8 Obat Telinga Berjamur Paling Ampuh

7252

Telinga adalah bagian indra penting pada manusia. Bagian ini berfungsi sebagai organ pendengaran, untuk mendengar sekeliling lingkungannya. Di dalam rongga telinga juga ada bagian penting untuk tubuh. Yakni sebagai pusat keseimbangan tubuh. Makanya jangan heran, ketika bagian telinga anda sakit, anda tidak bisa melakukan aktivitas harian. (Baca Juga: penyebab telinga gatal, penyebab telinga berdarah)

Banyak hal yang bisa menyebabkan telinga sakit. Misal bisa di sebabkan karena infeksi dari jamur, bakteri, kuman, maupun virus. Bisa juga terjadi peradangan,penyebab telinga bengkak, gendang telinga pecah,  radang telinga,  sampai rusak syaraf di saluran lubang telinga dalam. Sebelum mencari pengobatan apa yang sesuai, maka harus di cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk hal dan penanganan lebih jelas.

Telinga Berjamur

Bagian yang cukup penting bagi tubuh sangat banyak. Misal mata, otak, hati, jantung, telinga, dan lain sebagainya. Telinga adalah alat vital tubuh yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Misal sebagai alat pendengaran. (Baca Juga: Cara Membersihkan Telinga Tersumbat)

Posisi dan letak telinga ini berada pada bagian tubuh luar. Dimana bisa keluar masuk kotaran dengan mudah. Selain itu, virus, bakteri, kuman, jamur juga bisa menjangkit dan masuk melalui telinga. Jika di perhatikan dengan seksama, keadaan dalam telinga ini banyak sekali kandungan lemak. Jadi lokasinya benar – benar lembab. (Baca Juga: Cara Mengeluarkan Air dari Telinga)

Tempat seperti ini menjadi sarang menguntungkan bagi jamur. Apalagi untuk berkembang biak dan melepaskan inang untuk menginfeksi telinga. Maka tak heran jika bagian telinga ini menjadi sumber jamur. Beberapa jamur yang biasa menginfeksi bagian telinga ini antara lain Aspergillus. (baca juga: Jenis Penyakit Yang Menyerang Telinga)

Anda akan merasakan nyeri pada bagian telinga. Rasa sakitnya sangat terasa, sehingga membuat anda terpaksa menghentikan aktivitas yang sedang di lakukan. Dalam beberapa episode, anda juga mengalami beberapa hambatan saat mendengakan. Kemudian kadang kala muncul cairan seperti nanah berwarna putih keluar dari bagian lubang telinga. (Baca juga: Obat Sakit Telinga Keluar Cairan , Jenis Sakit Telinga)

Tentu saja anda akan merasakan gatal – gatal, bahkan sampai muncul ruam memerah di sekitar telinga. Jenis penyakit ini biasanya banyak di temui pada pasien yang menderita telinga berjamur. Menurut istilah medis, di sebut dengan istilah Otomycosis. (baca juga: Obat Radang Telinga , Operasi Gendang Telinga)

Obat Telinga Berjamur

Jangan takut jika anda mengalami beberapa gejala di atas. Sebab ada obat yang bisa membantu penyembuhannya. Beikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati telinga yang berjamur. Seperti apa sajakah ? Simak ulasannya :

1. Menggunakan obat tetes khusus anti jamur

Salah satu cara untuk mengatasi telinga berjamur adalah dengan menggunakan obat tetes. Contoh obat tetes jamur untuk penyebab Aspergillus adalah Ketoconazole dan Clotrimazole. Obat ini menjadi obat andalan untuk mengatasi jamur yang ada di telinga. Penggunaannya cukup mudah, yakni pertama bersihkan bagian telinga terlebih dahulu. Terutama bagian yang ada nanahnya. Tujuannya agar obat langsung mengenai sumber jamur. Lanyas baru di teteskan pada bagian telinga. (Baca : obat telinga gatal bagian dalam , Bahaya Kapas Tertinggal Di Telinga)

2. Usahakan telinga tidak terkena air, terutama saat mandi

Cara ini memang bukan obat untuk membuat telinga sembuh. Namun dengan menjaga telinga agar tidak lembab dan basah adalah cara untuk membantu penyembuhan. Ketika mandi, usahakan telinga untuk tetap kering. Sebab jika telinga terkena cipratan air mandi, jamur akan semakin mudah berkembang. Bahkan waktu sembuh juga semakin lama. (Baca juga: Cara Mengobati Telinga Berdengung ,  Cara Membersihkan Tahi Telinga yang Keras)

3. Jangan berenang dulu

Untuk menjaga agar jamur tidak berkembang semakin banyak, tundalah hobi renang anda. Kondisi lembab yang ada pada kolam renang akan semakin memperparah kondisi jamur yang ada pada telinga. Apalagi kondisi air yang ada dalam kolam tentu saja tidak steril dan bersih. Mengingat kolam renang air nya bisa di gunakan oleh siapa saja. Jangan lupa untuk lakukan pemanasan, sebab ada bahaya berenang tanpa pemanasan. (Baca Juga: Obat Telinga Berair)

4. Ramuan bawang putih dan zaitun

Anda juga bisa membuat ramuan sendiri untuk mengatasi masalah telinga berjamur. Misalnya dengan ramuan bawang putih dan minyak zaitun. Sebab di dalam bawang putih terdapat kandungan anti septik, yakni senyawa yang bersifat anti bacteral. Sehingga mampu mengatasi jamur. Caranya dengan menyiapkan bola bola kapas yang steril. Kemudian bawang putih di kupas, agar bisa keluar getahnya. Lantas di tetesi dengan minyak zaitun. Setelah itu berikan pada lubang telinga. Masih banyak manfaat menaruh bawang putih di telinga serta baca juga efek samping bawang putih.

5. Jangan sampai keringat masuk ke dalam telinga

Hati – hati dengan cuaca panas saat berada di luar. Sebab pada cuaca seperti ini anda cenderung berkeringat. Jangan sampai keringat tersebut masuk ke dalam telinga anda. Air keringat hanya akan memeperparah jamur yang bersarang di dalam. Selain itu, air keringat adalah air hasil ekskresi. Sehingga kotor dan penuh bakteri serta kuman. (baca juga: Penyebab Telinga Berdarah , Penyebab Telinga Gatal)

6. Kontrol dengan dokter THT

Cara yang paling mudah dan aman di lakukan adalah dengan melakukan  kontrol ke bagian dokter ahli. Untuk sakit telinga yang berjamur, anda bisa memeriksakan kesehatan anda pada dokter THT. Beliau sudah ahli dalam bidang ini. Mungkin akan di lakukan beberapa pemeriksaan khusus. Namun dengan dokter ahli, beliau pasti lebih tahu penanganan mana yang sesuai dengan keadaan anda. (baca juga: Obat Pembersih Telinga , Obat Infeksi Telinga)

Itulah beberapa penjelasan mengenai Obat Atasi Telinga Berjamur. Semoga bermanfaat ^_^