Home Penyakit dan KelainanDemam Berdarah 17 Cara Meningkatkan Trombosit Penderita DBD dalam Darah

17 Cara Meningkatkan Trombosit Penderita DBD dalam Darah

by Roro Dyiah

Jka tubuh kekurangan trombosit atau sering disebut sebagai trombositopenia maka tubuh akan mengalami masalah kesehatan seperti terjadi gejala anemia, munculnya bakteri pada jaringan darah atau terjadi pendarahan.

Penyebab penurunan tromnbosit pada tubuh yang paling mudah didapati adalah pada penderita demam berdarah karena ketika seseorang tergigit nyamuk dan terinfeksi virus dengeu penyebab demam berdarah maka seseorang akan mengalami penurunan jumlah trombosit didalam darahnya. (baca juga: cara meningkatkan trombosit darah)

Apa manfaatnya trombosit yang normal bagi kesehatan tubuh?

Trombosit sangat berperan besar danb sangat penting dalam mengatur keseimbangan tubuh yaitu mampu membantu pengaturan, pengontrolan, penyuplaian dan pembentukan darah sehingga ketika tubuh mengalami pendarahann internal atau eksternal maka akan cepat dihentikan. (baca juga: efek kelebihan trombosit)

Pada manusia umumnya jumlah stabil trombosit adalah sekitar 150.000 sampai 450.000 sel darah merah utuh per kilo liternya. Jumlah trombosit yang sangat minim didalam tubuh memicu munculnya penadarahan dibeberapa bagian tubuh misalnya pada gusi, pembuluh darah, rongga hidung , rongga telinga , pada air seni, ketika buang air besar dan lain lain.

Cara meningkatkan trombosit penderita DBD dalam tubuh sebenarnya tidaklah sulit jika BISA menjalani langkah langkah berikut :

  1. Mengkonsumsi sayuran hijau, karena nutrisi vitamin, zat besi, kaya serat dan mineralnya mampu meningkatkan jumlah trombosit padaa penderita gejala demam berdarah pada anak.
  2. Mengkonsumsi buah buahan, karena kaya vitamin, mengandung antioksidan kuat dan mineral yang tinggi mampu memperbaiki kerusakan trombosit pada penderita demam berdarah yang belum atau hampir sembuh.
  3. Menjauhi segala jenis makanan yang masuk sebagai makanan siap saji, daging olahan kalengan  , makanan junkfood atau makanan yang mempunyai kadar lemak tinggi. semua jenis makanan tersebut sedikit mengandung serat dan nutrisi tetapi banyak mengandung minyak trans, jenis-jenis lemak jenuh  dan zat logam yang paling mudah menurunkan kadar trombosit pada orang sehat terlebih lebih pada penderita demam berdarah. (baca juga: 21 dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan)
  4. Mengurangi konsumsi alkohol, karena alkohol bersifat panas dan tajam dapat mencederai pembuluh darah, menyumbat aliran darah dan mengurangi pasokan trombosit pada orang orang yang tubuhnya kurang fit apalagi pada penderita demam berdarah, alkohol dapat menyebabkan pendarahan internal tubuh yang memungkinkan penderita mengalami koma. (baca juga: 25 efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial)
  5. Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mnengandung vitamin B12 dan asam folat karena dapatb memperbaiki kondisi trombosit yang mulai berklurang menjadi lebih baik karena vitamin B12 dan asam folat mamapu memperbanyak jumlah sel darah dengan cepat. (baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan vitamin B12)
  6. Memperbanyak mengkonsumsi makanan ynag mengandung asam omega 3 misalnya dari jenis ikan ikanan dan kacang kacangan yang dapat meningkatkan dan menstabilkan jumlah sel darh pada penderita demam berdarah yang belum atau hampir sembuh.
  7. Mengkonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi setidaknya 1000 iu perhari dan diimbangi dengan makan buah buahan yang banyak mengandung vitamnin C seperti, jambu biji, kiwi dan lain lain agar daya tahan tyubuh tetap terjaga sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan demama berdarah itu sendiri. (baca juga: 34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi)
  8. Istirahat yang cukup adalah jalan paling mudah untuk memperbanyak jumlah trombosit secara alami pada penderita demam  berdarah. ketika istirahat seluruh organ tubuh ikut beristirahat dan memberi peluang besar pada tubuh untuk memproduksi sel sel darah baru.
  9. Menghindari aktifitas yang mengakibatkan terjadinya pendarahan misalnya olahraga atau mengangkat barang yang dapat membuat seseorang terjatuh, terbentur, terhantam benda tumpul dan sebagaiaanya.
  10. Mengurangi atau bahkan menjauhi obat obatan pereda rasa sakit yang mengandung libuprofen dan aspirin yang tidak direkomendasikan oleh dokter terkait, karena karena zat kimia yang ada didalamnya bersifat tajam dan keras dan dapat mengotori sel darah dan menurunkan kualitas trombosit pada penderita demam berdarah.
  11. Minumlah air putih 7 sampai 8 liter perhari, semakin sering minum air putih semakin baik, karena daapat mencegah tubuh terserang dehidrasi dan mampu memperbaiki kualitas sel darah agar tetap baik pada penderita demam berdarah sehingga mempercepat peroses penyembuhan. (baca juga: 11 efek kekurangan air bagi tubuh)
  12. Hindari mengkonsumsi antibiotik tanpa seijin dokter, karena bagi sebagian orang adaa yang alergi terhadap pemakian  antibiotik yang akhirnya memperparah kondisi penderita demam berdarah karena antibiotik yang telah dikonsumsi justru menyebabkan keracunan pada sel darah merahnya yang mengakibtakan trombosit makin berkurang.

Langkah-langkah dan upaya yang berkaitan dengan peningkatan trombosit pada penderita demam berdarah yang hampir sembuh atau sedang masa program pemulihan dirumah :

  1. Meningkatkan perbaikan terhadap kebersihan rumah, perkarangan dan lingkungan sekitarnya agar nyamuk penyebab demam berdarah tidak lagi bersarang.
  2. Melakukan langkah penyemprotan anti nyamuk secara teratur (6 bulan sekali) pada rumah dan lingkungan tetangga agar mempersempit ruang gerak nyamuk agar tidak menetap kembali. (baca juga: makanan untuk demam berdarah)
  3. Rajin dan teratur membersihkan dan mengganti air dalam tempayan air, bak kamar mandi dan membuang genangan air pada ember, baskom, kaleng kaleng kosong atau benda benda tak terpakai yang dapat menampung air hujan.
  4. Memberi langkah pemblokiran terhadap masuknya nyamuk kedalam rumah dengan pemakaian kawat anti nyamuk pada lubang ventilasi rumah. (baca juga: ciri-ciri demam berdarah)
  5. Memasang obat nyamuk yang aman dan tidak berasap agar sistem pernafasan tidak terganggu dan tidak mencemari udara didalam ruangan kamar terutama bagi anak anak balita.

Pengobatan Alami

Obat tradisional untuk meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah pada anak anak dan dewasa yang bisa diracik sendiri dirumah :

  1. Buatlah jus jambu biji merah dua kali sehari dengan tambahan madu secukupnya.
  2. Rebuslah daun muda jambu biji dan tambahkan sedikit garam , dinginkan dan saringlah airnya. dapat diminum dua kali sehari. (baca juga: cara mencegah demam berdarah)
  3. Rebuslah daun muda pepaya , dinginkan lalu minumlah  dua kali sehari, zat pahitnya sangat ampuh meningkatkan trombosit dan membuat tubuh semakin bugar.
  4. Ambilah bayam yang telah dikukus lalu blenderlah bersama buah tomat tua lalu tambahkn madu sedikit. minumlah dua kali sehari.
  5. Ambilah labu yang telah dikukus lalu makanlah bersama garam sedikit atau dibuat menjadi jus agar jumlah trombosit kembali  stabil bagi penderita demam berdarah yang baru terserang virus dengeu .
  6. Mengkonsumsi kubis setiap hari ketika sedang makan nasi , karena kubis mengandung vitamin K yang tinggi yang dapat meningktakan jumlahn trombosit secara alami.
  7. Membuat jus kurma yang ditambahkan sedikit air perasan jeruk lemon, kurma mengandung banyak nutrisi diantaranya potassium, kalsium, magnesium, zinc, vitamin A dan B, protein dan lain lain yang dapat meningkatkan trombosit yang kurang didalam tubuh penderita demam berdarah terutama anak anak. (baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan vitamin B5)
  8. Ambilah angkak satu sendok makan lalu rebus dan gunakan air rebusannya yahg telah ditambahkan madu secukupnya untuk diminum dua kali sehari agar jumlah trombosit pada penderita demnam berdarah dapat kembali normal.
  9. Rebuslah daun sambiloto ,dinginkan lalu saringlah sarinya. minumlah secar teratur pagi dan sore hari setelah makan agar kadar trombosit pada penderita demam berdarah yang hampir sembuh menjadi cepat stabil.
  10. Mengkonsumsi bunga pepaya agar lebih terasa lezat makanlah ketika sedang mengkonsumsi nasi. bunga pepaya dapat dijadikan oseng oseng yang digoreng dengan menggunakan minyak zaitun. bunga pepaya mampu meniungkatkan sel darah dan memperbaiki jaringan trombosit agar lebih sehat. manfaat bunga pepaya sama baiknya seperti daun pepaya.
  11. Blenderlah satu buah bit yang sebelumnya telah dipotong potong , lalu minumlah sehari sekali. tambahkan madu untuk menetralisir aromanya yang sedikit kurang enak, namun buah bit mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh dengan cepoat khususnya pada penderita demam berdarah.
  12. Kukuslah buah bit lalu makanlah sebagai camilan sebelum tidur malam. jika dikukus buah bit terasa lebih nikmat apalagi jika dicocol pada madu, buah bit yang dikukus baik untuk meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah.
  13. Mengkonsumsi buah delima tua setiap hari sangat bermanfaat untuk meningkatakan sel darah merah bagi penderita demam berdarah khususnya anak anak. buah delima mempunyai kandungan zat besi yang tinggi yang ampuh memperbaiki jaringan sel darh agar lebih sehat dan mempercepat proses penyembuhan anak.
  14. Mengkonsumsi Gandum utuh yang ditambahkan dengan susu rendah lemak dapat bermanfaat untuk menaikan jumah trombosit pada penderita demam berdarah, cocok untuk dikomsumsi oleh anak anak. gandum utuh lebih baik daripada nasi putih karena mengandung banyak mineral, kaya serat, vitamin dan tidak mengandung gula yang mampu meningkatkan gula dalam darah. gandum utuh dapat meningkatkan produksi trombosit relatif cepat.
  15. Mengkonsumsi buah Aprikot setiap hari dapat meningkatkan jumlah trombosit secara sistematik pada penderita demam berdrah yang belum atau hampir sembuh. Buah aprikot memiliki kandungan zat besi yang mampu memperbaiki kerusakan sel darh akibat serangan virus dengeu penyebab demam berdarah.

Penurunan jumlah trombosit didalam tubuh bukan hanya diakibatkan seseorang telah terserang virus demam berdarah, tetapi juga dikarenakan pada seseorang yang mengalami serangan oleh zat anti bodi yang sebenarnya terbentuk dari tubuhnya sendiri. (baca juga: penyebab demam berdarah)

Pada penderita demam berdarah kasus tersebut sangat berbahaya karena jika tubuh diserang zat anti bodin yang dibentuk oleh jaringan tubuhnya sendiri maka  jumlah trombosit akan semakin menurun dan bisa menyebabkan pendarahan hebat di internal tubuh (tidak terlihat langsung karena terjadi pada organ dalam si penderita). Hal ini harus segara ditangani secara intensif oleh dokter terkait.

You may also like