Ini 6 Cara Makan Teratur Biar Gemuk Yang Sehat, Ikuti Tipsnya!

939

Apakah Anda salah satu orang yang justru bingung setengah mati tentang bagaimana cara menambah berat badan karean tubuh terlalu kurus? Mungkin banyak di luar sana produk-produk makanan dan minuman penggemuk badan, namun jika Anda tertarik untuk menggemukkan badan secara sehat, perhatikan cara makan yang benar. Inilah berbagai tips cara makan teratur biar gemuk.

  1. Makan Lebih Sering dengan Porsi Kecil

Supaya tubuh bisa gemuk secara alami dan sehat, Anda perlu mencoba untuk makan teratur dan lebih sering tapi dengan porsi yang lebih kecil. Cobalah untuk makan 5 sampai 6 kali dalam sehari tapi dengan porsi makanan lebih sedikit ketimbang 2 atau 3 kali makan tapi porsi makan Anda sangat besar. Contoh jadwal makan yang bisa Anda terapkan adalah seperti:

  • Sarapan bisa dengan menu roti gandum 2 potong ditambah keju atau mentega yang bisa disertai dengan jus buah sebagai teman makan roti.
  • Setelah sarapan menuju makan siang, Anda bisa minum susu yang tentunya mengandung lemak penuh di sekitar jam 10-11 pagi. Atau, boleh juga mengemil produk olahan susu lain seperti yogurt atau keju.
  • Makan siang bisa Anda nikmati di jam setengah 1 atau 2 saja dan tentunya tidak melewatkan nasi. Ikan, telur, maupun ayam rebus bisa menjadi lauknya beserta dengan sayuran.
  • Di sore harinya, Anda boleh dan wajib ngemil lagi, jadi masukkan menu seperti sandwich sayuran supaya sehat tapi tetap bisa menggemukkan badan. Beri keju juga jika suka dan lanjutkan dengan mengonsumsi sup ayam atau boleh juga sup sayuran.
  • Makan malam bisa dilakukan jam setengah 9 malam atau boleh juga jam setengah 8 jika Anda ingin tidur lebih awal. Menu yang bisa disantap dapat disamakan dengan menu makan siang, tapi kabar baiknya Anda bisa makan pasta juga di malam hari.
  • Camilan sebelum tidur jangan ketinggalan.
  1. Memerhatikan Cara Minum yang Benar

Tak hanya makan saja yang perlu diperhatikan, Anda perlu minum juga dengan benar agar bisa gemuk. Ketika orang sedang ingin menurunkan berat badan, mereka pasti akan mengonsumsi air putih sebelum makan dengan tujuan menekan nafsu makan.

Ada kalanya, lebih baik kalau Anda bisa mengonsumsi minuman yang mengandung kalori tinggi di saat yang sama dengan waktu menyantap makanan atau camilan. Namun sebagai cara alternatif untuk menggemukkan badan, Anda bisa coba menunggu sekitar setengah jam setelah makan baru minum air putih.

  1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Untuk menaikkan berat badan secara alami dan sehat, Anda perlu memilih makanan yang tepat, seperti roti gandum utuh misalnya. Tak hanya itu, sayuran dan buah segar juga tetap perlu Anda santap dan akan jauh lebih baik kalau bisa dijadikan camilan rutin ketimbang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Selain itu, kacang-kacangan, biji-bijian, sumber protein tanpa lemak, produk-produk olahan susu yang juga mengandung protein dan kalsium tinggi, serta sereal dan pasta bisa coba Anda konsumsi. Konsumsilah makanan-makanan penuh gizi ini setiap harinya agar berat badan bisa sedikit demi sedikit mengalami peningkatan.

  1. Memilih Camilan yang Tepat

Camilan yang tepat adalah camilan yang sehat baik itu Anda ingin menggemukkan badan atau hendak menurunkannya. Jika tadi disebutkan bahwa Anda perlu mulai makan 5-6 kali dalam sehari, maka setidaknya ada 2-3 kali waktu ngemil. Anda bisa memilih camilan seperti selai kacang, kacang-kacangan, buah alpukat, buah-buahan kering serta keju.

Untuk camilan sebelum tidur pun ada sendiri yang bisa Anda konsumsi, seperti misalnya irisan sayur-sayuran, keju rendah lemak, daging rendah lemak, atau sandwich yang ditambah dengan potongan alpukat. Camilan-camilan tersebutlah yang bisa diandalkan ketika Anda ingin membuat badan gemuk tapi tidak berlebihan dan tetap sehat.

  1. Mengonsumsi Smoothies

Camilan lainnya yang bisa dinikmati sebagai cara menambah berat badan secara alami adalah smoothies. Daripada minum soda yang meskipun juga mengandung gula tinggi sehingga mampu menggemukkan badan secara lebih mudah, akan jauh lebih aman bila Anda bisa mengonsumsi smoothies yang terbuat dari campuran sayur dan buah segar.

Smoothies juga bisa dibuat dari buah-buah beku sesuai selera Anda saja dan tentunya setelah jadi, di atasnya Anda bisa menaburkan biji rami secukupnya. Untuk Anda yang berat badannya di bawah ideal atau terlalu kurus, maka Anda bisa lebih gemuk dan berisi dengan mencoba konsumsi smoothies baik sebagai camilan atau makanan utama.

  1. Menambah Asupan Kalori

Tubuh yang terlalu kurus dapat menjadi lebih gemuk ketika tubuh memperoleh asupan kalori lebih banyak. Untuk asupan kalori yang tepat, Anda bisa mencoba mengonsumsi telur dadar maupun menambahkan keju pada makanan yang Anda biasa santap. Selain nikmat, tentunya ini akan membantu diet tinggi kalori Anda supaya berhasil.

Demikian tips atau cara makan teratur biar gemuk berisi tapi tetap sehat. Bagi Anda yang terlalu kurus, ini saatnya mengubah pola makan menjadi seperti yang sudah dianjurkan dan selamat mencoba, semoga berhasil.