Home Penyakit dan KelainanKram 17 Cara Mengatasi Kram Pada Tangan Secara Alami Perlu Dicoba

17 Cara Mengatasi Kram Pada Tangan Secara Alami Perlu Dicoba

by Erlita

Tangan kram dan kaku terjadi karena beberapa hal, seperti halnya tidak pernah aktif berolahraga, sering merasa stres, menderita salah satu jenis-jenis penyakit autoimun, mengalami radang sendi, terjadi cedera saraf, stroke, aliran darah yang kurang lancar, atau kolesterol tinggi. Apapun penyebabnya, Anda bisa mencoba cara-cara mengatasi kram pada tangan berikut ini di rumah.

  1. Minum Teh Kamomil

Teh kamomil memiliki kandungan glisin, yakni masih sejenis asam amino di mana fungsinya adalah sebagai pengendur otot alami. Jadi ketika tangan sering kram ditambah dengan kaku, cobalah buat teh kamomil dan minumlah sehari 5 cangkir. Biasanya dalam kurang lebih 2 minggu sudah akan terasa hasil terbaiknya.

  1. Minum Air Cuka Apel

Cukup dengan mencampurkan cuka apel 1 sendok makan bersama dengan air hangat 1 gelas, Anda bisa langsung meminumnya di kala tangan sedang atau sering mengalami kram. Pada cuka apel mentah organik, terkandung kalium tinggi. Ingat bahwa salah satu bahaya kekurangan kalium adalah kram otot, jadi mengonsumsi setiap hari 1-2 kali akan sangat menolong.

  1. Menggunakan Minyak Cengkeh

Mengandung sifat anti-inflamasi, minyak cengkeh adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kram pada tangan cukup dengan mengoleskannya ke area tangan yang terserang kram. Pastikan Anda sudah menghangatkan minyak ini lebih dulu, oles pada tangan sambil memberi pijatan selama 5 menit dan ulangi perawatan sesuai kebutuhan.

  1. Minum Teh Rosemary

Sediakanlah secangkir air panas dan masukkan rosemary kering sekitar 2 sendok teh ke dalamnya. Tunggu seduhan selama 10 menit sebelum kemudian Anda bisa menyaringnya. Sesudah disaring, teh siap dikonsumsi dan alangkah dianjurkan untuk meminumnya 2-3 kali dalam sehari setiap hari sampai kram benar-benar hilang.

  1. Minum Teh Hijau

Selain teh rosemary dan teh kamomil, rupanya teh hijau yang kaya antioksidan pun bisa menolong Anda yang tangannya sering kram. Minumlah 1-3 cangkir teh hijau setiap harinya yang bisa ditambah dengan jahe atau cengkeh secukupnya. Penambahan rempah bersifat analgesik alami akan membantu menghilangkan kram tersebut.

  1. Kompres Hangat

Siapkan air panas secukupnya, tunggu menjadi lebih hangat dan Anda bisa mencelupkan sebuah handuk atau kain bersih ke dalamnya. Peraslah kemudian dan lanjutkan dengan mengompreskannya pada tangan yang kram. Otot tangan otomatis menjadi lebih rileks karena efek hangat tersebut sehingga kram pun memudar sedikit demi sedikit.

  1. Mandi Air Hangat

Untuk tangan yang sering kram, cobalah untuk mengatasinya dengan mandi air hangat. Walau ada bahaya mandi air hangat bila dilakukan setiap hari, Anda tetap bisa melakukannya selama tangan masih kram. Efek hangat dari air mandi itulah yang siap merilekskan otot-otot tangan Anda.

  1. Melakukan Peregangan Tubuh

Kurang olahraga mungkin menjadi alasan dibalik seringnya tangan kram, jadi lakukanlah peregangan tubuh ringan melibatkan tangan Anda selama 15-30 detik pada satu waktu. Peregangan adalah langkah sederhana yang bisa menolong merilekskan otot yang kaku, tegang dan mudah kram.

  1. Berenang

Olahraga renang adalah salah satu cara ampuh dan alami yang juga bisa Anda andalkan ketika tangan sering kram. Hilangkan kram dan ketegangan otot melalui aktivitas renang karena air dingin siap menjadi penurun risiko peradangan. Hanya saja, waspadailah bahaya berenang tanpa pemanasan dan selalu awali dengan pemanasan yang baik dan benar.

  1. Pijat

Saat tangan kram, cobalah atasi dengan memberikan pijatan pada area tangan yang terserang. Pijatan bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Solusi ini akan memperlancar kembali aliran darah di mana hal ini juga membuat otot tangan bakal jauh lebih rileks dan mencegah kekakuan sekaligus ketegangan.

Cara Lain Mengatasi Kram Tangan

Selain dari 10 cara yang sudah diulas tersebut, Anda juga dapat mencoba berbagai langkah di bawah ini untuk menangani kram pada tangan secara alami.

  • Banyak minum air putih.
  • Menambah asupan mineral magnesium.
  • Menambah asupan vitamin D.
  • Menambah asupan mineral kalsium.
  • Meregangkan jari-jari tangan.
  • Berendam di dalam air garam hangat.
  • Kompres dingin tangan yang kram.

Sejumlah cara mengatasi kram pada tangan secara alami wajib dicoba telah diuraikan. Tentu solusi untuk tangan yang kram kembali lagi pada penyebab. Apabila cara-cara alami tersebut kurang begitu mempan dan kondisi tak kunjung baik, segeralah ke dokter karena kemungkinan Anda membutuhkan terapi fisik atau bahkan operasi untuk kondisi ini.

You may also like