12 Obat Herbal Demam Berdarah Paling Ampuh

Demam berdarah merupakan suatu penyakit cukup banyak merenggut nyawa penderitanya, khususnya bagi yang terlambat ditangani secara medis. Gejala demam berdarah yang bakal dirasakan antara lain adalah munculnya sakit kepala yang begitu hebat, ditambah pula rasa pening di area mata. Otot serta sendi pun mengalami ngilu dan nyeri disertai juga dengan rasa mual dan muntah.

Selain perlu memeriksakan ke dokter, Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk meredakan sakit demam berdarah. Untuk para pasien atau yang menderita demam berdarah, biasanya mereka akan diminta untuk rawat inap dan mengonsumsi obat dari dokter. Namun sebenarnya ada juga sejumlah obat herbal demam berdarah yang bisa coba Anda konsumsi sampai sembuh.

(Baca juga: gejala demam berdarah pada anak – penyebab kepala kliyengan)

1. Daun Patikan Kebo

Mungkin sebagian dari Anda sudah cukup mengenal dan sering mendengar tentang daun patikan kebo. Tanaman ini sangat penuh dengan manfaat baik, terutama dalam mengobati radang ginjal, bisul, bronkitis, flu, batuk, disentri, asma dan radang tenggorokan. Tapi ternyata daun ini pun bisa dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan daun patikan kebo ini sekitar 30 gram saja bersama dengan air sebanyak 400 ml. Rebuslah daun patikan kebo ini sampai mendidih, lalu tunggu hingga surut separuhnya, yakni sampai tersisa 200 ml. Ramuan dapat Anda minum secara rutin selagi masih hangat sehari 2 kali saja.

2. Beras Angkak

Pasti banyak dari Anda sudah pernah dan sering mendengar bahwa angkak adalah obat herbal yang efektif untuk mengatasi demam berdarah. Ini karena beras angkak adalah bahan tradisional yang baik untuk meningkatkan kembali kadar trombosit yang sempat menurun. Pengolahannya memang unik, tapi sangat efektif dan bahkan tak kalah dari obat dokter.

  • Caranya: Beras angkak merupakan konsumsi yang baik bagi setiap penderita demam berdarah hanya dengan menjadikannya sup. Sediakan sesendok makan beras angkak, berikut bahan-bahan lainnya, seperti lada, garam, bawang putih, ayam secukupnya, serta minyak wijen. Untuk mengolahnya, Anda perlu merebus ayamnya lebih dulu supaya memperoleh kaldu. Tambahkan sesendok makan beras angkak tadi dan didihkan sebelum ditambah lada, garam berikut juga tumisan bawang putih serta minyak wijen. Alhasil, sup angkak akan beraroma lebih sedap dan Anda siap untuk menikmatinya.

(Baca juga: penyebab demam berdarah)

3. Daun Kemangi

Menjadikan daun kemangi sebagai lalapan bukan hanya enak dan nikmat bagi beberapa orang, tapi juga mampu memberikan manfaat bagi yang ingin menghilangkan bau mulut serta bau badan. Meski rasanya tak begitu enak atau pahit sehingga tak menimbulkan selera untuk menyantapnya, beberapa orang benar-benar menggemarinya.

Terlepas dari rasanya yang kurang begitu sedap di lidah, untuk penderita demam berdarah dapat mengonsumsinya selama sakit. Ini akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga otomatis akan mempercepat pemulihan dari penyakit apapun. Cukup mengunyahnya setiap hari akan memberikan hasil yang efektif.

4. Jus Jeruk

Tak usah susah-susah atau jauh-jauh, buah jeruk pun dapat Anda jadikan jus untuk mengobati demam berdarah. Banyak orang yang mungkin belum tahu dan bahkan tak akan mengira bahwa jus jeruk ini merupakan sebuah obat yang baik. Kandungan antioksidan dan vitamin akan mengurangi gejala demam berdarah.

Seperti kita tahu, demam berdarah terjadi karena adanya virus, maka jus jeruk dengan kandungan-kandungan baiknya bakal mengusir dan melawan virus di dalam tubuh penderita. Peningkatan antibodi akan dilakukan oleh jus jeruk. Vitamin C-nya pun berperan sebagai penstimulasi perbaikan sel tubuh dan melancarkan buang air kecil serta meningkatkan daya tahan tubuh.

(Baca juga: fase demam berdarah)

5. Daun Meniran dan Pegagan

Dua jenis daun ini begitu banyak dan sering dimanfaatkan sebagai obat, dan kini pun tak terkecuali untuk mengobati demam berdarah. Bila Anda dapat  memperoleh kedua bahan ini secara mudah, boleh juga langsung meramunya.

  • Caranya: Sediakan daun pegagan dan daun meniran dengan takaran yang sama, yaitu 10 gram masing-masing. Jangan lupa untuk mencuci bersih kedua bahan lebih dulu sebelum akhirnya Anda rebus bersama air sebanyak 5 gelas. Tunggu mendidih dan angkat apabila sudah berkurang sampai tinggal sebanyak 3 gelas airnya. Konsumsilah sehari 3 kali masing-masing segelas saja sampai demam berdarah sembuh.

6. Air Kelapa

Bagi penderita demam berdarah yang ingin sembuh secara alami, obat herbal atau alami lainnya yang dapat diperoleh dan digunakan dengan mudah adalah air kelapa. Air kelapa adalah obat yang baik dan efektif karena diyakini pula mampu mendetoksifikasi tubuh sehingga seluruh racun dapat dibuang.

  • Caranya: Siapkan air kelapa yang kemudian bisa Anda campur bersama air perasan 1 buah jeruk nipis. Ramuan ini pun dapat Anda aduk-aduk merata lalu dikonsumsi sehari 2 kali, yakni setiap pagi maupun sore. Konsumsi rutin bakal menjadikan tubuh jauh lebih segar dan sembuh dengan cepat.

(Baca juga: ciri-ciri demam berdarah)

7. Goldenseal

Beberapa orang pasti sudah cukup familiar dengan goldenseal ini walau memang belum begitu populer di Indonesia. Tanaman ini memang belumlah terbukti klinis mampu menjadi obat demam berdarah efektif. Hanya saja, dokter homeopati sudah pernah memberikan pengakuan dan pujian terhadap tanaman satu ini.

Kemampuan tanaman ini dalam meredakan gejala demam berdarah sudah terbukti dan bisa bekerja dengan sangat cepat. Efeknya sangat baik dalam menghilangkan virus dari tubuh. Jangan salah, goldenseal tak hanya berperan sebagai peringan demam, mual, muntah, maupun sakit kepala. Ini karena sifat antivirus di dalamnya bisa mengatasi demam berdarah hanya dalam beberapa hari saja secara efektif.

8. Daun Nimba

Daun neem atau nimba cukup banyak dipercaya mampu mengatasi beragam jenis penyakit, bahkan juga untuk demam berdarah. Demam berdarah selalu membuat banyak orang khawatir di mana rata-rata penderitanya pasti perlu dirawat di rumah sakit yang padahal obat herbal pun ada untuk mendukung kesembuhan mereka.

Daun nimba atau neem ini bisa diseduh dan air seduhannyalah yang bisa dikonsumsi penderita demam berdarah secara rutin. Efeknya sangat baik dalam meningkatkan kadar trombosit, bahkan mampu mengembalikan kekuatan tubuh yang tadinya rendah dan membuat penderita tampak lemas dan lesu. Daun ini juga berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga pemulihan bakal lebih cepat.

(Baca juga: demam naik turun)

9. Daun Pepaya

Daun pepaya merupakan salah satu bahan alami yang juga mudah didapat dan ampuh untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Sebagian besar orang sudah tahu bahwa daun pepaya ini memiliki nutrisi tinggi serta senyawa organik yang baik untuk meningkatkan trombosit. Kadar vitamin C di dalam pepaya pun cukup besar sehingga tak salah lagi bisa berfungsi sebagai antioksidan.

Vitamin C inilah yang juga berperan penting untuk membuat sistem kekebalan tubuh yang tadinya rendah menjadi lebih baik dan meningkat. Sifat antioksidan pada daun pepaya juga terbukti mampu membuat stres oksidatif berkurang serta menghilangkan kelebihan racun di dalam darah. Lumatkan daun pepaya ini, saringlah untuk mendapatkan jusnya yang bisa dikonsumsi sampai penderita sembuh.

10. Fenugreek

Daun fenugreek pasti sudah sering Anda dengar gaungnya dalam mengatasi beberapa kondisi kesehatan. Karena gejala yang paling umum pada demam berdarah adalah demam, maka fenugreek ini mampu menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Bahkan dapat juga bekerja sebagai sedatif untuk meringankan rasa sakit.


Untuk dapat tidur nyenyak dan beristirahat dengan baik, penderita dapat memanfaatkan fenugreek ini karena memang berguna dalam menenangkan penderita. Banyak orang sudah membuktikan khasiatnya, jadi bila Anda dapat dengan mudah memperoleh daun ini, jangan ragu untuk memakainya bila terkena demam berdarah.

(Baca juga: bahaya demam berdarah)

11. Daun Ketumbar

Daun ketumbar pun rupanya sangat bisa dipercaya untuk mengobati demam berdarah. Ini karena daun ketumbar memiliki fungsi penurun demam selama infeksi. Anda bisa memasukkan daun ini pada daftar menu diet Anda, atau bisa juga dengan menyiapkan semangkuk penuh daun ketumbar. Cucilah semuanya sampai bersih dan siapkan pula semangkuk air, lalu campurkan daun ketumbar ke dalam air tersebut.

Blender hingga halus atau sampai menjadi seperti minuman jus. Jus daun ketumbar inilah yang perlu penderita demam berdarah minum secara rutin setiap hari. Namun bagi penderita alergi sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini supaya tak terjadi reaksi alergi.

12. Jus Delima

Di dalam buah delima ada kandungan punicalagin yang merupakan senyawa penting untuk menjaga kesehatan jantung serta bersifat antioksidan. Itulah mengapa jus delima seringkali digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi maupun penurun kolesterol tinggi. Bagusnya untuk penderita demam berdarah adalah bahwa senyawa di dalam jus ini dapat menambah trombosit.

Trombosit yang rendah adalah kekhawatiran utama saat seseorang menderita demam berdarah, maka jus delima inilah yang bakal menormalkan kembali kadarnya. Karena kaya akan vitamin C, antioksidan polifenolnya bakal menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan kekebalan secara sempurna dan alami.

(Baca juga: gejala demam berdarah dbd)

Itulah beberapa obat herbal demam berdarah yang patut Anda coba tanpa perlu takut bahaya atau efek samping yang berlebihan. Semoga dengan obat herbal, demam berdarah bisa teratasi dengan baik.

 

, ,
Post Date: Monday 07th, November 2016 / 08:55 Oleh :
Kategori : Demam Berdarah