Ini Lho 7 Manfaat Makan Sedikit Untuk Kesehatan Tubuh

940

Banyak orang terbiasa untuk makan banyak, entah itu nasi atau juga makanan lainnya padahal makan terlalu berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan. Untuk itulah, penting untuk mengetahui manfaat makan sedikit tapi sering dan juga membiasakannya sehingga dapat menjadi gaya hidup yang sehat bagi Anda. Berikut inilah daftar manfaat dari makan sedikit-sedikit yang bisa Anda peroleh.

  1. Mengenyangkan Lebih Lama

Ketika makan banyak, apalagi makan nasi, Anda akan menjadi mudah lapar karenanya. Ketika Anda ingin menurunkan berat badan atau menstabilkan berat badan ideal, Anda perlu membatasi konsumsi nasi putih sebab nasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kandungan karbohidrat akan menyebabkan rasa lapar dan keinginan untuk makan terus-menerus.

  1. Menstabilkan Berat Badan

Jika Anda tak ingin berat badan cepat atau mudah naik, maka penting untuk mulai membiasakan diri makan secara sedikit-sedikit. Makan sedikit tapi sering tak hanya menjadi cara makan teratur biar gemuk, tapi juga mampu membuat berat badan lebih stabil, tak gampang turun dan juga tak gampang naik.

  1. Menghindari Malnutrisi

Apakah Anda terlalu banyak makan nasi selama ini karena hanya mementingkan rasa kenyang? Hati-hati, sebab makan nasi putih yang terlalu banyak bisa-bisa malah memicu kekurangan nutrisi dari sumber makanan lainnya. Anda bisa sedikit makan nasi lalu menambah asupan buah dan sayur agar nutrisi terpenuhi dengan baik.

  1. Meningkatkan Energi

Makan dengan porsi sedikit kenapa justru malah bermanfaat dalam meningkatkan energi dalam tubuh? Menurut hasil penelitian di tahun 2008 oleh suatu kelompok sumber daya manusia di London, makan sedikit apalagi dilakukan rutin justru meningkatkan produktivitas serta energi tubuh seseorang.

Ketika Anda bisa merutinkan makan dengan porsi yang sedikit-sedikit tapi sering, justru Anda juga akan berperforma jauh lebih baik dalam aktivitas fisik. Sementara ketika Anda makan dengan porsi yang berubah-ubah, hal ini dapat menjadi pemicu dari penurunan energi pada tubuh dan mengakibatkan sering cepat lelah dan lemas.

  1. Menurunkan Risiko Kolesterol Tinggi

Makan sedikit secara teratur yang terbagi menjadi 5-6 kali makan adalah suatu cara dalam melawan berbagai macam penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit kolesterol tinggi. Pada beberapa orang, membiasakan diri makan dengan porsi sedikit sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan kadar kolesterol, jadi tak ada salahnya untuk mencoba melakukannya.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Satu lagi penyakit kronis yang juga dapat berkurang potensinya ketika Anda terbiasa makan sedikit-sedikit setiap hari secara teratur. Menurut American Diabetes Association, dengan makan sedikit, kadar gula darah akan menjadi lebih stabil dan lonjakan kadar glukosa pun akan tercegah dengan baik. Hanya saja, hal ini pun perlu untuk Anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter, apakah boleh mengurangi porsi makan Anda.

  1. Mencegah Sembelit

Manfaat lain yang pastinya Anda dapatkan dengan membiasakan makan sedikit adalah lebih lancar dalam buang air besar alias tidak sembelit lagi. Ketika seseorang sering sembelit, hal ini dapat menjadi tanda bahwa asupan nasi putih terlalu banyak dalam setiap kali konsumsi.

Makan nasi putih dapat Anda batasi sebab gangguan pencernaan semacam konstipasi ini dapat terjadi justru berasal dari kandungan serat yang ada pada nasi putih. Porsi nasi yang sedikit sebenarnya bisa Anda terapkan tanpa harus khawatir kelaparan sebab 1-2 jam sesudahnya Anda bisa mengemil buah atau sayuran agar terasa kenyang.

Cara utama memulai kebiasaan makan sedikit adalah dengan mengurangi porsi makan biasanya menjadi setengahnya saja. Hanya saja, Anda boleh menambahkan sumber makanan lain yang ringan tapi menyehatkan, seperti kacang-kacangan, buah, sayur, dan biji-bijian. Bukan menghindari nasi dan karbohidrat, melainkan intinya mengurangi karbohidrat sambil juga memenuhi nutrisi lain yang diperlukan tubuh.

Dengan memperbanyak asupan sayur dan buah maupun kacang-kacangan serta biji-bijian, Anda akan berhasil menerapkan diet rendah kalori. Makanan yang mengandung serat pun tubuh perlukan supaya tak mudah lapar dan tentunya menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan dalam bentuk apapun. Jadi, segera dapatkan manfaat makan sedikit nasi agar selalu sehat dan terjauh dari penyakit kronis.