16 Langkah Pertolongan Pertama pada Vertigo Kambuh

2671

Vertigo adalah gangguan yang terjadi pada saraf dengan gejala seperti rasa nyeri yang sangat kuat atau sakit kepala dan migrain secara tiba-tiba. Selain itu, pada beberapa kasus yang berat, vertigo juga bisa berpotensi membuat penderita hilang kesadaran atau pingsan saat vertigo sedang kambuh. Rasa pusing yang ditimbulkan dari vertigo ini hampir serupa dengan pusing biasa. Akan tetapi, sakit kepala terasa lebih menyakitkan. Saat vertigo ini kambuh, maka pertolongan pertama untuk mengatasi gangguan saraf ini harus segera dilakukan dan berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama pada vertigo yang bisa digunakan saat sedang kambuh.

Baca juga:

  1. Hidrasi Tubuh Secepatnya

Saat vertigo sedang kambuh maka Ekuilibrium telinga di bagian dalam akan terganggu karena terjadi pergerakan tubuh atau perubahan posisi secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, anda bisa menggelengkan kepala sebanyak 3 sampai 4 kali dan perbanyak minum air, sebab dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab vertigo kambuh. Dengan minum lebih banyak air pada saat vertigo kambuh, maka tubuh akan terlindungi dari dehidrasi dan bisa ditambah juga dengan minuman mineral atau elektrolit.

  1. Duduk atau Berbaring

Vertigo yang kambuh secara tiba-tiba bisa membuat penderita terjatuh secara mendadak khususnya pada orang tua. Jika ini terjadi maka bisa menyebabkan masalah yang cukup serius seperti patah tulang, pendarahan intra kranial dan juga kerusakan pada organ bagian dalam sampai menyebabkan kematian. Untuk mencegah hal ini terjadi, duduk atau berbaring sebelum vertigo semakin parah dan jatuh. Jangan terburu-buru untuk berdiri sebelum vertigo tersebut reda atau hilang.

  1. Hindari Cahaya Terang

Usahakan juga untuk menjauhi diri dari ruangan atau area yang terlalu terang dan pilih tempat yang lebih gelap saat vertigo kambuh, sebab saat penyakit ini datang, maka organ mata akan lebih sensitif terhadap cahaya sehingga bisa menyebabkan penderita semakin bertambah pusing, mual, muntah dan bahkan pingsan.

  1. Duduk Dengan Kaki Terangkat

Duduk secepat mungkin saat vertigo sedang kambuh di kursi atau diatas meja rendah dengan posisi kaki yang terangkat. Setelah itu, cobalah untuk menggerakan kaki mengarah ke kepala agar aliran darah bisa lancar ke area otak. Sesudah vertigo mereda, maka anda bisa berdiri secara perlahan dan tidak mendadak.

Artikel terkait:

  1. Minum Air Jahe

Jahe bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada vertigo untuk mengatasi rasa pusing tersebut, sebab tubuh bisa bereaksi cepat dengan air jahe ini. Segera minum air jahe saat vertigo kambuh dan rasa sakit akan langsung berkurang hanya dalam beberapa menit saja, namun tetap perlu mewaspadai efek samping jahe dengan tak mengonsumsinya berlebihan.

  1. Jangan Membungkuk dan Memanjangkan Leher

Saat sedang kambuh, hindari untuk membungkukkan badan serta memanjangkan leher anda. Berbaringlah dengan kepala yang sedikit terangkat memakai dua buah bantal atau lebih sampai vertigo reda atau hilang. Saat vertigo sudah reda, maka bangun secara perlahan, duduklah terlebih dulu dan setelah beberapa saat baru berdiri seperti biasa.

  1. Tarik Nafas Dalam

Lakukan penenangan saraf dengan cara menarik nafas dalam-dalam supaya peredaran darah bisa kembali lancar. Tahan nafas selama lebih kurang tiga detik lalu hembuskan secara perlahan dan lakukan selama berulang kali sampai vertigo bisa mereda. Posisikan kepala anda dalam posisi yang nyaman dan usahakan untuk tidak bergerak secara berlebihan seperti menggelengkan kepala.

  1. Jongkok atau Tundukkan Kepala

Saat vertigo kambuh waktu anda sedang berdiri atau berjalan khususnya di tempat umum, maka langsung berhenti dan segera tundukkan kepala anda atau jongkok. Sandarkan kepala di bangku atau dinding terdekat dan relaksasi diri dengan menarik nafas dalam-dalam.

Artikel terkait:

  1. Menepi di Pinggir Jalan

Jika vertigo kambuh saat anda sedang membawa kendaraan, maka langsung menepi ke pinggir jalan dan istirahat sebentar lalu lakukan teknik pernapasan. Apabila sudah sedikit mereda, jangan terburu-buru untuk melanjutkan perjalanan, usahakan untuk mencari toko atau warung makan terdekat untuk minum teh hangat dan istirahat sekitar 20 sampai 30 menit dan anda bisa kembali mengemudi.

  1. Obat Penenang atau Penangkal Muntah

Apabila anda mengalami vertigo akut, maka selalu sediakan obat penenang atau penangkal muntah dan minum obat tersebut sesegera mungkin saat vertigo kambuh lalu istirahat sebentar sampai vertigo mereda atau hilang dan jangan lupa untuk menyandarkan kepala anda.

  1. Sandarkan Bahu di Bantal

Baringkan tubuh saat vertigo sedang kambuh mendadak dan bahu harus bersandar pada bantal, bukan kepalanya. Setelah itu, gerakkan kepala ke arah vertigo terasa sekitar 45 derajat dan posisi telinga berada lebih rendah dari bahu lalu tahan posisi ini selama setengah menit atau 30 detik. Lanjutkan dengan berbaring memakai posisi miring kemudian coba untuk duduk dengan sisi kanan tubuh dan lihat apakah vertigo masih terasa atau tidak. Apabila masih terasa, maka anda bisa mencari pertolongan agar bisa segera di bawa ke rumah sakit.

  1. Fokus Pada Objek Berjarak Jauh

Pertolongan pertama pada vertigo selanjutnya adalah dengan fokuskan pandangan pada objek yang berjarak jauh saat anda berjalan kaki dan hindari untuk melihat ke arah bawah kaki saat anda sedang berjalan. Selain itu, hindari berjalan di permukaan yang tidak stabil atau terlalu gelap saat berjalan karena bisa meningkatkan vertigo semakin parah.

Artikel terkait:

  1. Melakukan Metode Foster Maneuver

Metode foster maneuver atau half somersault ini dilakukan untuk penderita vertigo yang juga disarankan oleh beberapa dokter. Langkah pertama adalah berlutut dan menghadap ke langit-langit selama beberapa detik dan bungkukkan kepala diantara kedua lutut sampai dahi menyentuh area lantai lalu tahan selama 30 detik sampai serangan vertigo mereda.

Setelah itu dilanjutkan dengan memiringkan kepala pada posisi telinga yang mengalami vertigo dan tahan kembali selama 30 detik lalu angkat kepala dengan cepat sampai posisi sejajar dengan punggung dan tahan kepala pada kemiringan 45 derajat selama 30 detik lagi. Tegakkan kepala secara perlahan lalu berdiri sambil terus memiringkan sisi tubuh yang mengalami vertigo. Apabila serangan vertigo masih terasa, maka ulangi gerakan kembali selama 15 menit.

  1. Minum Susu Almond

Almond menjadi salah satu jenis kacang bergizi tinggi yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama penderita vertigo. Caranya, goreng tanpa minyak atau panggang almond lalu haluskan dan campur dengan satu gelas susu hangat dan minum sampai habis. Minuman ini akan membuat anda lebih berenergi sekaligus meredakan vertigo yang kambuh dengan cepat.

  1. Lakukan Epley Manuver

Apabila vertigo kambuh berasal dari telinga dan bagian kiri tubuh, maka anda bisa melakukan Epley Manuver dimulai dengan duduk di bagian tepi tempat tidur lalu putar kepala 45 derajat ke arah kiri namun tidak melebihi bahu bagian kiri. Letakkan bantal lalu berbaring dengan menyandarkan bahu pada bantal dan bukan di bagian bawah kepala.

Berbaring dengan posisi telentang dengan kepala yang masih membentuk sudut 45 derajat selama 30 detik sampai vertigo berkurang. Lanjutkan dengan memutar kepala 90 derajat ke kanan tanpa mengangkat kepala dan tahan selama 30 detik. Balikkan tubuh anda pada ssi kanan sampai melihat lantai dan tahan 30 detik lalu duduk dengan perlahan dan tetap di tempat tidur selama beberapa menit.

  1. Lakukan Latihan Brandt Daroff

Awali gerakan dengan posisi tegak dan duduk di tempat tidur lalu miringkan kepala sampai membentuk 45 derajat ke arah sisi datangnya vertigo lalu baringkan tubuh di salah satu sisi dengan posisi hidung menghadap ke atas dan tahan selama 30 detik sampai vertigo reda dan kembali ke posisi duduk. Ulangi gerakan ini untuk bagian sisi tubuh lainnya. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 sampai 4 kali atau sampai vertigo mereda.

Artikel terkait:

Beberapa pertolongan pertama pada vertigo ini bisa anda gunakan untuk mengatasi vertigo ataupun digunakan saat anda bertemu seseorang yang menderita vertigo sehingga beberapa bahaya vertigo seperti pingsan dan terjatuh bisa dihindari.