo tersebut lebih cepat dan sempurna.

(Baca juga: penyebab alis mata rontok)

9. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Selain bagus untuk pengganti minyak goreng biasa, minyak zaitun yang terbukti baik untuk kesehatan ini dapat juga diandalkan dalam penyembuhan pergelangan kaki yang terkilir. Hanya 1 sendok teh minyak zaitun saja yang dibutuhkan untuk dipanaskan yang kemudian bisa didinginkan. Minyak dalam keadaan hangat ini bisa diaplikasikan ke area yang cedera dan dipijat-pijat lembut hanya beberapa menit saja yang bisa dilakukan paling tidak tiga kali sehari yang bertujuan untuk membuat otot lebih rileks.

Cara alternatif yang bisa dicoba adalah dengan mencampurkan minyak zaitun 1 sendok makan saja dengan 1 kuning telur, lalu diaduk sampai rata. Setelah ramuan jadi, ramuan ini bisa dioleskan ke bagian yang cedera dan untuk mendukung penyerapan sempurna, pakai kain katun bersih untuk membungkusnya. Proses pengobatan ini dapat diulangi sealama beberapa hari ke depan hingga pergelangan kaki membaik.

(Baca juga: cara mengobati katarak)

10. Memakai Kunyit

Kunyit memang merupakan salah satu bumbu dapur, tapi selain dari menyedapkan atau melengkapi masakan, bahan alami ini mampu memberikan kesembuhan bagi pergelangan kaki Anda yang keseleo. Entah itu sendi Anda mengalami peradangan atau otot mengalami cedera terkilir, sifat anti inflamasi pada kunyit ini akan membantu pemulihan lebih cepat. Untuk lebih efektif, tambahkan air jeruk nipis 1 sendok makan saja yang dilanjutkan dengan bubuk kunyit 2 sendok makan demi membuat pasta kental.

Pasta inilah yang bisa dioleskan ke pergelangan kaki Anda dan akhirnya bisa menggunakan perban untuk menutupinya. Apabila menggunakan obat ini seminggu secara berturut-turut dan menggunakan ramuan tersebut setiap 10 jam sekali, maka hasilnya pasti akan lebih baik.

(Baca juga: cara mengatasi jantung lemah)

11. Menggunakan Bawang Putih

Memiliki kandungan anti inflamasi di dalamnya, terlepas dari bahaya bawang putih mentah yang harus dihindari, ada sisi positif dari bawang putih yang bisa diandalkan untuk kesembuhan cedera kaki. Pergelangan kaki yang terkilir bisa disembuhkan dengan mencampurkan minyak almond 1 sendok teh dengan minyak bawang putih 1 sendok teh yang lalu bisa dioleskan ke area yang cedera sambil memijat-mijatnya. Melakukan hal ini sehari 3 kali akan mempercepat pulihnya pergelangan kaki Anda.

(Baca juga: efek samping bawang putih)

12. Menggunakan Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah pun sanggup menjadi obat mujarab nan alami untuk pergelangan kaki Anda karena ada sifat anti inflamasi di dalamnya. Pilih bawang yang berukuran besar 1 siung saja yang kemudian selama 2 jam disimpan di dalam kulkas yang baru setelah itu boleh dipotong kecil-kecil, lalu dicampur dengan satu sendok penuh garam. Area yang sakit bisa dioleskan dengan ramuan ini lalu balut dengan kain agar segala zat baik bisa terserap baik. Lepas setelah 8 jam dan ganti dengan yang baru; lanjutkan perawatan pergelangan kaki Anda ini sampai cedera sembuh betul.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 02nd, May 2016 / 16:49 Oleh :
Kategori : Kelelahan Otot