Keracunan Pestisida : Penyebab Gejala, Cara Mengatasi

Pestisida merupakan salah satu bahan atau zat kimia yang dimanfaatkan untuk membunuh hama. baik dimanfaatkan untuk membunuh hama berupa tumbuhan serangga maupun membunuh sama hewan lain yang terdapat di lingkungan sekitar kita. Dilihat dari jenis-jenis hama yang diberantas dengan pestisida untuk itu pestisida dapat digolongkan menjadi insektisida nematisida fungisida herbisida dan rodentisida. Bagi para petani pestisida hampir menjadi salah satu santapan setiap harinya. Terutama ketika para petani yang memiliki budidaya tanaman yang dimana tanaman tersebut membutuhkan perawatan intensif. Pestisida merupakan zat kimia yang berbahaya bagi manusia bahkan pestisida dapat menyebabkan kematian. Penyebab seseorang keracunan pestisida bisa karena tertelan melalui mulut masuk ke dalam kulit serta terhirup saluran pernapasan. Bagi seseorang yang mengalami keracunan pestisida biasanya akan menimbulkan respon atau menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Adapun gejala-gejala Ketika seseorang mengalami keracunan pestisida diantaranya adalah sebagai berikut.

Gejala keracunan pestisida

1. Sakit kepala

Salah satu dari gejala seseorang mengalami keracunan pestisida adalah sakit kepala. Ketika anda sedang menggunakan pestisida namun tiba-tiba anda merasakan sakit kepala serta merasakan pusing yang berlebih maka hentikanlah penggunaan pestisida tersebut. Karena bisa saja anda mengalami keracunan pestisida.

2. Pusing

Sakit kepala yang disertai dengan pusing merupakan salah satu gejala Ketika seseorang mengalami keracunan pestisida. Untuk itu bagi Anda yang mengalami keracunan pestisida dan merasakan pusing segera jauhkanlah interaksi Anda terhadap pestisida tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari keracunan berat terhadap pestisida. baca juga:  Cara mencegah asma

3. Sesak nafas

Mengalami sesak nafas juga merupakan salah satu gejala Ketika seseorang terkena racun pestisida. Ketika anda mengalami sesak nafas saat anda sedang melakukan interaksi dengan pestisida atau Ketika anda menggunakan pestisida segera hindari penggunaan pestisida tersebut. Langkah selanjutnya segera lakukanlah pertolongan pertama untuk orang yang mengalami keracunan pestisida.

4. Mual

Selain sakit kepala dan pusing keracunan pestisida juga dapat ditandai Ketika seseorang mengalami mual. Bagi Anda yang mengalami mual disertai dengan sakit kepala dan pusing yang tidak kunjung sembuh segera lakukan pertolongan pertama untuk seseorang yang mengalami keracunan pestisida. Sebab mual yang anda derita bisa saja mual yang disebabkan karena anda mengalami keracunan pestisida.

5. Diare

Terkena diare Ketika anda habis menggunakan pestisida juga merupakan salah satu gejala dari seseorang yang mengalami keracunan pestisida. Sebab seseorang yang mengalami keracunan pestisida biasanya tubuh akan menolak serta pencernaan akan mengalami gangguan seperti diare ataupun gangguan pencernaan lainnya.

6. Radang kerongkongan

Ketika seseorang mengalami keracunan pestisida dengan dihirup maka mengalami Radang pada kerongkongan merupakan salah satu gejala dari seseorang yang keracunan pestisida. Segera jauhkan pestisida yang sedang anda gunakan. Serta segera lakukanlah pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami keracunan pestisida.

7. Banyak keluar keringat dingin

Banyak keluar keringat dingin serta banyak keluar air liur merupakan salah satu dari gejala seseorang mengalami keracunan pestisida. Ketika Anda atau saudara Anda mengalami keracunan pestisida yang ditandai dengan keluarnya keringat dingin serta keluarnya air liur secara terus-menerus segera lakukanlah pertolongan pertama dan bawalah ke dokter atau Puskesmas terdekat. 


8. Pandangan kabur

Tahukah anda ternyata mengalami pandangan kabur juga merupakan salah satu ciri atau gejala dari seseorang yang mengalami keracunan pestisida. Ketika anda mengalami pandangan kabur saat Anda berinteraksi langsung dengan pestisida maka segera jauhkan pestisida dari sekitar Anda. Agar anda dapat terhindar dari keracunan pestisida berat.

artikel lainnya

Selain mengetahui beberapa gejala gejala yang ditimbulkan dari seseorang yang mengalami keracunan pestisida alangkah lebih baiknya jika anda juga mengetahui beberapa hal tentang bahaya keracunan pestisida. Adapun bahaya dari keracunan pestisida adalah sebagai berikut.

Bahaya keracunan pestisida

1. Mengalami kerusakan sistem saraf pusat

Seseorang yang mengalami keracunan pestisida yang berat dapat menimbulkan kerusakan sistem saraf pusat. Untuk itu ketika anda mengalami keracunan pestisida segera atasi keracunan pestisida yang anda alami agar anda dapat terhindar dari kerusakan sistem saraf pusat. Terjadinya kerusakan sistem saraf pusat merupakan salah satu bahaya dari seseorang yang keracunan pestisida. 

2. Mengalami serangan asma

Selain terjadinya kerusakan sistem saraf pusat ternyata bahaya dari seseorang yang mengalami keracunan pestisida adalah serangan asma. Bagi mereka yang mengalami keracunan pestisida namun tidak segera ditangani dengan baik bisa saja seseorang yang keracunan pestisida mengalami serangan asma. untuk itu ketika Anda atau saudara Anda keracunan pestisida segera lakukanlah pertolongan pertama atau segera bawalah ke rumah sakit terdekat.

3. Mengalami keracunan pestisida

Hal yang sudah pasti Ketika seseorang mengalami keracunan pestisida adalah terjadinya keracunan pestisida pada tubuh serta tubuh mengalami respon abnormal karena adanya benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menyebabkan kematian

Ketika seseorang mengalami keracunan pestisida namun tidak dengan segera ditolong. Hal ini dapat menyebabkan seseorang yang mengalami keracunan pestisida menjadi lebih parah bahkan seseorang yang keracunan pestisida mengalami kematian. Untuk itu bagi anda atau saudara Anda yang mengalami keracunan pestisida segera lakukanlah pertolongan pertama atau Carilah rumah sakit terdekat agar seseorang yang mengalami kerajaan pestisida segera mendapatkan pertolongan dari dokter.

artikel lainnya:

Itulah beberapa bahaya dari seseorang yang mengalami keracunan pestisida. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menolong seseorang yang mengalami keracunan pestisida. Adapun cara mengatasi keracunan pestisida adalah sebagai berikut

Cara mengatasi keracunan pestisida

1. Udara yang segar

Bagi Anda yang mengalami keracunan pestisida dengan cara dihirup Anda dapat segera mengatasinya dengan menghirup udara yang segar. Sebab menghirup udara yang segar atau udara yang tidak terkontaminasi oleh pestisida akan membantu anda untuk terhindar dari keracunan pestisida yang berlebih. baca juga: bahaya dehidrasi

2. Mencuci kulit

Bagi Anda yang mengalami keracunan pestisida pada kulit Cara mengatasinya adalah dengan mencuci kulit anda pada air yang mengalir dan menggunakan sabun. Cucilah kulit anda pada air yang mengalir dan menggunakan sabun sampai racun yang terdapat di dalam kulit anda benar-benar hilang sehingga Anda dapat terhindar dari keracunan pestisida. 


3. Memuntahkannya

Jika seseorang mengalami keracunan pestisida karena tertelan dan seseorang yang mengalami keracunan pestisida masih sadarkan diri, pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah membuat seseorang yang mengalami kerajaan pestisida muntah dengan cara memberikan larutan air hangat yang sudah dicampur garam dapur sebanyak 1 sendok makan. Ketika seseorang mengalami keracunan pestisida karena ditelan Jangan sekali-sekali memberikan pernapasan buatan dari mulut ke mulut.

4. Bersihkan mulut

Ketika seseorang yang mengalami keracunan pestisida berhenti bernafas maka pastikanlah mulut dari seseorang yang mengalami keracunan pestisida bersih dari air liur serta lendir ataupun makanan yang menyumbat pernafasan. Sebab bisa saja hal-hal tersebut yang menyebabkan seseorang berhenti bernafas. baca juga:  cara cepat mengembalikan ion tubuh

5. Membawanya ke Puskesmas terdekat

Ketika anda belum memiliki pengetahuan cara menolong seseorang yang keracunan pestisida alangkah lebih baiknya jika anda segera membawa seseorang yang mengalami keracunan pestisida ke Puskesmas terdekat.

Itulah beberapa hal yang membahas tentang gejala bahaya serta cara mengatasi ketika seseorang keracunan pestisida. Semoga dengan adanya artikel cara mengatasi gejala serta bahaya seseorang yang keracunan pestisida dapat menambah wawasan anda serta menambah pengetahuan anda tentang pestisida.

artikel lainnya:

,
Post Date: Thursday 21st, September 2017 / 07:38 Oleh :
Kategori : Kimia