20 Cara Mengobati Penyakit Gula Basah Secara Alami Perlu Dicoba

Penyakit gula basah kita kenal dengan sebutan diabetes basah, yakni sebuah tipe diabetes berdasarkan gejala. Pada penderita diabetes dengan luka yang kemudian dapat mengering cukup cepat dan bahkan menghitam sebab pembuluh darah dianggap sudah mati atau tersumbat, maka inilah yang disebut diabetes kering.

Sementara diabetes basah adalah kondisi luka yang bernanah sekaligus tak kunjung sembuh efek dari pembuluh darah yang menyempit. Banyak orang pun mempertanyakan tentang apakah diabetes basah menular atau tidak di mana jawabannya adalah tidak; meski begitu, adakah kira-kira cara mengobati penyakit gula basah yang bisa diandalkan?

  1. Menggunakan Madu

Madu adalah bahan alami yang dapat menjadi salah satu obat ampuh bagi diabetes basah. Mengandung antioksidan, anti radang, antiviral dan antibakteri, madu bisa diminum setiap hari 3 kali sehari atau bahkan dioles langsung ke bagian luka diabetes yang tak kunjung sembuh secara rutin.

  1. Menggunakan Ginseng Amerika

Penyakit gula basah juga rupanya dapat coba diatasi dengan ginseng Amerika karena ginseng ini mampu menjadi pengendali sistem tubuh dengan baik, tak terkecuali selalu menstabilkan kadar gula darah. Mengonsumsi ginseng pun menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh penderita diabetes sehingga bisa menurunkan risiko penyebaran infeksi luka. Hanya saja, tetap ketahui dan waspadai efek samping ginseng sebelum mengonsumsinya.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah suatu tanaman yang dapat menawarkan sifat analgesik dan antiradang pada penderita diabetes. Meminum jus lidah buaya adalah salah satu cara untuk mengobati diabetes dari dalam karena kekebalan tubuh dapat meningkat karenanya. Bila ada luka terbuka yang tak kunjung sembuh, penderita bisa juga mengoleskan gel lidah buaya yang berkandungan antimikroba pada area luka secara rutin supaya menghilangkan infeksi.

  1. Memanfaatkan Kafein

Masalah utama pada diabetes basah adalah infeksi luka yang tak mudah sembuh sehingga perlu ada komponen bahan alami yang bisa digunakan sebagai pembasmi infeksi. Kafein mampu menjadi stimulator sistem saraf pusat untuk kemudian membuat peredaran darah lebih baik sehingga respon kekebalan tubuh pada area yang terluka bisa lancar kembali.

  1. Memakai Mulberry

Untuk mengobati penyakit gula basah, terutama dengan luka akibat infeksi yang tak kunjung dapat disembuhkan, mulberry bisa dicoba. Minumlah ekstrak mulberry 2 sendok makan setiap harinya sehari 3 kali. Tentu cara ini layak dicoba, walau tak semua penderita diabetes basah bisa merasakan khasiat dari bahan ini.

  1. Menggunakan Cuka Putih

Para penderita diabetes basah dapat mengandalkan cuka putih sebagai bahan alami yang menyembuhkan luka diabetes. Campurkanlah cuka putih bersama dengan air biasa pada perbandingan 1:1 yang kemudian diaplikasikan langsung pada luka diabetes Anda. Namun, bersiaplah untuk menahan sensasi menyengatnya pada kulit.

  1. Menggunakan Kombinasi Daun Pisang dan Bawang Putih

Walau ada efek samping bawang putih untuk Anda ketahui, jangan lupakan sifat antimikroba di dalam bawang ini. Allicin adalah nama senyawa tersebut yang bisa membasmi bakteri penyebab infeksi luka. Beberapa siung bawang putih yang sudah dihaluskan bisa dioles merata ke bagian luka diabetes basah, dan balutlah menggunakan daun pisang selama 15 menit.


  1. Memanfaatkan Bawang Merah

Antimikroba aktif di dalam bawang merah merupakan alasan mengapa bumbu dapur ini bisa digunakan sebagai obat bagi diabetes basah. Diabetes basah identik dengan infeksi luka sehingga untuk menyembuhkannya, Anda bisa mengambil ekstrak bawang merah untuk dibalurkan ke luka dan dibiarkan 1 jam; ulangilah perawatan ini sehari 3 kali.

  1. Meningkatkan Asupan Zinc

Tanpa tubuh memperoleh asupan zinc yang cukup, kekebalan tubuh bisa menurun sehingga infeksi dengan gampang terjadi. Oleh karena itu, zinc adalah mineral penting bagi para penderita diabetes basah untuk menyembuhkan penyakit diabetes serta luka infeksi secara lebih cepat. Suplemen dan makanan yang mengandung zinc tinggi dapat Anda konsumsi rutin.

  1. Mengonsumsi Produk Kedelai

Kedelai mungkin menjadi makanan pantangan asam urat, namun bagi penderita diabetes basah, kedelai justru dibutuhkan. Kedelai dapat memperlancar peredaran darah dan mencampurnya bersama dengan jahe adalah solusi terbaik untuk sirkulasi darah. Bagi penderita diabetes basah dengan luka infeksi, produk kedelai mampu melawannya dengan memperbaiki aliran darah lebih dulu.

  1. Menggunakan Astragalus

Astragalus diketahui sebagai suatu jenis tanaman obat yang berasal dari Tiongkok dan tanaman kacang-kacangan ini memang sudah sedari 4000 tahun lalu digunakan untuk kesehatan. Untuk penderita diabetes basah, luka akan menjadi lebih cepat sembuh dengan penerapan astragalus secara langsung ke kulit yang gunanya sebagai penginduksi peredaran darah.

  1. Mengandalkan Psyllium

Terdengar asing mungkin di telinga kita akan psyllium ini, namun masyarakat Indonesia tentu sebagian telah mengenal bentuk fiber dengan kandungan tinggi laksatif ini. Selain menjadi cara membersihkan usus dari kotoran, bahan ini dapat meregulasi kadar gula darah sekaligus insulin. Bahkan luka diabetes basah yang berisiko buruk pun dapat diatasi dengan baik.

  1. Menggunakan Akar Rhubarb

Akar rhubarb diketahui mengandung senyawa emodin yang menawarkan sifat antiradang dan antimikroba tinggi. Bagi penderita penyakit gula basah dengan luka infeksi, infeksi tersebut akan dapat ternetralisir dengan menggunakan ekstrak akar rhubarb ini sebelum luka menjadi jauh lebih buruk.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

Selain zinc, mineral lain yang dapat mengobati penyakit gula basah adalah magnesium. Sejumlah penelitian bahkan telah membuktikan bahwa defisiensi magnesium merupakan penyebab dari kondisi diabetes yang bisa memburuk. Sistem daya tahan tubuh pun menjadi jauh lebih lemah karena kurangnya asupan magnesium sehingga infeksi dapat berkembang. Jadi, mengonsumsi makanan-makanan ini adalah pengobatan alami yang tak akan membuat Anda menyesal.

  • Pisang
  • Bayam
  • Alpukat
  • Biji labu
  • Coklat hitam
  • Kacang hitam
  1. Menambah Asupan Vitamin B Kompleks

Tak dapat dipungkiri bahwa asupan vitamin B kompleks sama pentingnya dengan nutrisi lainnya karena kekurangan vitamin ini mampu menjadi pemicu hilang ingatan, demensia, anemia dan neuropati diabetik. Pembuluh darah pada penderita diabetes basah terancam rusak karena tingginya kadar glukosa darah sehingga jumlah darah yang disediakan untuk sel-sel tubuh di sekelilingnya pun menjadi kurang memadai. Agar sel-sel darah berfungsi normal, maka sebagai pengontrol alami yang baik, tubuh membutuhkan vitamin B kompleks.

Bila Anda memerlukan cara mengobati penyakit gula basah secara alami, tips di atas adalah yang paling layak dipertimbangkan dan bahkan Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan membantu Anda pulih dengan cepat.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes