Sponsors Link

Endoftalmitis – Gejala, Penyebab, Pengobatan Dan Pencegahan

Sponsors Link

Endoftalmitis adalah peradangan pada jaringan mata bagian dalam akibat infeksi berat dimana kondisi tersebut dapat menimpa orangtua maupun usia muda. Kondisi endoftalmitis yang terlambat ditangani secara medis dapat menyebabkan pasien kehilangan penglihatannya yang akan berlangsung permanen. (Baca Juga: penyebab mata terasa panas, penyebab mata nyeri sebelah)

ads

Tipe Tipe Penyakit Endoftalmitis

Didalam dunia medis kasus endoftalmitis adalah penyakit mata yang dianggap berbahaya dan harus segera mendapatkan perawatan intensif agar pasien tidak kehilangan penglihatnnya. Ada 2 tipe endoftalmitis dimana keduanya memiliki pengaruh buruk yang sama pada mata tetapi penagannan medisnya relatif berbeda.

1. Tipe endoftalmitis endogen

Endoftalmitis endogen muncul karena bakteri yang masuk di aliran darah pada organ tubuh lain justru masuk juga melalui aliran darah yang menuju jaringan mata.

  • Seseorang yang memiliki riwayat penyakit autoimun pada kenyataannya mempunyai faktor komorbidis yang dapat mempengaruhi mereka menjadi target yang paling cepat terinfeksi jamur, Bakteri dan virus. Kondisi autoimun tersebut adalah pada penderita diabetes melitus, Kanker darah, Kerusakan katub jantung, Transplatasi sumsum tulang belakang, Limfoma, tanda tanda Hepatitis akut, tanda tanda Aids, Neutropenia, Akibat gastrointestinal, Kecanduan alkohol, Penyakit lupus eritematosus sistematik dan sebagainya.
  • Munculnya aktivitas bateremia pada beberopa organ tubuh dan menurunkan fungsinya secara signifikan misalnya korteterisasi kandung kemih, Endoskopi gastrointestina, efek samping kemoterapi yang terlalu sering, Proses pengobatan dentis, Penggunaan nutrisi parenteral total jangka panjang.
  • Akibat masuknya jamur atau candidas jenis albicans yang paling sering muncul 70 sampai 80 % sedangkan jamur jenis Aspergillosis yang sering muncul akibat penggunaan obat obatan terlarang. Tak heran jika pecandu narkoba tidak akan pernah lagi memiliki jaringan retina yang normal (penglihatan sudah mengalami banyak penurunan).
  • Pada penderita Tuberculosis (TBC) yang telah masuk pada stadium lanjut maka bakteri asterodes nocardia, Spesies actinomyces dan Mycrobacterium TBC akan terus melakuakna pengerusakan jaringan hingga mampu mengalir kealiran darah menuju mata. Jenis jenis bakteri tersebut merupakan bakteri asam yang aktif memicu munculmnya gejala endoftalmitis endogen.  (Baca Juga: Operasi Mata Juling , Penyebab Mata Berlemak)

2. Tipe endoftalmitis eksogen

Endoftalmitis eksogen muncul karena trauma atau luka yang mencederai bagian bola mata lalu menyebabkan infeksi. Biasanya kondisi ini jarang terjadi jika bukan akibat tindakan dokter ketika pembedahan mata telah mengalami kesalahan prosedur.

