Kapalan – Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Pengobatan

1045

Kapalan yang memiliki nama lain callus, umumnya sering muncul pada tumit, kaki, tangan dan juga jari yang akan menimbulkan rasa nyeri serta tidak nyaman saat beraktivitas. Kapalan sendiri merupakan penebalan permukaan kulit yang terjadi karena tekanan atau gesekan terlalu sering atau berlebihan dan akan membuat kulit berwarna agak kekuningan. Kulit yang mengalami kapalan ini juga akan berkurang tingkat sensitif terhadap sentuhan atau mati rasa.

Gejala dan Penyebab Kapalan

Dalam setiap kondisi atau gangguan kesehatan, selalu ada tanda atau gejala yang dikeluhkan. Bagaimana kita tahu kalau kita sedang mengalami kapalan? Gejala-gejala ini yang perlu Anda waspadai dan ketahui:

  • Area kulit mengalami penebalan dan teksturnya kasar.
  • Terjadi benjolan yang mengeras pada permukaan kulit.
  • Rasa nyeri dan sakit saat disentuh.
  • Kulit mengalami pecah-pecah dan kering.
  • Untuk penderita diabetes akan menimbulkan sirkulasi darah yang buruk.

Artikel terkait:

Kapalan bisa terjadi karena berat badan menekan terlalu berlebihan pada area kulit sehingga akan menebal untuk melindungi jaringan yang berada dibawahnya. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang menjadi penyebab timbulnya kapalan.

  • Usia Lanjut

Orang yang berusia lanjut kemungkinan akan mengalami kapalan karena berkurangnya jaringan lemak pada kulit, sehingga resiko terkena kapalan menjadi lebih besar.

  • Memakai Peralatan Atau Alat Musik

Memakai peralatan tangan yang digunakan para pekerja seperti pekerja kasar atau memainkan alat musik seperti memainkan gitar, penabuh drum atau sering menulis juga menjadi penyebab timbulnya kapalan pada permukaan kulit.

  • Sepatu Tidak Nyaman

Sepatu yang terlalu sempit atau menggunakan hak tinggi akan menyebabkan sebagian kulit pada area kaki mengalami tekanan berlebihan, begitu pun sebaliknya apabila memakai sepatu yang terlalu longgar juga akan menyebabkan gesekkan pada kaki dengan jahitan bagian dalam sepatu.

  • Tidak Memakai Kaus Kaki

Memakai sepatu tanpa kaus kaki juga akan menyebabkan gesekan langsung di area kaki. Selain itu, jika kaus kaki yang digunakan juga tidak sesuai ukurannya juga dapat menjadi penyebab terjadinya kapalan.

  • Tidak Memakai Sarung Tangan

Saat sedang beraktivitas menggunakan alat dan berlangsung lama tanpa dilindungi dengan sarung tangan, juga akan mengakibatkan kulit pada area tangan bergesekan langsung dengan alat kerja tersebut. Jika durasi semakin lama, maka resiko kapalan juga akan semakin besar terjadi.

  • Jari Kaki Palu

Jari kaku palu adalah keadaan cacat atau kelainan pada kaki sehingga membuat sendi jari kaki bengkok ke arah bawah seperti membentuk cakar dan ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kapalan.

  • Bunion

Bunion adalah timbulnya benjolan pada bagian sendi pangkal ibu jari kaki sehingga membuat tulang terbentuk. Bunion ini juga menjadi pemicu timbulnya kapalan.

Artikel terkait:

Diagnosis Kapalan

Apabila terjadi penebalan pada kulit atau kapalan, maka dokter mungkin akan memberi saran supaya anda melakukan tes sinar X. Kapalan sendiri tidak hanya bisa disembuhkan dengan tindakan medis dan dokter biasanya juga akan memberi saran supaya penderita menghindari aktivitas yang menjadi penyebab awal dari timbulnya kapalan tersebut.

Dokter mungkin akan menyarankan supaya penderita menghindari penggunaan sepatu hak tinggi atau jenis sepatu lain yang tidak nyaman untuk digunakan. Jika kapalan timbul pada telapak tangan, maka dokter akan menganjurkan untuk menggunakan sarung tangan saat beraktivitas.

