Radang Sendi Pergelangan Tangan Kanan dan Kiri : Gejala dan Pengobatan

Radang pada sendi paling sering menyerang pada usia dewasa hingga lanjut usia yang mana gejalanya mudah terbentuk karena berkaitan dengan penurunan kualitas kepadadatan tulang itu sendiri.

Penyebab

Penyakit  radang sendi pergelangan pada tangan mempunyai dua jenis penyebab yang berbeda yaitu akibat faktor internal dan eksternal, Kendati memiliki efek buruk yang sama yaitu dapat mengurangi kebebasan pergelangan tangan untuk bergerak secara bebas tanpa rasa nyeri.

  1. Patah tulang (Fraktur)

Patah tulang seringkali muncul akibat kecelakaan yang mengakibatkan benturan keras yang mengenai tulang atau persendian hingga menyebabkan tekanan berat berupa keretakan hingga patah tulang. Lokasi yang membentuk patahan akan mengalami trauma cedera yang menimbulkan rasa sakit ketika pergelangan tangan digerakkan. Patahan tulang inilah yang dapat memunculkan radang sendi pergelangan pada tangan dan diikuti dengan pembengkakan. Salah satu pertolongan pertama pada patah tulang yang paling mudah adalah mengganjal tulang dengan perban atau kain peyangga agar rasa sakitnya berkurang untuk kemudian segera lakukan pengobatan pada dokter yang terkait.

  • Pembengkakan  dan perubahan bentuk pada lokasi yang terjadi patah tulang misalnya bentuk pergelangan tangan yang membengkok.
  • Perubahan warna kulit disekitar lokasi yang terjadi patah tulang yaitu warna kulit menjadi lebih gelap, Kehitaman, Kebiruan atau bahkan kemerahan.
  • Lokasi seputar tempat patah tulang mengalami ba’al atau mati rasa ketika terjadi cedera berat pada jaringan saraf atau kerusakan pembuluh darah yang btidak terlihat oleh mata telanjang.

Ketika pengobatan dan perawatan pada patah tulang telah dilakukan oleh dokter maka pasien akan segera mengalami beberapa tahap penyembuhan patah tulang  secara bertahap. Setelah tulang benar benar telah dapat disambung kembali dengan persentase kesembuhan diatas 90 % maka pasien dapat melanjutkan pemulihan dengan cara mengobati patah tulang dirumah tetapi lebih bijak jika sebelumnya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang telah menangani patah tulang.

  1. Kista ganglion

Kista ganglion merupakan gumpalan jaringan lunak yang membentuk kista atau kumpulan lemak yang membentuk tonjolan pada area permukaan kulit yang dapat terjadi diarea pergelangan tangan. Kista ganglion merupakan salah satu penyebab radang sendi pergelangan tangan ketika kista telah membentuk diameter ukuran yang besar.

Gejala:

  • Bentuk dan jenis kista ganglion bulat atau lonjong
  • Ukurannya awalnya bisa mencapai 2,5 centimeter atau bahkan lebih
  • Tekstur permukaan halus dan lunak tapi tidak bergerser dan  bisa membesar
  • Kista ganglion paling sering menyerang bagian pergelangan tangan
  • Kista ganglion tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri selama kista tidak mendekan saraf
  1. Lipoma

Lipoma adalah penyebab radang sendi pergelangan pada tangan yang banyak menyerang wanita. Lipoma bisa muncul akibat gumpalan lemak dijaringan kulit yang sangat mirip dengan kista ganglion namun memiliki batasan tepi dan gradasi bentuk yang tegas sehingga pergelangan tangan benar benar terlihat menonjol walaupun tangan dalam keadaan stagnan atau tidak digerakan sama sekali.  Salah satu penyebab lipoma yang paling fenomenal adalah akibat wanita telah memasuki masa menopause atau faktor usia.


Gejala:

  • Berbentuk benjolan yang menonjol pada permukaan kulit
  • Bentuk dan batasan tepi terlihat jelas
  • Lipoma dapat bergeser tanpa rasa nyeri
  • Dapat membesar tetapi dengan durasi pergerakan yang lambat

4.Osteoarthritis

Penyebab radang sendi pergelangan pada tangan adalah osteoarthritis  yang mudah menyerang para lanjut usia karena pada usia itulah dinding tulang atau persendian mengalami penurunan kekuatan dan kepadatan kalsium secara alami. Namun pada masalah osteoarthritis yang menyerang pergelangan tangan juga bisa menyerang usia peroduktif antara 25 hingga 30-an yang mana muncul akibat seseorang pernah mengalami trauma cedera pada pergelangan tanggannya dimasa lalu. Trauma cedera yang telah sembuh tersebut terkadang kembali datang dengan intensitas rasa nyeri yang berat beberapa  setelah terjadi benturan kendati tidak terlalu keras.

Gejala :

  • Adanya suara ketika sendi pergelangan tangan digerakkan dan terasa nyeri
  • Ada kalanya terlihat tulang pergelangan tangan menonjol
  • Mengalami kelemahan atau kelainan otot pada manusia sehingga kehilangan kemampuan mengangkat barang
  • Jari jari tangan terlihat bengkok ketika benjolan menyerang jari jari.
  1. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome terjadi ketika saraf medianus pada pergelangan tangan mengalami desakan dan tekanan berulang ulang akibat saraf terjepit lalu terjadilah aliran darah tidak lancar yang memicu pembengkakan. Radang sendi pada pergelangan tangan termasuk penyakit persendian yang mudah disembuhkan ketika aliran darah kembali normal.

Gejala :

  • Pada area pergelangan tangan kebas dan terasa tangan kesemutan sebelah kiri atau kanan
  • Kehilangan kemampuan untuk menggenggam dan mengangkat barang
  • Kesulitan untuk melakuakan gerakan mencubit dan menarik sesuatu
  • Otot ibu jari mengalami penurunan sehingga bentuknya semakin kecil dan lemah
  • Otot seputar pergelangan tangan kram dan kaku hingga menyebar  ke area jari jari tangan
  1. Reumatoid arthritis

Penyakit reumatoid arthritis kemunculannya sangat berkaitan dengan kondisi daya tahan tubuh seseorang yang menyerang dirinya sendiri atau autoimun. Ciri ciri penyakit autoimun  yang paling mudah terlihat ketika daya tahan tubuh menyerang aliran darah, saraf saraf serta otot seputar pergelangan tangan adalah rasa nyeri dan kaku pada pergelangan tangan  hingga menyebar ke area jari jari yang muncul berulang, Tiba tiba dan kadang bisa hilang sendiri ketika tangan digunakan untuk bergerak atau beraktivitas, Tetapi nyeri dan kaku akan muncul kembali pada waktu tangan tidak sedang melakukan gerakan (sedang tidur atau beristirahat duduk).

Gejala :

  • Pergelangan tangan sakit dan sulit untuk digerakkan
  • Persendian mengalami pergeseran dan perubahan bentuk sehingga pergelangan tangan terlihat bengkok
  • Persendian terasa kaku, Terasa hangat pada lokasi yang terkena rheumatoid arthritis
  • Muncul pembengakakan dan warna kemerahan seputar kulit yang terkena rheumatoid arthritis
  1. Keseleo (Strain)

Pergelangan tangan mengalami keseleo/Terkilir  biasanya terjadi ketika tangan digunakan untuk beraktivitas berat misalnya mengangkat beban berat atau menggunakan tangan dengan gerakan yang terlalu cepat, Tidak teratur tetapi dengan perubahan posisi tangan yang mendadak. Kondisi inilah yang dapat membuat cedera pada jaringan ikat atau ligamen. Ketika otot dan tendon mengalami peregangan yang berlebihan akibat aktivitas berat maka akan terjadi robekan ligamen yang berakhir dengan rasa nyeri , Peradangan dan pembengkakan.

Untuk menghindari cedera semakin parah sesaat setelah keseleo  hendaknya anda mengetahui cara mengobati tangan keseleo dan bengkak yang tujuannya agar rasa nyeri dan pembengkaknnya bisa diminimaliskan. Tahukah anda bahwa penyebab radang sendi pergelangan tangan yang kerab menyerang para pekerja berat misalnya pekerja pada perusahaan pertambangan, pengolahan batu bara, Pengeboran minyak lepas pantai dan lain lain adalah jenis radang sendi yang diakibatkan karena keseleo.

Gejala:

  • Lokasi tempat sendi mengalami keseleo nampak memar dan bengkak
  • Pergelangan tangan terasa sakit saat digerakkan
  • Terkadang sendi kaku sulit untuk digerakkan
  • Mudah terjadi radang sendi jari tangan
  • Kadang terdengar bunyi saat sendi mengalami pergeseran yaitu saat digerakkan
  1. Penyakit kienbock

Penyakit kienbock merupakan penyakit yang berhubungan dengan berkurangnya pasokan darah yang banyak diderita manusia, Dimana penyakit ini bisa pula menyerang usia produktif atau usia muda yang muncul akibat kerusakan tulang kecil pada pergelangan tangan hingga rasa sakitnya bisa terus berlangsung secara progresif. Kondisi ini muncul akibat kurangnya pasokan darah yang mengalir ke area tulang akibat aliran darah tidak lancar. Penyakit kienbock cenderung mudah muncul ketika seseorang melakukan aktivitas berat secara manual dan tidak dilakukan oleh mesin atau alat lain misalnya membajak sawah.  Radang sendi pergelangan tangan karena masalah kienbock tercata sebagai  kasus kelainan persendian  yang terbanyak di alami oleh masyarakat yang hidup dipedesaan.

Gejala:

  • Tulang dan persendian dipergelangan tangan mengalami rasa nyeri yang bertahap, Semakin lama semakin sakit
  • Terjadi pembengkakan diatas pergelangan tangan dan muncul rasa kaku saat digerakkan
  • Penyakit kienbock dapat terjadi pada kedua tangan secara bersamaan (pergelangan tangan)

Penanganan

Mengatasi radang sendi pergelangan pada tangan dapat dilakukan secara medis atau tradisional yang ternyata memiliki kemampuan untuk menyembuhkan  yang terbukti ampuh.

Cara medis

  • Dilakukan serangkaian pemeriksaan fisik terutama pada sendi pergelangan tangan
  • Melakukan CT-scan jika diperlukan untuk melihat dan menganalisa kondisi persendian
  • Melakukan penyambungan tulang pada kasus fraktur humerus
  • Melakukan teknik operasi pengangkatan kista jika radang sendi terjadi akibat pertumbuhan tumor jinak seperti ganglion dan operasi lipoma   jika benjolan telah mengganggu pergerakan tangan

Cara tradisioanal

  • Kayu manis – minumlah 2 kali sehari ramuan kayu manis yang telah ditambahkan madu kedalam segelas air hangat. Ramuan ini mampu mengatasi pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri pada radang sendi dimalam hari
  • Rimpang jahe – jahe adalah bumbu masakan yang mempunyai kandungan anti inflamasi dan mampu melipatgandakan daya tahan tubuh. Jahe dapat diparut atau di tumbuk lalu tambhakan madu dan air lemon. Minumlah 2 kali sehari. Sedangkan untuk perawatan diluar, Jahe dapat diparut lalu balurkan pada pergelangan tangan  yang menderita radang sendi.
  • Cuka sari apel – Gunakan cuka sari apel  untuk penyembuhan radang sendi pada pergelangan tangan yang ditambahkan dengan madu sesuai selera kedalam segelas air hangat untuk kemudian di minum, Untuk perawatan bagian luar dapat dioleskan cuka sari apel langsung pada pergelangan tangan dengan cara melakukan pemijatan perlahan dengan arah dari pangkal pergelangan tangan menuju atas lengan.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Sendi