Apakah Boleh Makan Telur Setiap Hari? Ini Penjelasannya Bagi Anda

1065

Hampir setiap orang suka mengonsumsi telur, kecuali mungkin beberapa orang dengan alergi telur pasti akan menghindarinya. Pada umumnya pun, telur kerap dimasukkan ke dalam menu sarapan dan tak jarang pula dijadikan sebagai menu praktis untuk makan malam maupun makan siang. Masalahnya, apakah boleh makan telur setiap hari?

Bolehkah Mengonsumsi Telur Setiap Hari?

Telur sebenarnya adalah sumber makanan penting bagi tubuh untuk mendapatkan protein yang cukup. Bahkan diketahui pula bahwa ada terkandung 70 kalori pada setiap telur yang ukurannya besar ditambah pula kandungan asam amino yang tinggi. Nutrisi baik dari telur menjadikan tubuh memerlukan makanan satu ini.

Lantas apakah telur baik dan boleh dimakan setiap hari? Pada hasil studi dari American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2016 menyatakan bahwa sebutir telur per hari tak berpengaruh pada meningkatnya potensi terkena jenis-jenis penyakit jantung. Jadi, hal tersebut otomatis tidak membenarkan bahwa kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh konsumsi telur.

Tak hanya itu, di tahun 2013 pun pada hasil penelitian European Journal of Nutrition terdapat pernyataan bahwa konsumsi telur justru membuat rasa kenyang jauh lebih tahan lama sehingga seseorang terbantu untuk tidak makan terlalu banyak. Hal tersebut telah terbukti dengan keterlibatan partisipan-partisipan yang meliputi 30 orang pria yang sehat.

Hanya saja, tetap tak dapat dipungkiri bahwa telur pun merupakan sumber makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, khususnya pada bagian kuningnya. Ketika dikonsumsi berlebih, kadar LDL alias kolesterol jahat pun mampu mengalami kenaikan dan hal inilah yang kemudian meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Boleh saja mengonsumsi telur setiap hari asalkan tidak berlebihan. Agar tidak berlebihan, perlu untuk mengonsumsi telur secara aman, yaitu setiap harinya 1 butir saja cukup sehingga per minggu Anda mengonsumsi 7 butir telur seperti yang dianjurkan oleh American Heart Association. Untuk para penderita kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung wajib untuk memerhatikan porsi telur yang dikonsumsi per hari.

Manfaat Makan Telur Setiap Hari

Asalkan mengonsumsi sebutir telur setiap hari dan itupun tidak digoreng melainkan direbus, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat bagi kesehatan Anda, yakni meliputi:

  • Menjaga perkembangan otak tetap baik. Kesehatan otak dan perkembangan otak yang baik dapat terjadi karena konsumsi telur yang mengandung kolin tinggi, terutama di bagian kuningnya. Fungsi otak pun otomatis menjadi jauh lebih baik karena kolin akan mendukung perkembangan otak menjadi lebih sehat.
  • Menjaga berat badan. Karena telur mampu menciptakan rasa kenyang tahan lebih lama, rasa lapar otomatis akan terkendali lebih baik. Dengan begitu, telur juga bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan karena efek kenyang lebih lama yang ditawarkan membuat kita akan makan lebih sedikit. Tak hanya menurunkan berat badan, telur pun dapat menjaga berat badan tetap stabil, ideal dan sehat.
  • Memberikan proteksi kesehatan tulang. Risiko osteoporosis tak hanya menghantui para lansia, tapi juga para anak muda. Untuk itu, memberikan asupan nutrisi tepat bagi tulang benar-benar penting di mana salah satunya adalah dengan mengonsumsi telur. Jika tak ada waktu untuk berjemur, dapatkan vitamin D dari telur yang akan membantu kelancaran penyerapan kalsium pada tulang.
  • Menjaga kesehatan mata. Telur pun bisa dikonsumsi sebagai cara menjaga kesehatan mata karena kandungan karotenoid di dalamnya sanggup mencegah penyebab kebutaan, yakni degenerasi makula. Di dalam telur juga ada antioksidan serta zeaxanthin yang member proteksi maksimal pada penglihatan dari bahaya sinar ultraviolet yang memaparkan radiasi.
  • Mencegah kekurangan zat besi. Ada 2 mg zat besi pada 2 butir telur sehingga mengonsumsi telur rutin pun akan memberikan tubuh asupan zat besi yang cukup.

Apakah boleh makan telur setiap hari? Ya, tentu saja sangat boleh. Asalkan tidak berlebihan, yakni makan hanya sebutir sehari dan cara mengolahnya pun tidak dengan digoreng, maka telur akan baik bagi tubuh Anda serta membantu meningkatkan kesehatan.