Lakukan 6 Olahraga Malam Ini Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Maksimal !

213

Sebagai cara menurunkan berat badan yang sehat dan alami, penting untuk tak hanya memerhatikan pola makan dengan asupan bernutrisi tinggi dan menjauhi lemak jenuh hingga membatasi kalori, gula, garam dan karbohidrat. Olahraga malam adalah cara lainnya yang bisa membuat diet Anda berhasil. Namun, bukankah olahraga malam hari malah dapat membuat kita sulit tidur?

Di tahun 2013, survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation telah membuktikan bahwa olahraga malam hari tak selalu menyebabkan susah tidur. Justru dari survei tersebut terbukti bahwa sekitar 56-67 persen orang-orang yang melakukan latihan fisik di malam hari malah terhindar dari insomnia, jadi apa saja olahraga malam hari untuk menurunkan berat badan paling direkomendasikan?

  1. Push Up

Melakukan push up di malam hari beberapa jam sebelum tidur rupanya juga baik untuk mendukung proses kecepatan metabolisme yang nantinya juga berdampak baik pada penurunan berat badan. Anda bisa lakukan push up di atas tempat tidur atau matras yang Anda miliki.

Tubuh bisa berada pada posisi tengkurap lurus seperti push up pada umumnya, lalu dengan kedua tangan di sisi tubuh mampu menjadi tumpuan dan mengangkat tubuh naik dan turun. Jika Anda merasa kesulitan denga posisi kaki lurus, lakukan dengan menekuk kaki agar lebih ringan dan lakukan sekitar 10-20 kali.

  1. Senam Lilin

Senam atau sikap lilin pasti sudah tak asing lagi bagi Anda karena selama di sekolah kita pun kerap mendapatkan pelajaran ini. Meski begitu, Anda bisa memraktekkannya secara lebih simpel, yakni dengan berbaring lalu kedua kaki diangkat lurus-lurus sambil tangan keduanya berada di pinggang atau di samping tubuh telentang.

Kedua kaki yang diangkat dapat Anda tempelkan pada dinding lurus-lurus, di mana itu artinya dari bokong hingga ujung tumit menyentuh dinding. Fungsi dinding di sini adalah sebagai tempat sandaran kedua kaki Anda. Kaki kemudian Anda angkat sampai terangkat juga bagian perut di mana ini akan membantu agar perut lebih kencang.

  1. Vertical Leg Crunch

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan secara aman sebelum tidur adalah vertical leg crunch yang sepintas mirip dengan sikap atau senam lilin tadi. Yang perlu dilakukan di awal adalah berada dalam posisi berbaring tapi kedua tangan bukan berada di pinggang atau di samping tubuh, melainkan di kepala.

Angkat pelan-pelan kedua kaki secara lurus-lurus di mana tubuh akhirnya bisa membentuk sudut siku-siku alias 90 derajat. Dalam kondisi kedua kaki terangkat lurus ke atas, Anda bisa mengangkat tubuh bagian atas seperti ketika melakukan gerakan sit up. Ulangi gerakan ini sesuai kemampuan Anda dalam beberapa hitungan agar tidak terlalu berlebihan.

  1. Gerakan Bersepeda

Untuk menurunkan berat badan, contoh olahraga malam lainnya yang bisa diterapkan setiap malam adalah gerakan seperti sedang bersepeda namun posisi tubuh dalam kondisi berbaring. Telentanglah saat berbaring di tempat tidur atau matras, lalu tangan keduanya Anda posisikan tepat di belakang kepala seperti vertical leg crunch.

Lutut kiri kemudian bisa Anda angkat sampai ke bagian dada di saat yang sama dengan proses mengangkat kepala sekaligus bahu sebelah kanan ke depan. Lakukan bergantian dengan sisi satunya (jika lutut kanan yang diangkat ke dada, maka kepala dan bahu sebelah kirilah yang diangkat ke depan). Lakukan beberapa kali hitungan secara bergantian seperti itu.

  1. Sit Up

Selain ada push up, tentu ada pula sit up yang pastinya Anda bisa terapkan setiap malam sebelum tidur demi keberhasilan program tips diet sehat Anda. Berbaringlah sambil lutut ditekuk keduanya, lalu posisi tangan pastikan ada di belakang kepala (boleh juga menyilangkannya di bahu).

Setelah siap dengan posisi awal yang benar, Anda bisa mengangkat tubuh bagian atas secara pelan-pelan hingga terbentuk posisi 90 derajat. Posisi tersebut alangkah baiknya Anda tahan selama beberapa detik sebelum Anda membaringkan kembali tubuh bagian atas secara perlahan. Sit up ini bisa dilakukan 10-20 kali atau lebih sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

  1. Naik Turun Tangga

Bila rumah Anda bertingkat, maka sebenarnya ini adalah sebuah keuntungan jika ingin menurunkan berat badan dengan olahraga yang sederhana tapi berefek baik. Setiap malam Anda bisa melakukan aktivitas naik turun tangga sekuat tenaga Anda. Ini adalah cara sederhana untuk membantu pembakaran lemak dan kalori yang jitu.

Itulah beberapa olahraga malam untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda mulai terapkan dari sekarang. Namun pastikan juga untuk menghindari bahaya olahraga yang berlebihan apalagi khususnya bahaya olahraga tanpa pemanasan terlebih dulu. Supaya diet sukses, asupan makan juga perlu dijaga, dapatkan pula kualitas tidur yang baik, banyak minum air, dan tentunya menghindari stres.