Berendam dengan 3 Bahan Alami Ini Bisa Detoks Tubuh Secara Efektif Lho

201

Mendetoksifikasi tubuh alias proses mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh memang membutuhkan diet yang benar, cara mengatasi stres yang tepat, waktu meditasi dan relaksasi, dan juga konsumsi suplemen. Namun dengan aktivitas mandi, sebenarnya kita juga bisa mendetoks tubuh dan berikut ini adalah bahan-bahan alami menyehatkan yang bisa dicampurkan dengan air mandi.

  1. Cuka Apel

Sebagai cara melancarkan peredaran darah sekaligus mendetoksifikasi organ hati atau liver, cuka apel adalah bahan alami yang bisa dicampurkan ke dalam air mandi kita. Jika suka berendam di bathtub, tak ada salahnya untuk menuangkan 1-2 cangkir cuka apel ke dalam air mandi hangat yang sudah siap.

Karena kandungan vitamin, mineral dan enzim di dalam cuka apel benar-benar penuh dan lengkap, maka mandi atau berendam air cuka apel hangat akan mendetoks secara alami tubuh kita. Baik itu masalah nyeri sendi, eksim, atau bahkan jerawat pada tubuh sekaligus infeksi kulit lainnya dapat diatasi juga lho.

  1. Jahe

Rempah satu ini tak perlu diragukan lagi efektivitasnya dalam membuat tubuh jauh lebih terasa enak dan nyaman. Selain bisa atasi masuk angin dan penyakit flu, pastikan untuk mencoba mandi air jahe untuk mendetoksifikasi tubuh sekaligus mendapatkan efek peremajaan.

Siapkan lebih dulu jahe parut segar sebanyak setengah cangkir, atau boleh juga bubuk jahe sebanyak 1 sendok teh. Tuang ke dalam air bak mandi atau bathtub, campurkan hingga rata lalu berendam dan mandilah di sana selama 20 menit kurang lebih. Efek setelah mandi, kita akan mengeluarkan keringat deras selama sekitar 2 jam dan racun-racun dikeluarkan melalui keringat ini.

Jahe baik sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami sehingga sebagai campuran air mandi akan sangat bagus bagi kesehatan. Sementara khasiat lain yang bisa didapat adalah mengobati sakit kepala, menghilangkan ketidaknyamanan akibat kram selama menstruasi, serta mengatasi nyeri karena gangguan sistem pencernaan jangka panjang atau irritable bowel syndrome (IBS).

  1. Garam Epsom

Garam Epsom kini banyak dimanfaatkan sebagai campuran alami untuk air mandi yang merilekskan tubuh. Senyawa mineral ini dapat mengalami penguraian ketika berada dalam air dan menjadi magnesium sulfat. Pada waktu ditemukan pertama kali kurang lebih 400 tahun lalu, tujuan penggunaan garam ini adalah sebagai rileksasi dan obat pencahar alami.

Tambahkan pada air mandi hangat secangkir garam Epsom beserta juga baking soda bebas aluminium sebanyak satu cangkir juga. Berendam di dalam air garam Epsom hangat yang juga dikombinasi dengan baking soda ataupun cuka apel bisa mengeliminasi berbagai macam racun dari dalam tubuh sekaligus mendetoksifikasi kulit.

Banyak orang yang telah membuktikan penggunaan garam Epsom sebagai campuran air mandi berkhasiat dalam menjadikan kulit jauh lebih lembut karena sifat pelembab alami di dalamnya. Tak hanya itu, garam Epsom bisa juga mengobati kram atau nyeri pada tubuh dan menenangkan ujung saraf otot secara alami berkat kandungan mineral magnesiumnya.

Mandi dengan bahan-bahan alami ini dijamin lebih menyenangkan dan menyegarkan tubuh setelahnya. Namun ketika efek berkeringat dialami terlalu berlebihan setelah mandi, jangan lupa untuk mengganti cairan yang hilang dengan mengonsumsi air putih lebih banyak serta air lemon hangat segelas sebelum tidur.