Home Penyakit dan KelainanFaringitis 10 Penyebab Tenggorokan Gatal ( No. 7 Paling Mengejutkan )

10 Penyebab Tenggorokan Gatal ( No. 7 Paling Mengejutkan )

by Mei Riska

Penyebab tenggorokan sakit perlu diketahui, hal itu dikarenakan saat musim pancaroba seperti sekarang ini banyak orang yang mengeluhkan tenggorokannya sakit, gatal dan serak. Mengetahui penyebab tenggorokan gatal berguna untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit tenggorokan. Selain membuat tidak nyaman, penyakit tenggorokan bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi lainnya. Komplikasi yang bisa terjadi ketika penyakit tenggorokan datang adalah suara serak, susah untuk menelan, tidak nyaman, tenggorokan seperti tersumbat dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah penyebab tenggorokan gatal yang harus dihindari dan diwaspadai :

  1. Infeksi Virus

Hal pertama yang bisa menjadi seseorang menyebabkan tenggorokannya gatal karena di dalam tenggorokannya terdapat infeksi virus. Infeksi inilah yang paling umum terjadi ketika seseorang merasakan tenggorokannya gatal dan biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal. Kebanyakan disebabkan oleh virus. Saat seseorang terserang infeksi seperti infeksi virus influensa, di dalam tubuhnya akan terdapat virus yang menyerang sistem imun sehingga virus itu menyerang tenggorokan dan menyebabkan gatal. Virus influensa inilah yang nantinya menyebabkan penyakit seperti pilek dan juga batuk.

Baca : Obat batuk berdahakGejala batuk kering dan gatal

  1. Infeksi Jamur

Penyebab kedua tenggorokan terasa gatal adalah adanya infeksi jamur yang ada di tenggorokannya. Infeksi jamur ini biasanya menyerang seseorang dengan sistem imun yang lemah misalnya saja adlah dia mengalami penyakit autoimun seperti HIV Aids dan juga lupus. Orang yang mengalami HIV AIDS maupun lupus dia memiliki mulut yang dipenuhi oleh jamur, biasanya jamur itu akan menular ke bagian tenggorokan. Oleh sebab itu orang yang mengidap penyakit autoimun tersebut sebaiknya memperhatikan pertumbuhan jamur yang ada di mulutnya. Jika sudah terkena infeksi jamur mulut, infeksi itu akan sulit disembuhkan mengingat sistem imun yang ada di dalam tubuhnya sudah tidak normal kembali.

Baca : Cara mengetahui HIV/ AIDSPerbedaan penyakit AIDS dan HIV

  1. Alergi

Penyebab tenggorokan gatal yang lainnya adalah adanya alergi. Alergi ini tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan kematian.  Hal itu dikarenakan saat mengkonsumsi makanan dan minuman yang memicu alergi, tubuhnya akan langsung bereaksi. Salah satunya adalah menjadi penyebab tenggorokan menjadi gatal. Saat melewati tenggorokan, zat pemicu alergi yang ada di dalam makanan itu akan menempel di tenggorokan kemudian menjadi penyebab gatal di sana. Tidak hanya itu saja, orang yang mengalami alergi selain tenggorokan gatal akan dipicu dengan reaksi tubuh lainnya seperti sesak napas, mata berair dan juga hidung meler. Gejala alergi berupa sesak napas inilah yang harus diwaspadai, sebab jika tidak segera diatasi orang yang sesak napas akan kehilangan oksigen, saat kehilangan oksigen peredaran darah yang ada di dalam tubuhnya menjadi tidak lancar. Hal itulah yang patut dikhawatirkan ketika alergi seseorang kambuh.

Baca : Cara penanganan alergi obatCara mengobati alergi dingin

  1. Efek Pengobatan

Tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh berbagai macam efek pengobatan dan juga efek dari obat obatan tersebut. Efek dari oat keras biasanya langsung terasa di tubuh. Contohnya saja adalah orang yang mengalami penyakit diabetes, melakukan pencangkokan organ dan juga menjalani pengobatan lupus maupun kanker biasanya akan diberikan berbagai macam obat yang keras. Efek dari kemoterapi dan obat obatan yang diberikan oleh dokter itu bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan sel sehat. Sehingga tidak mengherankan orang yang sehabis melkukan pengobatan itu akan merasakan pusing, mual muntah dn tenggorokan terasa gatal bahkan panas.

Baca : Cara mengobati penyakit lupus secara medisCiri ciri lupus

  1. Iritasi

Tenggorokan yang gatal juga disebabkan oleh iritasi. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami iritasi yaitu polusi udara yang semakin ektrim seperti sekarang ini, merokok dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu disaat anda bepergian keluar rumah, ada baiknya anda menggunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung anda, hal itu bagus untuk membuat anda terhindar dari zat polutan yang berbahaya dan terhindar dari asap rokok.

Baca : Cara mengatasi kecanduan rokokEfek samping rokok

  1. Minuman Panas

Hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami tenggorokan gatal adalah dia sering mengkonsumsi minuman yang panas. Masyarakat yang ada di Indonesia suka sekali dengan minuman yang panas dan dingin. Misalnya saja adalah air teh panas. Saat malam hari dn pagi hari banyak orang yang menyukai minum teh panas atau kopi panas, hal itu dikarenakan saat sudah tidak apans atau dingin minuman itu terasa tidak melezatkan. Namun tahukah anda bahwa mengkonsumsi minuman dalam keadaan panas sangat tidak bagus untuk kesehatan?, selain bisa menyebabkan gigi mudah rapu, tenggorokan bisa menjadi kering dan gatal. Oleh sebab itu agar gigi tidak mudah rapuh dan tenggorokan tidak gatal atau kering, minumlah minuman dalam kondisi hangat. Kondisi hangat itu bisa anda dapatkan saat minuman dibiarkan dalam sehu ruang selama 4 menit.

Baca : Bahaya teh daun jatiBahaya minum teh sehabis makan

  1. Menyanyi

Semua orang suka menyanyi, menyanyi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain bisa menghilangkan stress, menyanyi juga bisa mendatangkan kebahagiaan. Sayangnya ada beberapa dampak negatif yang bisa terjadi saat seseorang berlebihan dalam menyanyi. Dampak itu misalnya saja adalah menyebabkan tenggorokan terasa serak, gatal, panas dan kaku. Bahkan efek terburuk dari seseorang yang sering menyanyi di luar batas adalah pita suara menjadi rusak bahkan putus.

Hal itu pernah dialami oleh penyanyi rock papan atas Matt Shadows dengan group bandnya Avenged Sevenfold. Masyarakat sudah tahu bahwa group band tersebut band yang mengusung genre rock, Matt sering sekali berteriak teriak ketika menyanyikan lagu lagunya. Hingga suatu hari pita suara Matt mengalami kerusakan, dokter mengatakan jika pita suara Matt rusak kembali kemungkinan dia tidak akan bisa bernyanyi lagi. Akhirnya Matt mengubah gaya bernyanyinya, dia tetap mengusung genre rock namun tidak sekeras dahulu. Anda bisa bandingkan lagu “Scream” dengan lagu “Dear God” Avenged Sevenfold. Disana jelas sekali ada perbedaan suara Matt sebelum pita suaranya mengalami kerusakan dan sehabis mengalami kerusakan. Dari kasus itu bisa kita simpulkan, menyanyi boleh saja asalkan kita tahu batasnya.

Baca : Makanan sehat untuk menghilangkan stressPenyebab stres berkepanjangan

  1. Refluks Asam

Tenggorokan yang gatal bisa terjadi saat pendeita maag dan juga GERD mengalami refuks asam. Refluks asam ini merupakan asam lambung yang naik menuju ke kerongkongan. Banyak hal yang bisa menyebabkan asam lambung ini naik, salah satunya adalah mengkonsumi makanan dan minuman yang menyebabkan maag atau GERD kambuh. Dampak lain saat refluks asalm terjadi adalah perut akan menjadi perih, dada terasa panas dan tenggorokan bisa gatal disertai dengan rasa panas. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya orang yang memiliki penyakit GERD atau maag menghindari berbagai macam ha; yang menyebabkan penyakit tersebut kambuh.

Baca : Obat sesak nafas karena maag dan gerdGejala Radang Lambung

  1. Bronkitis

Tenggorokan yang gatal juga banyak disebabkan oleh penyakit bronkitis. Jangan pernah menganggap remeh penyakit ini sebab saat penyakit ini menjdi parah, kualitas hidup dari orang penderita bronkitis bisa menjadi menurun. Infeksi di saluran pernafasan akan membuat tenggorokan menjadi gatal. Hal itu dkarenakan saluran pernafasan salah satunya adalah tenggorokan. Penderita bronkitis juga akan merasakan gejala teggorokan gatal disertai dengan rasa panas di bagian saluran pernafasan.

Baca : Makanan yang baik untuk bronkitisPenyebab bronkitis kronis

  1. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan tenggorokan gatal adalah sebagai berikut ini :

Pengobatan

Pengobatan yang diakukan untuk tenggorokan gatal tergantung dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah penyakit yang ringan maka tenggorokan yang gatal itu akan mudah dihilankan. Begitupula sebaiknya, jika penyebabnya adalah penyakit yang kronis maka pengobatannya pun membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini adaah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati tenggorokan yang gatal :

  • Berkumur

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengobati tenggorokan yang gata adalah dengan berkumur. Berkumur ini tidak dengan air biasa saja, namun berkumur menggunakan air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam. Garam bersifat antiseptik dan bisa digunakan untuk membunuh kuman yang bisa menyebabkan tenggorokan menjadi gatal.

Baca : Akibat kelebihan garamBahaya garam bagi penderita hipertensi

  • Minum Air Putih

Agar tenggorokan tidak bertambah parah bisa dengan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya. Air mineral yang masuk ke dalam tubuh akan menghindarka dari dehidrasi. Jika orang terkena dehidrasi, dia akan mudah sekali merasakan tenggorokan yang gatal akibat kondisi tenggorokan yang kering. Oleh sebab itu penting sekali bagi dirinya untuk selalu mencukupi kebutuhan air mineral di dalam tubuhnya agar selalhu terhidrasi.

Baca : Akibat kurang minum air putihAkibat terlalu banyak minum air putih

  • Permen

Untuk bisa mengatasi teggorokan yang gatal sebaiknya anda selalu membawa permen pelega tenggorokan. Permen pelega tenggorokan ini kebanyakan rasanya seperti mint, sehingga tenggorokan akan terasa dingin, sejuk dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja air liur yang membasahi tenggorokan ketika mengkonsumsi permen itu akan membuat tenggorokan lebih nyaman.

Itulah berbagai macam penyebab tenggorokan dan pengobatan yang bisa dilakukan ketika tenggorokan terasa gatal. Jika gejala bertambah parah dan gatal semakin menjadi jadi segera hubungi dokter.

You may also like