  • Masuknya jamur jenis asperagilles dan sppesies penicillum yang berkembang setelah operasi selesai, Bisanya seminggu setelah opearsi mata.  (Baca juga: Obat Alergi Mata , mata kanan bergerak sendiri)
  • Munculnya bakteri gram negatif pada luka pasca operasi yang ternyata membentuk infeksi secara bertahap. Bakteri gram negatif terdiri dari Pseudomonas aeruginosa dan spesies haeomopilus.
  • Bakteri yang aktif menyerang jaringan mata akibat luka tembus pasca operasi. Masalah konjungtiva dan bisa juga disebabkan penggunaan alat alat pembedahan yang terkontiminasi bakteri yaitu jenis staphylococcus epidermides melalui tangan yang notabennya adalah jenis spora yang secara dinamis memang ada pada permukaan kulit manusia. (Baca juga: penyebab mata berkedut, penyebab mata merah)
  • Ketika luka tembus terjadi pada saat operasi maka setelah pasca opearsi (kita kira seminggu setelah operasi) akan mudah dimasuki dan dikendalikan oleh pergerakan bakteri jenis staphylococcus aureus dan bakteri streptococcus species tang memicu luka bekas operasi mengalami peradangan dan infeksi dimana kondisi itu menyebabkan kerusakan retina yaitu muncul gejala endoftalmitis yang berawal dari terbentuknya cairan putih pada bilik mata depan dan pembenngkakan kelopak mata.
  • Bakteri gram positif yang berada pada konjungtiva adalah bakteri yanag paling aktif merusak jaringan penglihatan setelah pasca operasi (pasca luka tembus pada bola mata) dimana dampak buruknya terhadap ketajaman penglihatan bisa mencapai 90 %. (Baca Juga: penyebab mata bengkak, penyebab mata bintitan)
ads

Gejala

  • Kelopak mata memerah dan mengalami pembengkakan yang terkadang terasa nyeri.
  • Mata sulit untuk terbuka secara normal (sclera), Jika dipaksakan maka yang akan muncul adalah rasa sakit pada mata (Baca Juga: Cara Mengatasi Kurang Tidur , Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur)
  • Pada bola mata dan sekitarnya berwarna kemerahan, Kornea nampak keruh atau bilik mata depan terlihat kotor
  • Kualitas ketajaman dalam melihat benda jauh atau dekat menjadi berkurang
  • Mengalami penurunan keseimbangan tubuh misalnya ketika sedang berjalan tubuh mengalami kesulitan untuk bergerak dengan normal
  • Mengalami kemunduran konsentrasi dan tidak fokus pada apa yang telah menjadi objek untuk dilihat
  • Mata menjadi lebih sensitif dan silau pada paparan cahaya, Sinar lampu atau bias sinar dari matahari yang menerpa kaca atau jalan aspal (fotobia) (Baca Juga: Obat Sakit Mata Bengkak)
  • Terdapat seperti kantung berisi cairan putih yang bergerombol didepan iris mata sehingga tampilan mata menjadi keruh dan tidak bercahaya (Kondisi ini disebut Hipopion)
  • Menderita sakit kepala yang timbul tenggelam akibat aliran darah disekitar jaringan kepala mengalami hambatan akibat pergerakan bakteri tertentu dari dalam jaringan mata.
  • Pembuluh darah sekitar mata mengalami pembengkakan sehingga mata terlihat bengkak, Sembab dan menonjol kemerahan, Keadaan ini muncul karena adanya pelebaran pada bagian bola mata.
  • Ketika sakit kepala dan pembuluh darah area mata mengalami pembengkakan maka rasa nyerinya akan menyebar keseluruh jaringan tubuh dan menyebabkan munculnya demam. (Baca juga : Gejala mata lelah , Cara Mengobati Mata Lelah)

Penyebab

Endoftalmitis tidak mudah muncul begitu saja hanya karena benturan atau hantaman yang menyebabkan mata memar dan bengkak, Tetapi lebih kepada luka yang menyerang bagian dalam bola mata sehingga merusak jaringan kornea dan retina, Pemicunya adalah:

1. Operasi mata

Endoftalmitis dapat muncul akibat operasi pada bola mata yang tanpa sengaja menembus bagian bola mata dan menyebabkan luka pada bagian dalam mata yang akhirnya mengakibatkan infeksi. Infeksi inilah yang merusak jaringan retina yang nantinya menimbulkan penurunan penglihatan atau pandangan menjadi kabur (tidak jelas). (Baca : mata kering, gejala katarak )

2. Alat bedah tidak steril

Saat pembedahan sedang berlangsung bias saja tim dokter menggunakan alta alt medis opeasi yang tidak steril sehingga dapat mengakibatkan infeksi akiabt perpindhan bakteri/virus dari alt alat medis ke bagian bola mata yang sedang dioperasi. Kondisi ini memicu munculnya gejala endoftalmitis dimasa yang akan datang (pasca operasi). (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih , Bahaya Kapur Sirih)

3. Pergerakan bakteri

Akibat serangan bakteri yang ada pada sebuah luka yang terinfeksi yang terjadi pada daerah tubuh lain tetapi bisa juga masuk dan mengalir pada aliran darah menuju jaringan mata yang sedang mengalami luka akibat serangan radikal bebas. Bakteri yang seringkali menyerang biola mata adalah jenis straphylococcus epidermidis, Jenis staphylococcus aureus dan spesies staphylococcus biasa.

