Bolehkah Penderita Cacar Air Makan Telur? Katahui dan Sadari Sebelum Terlambat

Cacar air  merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular baik kontak langsung atau melalui udara. Penyakit yang dalam istilah medis bernama verisela ini mudah untuk dideteksi. Tubuh penderita akan mengalami bintik-bintik pada kulit. Bintik-bintik yang semakin lama akan mengelembung dan apabila terkena kuku akan pecah. Tentu ketika pecah belum pada saatnya akan terasa sakit dan menyebabkan bekas hitam. Pada penderita juga akan mengalami demam, kelelahan, dan sakit kepala. Gejala ini akan beriringan dengan proses terbentuknya bintik-bintik pada kulit penderita.

Jenis penyakit ini tergolong bukan penyakit yang mematikan, tetapi jika tidak segera mendapatkan perawatan yang benar dapat menyebabkan kematian. Terlebih pada masa inkubasi 10-12 hari yang merupakan masa-masa yang sangat rentan. Asupan gizi, istirahat yang teratur, dan perawatan secara berkala menjadi salah satu indikator dalam proses penyembuhan. Selain itu, juga ada beberapa pantangan yang harus dihindari. Pantangan itu seperti sering mandi, keluar rumah, sering ganti pakaian, dan tidak menggunakan pelembab kulit. Tentu pantangan ini berkaitan dengan keberadan virus yang mudah menyebar dan mudah berkembang biak.

Kebanyakan masyarakat kita mengenal salah satu pantangan dari penyakit ini adalah tidak boleh telur. Ketika makan bintik semakin banyak dan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Kepercayaan ini terus berjalan hingga sekarang. Tidak mengherankan ketika ada salah satu teman atau kerabat yang terkena cacar air tidak boleh makan yang berbau telur. Dalam ilmu medis atau kedokteraran tidak mengenal akan pantangan untuk tidak makan telur. Sebab cacar air merupakan sebuah virus yang menyerang tubuh. Virus ini menyerang karena sistem imun tubuh yang menurun. Selain itu, bintik-bintik pada kulit disebabkan oleh alergi yang dipicu oleh virus varicella-zoster virus penyebab cacar air. Bagi penderita cacar air diwajibkan untuk menambah asupan gizi yang seimbang. Melalui asupan inilah yang menguatkan sistem imun tubuh. Semakin kuat akan semakin menangkal virus cacar air. Anggapan telur merupakan pantangan bagi penderita cacar air merupakan sebuah anggapan yang kurang tepat. Justru telur ini baik untuk menambah asupan gizi karena masuk dalam makanan empat sehat lima sempurna.

Asupan gizi yang seimbang inilah yang nantinya menjadi elemen tepenting untuk menunjang kesembuhan bagi penderita cacar air. Untuk itulah penting memahami akan makanan yang baik untuk penderita cacar air. Tidak saja baik, tetapi juga mengandung nilai gizi tinggi. Adapun makanan itu sebagai berikut.

  1. Bawang Putih

Bawang putih tidak saja untuk penyedap masakan dan obat hipertensi. Tetapi lebih jauh juga dapat membantu menyembuhkan penyakit cacar air. Hal ini disebabkan oleh bawang putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan semakin meningkat tentu akan berdampak pada tubuh yang semakin kuat menangkal berbagai virus dan bakteri,salah satunya adalah bakteri dari penyakit cacar air.

  1. Jahe

Salah satu tanaman obat ini memang tidak perlu diragukan untuk masalah manfaat yang terkandung di dalamnya. Tidak saja untuk obat batuk, penghangat tubuh, dan obat masuk angin. Lebih dari itu dapat mengobati penyakit cacar air. Kandungan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu manfaat yang ditemukan dalam jahe. Antimikroba  jug dapat menangkal berbagai macam virus dan bakteri, terlebih bakteri dari penyakit cacar. Antioksidan dalam jahe juga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga, akan menjadikan tubuh tetap sehat dan bugar. Tentu ini sangat dibutuhkan untuk penderita cacar air dalam proses penyembuhan.


  1. Apukat

Makanan yang dianjurkan untuk penderita cacar air adalah alpukat. Vitamin B6, vitamin C, dan vitamin B1 merupakan kandungan yang bermanfaat untuk penderita cacar air. Vitamin C misalnya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, virus penyakit cacar akan tidak lagi dapat berkembang biak.

  1. Tomat

Makanan yang dianjurkan untuk penderita cacar air selanjutnya adalah tomat. Soal gizi tentu tidak diragukan lagi. Berbagai nutrisi seperti lemak, kalsium, mineral, karbohidrat, dan vitamin C akan membantu dalam proses penyembuhan. Semakin banyak vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan semakin baik untuk proses penyembuhan. Sebab tubuh dalam kondisi terserang penyakit cacar air sangat memerlukan adanya asupan gizi yang begitu tinggi. Melalui asupan gizi ini akan semakin memperkuat daya kekebalan tubuh Anda.

  1. Sop Ayam

Sop ayam memang baik untuk penderita cacar air. Sop yang mudah untuk dinikmati akan membuat penderita merasakan nyaman. Tidak saja nyaman juga tedapat kandungan nustrisi dalam daging ayam dan juga campuran sop. Untuk itu tidak ada salahnya makan sop ayam untuk proses penyembuhan.

 

 

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Cacar Air