5 Makanan yang Mengandung Astaxanthin – Fungsi dan Efek Samping Astaxanthin bagi Tubuh

Astaxanthin merupakan sebuah jenis karotenoid yaitu sebuah bahan kimia yang seringkali ditemukan secara alami pada beberapa tumbuhan dan hewan tertentu. Karotenoid ini merupakan sebuah jenis pigmen. Jenis yang sangat umum ditemukan adalah beta karoten. Astaxanthin ini merupakan sebuah anti – oksidan yang telah terbukti memiliki kemampuan secara alami untuk bertahan  melawan efek negatif akibat dari paparan radikal bebas. Dengan fungsi  dan keunggulan yang sangat penting tersebut maka mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin sangatlah dianjurkan. Selain itu mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin juga terbukti bisa menghambat pembentukan oksigen aktif yang dapat  menyebabkan sel – sel kulit tidak dapat berfungsi secara normal dan menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Beberapa makanan yang mengandung astaxanthin yang tersedia dan sering kita temukan antara lain adalah :

  1. Wortel
    Wortel merupakan salah satu makanan yang mengandung beta – karoten. Dan dalam wortel ini astaxanthin sering ditemukan dalam bentuk beta – karoten.
  2. Tomat
    Salah satu makanan yang mengandung astaxanthin lainnya adalah tomat. Pada tomat jenis yang paling umum ditemukan adalah dalam bentuk lycopene. Selain pada tomat astaxanthin dalam bentuk lycopene ini juga bisa ditemukan pada sayuran dan buah – buahan yang berwarna merah lainnya.
  3. Makanan laut
    Makanan laut merupakan salah satu makanan yang mengandung astaxanthin. Di dalam makanan laut astaxanthin ini dikenal sebagai pigmen merah. Dalam makanan laut astaxanthin ini sering ditemukan dalam ikan salmon, ikan sea bream, telur salmon, udang, dan rumput merah. Bahkan pada udang kandungan anti oksidan astaxanthin yaitu sebesar sepuluh kali lipat dari kandungan yang ada pada buah dan sayuran.
  4. Ganggang
    Beberapa peneliti juga berhasil menemukan bahwa salah satu makanan yang mengandung astaxanthin terdapat pada ekstrak ganggang. Ganggang ini merupakan jenis ganggang haematococcus pluvialis yang merupakan sumber makanan bagi berbagai kehidupan laut lainnya.
  5. Sayuran berdaun hijau
    Astaxanthin dalam bentuk lutein juga dapat ditemukan dalam beberapa sayuran yang memiliki daun hijau seperti bayam dan kangkung

Fungsi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin memiliki banyak dampak baik bagi tubuh. Beberapa fungsi dari mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin antara lain adalah :

Efek samping

Beberapa peneliti mengatakan jika mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin juga bisa mengakibatkan beberapa efek samping. Jadi ada baiknya sebelum mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin kita juga mengetahui efek samping yang ada di dalamnya. Beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi dan juga cara penghindarannya antara lain :

  • Bisa menurunkan tekanan darah dan kalsium
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin jika anda alergi pada sumber astaxanthin
  • Hindarilah makanan yang mengandung astaxanthin jika anda memiliki masalah dengan autoimun ataupun anda sedang minum obat penekan system kekebalan tubuh.
  • Bagi wanita hamil juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung astaxanthin
  • Bagi anda yang memiliki osteoporosis, masalah dengan kelenjar paratiroid ataupun masalah hormone juga sebaiknya berhati – hati jika ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung astaxanthin.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi