Ibu Jari Tangan Sakit Saat Ditekuk – Penyebab dan Cara Mengatasinya

5661

Jari tangan merupakan bagian dari organ yang penting dari tubuh. Kita memegang, menulis, dan melakukan banyak hal dengan jari tangan, namun ada kalanya jari sakit saat melakukan aktivitas, khususnya ibu jari. Ibu jari tangan sakit saat ditekuk tersebut dikenal dengan nama medis tringer finger.

Tringer finger adalah kondisi di mana tendon atau selubung tendon mengalami kaku, sandi terkuci, dan tidak dapat digerakkan. Sakit saat ditekuk ini dapat juga terjadi pada jari tengah dan jari manis serta umumnya terjadi di pagi hari.

Penyebab

Ada banyak penyebab ibu jari tangan sakit, dan jika Anda mengalaminya dan datang ke dokter, maka dokter akan mendiagnosa berdasarkan ciri fisik dan wawancara terlebih dahulu. Dokter akan bertanya apakah sakit terjadi di kedua ibu jari tangan atau hanya salah satu, apakah ibu jari berwarna kemerahan, berapa lama sakit biasanya terjadi, dan apakah Anda pernah mengalami kecelakaan yang melibatkan jari tangan sebelumnya. Beberapa penyebab jari tangan sakit, antara lain :

1. Artritis Reumatoid

Rheumotoid arthritis adalah peradangan sendi. Ketika sendi mengalami hal ini, maka sendi akan mengalami kekakuan.  Tidak dapat digerakkan.  Jika radang sendi jari tangan menyerang ibu jari, maka ibu jari akan sakit saat digerakkan atau menekuk.

2. Osteoarthritis

Osteoarthritis sering disebut dengan pengapuran tulang. Jika seseorang mengalami hal ini, maka tulang rawan sendi sudah tidak dapat berfungsi normal. Akibatnya, ketika tulang digerakkan maka akan saling bergesekkan dan menimbulkan rasa nyeri. Kebanyakan terjadi pada lutut dan bahu, namun tak jarang terjadi pada jari tangan.

3. Gout

Gout merupakan penyakit sejenis radang sendi yang disebabkan oleh asam urat dalam aliran darah. Penderita gout akan mengalami sakit pada ibu jari tangan sesekali dalam waktu tertentu. Asam urat tidak hanya menyebabkan kekakuan pada sendi ibu jari tangan, tapi umumnya terjadi pada sendi pergelangan kaki dan lutut. Sebaiknya pun Anda harus tahu perbedaan sakit asam urat dengan rematik.

4. Cedera

Cedera menjadi penyebab sakit pada ibu jari yang paling mudah terlihat. Cedera dapat disebabkan benturan atau gerakan yang salah dari ibu jari.

5. Tendon Bengkak

Tendon, jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang dapat mengalami iritasi. Akibatnya, ketika tulang digerakkan akan terasa sakit. Ada berbagai penyebab tendon bengkak di mana hal ini sering pula terjadi pada wanita hamil tanpa diketahui penyebabnya.

6. Gerakan Berulang

Terkadang tangan melakukan pekerjaan dengan gerakan yang berulang-ulang. Perulangan gerakan di luar batas kemampuan dapat mengakibatkan iritasi pada tendon kemudian menjadi sakit. Gerakan berulang yang mungkin dilakukan ibu jari adalah gerakan mengenggam dengan keras atau posisi ibu jari tangan saat mengetik.

7. Tekanan

Tekanan pada ibu jari tangan dapat membuat sendi dan tendon mengalami iritasi dan cedera. Tekanan dapat dari luar, misalnya kejatuhan benda berat. Sementara, tekanan dapat juga disebabkan genggaman yang terlalu keras dan memaksakan diri.

8. Posisi Ibu Jari Salah

Posisi ibu jari yang salah atau melakukan sesuatu dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit. Sakit di sini sifanya sementara. Jika ibu jari tetap digerakkan perlahan, sendi akan mulai flkesibel lagi mengikuti gerakannya.

9. Trauma

Trauma dapat menyebabkan ibu jari tangasa sakit saat ditekuk. Biasanya trauma berkaitan dengan cedera pada tangan. Cedera yang membuat iritasi pada tendon atau selaput pembungkusnya.

10. Kelainan Tulang

Kelainan tulang atau sendi ibu jari dapat langsung menyebabkan sakit pada ibu jari tangan saat digerakkan.  Kelainan ini hanya dapat dideteksi oleh dokter dengan serangkaian pemeriksaan.

Cara Mengatasi

Penyebab ibu jari tangan sakit saat ditekuk di atas berbeda-beda di mana dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Namun, secara umum ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika ibu jari tangan terasa sakit ketika ditekuk dan beberapa cara tersebut, antara lain :

1. Istirahat

Mengistirahatkan jari tangan beberapa lama terlebih dahulu adalah langkah yang tepat. Sebelum mengetahui penyebabnya, cara ini dapat dilakukan.

2. Obat Antipeuretik Non Steroid

Obat ini misalnya golongan Ibuprofen dan Aspirin. Obat dapat diminum jika sakit dirasakan sangat mengganggu atau sakit terasa sampai ke arah lengan atas. Perhatikan efek samping Ibuprofen bagi tubuh.

3. Suntikan Steroid

Suntikan ini diberikan oleh dokter untuk menghilang rasa nyeri sementara. Dokter akan memebrikan suntikan degan ijin pasien yang mengalami cedera atau peradangan sendi ibu jari tangan.

4. Kompres

Tidak hanya cara menurunkan panas dengan kompres yang dipelajari, kompres air dingin di sekitar secara langsung ketika tangan mengalami cedera juga perlu. Cara ini dapat dilkaukan jika tangan sudah terasa sakit atau etika baru memar  untuk mencegah sakit.

5. Rendam Air

Ketika pertama kali dirasakan sakit, cobalah merendam tangan hingga ibu jari tertutup air selama beberapa menit. Merendam di air hangat akan membantu memperlancar peredaran darah dan mengatasi sendi kaku akibat pergerakan yang berulang atau tekanan yang sangat kuat pada tangan. Rendam air dingin setelah rendam hangat akan sangat membantu ketika ibu jari askit karena cedera.

6. Latihan

Beberapa kondisi sakit pada tulang atau sendi dapat diatasi degan latihan, termasuk sakit pada ibu jari. Jika jari ini sakit, maka latihan bergerak sedikit demi sedikit akan membantu menghilangkannya. Namun latihan ini dapat dilakukan jika diyakini penyebab sakit adalah genggaman yang lama atau tekanan pada sendi.

9. Mengganti Peralatan

Mengganti beberapa peralatan yang bisa digunakan dan dipegang oleh jari tangan dengan yang lebih besar. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit. Misalnya, pensil untuk menulis diganti dengan yang lebih besar.

10. Mengubah Gaya Hidup

Sakit ibu jari dapat disebabkan gout atau asam urat. Sakit karena asam urat dapat dipastikan dengan tes darah. Jika karena ini, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat akan sangat membantu. Misalnya dengan makan yang baik dan berolahraga. Itulah mengapa Anda juga perlu untuk mengetahui terapi asam urat sangat perlu.

11. Operasi

Operasi merupakan langkah dan pilihan terakhir. Tindakan operasi diberikan jika ibu jari sakit karena patah atau cedera yang menyebabkan pergeseran sendi atau kelainan tulang.

Sekian artikel tentang ibu jari tangan sakit saat ditekuk. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi wawasan ilmu kesehatan.  Jika mengalami sakit pada ibu jari tangan, sebaiknya periksa terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebabnya.