Pergelangan Tangan Sakit Saat Ditekuk, Kenapa? Ini 6 Kemungkinan Penyebabnya !

356

Pernahkah Anda mengalami pergelangan tangan sakit saat ditekuk? Atau malah Anda sekarang sedang mengalaminya? Pergelangan terasa sakit atau nyeri dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari gangguan pada saraf, sendi, otot ataupun tulang. Untuk mengatasinya, Anda perlu lebih dulu kenal apa alasan dibalik sakitnya pergelangan tangan Anda.

  1. Keseleo

Jika Anda menekuk pergelangan tangan Anda terasa sakit dan bahkan Anda juga melihat adanya memar dan pembengkakan di sana, ada kemungkinan Anda baru mengalami keseleo. Apakah Anda ingat aktivitas berat apa yang Anda lakukan menggunakan tangan? Atau mungkin gerakan tangan seperti apa yang Anda lakukan saat olahraga?

Cara Mengatasi : Jika tangan sakit ketika ditekuk sebagai bahaya olahraga tanpa pemanasan, mengangkat benda yang berat dan salah gerak, atau bahkan karena cedera dan sebagainya, pastikan untuk mengistirahatkan tangan Anda dengan baik dan cukup. Hindarilah aktivitas yang berat dan juga hindari dulu olahraga. Apabila perlu, datanglah menemui dokter untuk mengatasi keseleo dengan tepat.

  1. Asam Urat

Saat Anda mulai mengeluhkan pergelangan tangan yang ketika ditekuk terasa sakit dan kondisinya tak kunjung membaik dalam beberapa waktu, Anda perlu mengecek kadar asam urat Anda. Ketika kadar asam urat ternyata di atas normal, itu artinya ada potensi bahwa ada penimbunan asam urat di pergelangan tangan di mana pergelangan tangan akan membengkak dan terasa nyeri.

Cara Mengatasi : Asam urat dapat diatasi dengan menggunakan obat-obat tertentu, seperti antiinflamasi nonsteroid atau bahkan obat jenis kortikosteroid. Obat-obat tersebut pun perlu diasup sesuai dengan resep dokter. Tak hanya itu, menghindari makanan-makanan yang mengandung zat purin tinggi juga perlu dilakukan.

  1. Penyakit Kienbock

Pada setiap pergelangan tangan manusia, ada tulang lunatum, yakni tulang-tulang kecil di pergelangan tangan. Saat suplai darah terganggu, jaringan tulang di tulang lunatum tersebut dapat mengalami kematian dan inilah keadaan yang disebut dengan penyakit Kienbock. Hal ini turut memengaruhi pergelangan tangan kita yang akan terasa sakit sewaktu ditekuk.

Cara Mengatasi : Fokus pengobatan ada pada bagian tulang lunatum sebab bagian tulang tersebut harus bebas lebih dulu, entah itu dengan memperpendek atau menyambung tulang-tulang yang masih ada hubungannya dengan tulang lunatum. Namun hal ini tergantung pada keputusan dokter, dapat juga dilakukan tindakan pemulihan peredaran darah menuju tulang.

  1. Kista Ganglion

Ada kemungkinan penyebab dari rasa sakit di pergelangan tangan karena ditekuk adalah kista ganglion. Adanya tumor atau benjolan pada sendi disebut juga dengan kista ganglion dan pada umumnya muncul pada pergelangan tangan (khususnya punggung tangan). Walau bukan termasuk kondisi yang berbahaya, rasa sakitnya terkadang bisa dirasakan bahkan ketika Anda menekuk pergelangan tangan.

Cara Mengatasi : Apabila memang terasa sakit, Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter. Metode perawatan yang diberikan biasanya mulai dari imobilisasi, penarikan cairan (aspirasi), hingga langkah operasi apabila memang benjolan cukup mengganggu kegiatan harian Anda. Jenis metode pembedahan dokterlah yang akan menentukan tergantung jenis anestesi, lokasi benjolan dan faktor lainnya.

  1. Carpal Tunnel Syndrome

Sindom lorong karpal atau carpal tunnel syndrome dapat menjadi kemungkinan lain yang menyebabkan pergelangan tangan sakit walaupun kondisi ini lebih menyerang jari tangan. Pada umumnya, jari telunjuk, jempol dan jari tangah akan merasakan nyeri, mati rasa atau bahkan kesemutan yang bisa terasa begitu tak nyaman saat malam tiba.

Hanya saja, tak menutup kemungkinan bahwa sindrom inilah yang menyebabkan sakitnya pergelangan tangan Anda ketika ditekuk karena rasa nyerinya bahkan bisa menjalar hingga tangan maupun lengan. Awalnya, sindrom ini hanya memengaruhi salah satu tangan saja, tapi sindrom ini kemudian bisa terjadi pada kedua tangan.

Cara Mengatasi : Kondisi ini pada umumnya bisa membaik dengan sendirinya, namun jika memang terasa tidak nyaman tangan penderita dapat dibalut supaya gerakan pemicu saraf median tertekan bisa diminimalisir. Jika perlu, dokter pun akan meresepkan obat kortikosteroid atau bahkan memberikan obat ini dalam bentuk suntukan supaya reaksi peradangannya bisa berkurang.

  1. Arthritis

Arthritis juga dikenal dengan istilah radang sendi di mana kondisi ini terdiri dari berbagai kategori, seperti halnya:

  • Psoriatic artrhitis – Radang ini menyerang sebagai dampak dari adanya kelainan kulit.
  • Rheumatoid arthritis – Ketika kelainan daya tahan tubuh terjadi dan memberikan serangan pada jaringannya sendiri, maka radang dapat terjadi di bagian pergelangan tangan. Artritis reumatoid ini bisa menyebabkan rasa sakit pada kedua pergelangan tangan.
  • Osteoarthritis – Pergelangan tangan yang terasa nyeri dan kaku hingga juga membengkak akibat terjadi gangguan pada pelindung tulang rawan adalah kondisi yang dinamakan osteoarthritis. Jika sebelum-sebelumnya Anda kerap mengalami cedera di area pergelangan tangan, kondisi ini berisiko tinggi terjadi pada Anda.

Cara Mengatasi : Pada umumnya, penderita arthritis perlu menggunakan obat pereda rasa nyeri maupun obat kortikosteroid atau juga non-steroid anti-inflamasi. Hanya saja pada kasus yang sudah cukup serius, dokter jelas akan menyarankan Anda untuk menempuh jalur operasi yang disesuaikan dengan seberapa parah kondisi dan jenis radang sendi Anda.

Ketika pergelangan tangan sakit saat ditekuk, Anda bisa coba gunakan terapi pergelangan tangan sakit seperti obat pereda nyeri atau mengompres hangat bagian yang sakit tersebut. Pastikan Anda mengistirahatkan bagian tangan yang terasa sakit dan tidak nyaman. Apabila kondisi sakitnya berlangsung lama, segera ke dokter untuk mendeteksi apa penyebabnya untuk bisa ditangani segera sesuai dengan pemicu.