4 Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Untuk Kolesterol Tinggi Turun Cepat

Kolesterol tinggi atau yang kita kenal dengan istilah hiperkolesterolemia dalam ilmu kedokteran adalah suatu sebutan bagi kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah yang sudah melebihi batas normal. Kolesterol sendiri berbentuk seperti lemak berlilin yang sebagian diproduksi oleh organ hati dan sebagian lagi berasal dari makanan. Kolesterol tinggi bisa terjadi saat terjadi pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah yang nantinya bisa menyebabkan serangan jantung dan juga stroke.

Kolesterol sendiri sebetulnya dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan normal, namun jika kadarnya terlalu tinggi maka bisa mengganggu fungsi tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Dari segudang cara yang dapat diupayakan supaya kadar kolesterol bisa terjaga kestabilannya, bawang putih yang dikonsumsi rutin bisa menjadi pilihan yang unggul.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Bawang putih yang memiliki bau sangat menyengat ini khususnya dalam keadaan mentah ternyata mengandung banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh seperti salah satunya makanan penurun trigliserida. Berikut ini adalah beberapa kandungan bermanfaat yang terdapat dalam bawang putih seperti berikut ini.

  • Zat Aliin

Dalam keadaan masih mentah, bawang putih mengandung senyawa sulfur yakni alliin. Sesudah dihaluskan, maka zat alliin yangtidak memiliki bau ini akan terpecah menjadi beberapa zat seperti asam piruvat, alisin dan senyawa amonia sehingga senyawa alisin tersebut akhirnya menimbulkan bau menyengat dari belerang atau sulfur dalam alisin yang menyebar di udara.

  • Senyawa Alil

Selain alisin, dalam bawang putih juga mengandung senyawa alil yang juga memiliki khasiat sebagai obat. Senyawa alil ini umumnya memiliki bentuk dialil trisulfida yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit degeneratif sekaligus meningkatkan pertumbuhan sel sel baru.

  • Beta Karoten

Beta karoten merupakan senyawa yang banyak terdapat dalam jenis buah buahan dan sayuran yang pada saat didalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A sehingga banyak orang yang menyebut beta karoten ini sebagai vitamin A. Beta karoten yang terkandung dalam bawang putih ini memiliki banyak manfaat seperti mengatasi tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi gangguan malabsorpsi, diare, penyakit liver dan berbagai penyakit lainnya.

  • Niacin

Niacin atau vitamin B3 juga ada dalam bawang putih yang sangat berguna untuk mempertahankan aliran darah sehat, menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol, membantu saluran cerna dan masih banyak manfaat lain dari niacin tersebut.

  • Asam Folat

Asam folat merupakan zat pembangunan tubuh multifungsi yang sangat baik untuk memproduksi DNA, pembentukan sel darah merah, menurunkan kadar kolesterol dan berbagai masalah pada tubuh lainnya yang juga terdapat dalam bawang putih.

Selain beberapa kandungan diatas, ada begitu banyak nutrisi lain yang terkandung dalam bawang putih dan diantaranya adalah:


Cara Mengkonsumsi Bawang Putih bagi Penderita Kolesterol

Ada banyak cara mengkonsumsi bawang putih untuk kolesterol yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara mengkonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol total dan juga trigliserida secara cepat.

1. Bawang Putih Tanpa Campuran

Kandungan allicin dalam bawang putih sudah digunakan sejak lama bahkan juga digunakan ahli bedah medis pada Perang Dunia I sebagai antiseptik untuk menyembuhkan luka perang. Sedangkan untuk saat ini, bawang putih menjadi pengobatan tradisional di seluruh dunia untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk menurunkan kadar kolesterol.

  • Kupas beberapa siung bawang putih lalu rebus sebentar.
  • Haluskan memakai blender namun jangan terlalu kental dan konsumsi secara teratur.
  • Atau sebagai alternatif yang lebih simpel, Anda bisa mengiris bawang putih beberapa siung yang sudah dikupas dan dicuci bersih, lalu iris menjadi beberapa bagian dan minumlah seperti meminum obat.
  • Tanpa menghaluskan lebih dulu atau mengunyah-ngunyahnya, Anda tinggal memasukkan irisan bawang putih ke dalam mulut, telanlah dengan bantuan air putih.

2. Bawang Putih, Terong dan Pare

Kombinasi antara bawang putih, terong dan juga pare sangat baik dikonsumsi secara teratur untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  • Campur 3 siung bawang putih dengan 2 buah pare dan 1 terong ungu ukuran sedang kemudian haluskan dengan 1/2 gelas air.
  • Minum jus tersebut sebanyak 1 gelas setiap hari dan lakukan dengan teratur antara 3 hingga 7 hari.

3. Bawang Putih dan Lemon

Selain bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka dengan lemon, bawang putih dan juga lemon menjadi ramuan kolesterol berikutnya yang bisa anda coba di rumah. Selain itu, campuran kedua bahan alami ini juga sangat baik digunakan untuk menguatkan dinding pembuluh darah, membersihkan pembuluh darah dan juga menurunkan risiko aterosklerosis.

  • Kupas 4 siung bawang putih dan bersihkan 4 buah lemon ukuran sedang dengan campuran air dan cuka.
  • Potong potong buah lemon kemudian rendam dengan air mendidih.
  • Haluskan bawang putih dengan blender dan campur dengan air rendaman lemon pada wadah kaca kedap udara.
  • Sesudah dingin, tutup rapat dan simpan dalam lemari es selama 3 hari.
  • Untuk hari pertama bisa dikonsumsi sebanyak 1 hingga 2 sendok makan sebelum makan.
  • Lanjutkan cara ini selama 40 hari berturut turut agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa kembali stabil.

4. Bawang Putih Dicampur Masakan

Sebagai langkah sederhana lainnya yang bisa diterapkan bahkan setiap hari dalam mengkonsumsi bawang putih, cukup campurkan ke masakan-masakan Anda. Siapkan sekitar 1-3 siung bawang putih; Anda bisa menggunakan yang masih mentah atau bahkan dimasak lebih dulu untuk mencampurnya bersama hasil masakan. Nikmatilah bawang putih sehat dan nikmati juga hasilnya bagi kadar kolesterol Anda ke depannya.

Beberapa cara mengkonsumsi bawang putih untuk kolesterol yang sudah kami ulas diatas bisa anda praktekkan di rumah secara teratur untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol sekaligus menyembuhkan berbagai gangguan peredaran darah lain serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh namun jangan dikonsumsi terlalu berlebihan untuk menghindari efek samping bawang putih. Selain itu, pastikan juga anda menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti mentega, minyak kelapa sawit, minyak kelapa dan berbagai makanan berlemak lainnya untuk memaksimalkan hasil dari ramuan bawang putih.

, , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup