Home Penyakit dan KelainanDiabetes Penderita Diabetes ? Lakukan Olahraga Jenis Ini !

Penderita Diabetes ? Lakukan Olahraga Jenis Ini !

by Lia Yuliana

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat dikatakan cukup berbahaya apalagi jika kamu tidak merawatnya dengan baik. Menderita penyakit diabetes bisa dikarenakan pola makan yang tidak sehat atau dapat pula dikarenakan diabetes akibat keturunan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, meskipun banyak jenis jenis penyakit diabetes seperti yang sudah kalian ketahui, seperti penyakit diabetes tipe 1, penyakit diabetes tipe 2 dan seterusnya. Namun kini sudah banyak cara untuk mengatasi penyakit diabetes. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan olahraga.

Taukah ladies or gentelment, bahwasannya olahraga tidak hanya digunakan untuk membakar lemak pada tubuh saja, tetap dengan olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan metabolisme pada tubuh dan juga dapat meningkatkan daya ingat loh.

Banyak sekali jenis olahraga yang sudah terkenal saat ini, mulai dari olagraga untuk diet, olahraga untuk muka, olahraga untuk kejantanan, olahraga untuk kewanitaan dan lain sebagainya. Ada pula olahraga jenis olahraga cardio dan olahraga angkat beban.

Ladies and gentlemen di sinilah yang akan kita bahas lebih lanjut. Taukah kamu bahwasannya seorang yang sedang menderita diabetes itu sangat perlu membakar lemak di tubuuhnya agar gula darah di dalam tubuh tidak semakin tinggi kadarnya ? oleh karena itu kita perlu melakukan olahraga yang tepat untuk membakar lemak di tubuh agar tubuh menjadi sehat dan diabetes pun teratasi.

Manakah yang lebih baik antara olahraga angkat beban dan olahraga cardio untuk penderita diabetes ?

Jika dalam benak kalian terpikirkan hal tersebut, maka sangat tepat mengunjungi artikel kali ini, mari simak penjelasan lebih detailnya di bawah ini :

1. Olahraga beban

Pada dasarnya olahraga angkap beban merupakan olahrga yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot pada tubuh. Namun ternyata selain manfaat utama tersebut, olahraga angkat beban ini sangat dibutuhkan bagi penderita diabetes loh.

Latihan beban atau olahraga beban ini adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk sebagain orang dalam meningkatkan kebugarannya. Tidak perlu repot untuk melakukan olahraga jenis ini, karena kita hanya membutuhkan peralatan yang simple saja seperti mengankat barbel, mengunakan karet resitensi atau juga dapat mengunakan tubuh kamu sendiri untuk berolahraga ?

mengunakan tubuh sendiri ? jika ini menjadi pertanyaan maka simak ulasan lanjut ini : Jadi mengunakan tubuh sendiri dalam melakukan olahraga itu artinya kamu memanfaatkan bobot tubuh mu untuk memberikan tekanan pada tangan, kaki, maupun perut mu. Hal ini sama halnya dengan melakukan latihan beban.

Atau jika masih sulit kamu dapat melakukan berjalan di pagi hari, atau menaiki beberapa anak tangga, hal ini akan baik pula untuk tulang kamu. Memang banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mengangkat beban.

Lantas, apa hubungannya dengan penderita diabetes ? pada penderita diabetes, aktivitas ini dapat membantu untuk membuat respon pada insulin menjadi lebih baik. Hal ini akan baik untuk memperbaiki ganguan gula darah yang kamu derita dan dapat pula menurunkan berat badan serta menyembuhkan penyakit jantung.

2. Olahraga Cardio

Latihan cardio merupakan latihan yang dapat meningkatkan denyut jantung serta membantu untuk mengatur pernafasan saat melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya itu tidak berbeda dengan latihan beban, dengan melakukan olahraga cardio ini dapat meningkatkan kepekaan nsulin sehingga dapat membantu membakar lemak yang tersimpan di lekuk-lekuk tubuh.

Olahraga ini sangat sering dilakukan untuk mengurangi berat badan. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan seorang menderita obesitas, sehingga mengurangi asupan makanan dan menjaga berat badan akan aman dan membantu menjaga dari penyakit diabetes, jantung, dan stroke.

Lebih baik mana untuk diabetes ?  cardio atau latihan beban ?

Jika kamu menanyakan lebih baik mana, maka penulis akan mengatakan bahwa “baik semuanya, dengan perpaduan keduanya yang seimbang akan membantu kamu mendapatkan hal yang memuaskan dengan cepat”

Jadi pada dasarnya keduanya sama ya, kamu bisa melakukan olahraga carido ataupun beban, atau bisa juga keduanya. Ketika kamu melakukannya dengan rutin maka kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan mu. Ingat ya. Lakukan dengan rutin.

You may also like