12 Terapi Pergelangan Tangan Sakit Paling Efektif

Pergelangan tangan memiliki sendi sendi yang dapat digunakan untuk mengantur pergerakan ketika jari jari atau telapak tanagn berinteraksi dengan aktivitas sehari hari. Pergelangan tangan rentan mengalami peradangan dan pembengkakan manakala terjadi hal hal yang menekan saraf dan otot bagian persendian misalnya terhantam atau terjatuh dimana pergelangan tangan menjadi tumpuan untuk menahan beban berat badan saat sedang terjatuh.

Terapi

Tips terapi pergelangan tangan sakit yang terjadi akibat faktor umum yang sering terjadi sehari hari misalnya akibat aktivitas yang mengandalkan kekuatan tangan .

Terapi non bedah adalah solusi terbaik untuk mengembalikan kondisi persendian pergelangan tangan yang mengalami kram, Rasa nyeri saat digerakkan, Pembengkakan, Sendi kaku atau muncul sensasi kesemutan.

1.Pemakaian Splinter

Splinter merupakan papan penahan pergelangan tangan atau peyangga yang tujuannnya untuk menopang tangan agar ketika tidur tidak bergerak dan pada keesokan harinya rasa nyeri hilang dan pergelangan tangan dapat nyaman digerakkan.

Pemakaian splinter akan sangat efektif jika diikuti dengan penggunaan obat anti nyeri atas rekomendasi dokter yaitu dengan cara oral maupun injeksi untuk menekan rasa nyeri yang menyerang saraf saraf pergelangan tangan akibat tekanan berulang setelah beraktivitas .

  1. Terapi fisik

Terapi pergelangan tangan sakit dapat dilakukan dengan terapi fisik tanpa metode operasi kendati telah terjadi peradangan dan pembengkakan pada tendon dipergelangan tangan.Terapi fisik dapat dilakukan untuk tujuan mobilisasi sendi yaitu latihan terus menerus yang berhubungan dengan gerakan gerakan khusus yang dianjurkan oleh para fisioterapi.

Manfaat  terapi fisik:

  • Mempercepat proses penyembuhan yang diawali dengan penurunan intensitas rasa nyeri pada pergelangan tangan.
  • Terhindar dari jari jari tangan kaku yang muncul sebagai efek dari sensasi rasa sakit pada pergelangan tangan.
  • Melancarkan penyempitan pembuluh darah yang tersumbat akibat tekanan dari ketegangan otot pergelangan tangan
  1. Terapi Konservatif

Terapi konservatif merupakan terapi tanpa metode pembedahan yang dilakukan dengan cara Quardricep Exercise yaitu latihan penguatan otot dan saraf pergelangan tangan yang mengalami kerusakan atau kelainan. Latihan dapat berupa menggerakkan tangan keatas dan bawah atau kekiri dan kekanan atau membuka tutup telapak tangan berulangkali untuk merangsang saraf dan otot pergelangan tangan menjadi lebih aktif.

Manfaat terapi konservatif:

  • Agar persendian dapat digerakkan kembali secara normal tanpa rasa sakit.
  • Mencegah sendi pergelangan tangan mengalami kram
  • Mencegah tangan kesemutan terus atau tangan kebas
  • Mengembalikan kelenturan saraf saraf yang ada dalam tendon
  1. Terapi es batu

Penggunaan es batu harus dibalut dengan kain lalu diletakkan pada lokasi yang mengalami rasa sakit berulang ulang. Teknik pengompresan ini cocok digunakan sebagai terapi pergelangan tangan sakit yang dialami anak anak selain pada orang dewasa.

Manfaat es batu:

  • Es batu bersifat menenangkan dan meregangkan saraf dan otot yamg sedang tegang  dimana efeknya dapat mengurangi edema (pembengkakan)
  • Mengurangi rasa nyeri ketika pergelangan tangan digerakkan karena melakuakn aktivitas sehari hari
  • Sebagai pertolongan pertama pada patah tulang yang terjadi di area pergelangan tangan agar rasa sakit luar biasa akibat kerusakan tulang dapat diminimalkan.
  1. Pijat refleksi

Pijat refleksi merupakan salah satu terapi pergelangan tangan sakit yang bisa dilakukan ditempat pengobatan alternatif yang memiliki pengalaman  dibidang ortopedi.

Manfaat pijat refleksi:

Pijat refleksi menerapkan metode pemijatan yang melibatkan titik titik simpul saraf yang ada dipergelangan tangan atau lebih dikenal dengan teknik Yang Ce, Sebuah teknik pemijatan yang dilakukan pada tengah tengah lipatan pergelangan tangan bagian luar.

  1. Merendam air hangat /dingin

Merendam pergelangan tangan yang mengalami rasa nyeri yang berulang atau timbul tenggelam pada air hangat atau dingin dapat dipercaya mengatasi masalah seputar persendian dipergelangan tangan.

Manfaat merendam air hangat/dingin:

  • Mengurangi intensitas rasa sakit dan senssai kesemutan.
  • Menenangkan saraf dan otot sehingga melancarkan peredaran darah dipergelangan tangan
  • Mengurangi edema dan pendarahan ringan diseputar jaringan saraf serta otot.
  1. Minyak pohon jarak

Minyak jarak dapat diperoleh diberbagai toko obat atau apotek  yang memiliki zat anti inflamasi yang bisa dijadikan sebagai terapi  pergelangan tangan sakit yang ampuh menyembuhkan. Minyak jarak dapat dioleskan lalu diikuti pijatan perlahan agar peredaran darah semakin lancar dan mengurangi rasa sakit itu sendiri. Pijatan dapat dilakukan dengan cara dari pangkal pergelangan tangan menuju kearea dalam yaitu arah sepanjang antara pergelangan tangan dan lengan bagian atas.

  1. Kulit putih pohon gandarusa

Didalam kulit putih pohon gandarusa atau pohon willow mengandung senyawa salicin yang secara alami dapat direspon dengan baik oleh tubuh menjadi asetil asam salisilat yang efektif meredakan rasa nyeri yang menyerang pergelangan tangan atau persendian dari bagian tubuh lain.

Kulit putih pohon gandarusa sekarang sudah bisa diperoleh ditoko obat dalam bentuk kapsul tetapi juga bisa direbis langsung dimana air rebusannya bisa diminum atau digunakan untuk merendam bagian persendian yang sakit. Kulit pohon gandarusa cocok dijadikan sebagai terapi pergelangan tangan sakit akibat radang sendi.

  1. Boswellia serrata

Boswellia serrata merupakan nama ilmiah dari nama aslinya yang bernama salai guggul yaitu termasuk pohon herbal yang awalnya tumbuh dinegeri india . Tahukah anda bahwa Boswellia serrata sering digunakan untuk perlengkapan kemenyan karena mempunyai keharuman yang khas.

Manfaat boswellia serrata:

  • Memiliki kecepatan dan keampuhan mengatasi peradangan atau rasa nyeri lebih kuat dibandingkan obat pereda rasa nyeri jenis ibuprofen.
  • kemampuan secara klinis dalam menyembuhkan edema (Pembengkakan) dan mampu menghentikan pendarahan relatif cepat
  • Menghilangkan rasa sakit pada pergelangan tangan karena didalamnya terkandung zat anti inflamasi yang kuat dan aktif.

Boswellia serrata ektrak sudah dapat diperoleh di berbagai toko obat  yang awalnya diambil dari getah kering dari pohon boswellia yang kemudian diolah menjadi obat anti inflamasi luka dan peradangan termasuk sebagai salah satu perlengkapan untuk terapi pergelangan tangan sakit.

10.Metode Elevate

Metode elevate adalah salah satu terapi pergelangan tangan sakit dengan teknik mengangkat bagian lengan dimana pergelangan tangan mengalami sakit .  Lengan diangkat lebih tinggi dari dada saat tidur dimalam hari. Cara ini bisa menggunakan bantal atau sesuatu yang lunak yang dapat menahan  lengan sampai pergelangan tangan untuk tetap dalam kondisi lurus dengan tujuan mengistirahatkan pergelangan tangan secara total tanpa melakukan gerakan apapun.

11.Bantal terapi

Bantal terapi memiliki aliran listrik tertentu yang disesuaikan dengan suhu tubuh dimana manfaatnya dapat menyembuhkan masalah tulang dan persendian bagian tulang belakang, Leher , Bahu dan area kepala. Tetapi dapat pula menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan sakit persendian.

Bantal terapi adalah salah satu dari sekian banyak  jenis terapi syaraf terjepit paling efektif yang bisa menjadi acuan sebagai terapi  pergelangan tangan sakit. Penggunaan bantal terapi adalah salah satu metode terapi saraf terjepit paling efektif yang juga baik digunakan oleh para lanjut usia.

Manfaat bantal terapi:

  • Pergelangan tangan dapat diletakkan diatas bantal terapi dimana rasa hangatnya dapat melancarkan aliran darah
  • Mengurangi rasa nyeri, Kram, Meregangkan ketegangan saraf dan otot tangan. Bantal terapi cocok digunakan sebagai terapi pergelangan tangan sakit akibat munculnya ciri ciri saraf kejepit atau karena kelelahan akibat aktivitas mengangkat beban berat. 

12.Compression (Kompresi)

Teknik compression adalah menggunakan pembalut khusus yang memilikin kelenturan tertentu yang diformulasikan untuk membungkus pergelangan tangan sakit dengan balutan yang cukup kuat tetapi disesuaikan dengan aliran darah agar darah tetap lancar dan mencegah pergerakan berlebihan pada pergelangan tangan. Cara ini merupakan terapi pergelangan tangan sakit yang dapat menyembuhkan pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri.

Larangan atau pantangan untuk proses penyembuhan pergelangan tangan sakit

Untuk mendukung proses penyembuhan sakit pada pergelangan tangan agar lebih cepat disarankan penderita menghindari minuman yang mengandung:

  • Apapun bentuk alkohol Perlu diketahui bahwa Jenis Jenis alkohol memang berbeda beda tetapi memiliki efek buruk yang sama pada pergelangan tangan yang menderita sakit, Yaitu menekan saraf yang ada dalam tendon dan Melukai dinding pembuluh darah.
  •  Minuman yang mengandung Kafein misalnya kopi dan teh.
  • Gula buatan atau yang berkarbonasi misalnya minuman kaleng, Termasuk bahaya minuman isotonik karean juga berkarbonasi yang cukup tinggi.
  • Apapun bentuk dari bahaya tembakau agar penyempitan peredaran darah pada pergelangan tangan tidak terjadi. Karena pada hakikatnya penyempitan aliran darah merupakan salah satu pemicu gagalnya proses penyembuhan.
  • Hanya mengkonsumsi obat obatan atas resep dokter jika itu memang diperlukan, Karena salah satu bahaya zat kimia pada obat beresiko menghambat terjadinya peregangan pada otot dipergelangan tangan yang justru meningkatkan tekanan pada otot yang memicu munculnya rasa nyeri terus menerus.
  • Hindari pergerakan tangan yang terlalu sering dan urungkan niat untuk mengangkat beban apapun selama proses penyembuhan sedang berlangsung. Setidaknya tunggulah untuk menggunakan tangan kembali setelah satu minggu terapi pergelangan tangan sakit berhasil dilakukan.