4. Serangan jamur

Jamur yang tumbuh dan berkembang pada luka infeksi bola mata juga dapat menyebabkan terbentuknya penyakit endoftalmitis karena dampak buruknya sama besarnya seperti bakteri yang dapat merusak jaringan mata termasuk retina. Jamur yang paling sering menyerang mata yaitu infeksi yang disebabkan jamur mucorales atau akibat antinomyces iraelil yaitu bakteri yang dapat tumbuh dan berkembang cepat diarea gigi, Gusi, Amandel diamana pergerakannya bisa mencapai jaringan retina mata.

Baca Juga:

Pengobatan

Endoftalmitis merupakan penyakit mata yang harus segera mendapat penanganan intesif medis karena terkait dengan kondisi retina mata.

  • Ketika endoftalmitis muncul akibat bakteri maka dokter akan memberikan antibiotik tertentu dengan obat jenis corticosteroid yang tujuannya untuk membuang cairan yang terinfeksi dari bola mata dan meredakan peradangan serta mengurangi kerusakannnya. Antibiotik diberikan dalam bentuk tetes mata, Obat oral (diminum) dan melalui injeksi kearea intravena atau langsung disuntikkan kedalam jaringan mata menurut prosedur yang berlaku. (Baca Juga: Jenis Kelainan Refraksi Pada Mata)
  • Jika endoftalmitis muncul akibat jamur maka dokter akan memberikan suntikan anti jamur jenis amphotericin B atau jenis Fluoconazol yang digunakan dalam bentuk oral (diminum).
  • Dokter dapat memberika terapi steroid untuk endoftalmitis yang ditujukan untuk mengurangi peradngan, Infeksi dan pembengkakan didalam jaringan bola mata yang lebih dalam lagi.
  • Pemberian dexamethason secara intra vitral dengan dosis yang disesuaikan dengan kondisi pasien atau umumnya standar dosis adalah 400ug dan 1 mg secara intraokular jika memang kondisi pasien memungkinkan untuk dilakukan cara tersebut (Pemakaian dexamenthason) (Baca Juga:  Cara Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif)
  • Pada kondisi tertentu dokter juga akan memberikan sikloplegik pada pasien endoftalmitis agar rasa nyeri berkurang dan aliran darah pada area arteri mata kembali stabil sehingga jaringan dapat mencegah dan melepaskan sineksia secara cepat dan menenangkan kondisi iris mata agar infeksi mudah untuk disembuhkan.
  • Untuk penyakit endoftalmitis yang sudah parah maka dokter akan mengambil tindakan khusus yaitu berupa metode Vitrektomi Pars Plan untuk tujuan mengendalaikan pergerakan organisme agar tidak semakin meluas, Memperkuat kinerja antibiotik dan meningkatkan pengurangan membran siklitik pada jaringan bola mata.  (Baca Juga: Bahaya Menelan Asap Rokok)

Pencegahan

Pencegahan endoftalmitis dapat dilakukan lebih dini jauh sebelum seseorang terserang gejala endoftalmitis, Agar dikemudian hari kasus endoftalmitis dapat dihindari secara maksimal. Tips cara mencegah endoftalmitis diantaranya:

Sponsors Link

  • Bagi orang orang yang memiliki kerja rutinitas yang membutuhkan interaksi langsung dengan dunia diluar rumah atau kantor sebaiknya membiasakan diri untuk selalu menggunakan pelindung mata (kacamata), Penutup kepala berupa helm atau topi yang terbuat dari bahan keras yang diformulasikan untuk perlindungan kepala. Jika bagian kepala terkena luka yang mengenai jaringan paling dalam akibat kecelakaan maka akan merusak jaringan mata yang notabennya sangat berdekatan dengan jaringan otak. (Baca Juga: Kelainan Pada Retina Mata)
  • penggunaan obat tetes untuk perlindungan ekstra pada mata terhadap dampak buruk polutan udara yang berisi radikal bebas. Pemakaian obat tetes mata sebaiknya dikonsultasikan pada dokter mata terlebih dahulu agar dikemudian hari tidak mengalami efek samping yang tidak perlu. Pemakaian obat tetes mata yang baik adalah yang telah disesuaikan dengan kondisi mata.
  • Jika didalam tubuh memiliki infeksi (misalnya infeksi paru paru, Gejala Infeksi usus, Infeksi kandung kemih, Infeksi atau radang telinga, Infeksi kelenjar getah bening dan sebagainya) segeralah berobat kedokter untuk menyembuhkan pergerakan bakteri yang ada disekitar luka tersebut agar tidak terus bertambah meluas kearah jaringan lain termasuk jaringan mata, Dimana bakteri mampu masuk melalui aliran darah dimata.
  • Jangan biarkan otot otot mata terserang kelelahan akibat aktivitas anda sehari hari. Berilah mata waktu untuk beristirahat dan sedapat mungkin untuk sering memandangi objek yang jauh agar ketajaman penglihatan retina dalam menagkap cahaya yang berjarak jauh tetap stabil, Sehingga anda terhindar dari ciri ciri mata rabun jauh (miopia). Tahukah anda bahwa kelelahan pada mata yang terjadi terus menerus dalam jangka panjang dapat mempermudah bakteri yang ada pada makanan dan udara untuk masuk dalam aliran darah menuju mata. Kondisi ini berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang. Dimana kelelahan berat dapat memicu penurunan imunitas seseorang. (Baca Juga: Penyebab Rabun Jauh)
  • Hindari segala aktivitas yang dapat menyebabkan mata terluka misalnya bermain main dengan penggunaan benda tajam atau tumpul yang dapat mencederia jaringan mata bagian dalam (bola mata), Hindari pula segala bentuk radikal bebas yang membahayakan mata, Dimana radikal bebas tersebut mampu menembus lapisan mata dan menyebabkan infeksi misalnya berada pada lokasi yang sedang melakukan penyerutan kayu, Pengelasan besi, Pemotongan baja, Pengeboran minyak, Batu bara, Nikel dan lain lain.
  • Periksakan secara berkala kondisi mata untuk mencegah munculnya endoftalmitis. Pemeriksaan mata hendaknya bukan hanya disaat mata dalam kondisi sakit, Lebih bijak lagi anda rutin memeriksakan mata ketika mata dalam kondisi sehat. Pencegahan munculnya berbagai macam keluhan yang berkaitan dengan indera penglihatan sebenarnya lebih efektif ketika mata dalam keadaan sehat.
  • Memperbaiki pola makan menjadaai kearah yang lebih bak yaitu membiasaklan diri untuk makan makanana yang berstandar 4 sehat 5 sempurna yang diiringi dengan adanya sayuran dan buah setiap hari. Nutrisi yang memadai didalam tubuh dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat jaringan mata untuk tidak mudah dimasuki bakteri dari tempat lain (dari organ tubuh lain yang sudah luka) ketika arae mata sedang terjadi luka.  (Baca juga :Kelopak Mata Hitam)

Fakta tentang Bakteri Pemicu Munculnya Endoftalmitis

  • Infeksi mata yang disebabkan bakteri streptococcus ternyata lebih berbahaya (buruk) daripada infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus koagulasi negatif. Kondisi tersebut dibedakan dari kecepatan kedua jenis bakteri itu dalam merusak jaringan.
  • Tahukah anda jika penyakit endoftalmitis jenis endogen adalah lebih berbahaya daripada endoftalmitis eksogen. Kondisi ini dilihat dari karakteristik pemicu awal atau dari penyebabnya.
  • Penurunan ketajaman dalam melihat paling sering disebabkan oleh bakteri jenis bacillus yang merusak secara progresif. Kondisi ini tidak bisa dianggap remeh, Segeralah berobat dengan pemeriksaan yang intensif karena pergerakan bakteri jenis bacillus sangat cepat berkembang.

(Baca Juga: Obat Mata Minus Herbal , Mata Juling Pada Manusia )

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 11th, June 2017 / 22:47 Oleh :
Kategori : Endoftalmitis