Dapatkan 21 Khasiat Kentang Merah Yang Luar Biasa Besar Bagi Tubuh

574

Kalau biasanya kita tahu kentang berwarna putih kekuningan, maka pada pembahasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh akan kentang merah. Kentang merah pun tak kalah bermanfaat dari kentang putih sebab kandungan mineralnya, protein, vitamin C, dan karbohidrat hingga antioksidannya sangat tinggi. Berikut ini adalah serangkaian khasiat kentang merah untuk kesehatan yang Anda wajib tahu.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Kentang merah sebagai sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini bila disajikan dengan sayuran dan daging rupanya mampu mempercepat atau menyempurnakan proses penyerapan zat besi pada tubuh. Hal ini tentu tergantung dari makanan yang menemani kentang merah tersebut, tapi daging dan sayur akan lebih bermanfaat.

  1. Mengenyangkan Lebih Lama

Bila Anda terbiasa untuk mengemil junk food, otomatis rasa kenyang yang didapat tidak akan begitu memuaskan. Untuk bisa kenyang lebih lama sehingga mampu menekan nafsu makan dan keinginan ngemil, makan kentang merah bisa menjadi solusinya. Dalam kentang merah, ada kandungan serat yang sama jumlahnya dengan serat pada sereal, pasta dan juga roti gandum utuh.

  1. Meningkatkan Energi

Sama seperti kentang putih, sebenarnya kentang merah juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan energi tubuh. Ini karena di dalam kentang merah ada kandungan karbohidrat tinggi sehingga mampu mendukung aktivitas fisik apapun yang kita lakukan dengan baik.

  1. Pengganti Nasi

Untuk Anda yang mungkin bingung makanan apa yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih, maka selain nasi merah dan kentang putih Anda bisa mengonsumsi kentang merah. Seperti poin sebelumnya, kentang merah mampu memberikan energi bagi tubuh seperti yang biasanya nasi putih berikan.

  1. Menjadi Peningkat pH

Kandungan pH yang cukup menandakan bahwa tubuh dalam kondisi yang sehat, dan yang tergolong sehat adalah pH dengan kadar 7,35 hingga 7,45. Jika berada pada kadar yang ideal, maka tubuh akan terlindung dari berbagai macam serangan penyakit. Jika kadar pada tubuh terlalu asam, maka kentang merah mampu meningkatkan atau menyeimbangkannya.

  1. Mengatasi Stres

Kentang merah kaya akan vitamin B6 sehingga dapat Anda jadikan sebagai makanan pereda stres alami. Mengonsumsi kentang merah baik itu digoreng atau direbus secara rutin juga akan membantu Anda menjadi lebih rileks. Jadi jika membutuhkan cara mengatasi stres, mengonsumsi kentang merah bisa jadi ide bagus.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kentang merah pun bisa diandalkan dalam hal menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi kentang merah dalam bermacam-macam bentuk olahan, entah itu direbus, dikukus, dibakar ataupun digoreng dan kentang ini pun siap menghindarkan Anda dari masalah pencernaan pada umumnya.

  1. Mengatasi Penuaan Dini

Untuk mencegah penuaan dini dan menjadikan penampilan Anda kelihatan awet muda, kentang merah juga dapat menjadi solusi. Sifat antioksidannya yang besar dapat membantu memperlambat proses penuaan dini. Anda bisa mengonsumsinya, atau bahkan menjadikannya bahan alami dalam perawatan kulit.

  1. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Penyembuhan luka pada tubuh dapat sembuh secara cepat ketika Anda menggunakan kentang merah sebagai obatnya. Anda bisa menjadikannya obat luar dengan membalurkan kentang merah yang sudah ditumbuk, atau bahkan mengobati dari dalam dengan cara mengonsumsinya secara rutin hingga luka sembuh.

  1. Menyehatkan Gigi

Kentang merah yang Anda kukus atau rebus pasti akan bertekstur sangat lunak dan halus bukan? Rupanya kentang merah dengan olahan seperti demikian bisa diberikan kepada anak bayi untuk mendukung pertumbuhan sekaligus menjaga kesehatan gigi mereka. Kandungan kalium serta kalsium pada kentang merah pun tinggi sehingga bisa meningkatkan kesehatan gigi.

  1. Menormalkan Tekanan Darah

Mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi? Jangan sampai terlambat dan menimbulkan rangkaian komplikasi seperti gangguan mata, serangan jantung, dan juga stroke. Dapatkan khasiat dari kentang merah untuk menormalkan lagi tekanan darah melalui konsumsi rutin setiap harinya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi kentang merah pun menjadi suatu cara meningkatkan daya tahan tubuh alami yang bisa Anda andalkan. Ini karena di dalam kentang merah ada kandungan vitamin C tinggi berikut antioksidan yang siap memperbaiki jaringan tubuh yang terganggu agar kemudian pulih kembali.

  1. Menurunkan Risiko Peradangan

Terjadinya peradangan pada umumnya dipicu oleh konsumsi makanan yang tubuh anggap ‘panas’ bukan? Nah, untuk menurunkan risiko terkena radang, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi kentang merah yang melancarkan proses penyerapan vitamin serta zat besi pada tubuh sehingga mampu melawan peradangan.

  1. Bebas Gluten

Karena bebas gluten atau gluten free maka tentunya kentang merah adalah sumber makanan aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet bebas gluten atau intoleransi gluten. Anda bisa memanggang kentang merah atau bahkan membakarnya untuk dikonsumsi bersama salad.

  1. Menghambat Perkembangan Sel Kanker

Kentang merah yang dimakan bersama kulitnya rupanya jauh lebih berkhasiat. Salah satu manfaatnya yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah tubuh terhindarkan dari perkembangan sel-sel kanker. Pada kulit kentang merah, zat pencegah sel kanker berupa kandungan asam klogenik dapat Anda andalkan.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hanya menunda penuaan dini, mengonsumsi dan menggunakan kentang merah berikut kulitnya menawarkan keuntungan besar pula bagi kesehatan kulit. Untuk kulit yang tak hanya awet muda tapi juga cantik dan sehat, Anda perlu mencoba mulai mempertimbangkan kentang merah.

  1. Menyehatkan Tulang

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kentang merah adalah bahan makanan yang baik dalam meningkatkan sekaligus menjaga kesehatan gigi. Karena baik untuk gigi, otomatis kentang merah juga dapat menjadi makanan penguat tulang yang efektif berkat kandungan fosfor, kalium serta kalsiumnya.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Kentang merah adalah sumber makanan yang baik untuk otak baik itu otak anak-anak maupun orang dewasa. Supaya kesehatan otak terpelihara dengan sempurna dan terhindar dari rangkaian penyakit yang berbahaya, pastikan Anda mulai mengonsumsi kentang merah bersama dengan kulitnya.

  1. Menyehatkan Saraf

Kesehatan saraf pun penting untuk selalu dijaga dan karena terdapat kandungan kalium serta vitamin B6 di dalam kentang merah, Anda bisa mengonsumsinya dalam upaya meningkatkan kesehatan saraf. Itu artinya, kentang merah juga menjadi salah satu makanan untuk penderita neuropati yang baik.

  1. Menstabilkan Berat Badan

Jika Anda khawatir mengonsumsi kentang bisa gemuk, jangan salah, sebab kentang merah justru bebas lemak. Oleh karena itu, Anda dapat mengandalkan kentang merah sebagai salah satu menu sehat untuk menjaga angka berat badan tetap ideal. Atau, bahkan kentang merah juga bisa membantu menurunkan kembali berat badan yang sempat naik.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Ada pula kandungan antosianin di dalam kulit kentang merah yang kalau ikut dimakan akan sangat berguna dalam melawan serangan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit serius. Supaya tubuh terlindungi dengan baik dari penyakit-penyakit berbahaya, konsumsilah kentang merah yang diolah dengan aman.

Itulah segudang khasiat kentang merah yang bisa Anda peroleh apabila rajin mengonsumsinya atau bahkan menggunakannya sebagai perawatan kulit. Untuk pengolahan aman dan sehat, merebus, mengukus, dan memanggannya jauh lebih dianjurkan. Namun bila ingin menggorengnya sekalipun, pastikan penggunaan minyak goreng tidak terlalu banyak.