16 Fungsi Asam Askorbat untuk Kesehatan Tubuh

1219

Kenalkah Anda dengan asam askorbat? Asam askorbat adalah nama kimia dari vitamin C. Asam askorbat ini berbentuk bubuk kristal berwarna kuning keputihan. Sifat utamanya adalah larut dalam air dan tinggi akan kandungan antioksidan. Bagi kesehatan tubuh, asam askorbat atau vitamin C ini sangatlah penting selain jenis vitamin lain seperti vitamin A, vitamin B, ataupun vitamin D. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam askorbat ini. Sehingga dibutuhkan asupan dari luar untuk memenuhi kebutuhannya di dalma tubuh.

Sumber Vitamin C (Asam Askorbat)

Berbagai cara ditempuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, mulai dari konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, suplemen vitamin C, hingga melakukan suntik vitamin C. Secara khusus untuk suntik vitamin C, sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Suntik vitamin C sendiri banyak dilakukan demi tujuan untuk mempercantik wajah, sumber antioksidan, mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini. Di samping berbagai manfaat suntik vitamin C, akan lebih baik untuk mempertimbangkan juga mengenai bahaya suntik vitamin C.

Cara aman untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh adalah melalui konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Salah satu buah yang terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi adalah jeruk. Itulah mengapa jeruk sering dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C seseorang. Beberapa sumber makanan lain yang tinggi kandungan vitamin C adalah:

  • Buah Kiwi. Banyak orang yang tidak menyangka bahwa kandungan vitamin C dalam buah kiwi lebih besar daripada buah jeruk. Konsumsi buah kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit jantung, hipertensi, hingga impotensi.
  • Jambu Biji. Selain kiwi, jambu biji ternyata mempunyai kandungan vitamin C yang lebih besar. Dalam 100 gr jambu biji terdapat kandungan vitamin C sekitar 108 mg. Khasiat konsumsi buah ini adalah untuk menjaga berat badan dan mencegah jerawat.
  • Selain mengandung vitamin A yang tinggi, pepaya juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi pula. Konsumsi buah ini dapat mengurangi adanya risiko penimbunan lemak dalam tubuh, di samping khasiat utamanya untuk memperlancar pencernaan.
  • Buah manis yang satu ini pasti favorit banyak orang. Rasanya yang segar ternyata sebanding dengan manfaat yang dikandungnya. Gejala insomnia dapat diredakan dengan mengkonsumsi buah ini.
  • Aneka jenis sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kangkung.

Konsumsi berbagai jenis makanan di atas lebih disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Aneka makanan di atas tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Fungsi Asam Askorbat (Vitamin C)

Vitamin C atau asam askorbat terkenal dengan senyawa antioksidannya. Dalam kesehatan tubuh, vitamin C berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain fungsi tersebut, beberapa fungsi asam askorbat untuk kesehatan tubuh antara lain:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seseorang dengan kecukupan vitamin C akan mempunyai daya tahan yang lebih kuat terhadap serangan berbagai penyakit dan racun yang membahayakan kesehatan.
  2. Berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  3. Berperan aktif dalam pertumbuhan tulang dan gigi.
  4. Menjaga kesehatan mulut sehingga menjadi penyebab sering sariawan.
  5. Berperan sebagai terapi anti kanker untuk jenis tertentu. Terhadap sel kanker asam askorbat akan bersifat toksik, namun beda halnya dengan sel normal tubuh. Bahkan dalam beberapa studi penelitian, ditemukan bahwa pemberian asam askorbat dosis tinggi mampu memperpanjang kemungkinan hidup pasien kanker stadium lanjut.
  6. Membuat seseorang tidak mudah terkena flu. Hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat dengan adanya asupan vitamin C (asam askorbat).
  7. Menjaga kesehatan kulit, tanda awal adalah kulit terhindar dari masalah jerawat.
  8. Kandungan vitamin C dalam tubuh akan membantu proses penyerapan zat besi.
  9. Mencegah timbulnya gejala osteoporosis.
  10. Menurunkan risiko depresi dan kelelahan mental.
  11. Menjaga tubuh dari kondisi cepat lelah.

Efek Samping Asam Askorbat (Vitamin C)

Walaupun fungsi asam askorbat sangat penting bagi kesehatan tubuh, akan tetapi semua harus dalam dosis yang normal. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan. Hal ini akan menimbulkan beberapa efek samping yang justru berakibat buruk terhadap kesehatan. Beberapa efek samping dari kelebihan vitamin C adalah:

  1. Gejala ringan kelebihan vitamin C adalah mual hingga muntah, sakit kepala, dan kram perut.
  2. Memicu peningkatan gula darah sehingga akan menimbulkan gejala awal diabetes.
  3. Adanya konsentrasi yang tinggi dari vitamin C dalam tubuh justru akan menambah sel kanker.
  4. Konsentrasi vitamin C yang tinggi juga akan meningkatkan proses penyerapan zat besi. Kondisi ini justru akan berakibat terjadinya kelainan Fe darah seperti thalassemia dan hemochromatosis.
  5. Meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal hingga mengarah ke gagal ginjal.

Itulah beberapa informasi mengenai asam askorbat, mulai dari sumber makanan tinggi asam askorbat, fungsi asam askorbat, dan juga efek samping asam askorbat. Setiap vitamin yang bermanfaat bagi tubuh justru akan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, harus diperhatikan dosis yang tepat agar fungsi asam askorbat dapat diperoleh secara maksimal.