27 Efek Samping Ginseng Perlu Anda Ketahui

Ginseng memang bukanlah tumbuhan obat yang bukan berasal dari Indonesia karena ginseng pada umumnya dijumpai justru di Amerika Serikat, Korea, Manchuria, Siberia, dan juga Vietnam bila jenisnya adalah ginseng tropis. Namun berbicara soal khasiat, tentu sudah tak diragukan lagi khasiat dari tanaman obat berkandungan minyak atsiri, mineral, kholin, lemak, pektin, gula, polisakarida, ginsenosides, vitamin B1, B2 hingga vitamin B12 serta sterol.

Perlu merogoh kocek cukup besar untuk mendapatkan ginseng yang kualitasnya baik yang nantinya diramu menjadi obat. Manfaat ginseng bagi tubuh manusia sangat besar dan luar biasa, hanya saja juga sebaiknya kita tak melupakan bahwa ada beberapa efek samping ginseng yang juga wajib diketahui agar bisa berjaga-jaga.

  1. Perdarahan

Efek seperti ini mirip dengan efek samping ginkgo biloba, khususnya yang dimaksud di sini adalah perdarahan dalam. Bagi para wanita hamil wajib memerhatikan bahwa mereka sangat diperingatkan untuk tidak mengonsumsi ginseng. Salah satu keuntungan konsumsi ginseng adalah darah yang mengental bisa menjadi lebih encer.

Karena berguna sebagai pengencer darah alami, otomatis bila wanita hamil mengonsumsinya, akan berisiko tinggi terjadi perdarahan serius. Hal tersebut bisa terjadi di kala proses persalinan berlangsung, jadi pastikan untuk menghindari penggunaan atau konsumsi ginseng sampai hari melahirkan. Setelah persalinan pun, konsultasikan dengan dokter apakah Anda bisa mengonsumsi ginseng.

  1. Diare

Suatu bentuk dari gangguan pencernaan satu ini juga bisa terjadi ketika kita mengonsumsi ginseng secara berlebihan. Efek yang paling terasa salah satunya adalah pada bagian pencernaan atau perut kita. Konsumsi berlebih ditambah juga jangka panjang mampu membuat kondisi seperti diare ini tak kunjung berhenti atau sembuh.

  1. Sakit Kepala

Efek samping umum lainnya dari konsumsi ginseng secara berlebihan adalah sakit kepala. Jika penggunaan ginseng berlebih dan juga dalam waktu yang lama, ada kemungkinan pengonsumsi akan merasakan mudah sakit kepala walau ginseng sebenarnya juga tergolong obat herbal yang aman pada sebagian besar kasus penggunaannya tanpa bahaya mengancam.

  1. Reaksi Alergi

Sama seperti khasiat ginkgo biloba yang besar namun tetap ada beberapa efek berbahaya yang wajib diwaspadai seperti reaksi alergi, begitu pula dengan ginseng. Meski tergolong aman, ada pula beberapa orang yang kemungkinan tidak cocok mengonsumsi ginseng sehingga timbul reaksi alergi dengan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Pembengkakan pada lidah.
  • Pembengkakan bibir.
  • Pembengkakan pada wajah.
  • Pembengkakan pada bagian tenggorokan.
  • Susah bernapas.
  • Kulit gatal-gatal.
  1. Reaksi Kulit Serius

Ada beberapa masalah pada kulit selain bengkak dan gatal-gatal biasa di mana efek ginseng pada sebagian orang mampu menyebabkan reaksi pada kulit yang begitu serius. Berikut adalah tanda-tanda bahwa Anda perlu segera ke dokter untuk memeriksakan diri karena kondisi kulit pun bermasalah dan disertai keluhan lainnya.

  • Kulit mengalami sensasi terbakar.
  • Kulit mengelupas.
  • Kulit beruam keunguan atau kemerahan yang bisa menjalar di bagian tubuh atas hingga wajah.
  • Kulit terasa nyeri.
  • Area mata mengalami sensasi panas seperti terbakar.
  • Tenggorokan terasa sakit.
  • Demam

  1. Gangguan Tidur

Tidur tak bisa enak dan nyaman juga bisa menjadi tanda bahwa Anda yang mengonsumsi ginseng perlu menghentikan penggunaannya. Konsumsi berlebihan mampu memunculkan efek susah tidur atau yang kita kenal juga dengan istilah insomnia. Cobalah untuk menghentikan konsumsi selama beberapa waktu untuk melihat apakah benar gangguan tidur terjadi karena ginseng atau karena hal lainnya.

  1. Gangguan Emosi

Salah satu efek dari konsumsi ginseng berlebihan adalah terjadinya gangguan pada emosi pengonsumsinya. Contoh gangguan emosi yang paling umum adalah kegugupan, kecemasan hingga bahkan rasa mudah tersinggung yang tak beralasan. Ketika hal tersebut terjadi bersamaan dengan keluhan lainnya, pastikan untuk menghentikan konsumsi ginseng beberapa waktu hingga gangguan emosi hilang.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Bagi para penderita tekanan darah rendah, konsumsi ginseng setidaknya akan mampu membantu menaikkan kadar tekanan darah. Namun bila kadar tekanan darah sudah cukup normal atau agak tinggi, hindarilah penggunaan ginseng yang terlalu sering dan banyak atau justru memicu pada kenaikan tekanan darah nantinya.


  1. Tumor dan Pendarahan Haid Tak Wajar

Bagi para wanita, perhatikan kadar konsumsi ginseng agar tidak menimbulkan peningkatan aktivitas dari hormon estrogen. Peningkatan dapat terjadi secara berlebihan sehingga kemudian justru menjadi pemicu timbulnya tumor. Bukan hanya tumor, potensi pendarahan hebat ketika sedang haid juga sangat besar. Bila haid dengan pendarahan yang tak sewajarnya dan bahkan cenderung terlalu berlebihan, segeralah menemui dokter.

  1. Efek Lainnya

Bukan hanya efek-efek samping yang sudah disebutkan tersebut yang perlu Anda waspadai, melainkan juga sejumlah masalah kesehatan lainnya, seperti:

  • Peningkatan/penurunan detak jantung.
  • Mulut kering.
  • Kejang-kejang
  • Edema
  • Penglihatan yang menjadi buram.
  • Perubahan kadar gula darah, baik itu naik atau justru turun.

Itulah sejumlah efek samping ginseng yang perlu Anda ketahui dan untuk itulah perlu mengikuti aturan atau takaran konsumsi yang tepat agar efek-efek buruk tersebut tidak terjadi pada Anda.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Herbal