35 Cara untuk Tinggi di Usia <20 Tahun

Postur tubuh yang pendek memang tak membuat semua orang senang karena meski terkadang dianggap mungil dan imut, tentunya ada juga yang masih tidak puas, terutama para pria. Jika tubuh yang pendek membuat Anda menjadi kurang percaya diri, silakan coba cara untuk tinggi di bawah ini. Jika masih pada usia di bawah 20 tahun, maka masih bisa untuk mengejarnya.

(Baca juga: cara menambah berat badan)

1. Rajin Check Up

Satu hal penting yang terkadang tidak begitu diindahkan ketika masa remaja dan pertumbuhan anak adalah check up ke dokter. Pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan secara rutin demi mendeteksi penyakit yang kiranya menjadi penghambat tumbuh kembang fisik anak. Karena takutnya tidak disadari, pemeriksaan fisik perlu dilakukan.

2. Memerhatikan dan Menghindari Kebiasaan Buruk dari Awal

Ada sejumlah kebiasaan buruk yang bisa menjadikan seorang anak menjadi lambat pertumbuhan fisiknya, maka memerhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk semasa kecil atau semasa remaja sangatlah penting. Contoh kebiasaan buruk yang perlu dipantau dan kalau bis ajuga ikut dihentikan supaya bisa bertambah tinggi adalah:

  • Pemakaian obat terlarang
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Kebiasaan merokok

3. Mengonsumsi Susu

Sudah tak usah diragukan atau dipertanyakan lagi mengapa seseorang harus minum susu. Jika memang ingin tinggi, asupan kalsium perlu dipenuhi dengan baik di masa muda. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu yang kita sudah tahu betul sebagai makanan yang mengandung kalsium tinggi.

(Baca juga: buah yang mengandung kalsium tinggi)

4. Tidur Cukup

Agar masa pertumbuhan berjalan dengan baik dan sempurna dan ingin memiliki fisik lebih tinggi, sebaiknya perhatikan juga kualitas tidur setiap harinya. Pastikan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, yakni per harinya 8 jam supaya badan bisa tinggi dengan sempurna.

5. Mengonsumsi Makanan Peninggi Badan

Kita semua tahu bahwa minum susu merupakan kunci utama bagi yang ingin cepat tinggi karena kandungan kalsium tingginya, namun ada pula makanan penambah tinggi badan lainnya yang bisa juga dikonsumsi harian, seperti:

  • Yogurt
  • Kacang panjang
  • Daging ayam
  • Pisang
  • Biji labu
  • Bayam
  • Wortel
  • Kedelai
  • Telur
  • Ikan

6. Menghindari Makan sebelum Tidur

Setiap hendak tidur, jangan makan berat-berat dan pastikan juga bahwa Anda makan terakhir adalah 2 jam yang lalu. Jadi, selama 2 jam tersebut Anda tidak dianjurkan mengisi perut dikarenakan makan sebelum tidur malah menjadi faktor penghambat hormon insulin. Pertumbuhan tubuh juga bisa terhambat karena hormon insulin yang terhambat.

(Baca juga: cara meninggikan badan secara alami)

7. Olahraga Rutin

Demi bisa tinggi, tubuh perlu bergerak aktif juga dan salah satu cara untuk badan bisa lebih tinggi adalah dengan berolahraga. Kurang olahraga di masa remaja dapat menjadi faktor pertumbuhan yang terhambat. Berikut ini ada sejumlah rekomendasi olahraga khusus yang bisa meninggikan badan secara efektif:


  • Berenang – Olahraga jenis ini memang bisa dijadikan cara membakar lemak bagi yang punya masalah kegemukan, tapi ternyata juga ampuh untuk meninggikan badan. Akan sangat efektif apabila Anda melakukan olahraga ini seminggu 3 kali bersama teman-teman.
  • Lari/jogging – Olahraga ini memang terbilang ringan dan Anda bisa membuat badan lebih bugar juga selain menambah tinggi. Supaya efektif untuk meninggikan badan, cobalah untuk lakukan jogging ini sekitar ½ jam setiap pagi.
  • Skipping atau lompat tali – Inti dari latihan fisik ini juga melompat di mana secara otomatis Anda pasti bisa merenggangkan tulang plus otot kaki sehingga lebih cepat tinggi. Lakukan skipping ini secara teratur agar efeknya bisa dirasakan.
  • Basket – Tak salah lagi bahwa basket bisa meninggikan badan karena memacu Anda untuk terus-menerus melakukan gerakan melompat. Jadi jika ingin cepat tinggi, olahraga ini merupakan olahraga tepat untuk dimainkan, khususnya setiap sore.
  • Voli – Sama halnya dengan basket, voli adalah sebuah olahraga atau permainan fisik yang mengharuskan Anda banyak melompat. Karena hal tersebutlah maka olahraga ini sangat disarankan untuk dimainkan seminggu 3-4 kali.
  • Sepak bola – Olahraga ini memang bukan melompat, melainkan lebih kepada menendang. Namun dengan kegiatan menendang, tulang kering akan semakin panjang berikut juga tulang paha yang otomatis akan menambah tinggi badan Anda.
  • Yoga (bentuk kobra) – Gerakan Yoga yang bentuknya menyerupai ular kobra adalah yang paling disarankan apabila ingin menambah tinggi. Yoga adalah jenis latihan fisik yang sangat bisa Anda coba ketika ingin meninggikan badan, tapi gerakan khusus inilah yang perlu dilatih.
  • Bersepeda – Olahraga bersepeda memang seru dan ternyata juga bermanfaat dalam meninggikan badan. Tanpa disadari, olahraga ini adalah jenis olahraga yang bisa menarik otot kaki, jadi dianjurkan untuk bersepeda 10-15 menit setiap hari.
  • Sprinting/lari cepat jarak pendek – Olahraga ini diketahui mampu melepaskan hormon pertumbuhan tulang. Tulang dan otot kaki dijamin bisa lebih panjang karena adanya penekanan di sana. Namun hati-hati akan bahaya olahraga yang berlebihan karena ini bisa membuat tendon bengkak.
  • Lompat jauh – Jenis olahraga lain lagi yang sangat bisa dilakukan untuk menambah tinggi adalah lompat jauh. Kegiatan ini jelas akan membantu merangsang tulang dan otot untuk bertumbuh lebih panjang dan lakukanlah rutin beberapa kali seminggu.
  • Berayun – Ini mungkin bukanlah kegiatan olahraga, namun tetap saja masuk dalam kategori latihan fisik. Anda bisa melakukan aktivitas berayun seperti di ambang pintu dan bergelantungan di sana. Cara ini akan membantu agar tulang dan otot tertarik sehingga menjadi lebih mudah memanjang.
  • Split – Untuk meninggikan badan, Anda juga bisa melakukannya dengan melakukan split meski memang tak semua orang bisa melakukannya. Ketika hendak mencoba gerakan split ini, lebih disarankan untuk didampingi seorang ahli yang terpercaya.

  • Senam – Senam juga merupakan olahraga yang baik untuk meninggikan badan. Gerakan senam sangat beragam sehingga Anda bisa coba pilih gerakan yang paling pas untuk dilatih terus-menerus untuk tinggi. Ikuti saja program senam kebugaran di tempat-tempat khusus pelatihan senam.
  • Ankle Weight – Cara lain dalam membuat tubuh lebih tinggi adalah dengan menggunakan metode ankle weight. Ini berbeda dari alat penarik tubuh karena pada dasarnya ini adalah pemberat kaki yang peletakannya ada pada pergelangan kaki. Cara ini justru termasuk cukup cepat dalam membuat tubuh tinggi, khususnya dengan penggunaan ankle weight 1-5 kg.
  • Spin Stretch Forward – Supaya bisa lebih tinggi, gerakan spin stretch forward juga diyakini sangat bagus dan efektif. Cukup duduk tegak di atas matras, kaki arahkan ke depan dan dilebarkan selebar bahu. Tekuklah bagian engkel kaki dan rilekskan bahu sambil menarik napas. Lengan kemudian diperpanjang ke depan dan bungkukkan badan perlahan untuk mencapai ujung jari kaki.
  • Stepper – Untuk tinggi, Anda juga bisa melakukan yang namanya latihan stepper dan memang harus punya alatnya. Bila ingin memudahkan latihan, datang langsung ke gym karena kalau tidak punya alatnya, Anda bisa coba bergabung di tempat fitnes dan nanti instrukturlah yang akan membantu Anda.
  • Squat thrust – Dalam cara meninggikan badan dengan olahraga, Anda bisa coba dengan squat thrust. Ambil posisi awal berdiri dan kemudian berjongkoklah sambil menempelkan kedua tangan ke permukaan lantai. Arahkan pandangan ke depan dan kedua kaki bisa dilempar ke belakang secara lurus dan lanjutkan dengan menariknya ke dalam setelah itu, lalu ambil posisi berdiri seperti di awal.
  • Squat jump – Tak banyak yang tahu bahwa squat jump bisa meninggikan badan karena biasanya olahraga ini dipakai sebagai cara memperkuat otot kaki dan paha. Cara ini termasuk mudah namun memang cukup menguras tenaga pada praktiknya. Hanya saja, dijamin hasilnya pasti akan memuaskan bagi kebugaran tubuh Anda nanti.

(Baca juga: olahraga meninggikan badan – bahaya olahraga tanpa pemanasan)

Itulah berbagai cara untuk tinggi paling alami yang bisa dicoba di rumah maupun di tempat olahraga favorit Anda. Tidak sulit untuk menjadi lebih tinggi, hanya memang memerlukan semangat dan motivasi yang tinggi agar segala kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Ketika kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dengan baik, hasilnya pun dijamin maksimal.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Diet & Fitness