Home Penyakit dan KelainanNeurofibromatosis 3 Ciri-ciri Penyakit Neurofibromatosis

3 Ciri-ciri Penyakit Neurofibromatosis

by Nurul Shuafa

Neurofibromatosis atau yang biasa dikenal dan juga disingkat sebagai NF dalam dunia kedokteran merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kelainan genetic. Hal ini terjadi ketika neurofibroma (yang menjadi penyebab munculnya gangguan dan kelainan neurofibromatosis) ini muncul pada bagian kulit dan juga bagian – bagian tubuh lainnya, dan menyebar pada titik – titik yang berdekatan dengan sistem syaraf. Lalu, apa itu neurofibroma? Neurofibroma sendiri merupakan benjolan – benjolan yang bentuknya mirip seperti daging yang lembut, yang muncul pada bagian-bagian kulit dan berasal dari jaringan – jaringan syaraf di dalam tubuh. jadi pada intinya, neurofibroma sendiri mirip seperti pembengkakan atau pembesaran dari syaraf. Banyak orang yang sulit membedakan nurofibroma dan juga kelainan neurofibromatosis ini dengan kemunculan tumor pada bagian kulit.

Neurofibroma ini sendiri merupakan sebuah bentuk pertumbuhan dari apa yang kita kenal dengan nama sel Schwann. Sel Schwann ini sendiri merupakan penghasil selubung dari syaraf dan juga myelin, yang menyokong sel – sel syaraf tepi atau perifer. Biasanya, pertumbuhan dari neurofibroma ini banyak dan juga sering muncul pada usia remaja alias ketika seseorang mengalami pubertas. Namun demikian, ciri – ciri dari kelainan neurofibromatosis ini bisa kita deteksi sejak kecil, ataupun pada saat seseorang masih berada pada usia bayi dan balita.

Tentu saja sebagai sebuah kelainan genetis, ada banyak hal yang bisa kita deteksi dari kelainan neurofibromatosis ini. berikut ini adalah beberapa ciri dari neurofibromatosis yagn bisa kita deteksi :

  1. Adanya benjolan pada bagian bawah kulit, yang berada di dekat sistem syaraf tubuh

Hal pertama yagn merupakan ciri – ciri dari neurofibromatosis ini adalah munculnya benjolan – benjolan kecil pada bagian bawah kulit, terutama pada bagan yang berdekatan dengan sistem syaraf tubuh. hal ini bisa terjadi, karena neurofibromatosis merupakan salah satu penyakit atau kelainan yang muncul dan menyerang bagian syaraf. Sehingga salah satu gejalanya sudah pasti akan muncul pada lokasi – lokasi yang titiknya berdekatan dengan sistem syaraf.

Benjolan-benjolan kecil ini pada awalnya memang tidak terlihat secara fisik, dan mungkin tidak dapat dirasakan, seperti gatal ataupun sakit. Namun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, benjolan – benjolan ini dapat bertambah banyak da muncul pada titik titik syaraf tertentu pada bagian tubuh anda. biasanya banyak orang mengira bahwa ini adalah salah satu bentuk tumor ataupun kanker kulit. Namun demikian, lebih dari itu, ini merupakan salah satu kelainan pada syaraf.

artikel seputar benjolan lainnya:

  1. Kemungkinan mengalami kelainan secara neurologis

Ciri-ciri dari neurofibromatosis berikutnya adalah kemungkinan mengalami terjadinya gangguan secara neurologis. Hal ini bisa berarti adanya gangguan terhadap fungsi dan juga kinerja dari syaraf, serta bukan tidak mungkin terdapat bagian bagian syaraf yang tidak dapat berfungsi secara optimal. Hal ini sangat mengganggu kesehatan, kerena ketika kelainan neurologis ini terjadi, beberapa penderita akan mengeluhkan rasa sakit, seperti pegal-pegal ataupun berbagai ciri-ciri dan juga gejala gangguan syaraf lainnya yang tentu saja sangat mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Dengan munculnya gangguan neurologis ini, maka sudah seharusnya anda ke rumah sakit memeriksakannya ke dokter spesialis syaraf, untuk memastikan apa penyebab dari gangguan neurologis yang anda alami ini.

  1. Bintik-bintik coklat pada bagian kulit yang bisa ditemukan ketika seseorang berada pada usia bayi

Ternyata kemunculan dari neurofibromatosis ini sudah bisa kita deteksi sejak kecil, atau lebih tepatnya sejak bayi. Salah satu ciri-ciri penting dari kemunculan neurofibromatosis ini adalah adanya bintik – bintik coklat pada bagian kulit tertentu, yang muncul dan bisa kita deteksi sejak bayi ataupun sejak kecil. Biasanya, bintik – bintik coklat ini banyak tersebar pada bagian tubuh yang berdekatan dengan sistem syaraf. Jadi, ketika anda melihat gejala tersebut pada bayi dan jga anak anak – anak, maka ada kemungkinan anak atau bayi tersebut mengalami gangguan neurofibromatosis, yagn tentu saja harus anda periksakan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikannya.

Baca juga:

Dampak dari neurofibromatosis

Dampak paling utama dari kelainan atau penyakit neurofibromatosis ini adalah gangguan pada sistem syaraf. Hal ini tentu saja disebabkan karena penyakit atau kelainan neurofibromatosis ini merupakan salah satu kelainan yang terjadi pada sistem syaraf, baik sistem syaraf tepi maupun sistem syaraf lainnya. Kemungkinan dampak – dampak yagn muncul pada masing – masing penderitanya akibat neurofibromatosis ini berbeda – beda. Hal ini tergantung dari seberapa banyak gejala benjolan neurofibromatosis ini muncul pada penderitanya, dan pada bagian syaraf mana neurofibromatosis ini muncul.

Semakin banyak kemunculan dari neurofibromatosis ini terjadi pada penderitanya, maka hal ini akan menyebabkan dampak dan juga gangguan syaraf pada penderitanya menjadi semakin banyak dan juga menjadi semakin kompleks. Gangguan syaraf ini bisa jadi menyebabkan keberfungsian manusia yang dikontrol melalui respon dan juga kerja dari sistem syaraf menjadi terganggu, sehingga menyebabkan penderitanya menjadi terhambat dalam melakukan aktivitas, akibat gangguan syaraf yang disebabkan oleh neurofibromatosis ini.

Baca juga : Jenis jenis penyakit syaraf