Pengobatan Medis dan Alami Kapalan

Apabila penebalan kulit atau kapalan menimbulkan rasa sakit, maka ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis kulit seperti:

  • Memotong kulit keras: Dokter spesialis kulit akan memotong sebagian area kapalan yang menebal sehingga tekanan yang terjadi pada jaringan bawah kulit keras bisa dikurangi.
  • Plester anti kapalan: Dokter akan memberikan plester yang mengandung asam salisilat untuk ditempelkan pada area kapalan kulit dan dokter akan menentukan seberapa sering plester tersebut harus diganti.
  • Salep antibiotik: Salep antibiotik akan diberikan dokter untuk mengurangi timbulnya resiko infeksi.
  • Alas sepatu khusus: Apabila penderita memiliki kelainan pada bentuk kaki, maka dokter akan menyarankan alas kaki yang dipakai pada sepatu agar gesekan pada kaki bisa berkurang atau dihindari.
  • Operasi: Terjadinya operasi memang kemungkinannya sangat kecil, akan tetapi dokter akan menyarankan tindakan ini untuk memperbaiki struktur tulang penyebab kapalan tersebut.

Artikel terkait:

Kapalan yang terjadi pada permukaan kulit, tidak harus selalu membutuhkan penanganan medis dalam menyembuhkan kapalan, masih banyak cara alami lainnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kapalan dan tentunya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

  1. Cuka Apel

Dalam sari cuka apel asli mempunyai kandungan anti jamur dan anti bakteri yang akan sangat membantu untuk menghilangkan kapalan atau calus dengan cara yang mudah sebab akan mengeksfoliasi kulit mati. Dengan menggunakan cuka apel, kapalan akan melunak dan bisa terkelupas secara alami antara 7 sampai 10 hari.

  • Siapkan ember yang sudah diisi air panas serta sabun.
  • Tambahkan dengan 1 cangkir sari cuka apel ke dalam ember dan campur rata.
  • Rendam kaki atau tangan yang mengalami kapalan dalam ember tersebut selama lebih kurang 15 menit.
  • Gunakan batu apung untuk menggosok area kapalan dengan lembut.
  1. Bawang Merah

Bawang merah memiliki sifat anti mikroba yang akan bertugas menyingkirkan lesi kulit seperti yang terjadi pada kapalan. Selain itu kandungan antioksidannya akan mempercepat proses penyembuhan kapalan.

  • Iris bawang merah lalu celupkan pada cuka dan tempelkan diatas permukaan kulit yang mengalami kapalan.
  • Bungkus dengan perban dan biarkan selama 1 malam dan bersihkan keesokan paginya.
  • Ulangi cara ini sampai kapalan melunak dan sembuh dengan sendirinya.
  1. Cuka Putih

Untuk mengatasi kapalan, kamu juga bisa menggunakan cuka putih atau cuka dapur yang sering digunakan untuk memasak. Caranya, rendam kapas di dalam cuka dan oleskan pada kapalan sehingga penebalan kulit akan berangsur berkurang.

  1. Lemon

Lemon juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kapalan. Kandungan asam yang terdapat dalam jeruk lemon akan mengobati kapalan sekaligus mencegah kapalan terbentuk kembali.

  • Iris buah lemon dan letakkan pada area kapalan lalu bungkus dengan perban.
  • Biarkan selama 1 malam dan bersihkan di pagi hari.
  • Lakukan secara rutin sampai kapalan hilang.
  • Cara lain, oleskan sari lemon pada kapalan dan diamkan selama 1 malam.
  1. Aspirin

Aspirin tidak hanya berguna untuk menyembuhkan sakit kepala, namun juga dapat digunakan untuk menyembuhkan kapalan sebab mengandung asam salisilat. Asam ini akan meningkatkan kadar air pada permukaan kulit sehingga kapalan bisa disembuhkan.

  • Hancurkan 4 sampai 5 tablet asprin dan campur dengan sedikit cuka apel hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada area kapalan dan bungkus dengan perban.
  • Sesudah kapalan melunak, gosok dengan lembut memakai batu apung.
  • Hindari menggunakan aspirin ini jika kamu penderita diabetes atau alergi terhadap aspirin.
  1. Air Hangat dan Garam Epsom

Air hangat bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kapalan dengan tambahan beberapa bahan seperti garam epsom dan cuka sari apel.

  • Rendam area kapalan dalam ember berisi air hangat yang sudah dicampur dengan sabun sampai kapalan melunak.’
  • Cara kedua, campur air hangat dengan cuka apel serta garam epsom dan rendam area kapalan lalu gosok perlahan memakai batu apung sesudah 10 menit merendam.
  1. Baking Soda

Baking soda yang sering digunakan sebagai bahan membuat kue juga bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan kapalan secara alami walau tetap Anda harus waspada akan bahaya baking soda.

  • Campur 2 sendok makan baking soda dengan 1 baskom air dan rendam tangan atau kaki yang kapalan.
  • Cara lain, campur baking soda dengan sedikit air hingga membentuk adonan pasta dan gunakan untuk memijat area kapalan selama 10 menit lalu bilas.
  • Cara ketiga, campur 2 sendok makan sari lemon dengan minyak zaitun dan baking soda sampai membentuk pasta dan oleskan pada kapalan lalu bungkus dengan perban.
  1. Tepung Jagung Atau Maizena

Kapalan bisa semakin parah karena keadaan kaki atau tangan yang lembab, sehingga infeksi bisa semakin menyebar di permukaan kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa menaburkan tepoung jagung atau maizena diantara sela jari kaki sehingga keringat berlebih bisa diserap dan tetap menjaga area tersebut selalu kering.

  1. Nanas

Untuk mengatasi kapalan dengan memakai nanas, caranya adalah dengan meletakkan sepotong nanas segar pada ara kapalan lalu bungkus dengan perban dan biarkan 1 malam dan bersihkan keesokan paginya. Ulangi cara ini secara teratur selama seminggu sampai kapalan sembuh total.

  1. Chamomile

Chamomile memiliki kandungan yang bisa menenangkan area kulit sekaligus melembutkan kapalan dan menyehatkan kulit.

  • Rendam area kapalan pada kulit dengan teh chamomile encer selama 10 menit dan gosok perlahan memakai batu apung.
  • Cara berikutnya, campur cengkeh dan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok teh chamomile kering serta jus lemon dan gunakan 2 kali dalam sehai untuk olesan kapalan.
  1. Minyak Jarak atau Castor Oil

Minyak jarak sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti salah satunya adalah kapalan. Cara pengobatan ini merupakan cara baik dan terbukti cepat untuk mengatasi kapalan yang kamu alami. Yang harus diperhatikan adalah untuk tidak mengoleskan minyak jarak pada jaringan kulit yang mengalami luka. Oleskan minyak jarak pada area kapalan sebanyak 3 kali sehari dan lakukan sampai kapalan sembuh.

  1. Bawang Putih

Terlepas dari efek samping bawang putih, bumbu dapur umum ini juga sudah digunakan sejak lama sebagai pengobatan alami berbagai penyakit dan salah satunya adalah menyembuhkan kapalan.

  • Potong 1 siung bawang putih menjadi 2 dan tempelkan pada are kapalan dan bungkus dengan perban lalu dicuci esok paginya sampai bersih.
  • Cara lain adalah mengiris bawang putih dan mengusap area kapalan dengan bawang putih tersebut.
  1. Pepaya

Pepaya juga sangat baik untuk mengelupas sel kulit mati yang ada pada kapalan yang dihasilkan dari enzim papain.

  • Tempelken 1 iris pepaya pada area kapalan atau bisa juga dibuat jus agar lebih mudah menempel.
  • Lakukan setiap malam sebelum tidur dan bilas keesokan paginya.
  1. Kunyit dan Madu

Kunyit memiliki sifat anti mikroba, sementara madu akan memberikan efek menenangkan pada kulit sehingga kapalan bisa disembuhkan hanya dalam waktu beberapa hari saja.

  • Campur 1 sendok makan bubuk kunyit dengan 1 1/2 sendok makan madu sampai menjadi pasta kental.
  • Oleskan pasta ini pada area kapalan dan biarkan sampai mengering lalu dibilas.
  • Lakukan sebanyak 2 kali sehari selama 3 sampai 4 hari atau sampai kapalan sembuh.
  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa akan membuat kulit kenyal dan terasa lembut sekaligus menyingkirkan kapalan dengan cara yang mudah dan aman. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa sebanyak 3 kali dalam sehari dan tambahkan dengan pijatan yang lembut.

  1. Oatmeal

Oatmeal akan berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang terjadi pada kapalan dengan sangat cepat sekaligus menutrisi kulit sampai ke lapisan terdalam.

  • Rebus 1/2 cup oatmeal dengan air selama 5 menit.
  • Setelah berkurang panasnya, oleskan oatmeal pada area kapalan dan diamkan selama 15 menit baru di bilas sampai bersih.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari secara rutin sampai kapalan sembuh.
  1. Roti

Untuk menghilangkan kapalan, kamu bisa mencampur selembar roti dengan cuka putih dan letakkan pada area kulit yang mengalami kapalan lalu bungkus dengan kain kasa atau plastik. Biarkan selama 1 malam dan bilas keesokan harinya. Ulangi cara ini sebanyak 1 kali sehari 2 jam menjelang kamu tidur.

  1. Vitamin E

Vitamin E akan membantu menghilangkan kapalan dengan cara mengangkat pengerasan sel kulit di sekitar kapalan dengan lebih cepat secara alami.

  • Oleskan minyak dari 1 kapsul vitamin E pada area kapalan dan biarkan sampai meresap.
  • Sesudah meresap, pakai kaus kaki dan biarkan selama 1 malam.
  1. Licorice

Licorice juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kapalan sebab memiliki sifat anti inflamasi serta anti mikroba yang sudah terbukti ampuh mengatasi kapalan pada kulit.

  • Oleskan licorice pada area kapalan sebelum tidur dan biarkan selama 1 malam
  • Esok paginya, pakai air hangat untuk membersihkan dan lakukan selama beberapa hari.
  1. Minyak Terpentin

Minyak terpentin berfungsi untuk mengencangkan kulit sekaligus meningkatkan sirkulasi darah serta melembutkan kapalan, mengeringkan dan mengelupas kulit keras di kapalan tersebut.

  • Oleskan minyak terpentin pada area kapalan dan lakukan pemijatan ringan selama 2 sampai 3 menit.
  • Bungkus dengan kain dan diamkan semalam lalu dibilas esok paginya.
  1. Asam Salisilat

Asam salisilat akan bekerja dengan memecah ikatan sel kulit yang terakumulasi pada area kapalan. Dengan ini, secara perlahan asam salisilat akan mengikis kapalan serta memberikan kelembaban pada area tersebut.

  • Rendam area kapalan kulit pada air hangat selama 5 menit lalu keringkan.
  • Gosok dengan batu apung secara perlahan untuk mengangkat penumpukan sel kulit mati.
  • Oleskan cairan atau gel asam salisilat tipis-tipis ke permukaan kapalan dan diamkan selama 5 menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih dan lakukan 2 kali sehari selama 2 minggu berturut-turut.
  1. Batu Apung

Cara mudah terakhir untuk mengatasi kapalan adalah menggunakan batu apung. Batu apung akan mengikis sel kulit mati yang tertimbun pada area kapalan sehingga menyebabkan kulit mengeras.

  • Rendam kaki atau tangan yang terkena kapalan dalam air hangat selama 7 menit.
  • Gunakan batu apung untuk menggosok secara lembut permukaan kapalan selama 3 menit.
  • Lakukan ini setiap hari supaya kapalan lebih cepat disembuhkan.

Artikel terkait:

Apabila kapalan diabaikan, maka akan semakin bertambah besar dan parah sekaligus menimbulkan infeksi yang terasa sakit dan sangat mengganggu. Untuk itu, lakukan beberapa pencegahan yang sudah disebutkan diatas dan jika kamu sudah mengalami kapalan di area kulit, maka segera lakukan pengobatan dengan beberapa cara alami atau mengunjungi dokter spesialis kulit jika kapalan yang kamu derita cukup parah.