8 Terapi Asam Urat yang Penting Anda Ketahui

Asam urat merupakan penyakit yang menghantui setiap orang, umumnya penyakit ini paling rawan menyerang orang tua dengan usia memasuki usia lanjut. Namun tidak berarti yang mudah atau yang belum berusia lanjut terjauh dari jangkitan penyakit yang satu ini. Bahkan bisa sama usia muda memiliki resiko asam urat yang lebih tinggi. Penyakit ini bisa menyerang mereka yang umumnya melakukan  pola hidup yang tidak sehat. Atau bagi mereka yang sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin dan lemak, terlalu berlebih mengkonsumsi alkohol, nikotin, dan banyak hal lain yang tidak disadari bisa menjadi penyebab munculnya penyakit asam urat di alam tubuh.

Untuk itu perlu diketahui beberapa cara dalam mengatasi asam urat dalam tubuh. Sebab pengetahuan ini menjadi penting, jika suatu saat Anda terkena penyakit asam urat. Berikut dalam artikel ini akan dibahas beberapa terapi asam urat yang penting Anda ketahui.

  1. Terapi Jus

Terapi pertama yang dapat Anda lakukan bagi penderita Asam Urat adalah dengan menggunakan terapi jus. Terapi yang satu ini dipandang menjadi salah satu terapi yang praktis untuk dilakukan. Sebab tidak membutuhkan cara yang rumit. Buah yang digunakan dalam terapi ini dikhususkan buah yang memiliki kandungan vitamin C, sebab vitamin C menjadi salah satu jenis vitamin yang mudah larut di dalam air, sehingga akan mudah dalam memberikan dampak bak bagi penderita Asam Urat. Sifat antioksidan dalam vitamin C diyakini dapat membantu munculnya radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu khasiat vitamin ini mampu meningkatkan dan melebihkan kekuatan kekebalan tubuh. Bagi penderita asam urat, vitamin C mampu meningkatkan ekskresi asam urat melalui saluran urin, sehingga akan mampu menjadi cara ampuh proses penyembuhan asam urat. Namun, yang perlu diperhatikan juga adalah kadar konsumsi, bagi penderita asam urat kadar ideal yang dikonsumsi adalah 75 gram/hari.

  1. Terapi Air Minum

Terapi mudah berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penderita asam urat yakni dengan membiasakan minum air putih secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi tubuh dari ancaman dehidrasi, yang dampaknya buruk pada penderita asam urat. Selain itu mengkonsumsi air secara rutin juga mampu meningkatkan kadar asam urat dalam darah karena akan menyebabkan pengentalan pada darah. Untuk itu mengkonsumsi air putih secara rutin sangat dianjurkan dalam proses penyembuhan penyakit asam urat. Agar menghasilkan hasil yang baik, cara ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air pada pagi hari dengan takaran 1,5 liter. Kemudian selama satu jam sebelum dan setelah minum ada baiknya tidak makan dan minum jenis lain selain air mineral. Sebab mineral memiliki akibat kekurangan dan kelebihan mineral. Untuk itu anda disarankan untuk mengkonsumsi air mineral secara teratur setiap harinya.

  1. Terapi Herbal

Cara terapi selanjutnya yang penting juga Anda ketahui dan pelajari adalah terapi herbal. Terapi ini dirasa menjadi terapi aman, sebab sangat minim efek samping yang dimunculkannya. Beberapa tanaman yang dapat digunakan dalam terapi ini diantaranya; jahe, rosella, seledri, daun salam, kumis kucing, anting-anting, sambiloto. Bahan-bahan alami ini diyakini memiliki khasiat baik bagi penderita asam urat dalam usaha penyembuhan. Sebab bahan herbal diyakini memiliki khasiat yang mampu membantu dalam menyembuhkan mereka yang mengalami penyakit asam urat di tubuhnya.


  1. Terapi Olahraga

Olahraga menjadi cara penting yang harus dilakukan penderita asam urat, sebab olahraga menjadi salah satu aktivitas yang sangat diperlukan dalam proses penyembuhan penyakit asam urat. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, juga dapat membantu dalam memperlancar peredaran yang ada di dalam tubuh. Jika kondisi darah bisa lancar mengalir ke seluruh tubuh maka penyebaran nutrisi juga akan berjalan dengan lancar. Hasilnya tubuh tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dalam bekerja dalam aktivitas dan fungsinya masing-masing. Selain itu olahraga juga membantu penderita asam urat menghilangkan rasa nyeri karena pembengkakan, nyeri pada daerah tertentu, jari kaki dan lain-lainnya. Beberapa  tips olahraga   dapat dilakukan diantaran untuk mengatasi penyakit satu ini, diantaranya; jalan kaki, senam ringan, dan pemanasan ringan.

  1. Terapi Makan

Menjaga pola makan menjadi cara ampuh dalam penyembuhan penyakit asam urat. Sebab penyebab utama penyakit ini adalah pola makan yang tidak sehat. Untuk itu penting Anda disarankan untuk memilih makanan yang tidak memiliki banyak lemak di dalamnya. Makanan ini menjadi pilihan penting agar asam urat tidak terlalu lama menjangkit tubuh. Terlebih 21 bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan penting kamu pahami agar bisa mengatur pola terapi makan ini dengan baik. Sebab makanan-makan cepat saji ini memiliki dampak tidak baik terhadap kesehatan.

  1. Terapi Istirahat

Terapi selanjutnya adalah terapi istirahat. Mengatur istirahat cukup juga sangat penting,  hal ini bertujuan agar tubuh tidak terlalu lelah sehingga asam urat mudah terjangkit di dalam tubuh. Istirahat yang teratur bisa membantu stamina tubuh, serta menjaga agar agar tetap dalam stamina sehat.

  1. Terapi Pikiran

Pikiran merupakan hal yang sentral memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Sebab ketika pikiran bisa  fresh atau tidak setres maka akan membantu menyembuhkan penyakit asam urat secara perlahan akan bisa sembuh dari dalam tubuh. Sebab pikiran yang terlalu berat akan membuat tubuh mengalami penurunan stamina.

  1. Terapi Pemijatana

Pemijatan secara perlahan di dalam tubuh diyakini mampu membuat peredaran tubuh menjadi lancar. Bagian-bagian tubuh yang kaku bisa dikendorkan dengan cara pemijatan secara perlahan. Catatannya cara ini harus dilakukan sedang, artinya dengan pemijatan dilakukan secara perlahan. Sehingga tidak membuat tubuh mengalami penekanan yang tinggi dan berakibat luka di bagian tubuh.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Asam Urat
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri