18 Cara Menghilangkan Sakit Badan Akibat Olahraga Paling Mudah Dilakukan

250

Kurang olahraga bisa membuat tubuh kaku dan gampang sakit, namun olahraga pun bisa saja menjadikan sakit pada tubuh. Sakit badan bisa terjadi karena efek lama tidak berolahraga lalu tiba-tiba berolahraga atau berolahraga berlebihan sehingga otot cedera dan sakit. Lalu, bagaimana cara menghilangkan sakit badan akibat olahraga berlebihan secara alami?

  1. Mandi Air Hangat

Supaya rasa sakit di badan cepat hilang, Anda bisa mencoba untuk mengatasi dengan mandi air hangat. Ingat bahwa shower atau mandi air hangat adalah cara merilekskan otot paling alami sehingga rasa sakit setelah olahraga bisa segera hilang dan Anda juga akan terjauh dari stres karena melakukan aktivitas ini.

  1. Menggunakan Es

Mengompres dingin, khususnya memanfaatkan es batu atau air es adalah cara ampuh mencegah atau mengatasi inflamasi pada otot yang sedang sakit karena bahaya olahraga yang berlebihan atau bahaya olahraga tanpa pemanasan. Cobalah menerapkan cara ini di mana keesokan harinya Anda pasti akan langsung merasakan bahwa rasa sakit mulai mereda.

  1. Bergerak

Hal paling tak nyaman saat sakit badan akibat olahraga adalah menggerakkan tubuh karena kita membutuhkan posisi yang nyaman supaya rasa sakit di badan tak makin buruk bukan? Namun sebenarnya ketika kita diam dan tak bergeraklah otot bakal makin tegang dan sakit. Bergeraklah dan lakukan peregangan ringan supaya badan lebih enakan.

  1. Pijat

Untuk menghilangkan rasa sakit di badan sesudah olahraga, Anda bisa mengatasinya dengan pijat. Pijat adalah cara terbaik untuk mempercepat penyembuhan otot. Selain itu, pijat adalah cara melancarkan peredaran darah sehingga badan akan jauh lebih enakan setelahnya. Sebaiknya Anda dipijat oleh terapis atau seorang yang ahli agar tak terjadi kesalahan.

  1. Istirahat Cukup

Lalu, manakah yang benar? Bergerak atau justru beristirahat? Perbanyaklah istirahat agar badan lebih rileks, namun sesekali melakukan peregangan adalah baik bagi pemulihan otot yang sakit asal tak berlebihan. Istirahatlah dengan baik, tapi juga jangan takut untuk bergerak apalagi melakukan peregangan ringan.

  1. Minum Banyak Air Putih

Tubuh yang sedang sakit memerlukan asupan cairan lebih untuk menjaga tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi adalah salah satu yang mampu memperburuk kondisi otot badan yang sakit, jadi banyak-banyaklah minum air putih supaya badan jauh lebih enak dan rasa sakit lebih cepat hilang.

  1. Menggunakan Lada/Cabai dan Minyak Kelapa

Campurkanlah bubuk lada atau cabai sebanyak ¼ hingga ½ sendok teh yang kemudian bisa dicampur bersama minyak kelapa hangat sebanyak 1 cangkir. Jadikan ramuan ini sebagai obat oles bagi bagian tubuh yang sakit. Namun karena tak semua orang bisa cocok menggunakannya, cobalah untuk mengetesnya pada anggota tubuh tertentu sedikit lebih dulu.

  1. Menambah Asupan Magnesium

Badan yang mudah sakit karena olahraga biasanya dapat disebabkan oleh kadar magnesium di dalam tubuh yang cukup rendah. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti misalnya:

  • Almond
  • Biji matahari
  • Biji wijen
  • Biji rami
  • Bayam
  • Kacang hijau
  • Biji labu
  1. Menggunakan Cuka Apel

Campurkanlah cuka apel sebanyak 2 sendok teh ke dalam secangkir air putih yang kemudian bisa Anda konsumsi agar badan lebih nyaman dan rasa sakit cepat hilang. Anda bisa tambahkan sedikit madu untuk menjadikan rasanya sedikit lebih manis. Lakukan metode perawatan ini secara rutin supaya badan lebih cepat segar.

  1. Memakai Garam Epsom

Berendam di dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam Epsom adalah salah satu cara ampuh menghilangkan rasa sakit setelah olahraga. Efek pasca olahraga memang kadang membuat tubuh tak nyaman, namun berendamlah di air garam Epsom selama kurang lebih 15 menit untuk hasil memuaskan.

  1. Minyak Magnesium

Selain bisa mendapatkan mineral magnesium dari sumber makanan yang tepat, Anda bisa mencoba untuk menggunakan minyak magnesium sebagai obat oles. Ketika badan terasa sakit, cobalah untuk mengoleskan atau menyemprotkan minyak ini pada area yang sakit sambil memijatnya perlahan agar sakitnya cepat hilang.

  1. Makan Nanas

Nanas adalah sumber enzim bromelain tinggi sehingga amat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang badannya sakit akibat olahraga asal tetap memerhatikan efek samping buah nanas. Mengandung sifat anti-inflamasi, ini adalah alasan mengapa rasa sakit di badan bisa hilang dengan cukup cepat karena tubuh memperoleh enzim ini.

Sejumlah cara menghilangkan sakit badan akibat olahraga alami patut dicoba telah diuraikan. Anda dapat memraktekkannya ketika sehabis olahraga badan terasa begitu tak nyaman dan sakit. Kiranya bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.